Mau belajar SBMPTN lebih awal, sebaiknya mulai dari mana?

Mau belajar SBMPTN lebih awal, sebaiknya mulai dari mana?

Meskipun sekarang ini kita masih memasuki awal-awal bulan dari tahun ajaran baru, tapi kalo gua perhatikan traffic yang akses zenius.net, ternyata gak sedikit juga siswa kelas 12 SMA/SMK maupun alumni SMA/SMK yang udah bertekad dari jauh-jauh hari untuk mulai persiapan belajar menghadapi sbmptn 2016! Mungkin kesannya rada lebay kali ya, ujian SBMPTN-nya aja masih bulan Juni tahun depan, masa belajarnya udah mulai dari bulan September sekarang?

Untuk bisa dibilang lebay atau nggak, sebetulnya relatif juga yah. Kalo kita berkaca pada tingkat persaingan SBMPTN setiap tahunnya (15% - 18%), emang bisa disimpulkan persiapan belajar untuk SBMPTN itu gak bisa sembarangan. Jadi gua maklum banget kalo cukup banyak di antara murid zenius, yang udah bertekad belajar SBMPTN dari bulan-bulan sekarang.. dan emang jujur aja nih ya, selama gua jadi pemerhati pendidikan 3 tahun belakangan ini, bisa dibilang salah satu kesalahan umum siswa kelas 12 itu adalah : kelamaan nunda belajar untuk SBMPTN karena terlalu berharap pada jalur seleksi SNMPTN. Buat lo yang mungkin punya harapan besar untuk bisa masuk PTN melalui jalur SNMPTN, mungkin ada baiknya melihat data persentase penerimaan SNMPTN skala nasional ini:

Tahun Jumlah Peserta SNMPTN Peserta Yang Lolos Persentase Penerimaan SNMPTN
2015 852.093 137.005 16,07%
2014 777.536 125.406 16,13%
2013 765.531 133.604 17.45%

Yah intinya, tingkat persaingan di jalur SNMPTN itu sangat ketat, untuk tahun depan (2016) kemungkinan besar persentase penerimaannya juga gak beda jauh, sekitar 16-17%. Di sini, gua bukan bermaksud ngelarang lo ikut seleksi SNMPTN ya... tentu lo berhak daftar dan ikut jalur seleksi SNMPTN, dan emang gak ada salahnya juga untuk dicoba. Tapi saran dari gue, sebaiknya lo mengasumsikan bahwa keterima di SNMPTN itu adalah bonus aja. Kenapa? karena pada dasarnya kecuali lo sekarang adalah siswa kelas 10 semester 1-2, udah gak terlalu banyak yang bisa lo lakukan untuk mengubah hasil seleksi SNMPTN (selain dengan cara taktis milih jurusan). Sebaliknya untuk jalur SBMPTN, lo masih punya cukup banyak waktu mempersiapkan diri untuk belajar SBMPTN 2016.

"Okay tapi masalahnya, kalo mau mulai belajar untuk SBMPTN harus mulai dari mana nih? Sementara gua sendiri aja masih bimbang mau masuk jurusan mana. Belum lagi, gua gak tau seberapa banyak bahan SBMPTN yang harus dipelajari."

Nah, justru di artikel ini gua mau menjawab semua pertanyaan lo itu. Singkatnya, ujian SBMPTN itu dibagi menjadi 3 materi ujian, yaitu TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum. Bagi lo yang nantinya mau daftar jurusan bercorak IPA, seperti teknik, mipa, kedokteran, dsb berarti lo harus mengambil ujian TKD Saintek dan TKPA. Sementara bagi lo yang mau daftar jurusan kuliah bercorak IPS, seperti hukum, ekonomi, ilmu politik, dsb berarti lo nantinya mengambil ujian TKPA dan TKD Soshum. Kira-kira gambarannya seperti ini:

pembagian ujian sbmptn

Untuk lebih detailnya, lo bisa ngeliat pembagian rundown ujian pas hari-H SBMPTN 2015. Dalam artikel ini, gua asumsikan peraturan pemerintah masih sama dengan tahun lalu (terkait rundown ujian SBMPTN) yang diselenggarakan hanya pada 1 hari.

 

rundown H SBMPTN

Kalo lo perhatiin rundown di atas, gak heran yah kenapa ujian TKPA ditaro di tengah diapit oleh Saintek dan Soshum. Jelas alesannya supaya yang ambil jurusan kuliah IPA, bisa ujian Saintek dulu pagi-pagi, baru lanjut TKPA siangnya. Sementara yang ambil jurusan IPS, bisa bersama-sama ujian TKPA siang, terus lanjut Soshum sore harinya.

Okay, berdasarkan pembagian 3 kategori ujian beserta dengan sub-materi yang perlu dipelajari, mungkin lo bingung harus mulai dari mana belajarnya. Dalam kesempatan ini, gua pribadi berpendapat... bagi lo yang mau mencuri start belajar duluan untuk persiapan SBMPTN dibandingkan para pesaing yang lain, gua sarankan untuk fokus memantapkan materi TKPA dulu aja sebelum lo mulai nyentuh materi Saintek atau Soshum. Kenapa lebih baik fokus ke materi TKPA dulu aja? Ada beberapa alasan yang menurut gua penting, di antaranya adalah:

jadwal sbmptn2

1. Mau gak mau, (hampir) pasti lo akan menghadapi materi TKPA.

Terlepas lo akan ambil SBMPTN Saintek, Soshum, atau IPC lo pasti akan menghadapi ujian TKPA. Bahkan beberapa Ujian Mandiri PTN maupun PTS, juga memberikan ujian materi TKPA. Jadi bisa dibilang, you have nothing to lose kalo mau mulai memantapkan materi TKPA untuk mencuri start belajar dari pesaing lo yang lain.

