Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Ini 3 Hal Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Yang WAJIB Lo Tahu!

Artikel ini membahas beberapa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris: universitas, pelajaran, dan peluang kerja.

Halo sobat Zenius, gimana kabar lo? Udah pilih jurusan kuliah yang mau didalami nggak? Di Zenius Blog, banyak banget lho informasi tentang berbagai jurusan. Nah, kebetulan nih saat ini gue adalah mahasiswa tingkat akhir prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Jadi gue mau sharing sedikit tentang jurusan yang satu ini. Tapi sebelum itu, lo pasti buka artikel ini karena ingin mencoba atau seenggaknya penasaran kan sama jurusan yang satu ini? Kenapa sih lo tertarik sama jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Apa alasan lo?

Kenapa lo tertarik dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

View Results

Loading ... Loading ...

“Tapi dari namanya, lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris itu pasti akan jadi guru Bahasa Inggris bukan sih?”

Nah, pertanyaan di atas mungkin pernah terlintas di pikiran lo. Seorang lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris atau PBI tentu saja bisa menjadi seorang guru Bahasa Inggris. Namun, sebenarnya banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari jurusan ini. Jurusan ini tidak hanya melulu belajar soal Bahasa Inggris saja.

Sebenarnya, apa sih yang dipelajari di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

Setiap universitas di Indonesia sebenarnya memiliki kurikulum yang unik dan menjadi ciri khas masing-masing. Namun pada dasarnya tentu saja lo akan belajar Bahasa Inggris secara lebih dalam. Mulai dari tata bahasa, kosakata, pengucapan, membaca, menulis, berbicara dan juga aspek lainnya yang bisa menunjang kemampuan berbahasa Inggris. Selain itu, lo juga akan belajar ilmu pendidikan di mana lo belajar tentang strategi mengajar dan psikologi siswa. Di sini lo  diajak untuk memahami bagaimana cara mengajar yang efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman melalui penggunaan teknologi dan fasilitas yang dapat lo akses dengan mudah. Nah, kalau di universitas gue, mahasiswa bisa memilih untuk fokus pada Primary School Learners(PSL) atau Secondary School Learners(SSL). Dengan peminatan ini, mahasiswa bisa lebih fokus ingin mendalami pengajaran SD (PSL) atau SMP dan SMA (SSL).

 

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Apa saja ya yang kalian pelajari di PBI?

Di semester pertengahan menuju akhir, lo akan diberi kesempatan untuk magang mengajar di sekolah dan merasakan bagaimana perjuangan yang dihadapi seorang guru. Di sini lo akan sadar bahwa ternyata menjadi guru benar-benar membutuhkan kreativitas, tenaga, dan pikiran. Lo akan lebih bisa mengapresiasi guru dan bangga bila bisa jadi guru. Selanjutnya untuk menghadapi penyusunan skripsi, lo juga akan belajar tentang penelitian: bagaimana menganalisis, mempelajari, dan mengadakan penelitian.

Nah, salah satu hal yang menarik di jurusan ini adalah lo juga belajar Bahasa Indonesia lho. Iya, lo nggak salah baca kok, lo akan diberi ilmu tentang Bahasa Indonesia dan bagaimana cara mengajarkannya ke penutur asing. Selain itu, gue juga belajar tentang Budaya Indonesia dan multiculturalism. Tujuan dari pengajaran ini adalah supaya lo tahu dan bisa jadi instruktur BIPA atau Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Pekerjaan sebagai instruktur BIPA itu semakin meningkat lho kebutuhannya. Bahkan, lo bisa cek situs dan sosial media BIPA Kemdikbud kita untuk dapat informasi lebih lanjut tentang peluang kerjanya.