2. Buat yg masih bimbang ambil Saintek/Soshum. Belajar TKPA dulu adalah jalan paling aman.

Bagi sebagian orang, emang perlu sedikit waktu untuk merenungkan arah masa depannya mau ambil jurusan apa. Emang wajar banget kalo di bulan-bulan awal tahun ajaran begini, lo masih dalam proses merenungkan mau masuk jurusan mana. Bisa jadi lo sekarang minat di bidang kedokteran, eh taunya nanti Januari tiba-tiba tertarik masuk ekonomi. Ada juga mungkin yang sekarang kepikiran buat lintas jurusan dari IPA ke IPS (atau sebaliknya), eh taunya pas bulan Februari gak jadi mau lintas jurusan. Nah, supaya waktu dan energi lo gak terbuang percuma, gua pribadi menyarankan mending main aman dengan, dengan mencurahkan waktu dan energi lo untuk mantepin materi TKPA aja dulu. Kan berabe juga kalo misalnya lo udah keasikan belajar materi Saintek berbulan-bulan, eh taunya di tengah jalan kepincut pengen masuk jurusan IPS.

3. Materi TKPA itu relatif bisa jadi 'lumbung nilai', tapi malah sering diremehin! (terutama sama pesaing lo)

Seriously, banyak peserta SBMPTN yang ngeremehin materi TKPA alias belajarnya cuma setengah-setengah (bahkan ada juga yang gak belajar sama sekali), terus akhirnya nyesel karena point mereka justru ancur berantakan di materi yang harusnya bisa jadi 'lumbung nilai'. Kalo gua boleh berpendapat, sebetulnya materi TKPA ini gampang-gampang-susah. Maksudnya gimana?

Kalo dari jumlah materi dan tingkat kesulitannya, menurut gua materi TKPA ini relatif lebih mudah dan bahan materinya lebih sedikit daripada TKD Saintek maupun TKD Soshum. Masalahnya, banyak peserta SBMPTN yang ngeremehin TKPA & jarang latihan soal/try out. Akibatnya waktu ujian hari-H : banyak kena jebakan soal, gak teliti baca soal, gak taktis waktu jawab soal, kelamaan ngulik soal tanpa nyadar kalo waktu yang dikasih dikit banget, banyak soal yang gampang tapi gak kesentuh karena udah waktunya keburu udah selesai, dsb.

****

Okay, intinya sih jangan sampai lo kepeleset di materi yang harusnya bisa jadi kesempatan bagus buat lo untuk mendulang point sebanyak-banyak. Nah, sekarang gua mau bahas ujian TKPA ini secara umum, baru nanti gua bahas lebih detail.

Gambaran Umum Ujian TKPA

Ujian TKPA secara umum terbagi menjadi 3 mata pelajaran utama yaitu TPA (45 soal), Matematika Dasar (15 soal), Bahasa Indonesia (15 soal), dan Bahasa Inggris (15 soal). Berarti total soal materi TKPA adalah 90 nomor dengan durasi waktu ujian 105 menit. Biar lebih kebayang, lo bisa lihat illustrasi di bawah ini:

TKPA rundown

 

Perlu dicamkan baik-baik bahwa tes TKPA ini (menurut gua sih) memang didesain supaya (hampir) mustahil semua nomor bisa diselesaikan dengan waktu yang disediakan. Coba pikirin aja, dengan total jumlah 90 nomor dan waktu yang tersedia 105 menit. Berarti kalo dipukul rata, setiap nomor (seolah-olah) bisa dikerjakan 1 menit 10 detik. Padahal kalo dipikir baik-baik tipe soal logika analitik, bahasa indonesia, dan bahasa inggris itu memerlukan waktu yang relatif lama untuk dijawab karena lo dituntut untuk membaca bahan teks yang panjang dulu sebelum menjawab soal.

Jadi yang mau gua tekankan di sini adalah: jangan terlalu lama berkutat sama soal-soal tertentu. Ingat bahwa target utama lo dalam ujian TKPA adalah mendulang point sebanyak-banyaknya, jangan sampai soal-soal yang sebetulnya mudah dikerjakan, malah jadi terlewat/gak sempet dikerjain hanya karena waktunya udah keburu habis.

Di sisi lain, lo juga harus mikirin porsi pengerjaan antara soal TPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris supaya sebisa mungkin seimbang. Kesalahan umum yang sering banget kejadian adalah: Lo keasikan berlama-lama ngulik soal TPA & matdas, terus waktu mau mulai ngerjain soal Bahasa Indonesia, gak sadar kalo siswa waktunya tinggal 15 menit lagi! Akhirnya lo panik terus ngerjain soal Bahasa Indonesia dan Inggrisnya terburu-buru, gak teliti, banyak kejebak, bahkan ada aja siswa yang sampai gak sempet nyentuh soal Bahasa Inggrisnya sama sekali.