Apabila lo fokus dengan bidang ini, lo bisa mengajar Bahasa Indonesia di Indonesia, kedutaan, atau bahkan luar negeri. Gue sendiri pribadi punya pengalaman mengajar Bahasa Indonesia secara online ke seorang penutur asing yang masih berjalan sampai sekarang. Salah satu senior gue pun ada yang tinggal di Australia untuk mengajar Bahasa Indonesia di sekolah sana. Yap, Bahasa Indonesia sudah menjadi bagian dari kurikulum beberapa sekolah di Australia. Tidak hanya Australia, Bahasa Indonesia juga dianggap penting di berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan, Kanada, Ukraina, dan masih banyak lagi.

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bahasa Inggris dari Zenius

3 Hal Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Yang WAJIB Lo Tahu!
5 Ungkapan Maaf Dalam Bahasa Inggris
5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan
7 Salah Kaprah Penggunaan Bahasa Inggris
Idiom dalam Bahasa Inggris
Siapa Bilang Bahasa Inggris itu Ribet
Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris
Greetings: Menyapa dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah gue bilang sebelumnya, setiap universitas di Indonesia bisa jadi memiliki sedikit perbedaan di kurikulum pengajaran PBI mereka. Oleh karena itu, kali ini gue akan lebih banyak sharing tentang hal-hal lain (selain yang udah gue sebutin di atas) yang gue pelajari di kampus gue yaitu UNIKA Atma Jaya. Berdasarkan pengalaman gue, selama ini gue juga belajar bagaimana cara menerjemahkan cerita fiksi, dokumen penting, dan artikel umum.

Selain itu gue juga belajar Business English di mana gue banyak belajar tentang kosakata yang berhubungan dengan bisnis dan bagaimana cara membuat CV dalam berbagai macam format. Di universitas gue ada juga mata pelajaran tidak wajib lainnya seperti jurnalistik, Bahasa Jepang, dan Bahasa Italia. Jadi sekarang lo udah dapat gambaran kan apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Oh ya, kalau seandainya kalian penasaran dengan kurikulum PBI di universitas lain, kalian bisa langsung cari di internet dengan kata kunci ‘kurikulum PBI Universitas XXX’ ya. Selamat mencari!

Apa saja peluang kerja seorang lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

Ini adalah bagian yang menarik nih. Kenapa gue bilang menarik? Karena sebenarnya dengan belajar di jurusan ini lo jadi punya banyak banget peluang dan kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang. Gue akan coba bahas  pekerjaan yang mungkin lo belum tentu kepikiran. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita bahas beberapa peluang kerja PBI yang menarik di bawah ini.

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Kalian tertarik untuk mendalami pekerjaan yang mana?

Tenaga Pendidik & Edukasi

Tentu saja dengan mendalami jurusan PBI, lo bisa menjadi guru Bahasa Inggris baik untuk SD, SMP, dan SMA. Selain menjadi guru sekolah, lo juga bisa menjadi tutor privat maupun guru les untuk kelas yang cukup besar baik secara on line maupun off line. Bahkan, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti lo juga bisa membuka kursus lo sendiri. Apabila lo ingin menjadi dosen, kemungkinan besar lo harus melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2. Namun tenang saja, dengan bekal Bahasa Inggris lo bisa mendapatkan peluang beasiswa S2 ke luar maupun dalam negeri dengan lebih baik.

Seperti yang gue sebutkan sebelumnya di bagian pembelajaran, lo juga bisa menjadi instruktur BIPA dan mengajarkan Bahasa Indonesia kepada penutur asing. Lo bisa mengajar secara privat maupun bergabung dengan institusi pemerintah (seperti kedutaan) atau lembaga pengajaran bahasa swasta. Apabila lo ingin lebih bebas, lo juga bisa menjadi tutor privat dan mengajarkan Bahasa Indonesia tanpa terikat institusi apapun. Selain itu, lo juga bisa mengajarkan Bahasa Indonesia di sekolah luar negeri.