Nah, saran dari gua, lo bikin porsi waktu pengerjakan masing-masing soal supaya seimbang, misalnya:

  • Porsi waktu mengerjakan soal TPA (45 soal) = 40 menit
  • Porsi waktu mengerjakan soal Matdas (15 soal) = 20 menit
  • Porsi waktu mengerjakan soal Bhs Indonesia (15 soal) = 15 menit
  • Porsi waktu mengerjakan soal Bhs Inggris (15 soal) = 15 menit
  • Porsi waktu mengulang soal yang terlewat atau gak yakin jawabannya bener = 15 menit

Jadi waktu ngerjain soal TPA, biasakan kerjakan itu dengan cepat. Fokus sama soal yang lo pasti bisa dulu. Kalo ada yang kira-kira sulit, langsung lewatin aja dulu, jangan buang-buang waktu. Biasakan lo membuat porsi waktu pengerjaan, jangan berkutat sama satu soal terlalu lama. Pastikan pada menit ke-40, seenggaknya lo udah 'menyentuh' semua soal TPA, terlepas ada beberapa nomor yang kelewat itu wajar. Segera masuk ke 15 soal matdas, kerjakan tipe soal yang paling lo kuasai, mudah, dan cepat. Kalo ada soal yang kira-kira makan waktu lama atau sulit, lewatin aja dulu sambil diberi tanda. Untuk materi Bahasa Indonesia, gunakan strategi yang sama, kerjakan dengan cepat, lewati soal yang kurang yakin, pastikan 15 nomor bisa 'tersentuh' dalam waktu 15 menit. Begitu juga dengan soal Bahasa Inggris, biasakan kerjakan dengan cepat, efektif, dan melakukan pembagian waktu yang strategis.

Dengan waktu yang tersisa (misalnya 15 menit), lo bisa gunain waktu itu untuk ngecek lagi soal-soal yang tadi dilewat, ngecek apakah kode soal udah bener, nomor peserta ujian udah bener, dsb. Mungkin emang gak seluruh soal bisa sempet lo jawab karena waktunya emang sengaja dibuat supaya mepet banget. Tapi senggaknya lo bisa mengalokasikan seluruh kemampuan lo secara merata dan efektif pada semua soal yang pasti bisa lo kerjain. Coba lo biasakan untuk disiplin membagi porsi waktu pengerjaan dari sejak try out sbmptn sekarang-sekarang, jadinya nanti pas hari-H SBMPTN, lo udah terbiasa disiplin memanfaatkan waktu secara optimal. Lebih detail tentang strategi belajar masing-masing materi TKPA, gua bahas di bawah ini:

TPA - Tes Potensi Akademik (45 soal)

tpaTPA atau Tes Potensi Akademik biasanya sering dikait-kaitkan dengan semacam tes IQ yang materinya gak perlu dipelajari. Anggapan itu salah banget yah guys. Materi TPA itu memang secara teori gunanya untuk mengukur kemampuan logika, pemahaman komunikasi lo, daya analisa, dsb... yang pada intinya, tes TPA itu menjadi standard tertentu bagi universitas untuk menyaring para calon mahasiswanya. Tentu sebagai pihak universitas, mereka pengennya dapet para calon mahasiswa yang bisa berpikiran logis, daya analisa tinggi, kemampuan memahami bahasa komunikasi dengan baik, dsb.

Nah, komponen soal TPA itu sendiri ada macem-macem, dan setiap buku panduan biasanya punya istilahnya sendiri-sendiri. Kalo untuk versi zenius, gua sempet nanya ke Wilona (tutor TPA zenius), dia pribadi membagi komponen soal TPA jadi lumayan detail dan komprehensif, yaitu 7 komponen berikut:

  1. Verbal
  2. Logika Proposisi
  3. Logika Analitik
  4. Pola Barisan
  5. Aritmetika
  6. Diagram Venn
  7. Pola Gambar

Nah, cuma masalahnya dari 8 komponen soal ini, bisa jadi gak seluruhnya keluar dalam 60 nomor soal TPA. Kadang-kadang pada SBMPTN tahun tertentu, porsinya lebih banyak di logika analitik, pada tahun yang lain malah lebih banyak soal verbal yang keluar, kadang yang dominan pola gambar, dst.. Terus gimana dong? Yah, solusinya ya pelajari aja semua komponen soalnya dengan sebaik-baiknya!

Untungnya nih, di zenius kita udah nyediain sumber materi ajar yang lengkap banget terkait dengan 8 komponen soal TPA ini, berikut adalah penjabarannya:

1. TPA Verbal

2. Logika Proposisi / Logika Kuantor

3. Logika Analitik

4. Pola Barisan

5. Aritmetika

6. Diagram Venn

7. Pola Gambar

 

Matematika Dasar SBMPTN (15 soal)

Okay, untuk bahan Matdas, rasanya gua gak perlu bahas panjang lebar, karena pada artikel zenius sebelumnya, Wisnu udah bahas seluruh tips, strategi belajar, dan juga pembagian materi berdasarkan kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013. Selain itu, Wisnu juga udah sempat membedah frekuensi materi bab yang paling sering keluar untuk soal-soal SBMPTN Matdas dari soal SBMPTN Matdas 2010-2014, berikut adalah pembagian topik soal-soal Matematika Dasar yang udah dikupas oleh Wisnu:

matdas

Okay, berdasarkan pembagian topik di atas, moga-moga cukup membantu lo untuk melihat prioritas bab mana aja yang lebih fokus untuk dipelajari yak. Nah, di bawah ini adalah seluruh informasi, tips, strategi belajar, pembahasan materi, dan juga pembahasan soal matdas dari SBMPTN tahun-tahun lalu.

Bahasa Indonesia SBMPTN (15 soal)

Kadang mungkin banyak orang mikir, apa susahnya sih ujian Bahasa Indonesia? Bahasa Indonesia kan bahasa 'ibu' yang kita gunakan sehari-hari? Masa iya, kayak gitu doang gak bisa? Ironisnya, mayoritas kegagalan siswa SMA pada ujian nasional dari tahun ke tahun itu justru pada ujian Bahasa Indonesia. Kenapa bisa begitu? Ada beberapa faktor, salah satunya karena kita gak sadar bahwa komunikasi yang kita gunakan sehari-hari itu sudah tidak bisa dibilang penggunaan Bahasa Indonesia yang benar, tidak terkecuali yang hidup di kota besar apalagi yang di daerah terpencil.

indonesiaTerlepas dari itu, pelajaran Bahasa Indonesia memang dari dulu relatif disepelekan, dianggap remeh, dan tidak penting. Padahal faktanya, soal ujian Bahasa Indonesia itu gampang-gampang susah, banyak jebakan, dan menuntut kecermatan dan logika yang baik.

Kalo lo perhatiin, mungkin dari tahun ke tahun tipe pola soal Bahasa Indonesia di SBMPTN ya gitu-gitu aja, paling ditanya ide pokok, gagasan utama, topik bahasan, tema artikel, atau kesimpulan dari bacaan. Herannya, masih banyak siswa yang masih gak ngerti apa itu bedanya topik dengan tema, masih gak bisa bedain apa itu gagasan utama dan kesimpulan pada bacaan. Jadi seringnya para peserta ujian itu ngerasa pede bisa ngerjain, padahal jawabannya banyak yang salah. Nah lho, jangan sampai impian lo untuk bisa kuliah di PTN favorit malah gagal hanya gara-gara pelajaran Bahasa Indonesia yak!

Untungnya, zenius udah menyediakan seluruh pembahasan materi, soal latihan, dan juga pembahasan soal SBMPTN Bahasa Indonesia tahun-tahun lalu. Berikut adalah beberapa bahan materi yang dimaksud:

 

Bahasa Inggris SBMPTN (15 soal)

Okay, pada soal Bahasa Inggris, lo akan berhadapan dengan 15 soal pertanyaan dalam bacaan atau biasa disebut dengan istilah Reading Comprehension. Sekilas bentuk 'pertanyaan dalam bacaan' itu kesannya cuma hal yang sepele, apalagi jumlah soalnya cuma 15 nomor doang. Tapi jangan salah guys, justru karena kesannya sepele inilah, banyak banget peserta SBMPTN (baca: para pesaing lo) yang terlalu ngeremehin materi ujian Bahasa Inggris. Kok bisa ya 15 nomor soal yang bentuknya pertanyaan dalam bacaan aja bisa sampai jadi momok tersendiri yang gak bisa diremehin?

bhs inggrisOkay, berdasarkan hasil obrolan gua dengan Donna (tutor Bahasa Inggris zenius) dan anak-anak alumni zenius, beberapa kesalahan umum yang sering kejadian adalah... otak lo udah keburu butek duluan gara-gara dihajar sama 45 soal TPA  + 15 soal matdas + 15 soal Bahasa Indonesia... Jadinya waktu lo baru mulai masuk ke soal Bahasa Inggris, mental lo udah drop duluan begitu ngeliat bacaan Bahasa Inggris yang panjang-panjang, belum lagi waktu yang tersisa buat ngerjain soal Bahasa Inggris itu seringnya udah mepet banget. Dalam kepanikan, biasanya peserta ujian malah asal nembak atau nyerah gak diisi sama sekali. Gak jarang, hal inilah yang jadi salah satu penyebab peserta gagal dalam ujian SBMPTN.

Sekarang lo coba pikirin aja deh, yang namanya PTN top nasional itu pasti punya standard tersendiri untuk menyaring para calon mahasiswanya dong. Hampir pasti sih, salah satu standard itu adalah kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik. Kenapa kemampuan Bahasa Inggris jadi standard? Lo bayangin aja, dari mulai buku cetak, jurnal ilmiah, sumber referensi artikel, bahkan kadang soal ujian waktu kuliah itu menggunakan Bahasa Inggris! Sekarang kalo dalam ujian SBMPTN lo gak ngisi soal Bahasa Inggris sama sekali atau asal nembak doang... secara gak langsung lo memberikan kesan pada tim seleksi, bahwa kemampuan Bahasa Inggris lo payah banget atau bahkan gak bisa sama sekali! Akibatnya ya jelas lo gak akan masuk standard untuk bisa jadi calon mahasiswa di PTN top nasional dong...

"Nah lho, terus gimana dong? Bahasa Inggris gua kan emang payah. Apalagi kalo waktu ngerjain, otak gua udah terkuras habis ngerjain soal TPA dan Bahasa Indonesia. Apa yang harus gua lakukan?"

Nah, cara supaya lo bisa tahan ngehadepin soal Bahasa Inggris pas otak udah capek itu ya gak ada cara lain selain dibiasain! Maksudnya 'dibiasain' itu gimana? Maksudnya lo coba latih otak lo untuk terbiasa membaca teks Bahasa Inggris sampai betul-betul lancar. Kalo lo dari jauh-jauh hari udah terbiasa baca teks Bahasa Inggris, maka energi yang otak lo gunakan untuk baca teks Bahasa Inggris itu jadi relatif enteng! Jadi walaupun otak lo sebetulnya udah agak letih karena habis ngerjain soal TPA dan Bhs Indonesia, waktu berhadapan dengan bacaan Bahasa Inggris gak perlu jiper/takut lagi, karena itungannya bacaan kayak gitu udah jadi makanan ringan buat lo, hehe..