Penerjemah

Dengan bekal kemampuan Bahasa Inggris, lo bisa jadi penerjemah tulisan (translator) maupun penerjemah lisan (interpreter) lho. Bila lo jadi translator, lo bisa menerjemahkan berbagai dokumen dan tulisan lainnya seperti perjanjian perusahaan, buku fiksi maupun non fiksi, film, artikel situs tertentu, dan tentunya masih banyak lagi. Dengan begitu, lo bisa bekerja untuk berbagai institusi karena kemampuan translator itu tidak hanya sekedar mengubah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia lho. Lo perlu mengerti tata bahasa yang tepat dan konteks yang benar sehingga lo bisa menerjemahkan tanpa mengubah arti namun juga mudah untuk dimengerti.

Selain itu translator, lo juga bisa menjadi interpreter, di mana lo harus bisa menerjemahkan apa yang dikatakan oleh penutur asing dengan cepat. Lo bisa punya kesempatan untuk mendampingi aparatur negara maupun pihak perusahaan atau pihak lainnya yang membutuhkan jasa lo. Ada kemungkinan lo akan banyak berkeliling dari satu negara ke negara lainnya karena Bahasa Inggris banyak digunakan sebagai bahasa penengah untuk diskusi dan membuat perjanjian antara negara dan penutur asing.

Penulis

Apabila lo ingin menjadi penulis, lo membutuhkan kemampuan untuk menulis dengan baik. Dengan ilmu yang lo dapatkan di jurusan PBI, lo bisa menjadi penulis buku maupun artikel sebagai content writer. Contohnya, lo bisa lihat artikel-artikel yang sudah gue tulis. Gue banyak menulis tentang Bahasa Inggris dan tips belajar bahasa tersebut. Nah, selain menulis artikel, lo juga bisa menulis buku fiksi maupun non fiksi dalam Bahasa Inggris lho. Bahkan, salah satu senior gue adalah seorang penulis buku cerita anak yang cukup terkenal. Gimana, apakah lo udah siap untuk menjadi the next J.K. Rowling?

Pemandu Wisata

Apakah lo suka jalan-jalan, berbicara, dan bertemu orang baru? Mungkin ini adalah pekerjaan yang tepat buat lo! Untuk menjadi pemandu wisata, tentunya lo harus bisa Bahasa Inggris untuk memandu orang asing yang sedang berkeliling di Indonesia. Lo akan banyak berjalan-jalan menikmati indahnya Indonesia sambil menjelaskan cerita dan sejarah dari tiap destinasi yang lo datangi. Selain pemandu wisata, lo juga bisa mencoba  pekerjaan lain yang masih berada di bidang wisata seperti bekerja di hotel dan maskapai penerbangan.

Jurnalistik

Dengan belajar di jurusan PBI, lo juga akan belajar bagaimana berbicara dalam Bahasa Inggris dan juga public speaking. Nah, dengan bekal yang telah lo dapatkan, lo bisa menjadi reporter maupun wartawan. Seperti yang lo mungkin tahu, ada saluran berita di Indonesia yang khusus menyampaikan berita dalam Bahasa Inggris di waktu tertentu. Lo bisa menjadi pembawa berita tersebut baik di TV maupun radio. Selain itu apabila lo menjadi seorang wartawan, ada kalanya lo perlu menggunakan Bahasa Inggris untuk mewawancarai berbagai orang dari berbagai negara. Terlebih lagi, bila lo meliput berita di luar negeri.

“Gimana, sobat Zenius? Apakah ada pekerjaan yang lo suka?”

Nah, itulah beberapa pekerjaan yang bisa gue sebutkan untuk saat ini. Namun sebenarnya masih banyak kok pilihan pekerjaan lain. Apabila ternyata lo ingin membuka usaha sendiri atau bekerja di kantor maupun bank, lo juga bisa masuk area pekerjaan tersebut sebagai lulusan PBI. Tidak sedikit juga senior gue yang bekerja di perusahaan. Menurut kalian ada lagi nggak nih pekerjaan yang belum gue sebutin? Komen di bawah ya!

Pendidikan Bahasa Inggris ada di universitas apa saja ya?