Terus gimana dong caranya supaya bisa dibiasain? Kuncinya memang persiapan belajar Bahasa Inggris itu jangan diremehin! Otak lo itu perlu proses adaptasi untuk bisa menguasai bahasa lain, jadi persiapannya pun gak bisa sebentar. Okay, terus gimana dong langkah konkrit untuk mempersiapkan diri belajar dari sekarang? Nah, berikut adalah beberapa bahan materi baik berupa artikel maupun video pembahasan untuk persiapan SBMPTN Bahasa Inggris:

****

 

Okay, itulah kurang lebih beberapa tips dari gue terkait bagaimana sebaiknya lo mengalokasikan waktu dan energi untuk belajar SBMPTN pada bulan-bulan awal seperti ini. Buat lo yang baca artikel ini di waktu yang relatif udah mepet, gua sarankan lo baca artikel ini:

Kalo gua baru mulai belajar SBMPTN dari sekarang, masih sempet gak yah?

Moga-moga artikel ini bermanfaat buat lo semua, khususnya buat lo yang mau ngejar point sebanyak-banyaknya pada materi ujian TKPA. Good luck everyone, and do your best!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut dengan Glenn terkait strategi belajar SBMPTN TKPA, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • m.husaini ansori

    bang kalau aku fokusin 1 bulan ini untuk mtk doang, soalnya basik mtk aku kurang bgt, di sbm tahun kmrn aku cuma bisa jawab 4 soal di mtk ( itupun gak tau benar apa gak )..... ?

    • boleh aja sih, basic math kan termasuk bagian dari TPA juga.

      • Dendi Sujana

        Bang plis gue butuh saran gue udah salah taktik dan belajar buat rapat kelas 12 sedangkan ini udah bulan desember plis gue butuh saran gimana cara belajarnya biar bisa ngejar materi plis bang....

  • Bella Luthfia

    bang tkpa kan lumayan banyak bahannya. gimana ya caa bagi waktunya sekalian buat prepare nilai semester 5?

  • alfinsa

    soal TPA ada 45, basdon 15, basing 15, matdas 15 total 90 soal.

    bang glen nanya nih. kebetulan gua udah coba belajar agustus, sebulan kelar TPA, sedangkan gua masih punya beberapa bulan lagi sebelum SBMPTN.

    apakah beberapa bulan ini (misal sampai desember), gua harus ngdalemin TKPA ex: matdas, basdon, basing, dan TPA? cuz point di atas nyebutin "TKPA adalah ladang poin"

    gua bingung juga, takutnya TKD Soshum Sejarah, Sosiologi, Geografi, Ekonomi ga kekejar, materi banyak bener ^ ^

    • oh kalo kamu membagi kategori soalnya begitu ya? boleh juga sih...
      yah masing2 siswa punya cara tersendiri, tapi kalo menurut saran gua sih, lebih baik mantepin dulu seluruh materi TKPA, baru masuk ke materi Saintek/Soshum. Kalo kecampur2, nanti kamu bingung sendiri. Nanti gua pasti akan bikin artikel tersendiri utk membedah materi Saintek dan Soshum supaya belajarnya efektif deh. Dari bulan Januari utk ngejar materi Soshum itu cukup, asal alokasi waktu belajarnya tepat sasaran, disiplin, dan konsisten.

      • alfinsa

        berarti kalo gitu, ada bagusnya gua bikin jadwal khusus TKPA doang sampe Desember, baru kemudian gua susun jadwal belajar TKD Soshum mulai Januari - Juni gitu ya biar lebih fokus?

  • PNTR

    Kak, soal sbmptn nya mulai dari yang tkpa, math, saintek (fiskimbio) yang tahun 2014 sama 2015 kok belum ada soal yang versi pdf nya ya. Cepet dibikinin dong kak biar bisa latihan lebih banyak soal lagi, apalagi yang tahun 2014 sm 2015 tuh kan yang barbaru. Cepet ditambahin ya kak, hehehe 😀

    • iya, lagi dalam proses pengetikan. Sabar yah, nanti gua bantu tagihin terus ke team typist 🙂

      • Sadewa Nathan A.

        Oke kak thank. Semangat buat team typist biar cepet kelar:)

  • Raka

    Bang, mo minta saran nih.. Gua skg kelas 12 dan udh sejak juni kemarin (libur kenaikan kls 12) fokus buat belajar sbm. Begitu masuk sekolah, belajar sbm gua kadang suka keganggu sama pr dan ulangan2 di sekolah, soalnya lagi enak enak nguatin basic science nya, eeh kepotong sama materi yg diulangankan. Itu sangat mengganggu gua bgt. Sikap yg seharusnya gua ambil gimana ya Bang? tks.

    • Razif Falyan Ardharu

      Sama nih bro, gue juga gitu. Alhasil kemaren waktu hari jumat, yg jadwalnya rada senggang gue bolos sekolah buat belajar TPA di rumah seharian. @Glenn Ardi:disqus menurut lo gimana bang?

    • Razif Falyan Ardharu

      Sama nih bro, gue juga gitu. Alhasil kemaren waktu hari jumat, yg jadwalnya rada senggang gue bolos sekolah buat belajar TPA di rumah seharian. @glenn_ardi:disqus menurut lo gimana bang?

      • Renma Armara

        Hr ini gw jg bolos. Habis semenjak sekolah, TPA gak kelar2..

    • ini sebetulnya situasi yg agak dilematis ya. di satu sisi gua gak pengen bilang kalo lo mengabaikan tugas dan kewajiban lo di sekolah utk ngerjain pr/tugas/ulangan... tapi jujur aja sih, setelah lo kuliah nanti dan nengok ke belakang, rasanya nilai raport kelas XII itu jadi gak ada gunanya sama sekali, hehe..

      gua aja dulu waktu sekolah gak pernah keluar 10 besar ranking dari SMP, tapi pas kelas 12 gua keasikan belajar math & bhs inggris buat masuk UNPAR jd nilai rapor gua agak turun sampai gak masuk 10 besar. Sekarang2 sih gua mikir nilai raport kelas 12 hampir gak ada pentingnya sama sekali. Yaah.. kecuali mungkin kalo lo ngejar nilai semester 5 utk dapetin SNMPTN. itupun kalo nilai rapor lo dari semester 1 bagus terus, baru bs dibilang rapor smster 5 layak diperjuangkan 😀

      • Dyah

        Sama nih bang. Tugas gw gak cuma di sklh doang tp juga freelance di perusahaan. Jadi biasanya gw bisa luangin waktu 5 jam buat belajar sbmptn jd cuma 2 jam. 🙁

        Skrg gw lg ngejar saintek krn di sklh udh fokus 3 mapel yg ada di TKPA. Gw gak mikir sama skali SNMPTN soalnya alumni jarang lolos SNMPTN, kalah sm SMA. Tapi di saintek waktu gw belajar tiap bab lama bgt jd gw review TKPA januari aja. Menurut lo gimana strategi gw?

    • Dedy Kurniawan

      Pengalaman gw duluuuu.. Fokus UMPTN (nama jadulnya SBMPTN). Artinya dgn waktu terbatas sy mengorbnkan mgerjain PR/tugas sekolah atau dengerin guru... Bahkan keluar kelas aja. Mgkin cuma pelajaran olahraga aja yg msh diikuti.. Buat refreshing.. Haha. Tapi risiko tanggung jawab sendiri yaaa..

  • Madelin Allbrith

    Akhirnyaa tercerahkan juga gue,thanks bg artikelnya.Btw itu kalimat "kecuali lo sekarang adalah siswa kelas 10 semester 1-2, udah gak terlalu banyak yang bisa lo lakukan untuk mengubah hasil seleksi SNMPTN " maksudnya kelas 12 mgkin ya? :""

  • R. Muhammad Naufal

    bang kalau gue fokus ke saintek dulu baru tkpa gimana, bahasa indonesia sama bahasa inggris di akhir gimana tuh? soalnya materi saintek kan banyak banget

    • sebetulnya strategi mantepin TKPA di awal itu pendapat/gagasan gua aja. Kalo misalnya lo di awal-awal ini lebih nyaman belajar saintek dulu yah silakan aja. Belajar itu gimananya nyamannya lo aja. Kalo lo sekarang lagi seru2nya belajar saintek, ya lanjutin aja jangan dipotong, nanti semangatnya keburu hilang.

      Masalah keburu/nggak pelajari bahan yang banyak banget, itu balik lagi sm strategi belajar masing-masing. Mumpung SBMPTN masih lama, gua saranin lo explore semua ilmu yang lo suka aja. Nanti kalo hari-H udah makin deket, baru deh lo makin taktis nentuin prioritas, belajar lebih efektif untuk bahan2 yang secara statistik lebih sering keluar, dsb.

      • R. Muhammad Naufal

        thanks sarannya bang.. oia, saran zenius update dong materinya di teori sbmptn banyak yang belum dibahas bang sabda tuh terutama matematika sama fisika.. kayak contoh fluida sama optika belum dibahas..

  • aldi

    makasih bang sudah tercerahkan nih buat belajar intensif sbm setelah bongkar semua artikel zenius sama zenius learning, ditunggu panduan selanjutnya buat saintek sama soshum juga nih biar mantep.
    Tapi buat belajar di Zenius itu cuma kebagian waktu 2-3 jam/hari keganggu sama pulang sore juga tugas tiap hari tapi kuatin tekad aja dah xD Bismillah SBMPTN 2016!

    • Sip, ditunggu yah artikel utk saintek & soshum, semangat ya! 🙂

  • HIB

    bang minta frekuensi kemunculan materi selain mtk dong di post selanjutnya yaaa

    • yaaa.. nanti diupayakan utk mata pelajaran yang lainnya

      • HIB

        okkay.thanksbanget

  • Fitriαh Ulfαh

    bang gue kalo lgsg masuk materi sbmptn, terutama matpel mtk&sejarah itu suka bingung, jadi review materi kls 10/11 ktsp sm k13 dulu trs masuk materi sbm, baru gue konek. kira2 efektif ga bang?

  • Fahmi

    bang, ada tips belajar sbmptn yg enak ga, klo kondisinya udh ngampus di swasta
    coz gua mau coba lagi tahun depan

    trus untuk mtk kuliah sama mtk sbmptn emang mirip-mirip ya? temen gua sih pada bilang gitu, apa bener bang?

  • Eka Apriana Putri

    Males belajar Matematika ato hitungan, min.. 😀 udh terlanjur gk suka, gimana dong?
    Terus kalo mau ngambil jurusan Bhs Inggris, yg hrs dipelajarin apa? TPA juga kah?

  • Dedy Kurniawan

    Glenn.. Kyknya itu yg di bagian gambaran umum ada yg kurang dikit. Hrsnya ada 4 pelajaran utama. Yg Matdas ga disebutin? Memang sengaja?

    • tadinya saya memasukan matdas jadi bagian dari TPA, makanya sblmnya saya tulis (TPA 60 nomor), tapi setelah saya diskusi lagi, saya mengeluarkan matdas dari TPA. Cuma mungkin ada yg terlewat belum diedit. Sekarang udah saya benerin Pak Dedy, thanks!

  • Muhammad Rezka Eki Prabowo

    Bang tanyaaaa 🙁 ngilangin rasa malas sama sering badmood dalam pelajaran yang ga disukain itu gimana ? gue suka bio kim tapi perut gue mual banget kalau ngeliat fis mat .. Saran bang 🙁

  • Alwi

    bang? kira kira belajar matdas dalam waktu sebulan,tapi sehari cuman sejam, cukup ga tuh?