Wah sebenarnya banyak banget lho universitas yang membuka kelas untuk jurusan ini. Oleh karena itu, gue akan beri daftar universitas yang memiliki akreditasi A saja ya untuk jurusan ini. Di bawah ini lo bisa melihat apa saja universitas yang sudah gue rangkum berdasarkan data BAN-PT (2021):

Nama Universitas Strata No.  SK Tahun SK Akreditasi Tanggal Kadaluarsa
Universitas Tanjungpura S1 5940/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 2020 A 2025-09-23
Universitas Swadaya Gunung Djati S1 2241/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 2019 A 2024-07-09
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa S1 4861/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020 2020 A 2025-08-25
Universitas Sriwijaya S1 1449/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2021 2021 A 2026-03-16
Universitas Sebelas Maret S1 5233/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 2020 A 2025-09-08
Universitas Sanata Dharma S1 2811/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 2018 A 2023-10-10
Universitas Pendidikan Indonesia S1 3463/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017 2017 A 2022-09-26
Universitas Pendidikan Ganesha S1 6202/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020 2020 A 2025-10-06
Universitas Negeri Yogyakarta S1 1776/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 2019 A 2024-05-28
Universitas Negeri Surabaya S1 4142/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 2017 A 2022-10-31
Universitas Negeri Semarang S1 2740/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016 2016 A 2021-11-24
Universitas Negeri Padang S1 1855/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 2016 A 2021-09-02
Universitas Negeri Medan S1 8651/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021 2021 A 2026-06-11
Universitas Negeri Manado S1 7852/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020 2020 A 2025-12-01
Universitas Negeri Makassar S1 4661/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 2017 A 2022-12-05
Universitas Muria Kudus S1 1076/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018 2018 A 2023-04-17
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta S1 2863/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 2016 A 2021-12-01
Universitas Muhammadiyah Surakarta S1 2722/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 2018 A 2023-10-02
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara S1 5433/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 2020 A 2025-09-09
Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka S1 1295/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2021 2021 A 2026-03-09
Universitas Muhammadiyah Metro S1 3165/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019 2019 A 2024-08-21
Universitas Muhammadiyah Malang S1 3445/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018 2018 A 2023-12-20
Universitas Muhammadiyah Gresik S1 992/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018 2018 A 2023-04-10
Universitas Lambung Mangkurat S1 2914/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 2016 A 2021-12-01
Universitas Kristen Satya Wacana S1 0954/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 2016 A 2021-06-17
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya S1 2370/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018 2018 A 2023-08-27
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya S1 1939/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020 2020 A 2025-03-29
Universitas Jambi S1 5937/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 2020 A 2025-09-23
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang S1 5160/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 2017 A 2022-12-27
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati S1 8050/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020 2020 A 2025-12-08
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel S1 111/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021 2021 A 2025-12-30
Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim S1 2499/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 2019 A 2024-07-17
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung S1 8053/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020 2020 A 2025-12-08
Universitas Bung Hatta S1 1783/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 2019 A 2024-05-28
Universitas Ahmad Dahlan S1 2860/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 2016 A 2021-12-01
Institut Agama Islam Negeri Surakarta S1 4854/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 2017 A 2022-12-19

Sumber: BAN-PT. (2021). Direktori Hasil Akreditasi Program Studi .Diambil dari https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

*****

Nah, itulah 3 informasi tentang PBI yang wajib diketahui sebelum lo memutuskan untuk mendalami jurusan ini. Bagaimana nih, sobat Zenius?  Kalian sudah dapat gambaran tentang jurusan ini belum? Kalau ada pertanyaan lain, lo bisa langsung tanya aja di kolom komentar ya.

Baca Juga Artikel Bahasa Inggris Lainnya:

Materi Bahasa Inggris Idiom 

Materi Bahasa Inggris Pronunciation

Tips Belajar Bahasa Inggris

Bagikan Artikel Ini!