    • wah, kalo belajar math cuma sejam sih kayaknya terlalu sebentar yah. Walaupun dilakukan dlm wkt sebulan, lebih baik sesi waktu belajarnya ditambah lagi.

      • Alwi

        walah..masih bingung bang, sama tugas+ulangan harian aja masih suka keteteran bang-_- tugas masih numpuk kelas tiga..punya saran ga bang buat bagi waktu?

    • Fadillah Adamsyah

      Bener kata bang Glenn. Gua belajar Matdas waktu bulan puasa. Gua mulai belajar dari jam 12 siang ampe buka puasa + abis teraweh beljar bhs. inggris ngulang dari kelas X (karena grammar gua acak-acakan). Targetnya 1 hari selesai 1 topik pembahasan. Gua beruntung banget tau zenius sebelum tahun ajaran baru dimulai, jadi bisa nyolong-nyolong waktu hehe ....
      Efeknya gede, waktu TO pertama di bimbel gw, matdas gw isi 15 dan yang bener 14, salah satu ya lumayan lha. Sekarang gw udah selesai belajar matdas, tkpa(kecuali verbal), dan mat IPA (skill differnsial mesti diasah lagi >..<.

      Thanks banget Zenius !!!!

      • Thia Roya

        lu belajar di bimbel juga gak? stlh itu lo kalau malem belajar sampai jam berapa?

  • Refri A. Srigama

    kak, kalo aku dari jurusan IPA mau ambil kuliah yg bau2 hukum dan politik gitu . Ntar kan ada ujian TKD Soshum, ya aku suka sih pelajaran ilmu Sosial tapi udah ketinggalan banyak . (terakhir belajar kelas X) gimana dong ???

    • mumpung sekarang masih banyak waktu, buruan dikejar materinya
      https://www.zenius.net/cg/1162/soshum-sbmptn
      tapi kalo takut kamu berubah pikiran, lebih baik mulai belajar dari TKPA dulu aja. Byk anak dari SMK aja bela2in belajar materi saintek/soshum, sampai bisa lolos PTN top. masa kamu gak bisa? 🙂

      • Refri A. Srigama

        Kak Glenn , aku mau banget nih belajar sama zenius full time tapi masalahnya saat ini aku pulang sekolah jam 2 siang ditambah ada jam tambahan, sampe rumah jam 5 sore (padahal belajar di sekolah ga bisa ngerti juga, ditambah ada gurunya yg ga masuk kelas) kan waktunya terbuang percuma dong. Pulang sekolah ngerjain tugas lagi -,- begitu seterusnya .

        terus kapan aku sama zen nya T.T sayang banget klo voucher jrang dipake kan . hhuh

  • Myze Kun

    bagus Nih Buat Latih Soal
    Bang, Ane Kan Masih Kelas 11,
    Apakah Nanti Pas SBMPTN - TKPA - TPA 2017 Masih Menggunakan Sistem Ini?

    • kemungkinan besar tidak akan terlalu banyak berubah.

      • Myze Kun

        Oke Bang
        Terima Kasih Buat Infinya

  • william

    bang, gue kan kls 12, lagi kepengen belajar buat SBMPTN ama UN, nah masalahnya, tiap hari itu uda digempur ama pr, ulangan, pulang sore mulu, ampe ampe pulang cuma 'numpang tidur' aja. nah, yg gue mau tanyain, gimana sih cara buat manage waktu, biar tiap hari uda digempur ama tugas dll tapi masih ttp semangat belajar buat SBMPTN?

  • Alwi

    bang? kalo belajar matdas satu jam sehari selama sebulan cukup ga tuh..?

  • Safira Anggani

    bang glenn, saya penasaran dengan tipe raport pribadi (ms.excel) yang disaranin sama bang sabda. itu ada contohnya ga? terima kasih

    • wah, si sabda share di mana tuh raport pribadi via Ms. Excel? sebetulnya sih yg kayak gitu tinggal bikin sendiri aja pake fungsi2 sederhana excel.

  • Novita Arthayani

    Bang, bener tadi gw baca ada dibilang di TKPA itu bisa mendulang nilai itu maksudnya gimana? Kita kalo jawabnya maksimal dlm artian point kita gede untuk di TKPA, kita ga perlu khawatir lagi sama TKD nya ya bang? Tolong info ya. 🙂

    • maksudnya, dibandingkan materi saintek dan soshum.. materi TKPA itu relatif lebih sedikit bahannya, lebih mudah dipelajari, dan tipe soalnya juga itu-itu lagi. Jadi kalo belajarnya diseriusin, sebetulnya kamu bisa menjadikan ujian TKPA ini sebagai 'lumbung nilai' tersendiri. Terlepas dari itu, materi TKD Soshum dan Saintek juga tetap perlu dipelajari dong, dan tentunya tetap harus dikhawatirkan. Masalahnya, byk peserta SBMPTN yg gak sadar bisa maksimalkan point di TKPA dan malah fokus ngabisin waktu & energi pada materi yang sulit.

  • JerukMikan

    Bang, itu Xpedia 2.0 nya bonus laptop ga? Hehehehe..

  • Ruth Butarbutar

    Bang glen. Mau nanya nih,aku udah lulus klas 12 .tpi kmarin gk jebol di sbmptn.bg aku kn jurusan ipa ,jadi tahun depan rencana aku ikut sbm soshum,apa aku harus belajar materi soshum dari sekarang dan belakangin TPA?

  • Gue denger isu kalo berkas SNMPTN 2015 itu ga dikirim ke jurusan/PTN pilihan kedua karena banyaknya peserta. Apa ini benar?
    Kalo ada, gue minta statistik SNMPTN 2015 yg diterima di pilihan pertama dan kedua dong. Thanks.

    • Ini data sampel, bukan data real. tapi harusnya lumayan bisa mewakili populasi.

  • Dillla Hamidah Suhaemi

    k, boleh kagak sih, gua belajar TES SNMPTN/SBMPTN? gua sekarang emang masih kelas 10, tapi, kan k sabda bilang, "lo harus belajar tes SNMPTN/SBMPTN dari sekarang!!" nah, gimana tuh, gua boleh belajar apa kagak? kan kalau bingun bisa nanya ama tutor zenius d zenius club

    • kalo dari kelas 10 sih kamu enjoy se-enjoy2nya aja sama pelajaran di sekolah. bikin diri kamu seneng sama belajar, jadikan belajar itu asik, menarik, dan seru. seiring kamu belajar materi di sekolah kan sekalian belajar sbmptn juga.

      • Dillla Hamidah Suhaemi

        WAHH... kitamah seneng belajar kalau pake Zenius Xpedia 2.0 biar d sklh kagak ngerti ama penjelasan guru, di rmhkan bisa juga belajar sepaham2nya pake zenius Xpedia 2.0

  • Ika Wahyuni

    Bang b.inggris aku kurang bgt
    gmna strategi buat ngejawab soal b.inggris
    Dan aku harus mulainya dari mana
    Mnta solusinya dong belajar b.ingris itu harus kyk gimna agar aku bisa ngejawab soal sbm tahun depan

  • Ika Wahyuni

    bang gimana caranya supaya b.inggris aku tuh bagus soalnya aku tuh setiap ngadepin soal b.inggris jarang ngejawab paling sedikit 1 nomor itu pun kalau benar. aku tuh mau bget pintar b.inggris. gimana caranya bang . mohon pencerahannya

  • Nuraa

    Kak, aku sebenarnya udah pengen fokus belajar sbmptn, tapi kegiatan ekskul sama osisku belum kelar di bulan bulan ini. aku sebenernya udah nyusun jadwal dan target tapi slalu aja jadwal dan targetku gak terpenuhi soalnya emang waktu buat belajar itu sedikit banget. udah pulang skolah itu kadang sampek rumah itu maghrib, belum lagi ada pr dan tugas. hari libur pun itu masi belum bisa maks bljar soalnya masi ada tanggungan osis. aku bingung kak, mau gmna bagi waktunya, kadang juga kalau udah aku sempetin waktu blajar sbm eh badan rasanya cuapek dan gak kuat pengen istirahat.:(

    rasanya pengen cepet vacum dari kegiatan2 itu, tapi di jadwal skolah serah terima jabatannya baru bulan oktober akhir, aku takut ketinggalan materi banyak. soalnya pahamku itu agak lama, jadi ya kalau belajar gak bisa ngebut gitu kak.. sedih nih 🙁

  • Sasa

    Kak,bagaimana untuk yang milih jalur IPC? Aku dari IPA.. Kira2 gimana belajarnya.. Secara materinya banyak bgtt.. Dan aku sekarang masih ngejar materi kelas 12 ipa.. Belum nyentuh tkpa dan ipsnya samasekali juga ipa kelas 10 11nya aku masih belum kuasain... Minta sarannya ka..

  • Annisa Khairani

    Kak Glenn, kan kalau kata Kak Glenn "belajar sbmptn dari awal2 bulan tahun ajaran baru", nah tapi kata guru sekolah saya justru awal2 bulan tahun ajaran ini difokusin buat ngejar nilai setinggi-tingginya biar bisa lolos snmptn. Terus saya masih bingung nih mau belajar sbmptn dari sekarang atau nanti (akhir tahun ini). Soalnya kalau dilihat dari keadaan sekarang, guru2 sekolah saya ngasih tugas/ pr banyaaaak banget, jadinya saya terfokus buat nyelesain tugas/ pr itu. Tapi, disisi lain saya juga pengen belajar sbmptn dari sekarang. Menurut Kak Glenn, sebaiknya saya harus gimana?

    Thanks, Kak.

  • Annisa Afisina

    Bang, yang di zenius learning kan disaranin buat nonton film subtitle b. inggris tiap minggu, itu wajib nggak sih? terus fungsinya apa?? kalo nggak tau artinya kan juga percuma??

    • yah itu gak wajib, cuma saran saja sbg salah satu cara utk memperlancar pemahaman bahasa inggris. Fungsinya? ya supaya kamu jadi makin jago kemampuan bahasa inggrisnya, terutama listening skill. Kalo awal-awal gak ngerti sama sekali, mungkin bisa dibiasakan pake subtitle bahasa indonesia dulu, tapi kamu fokus ke omongan orangnya, kalo gak ngerti baru lihat text. Lama2 kalo udah sinkron, bisa nonton pake subtitle bahasa inggris.

      • Annisa Afisina

        O iya bang, tes minat bakat itu ngaruh banget nggak sih buat nentuin jurusan kuliah? Misal aku tes minat bakat hasilnya itu potensi di matematika, tapi aku pengennya itu masuk di biologi, gimana bang??

        • tes minat dan bakat jarang sekali yg valid. kamu ikuti bidang yg kamu senangi saja, gak perlu pusingin apa kata tes minat & bakat.

          • Annisa Afisina

            Oo ok. Thanks bang 😀

  • diyand pramesti

    bang,kalo mau liat frekuensi materi per bab (materi TKDU sama saintek)yang sering keluar dari tahun" lalu,bisa diliat dimana bang?

  • putri

    kak, kalo mau persiapan buat sbmptn 2017 juga diawali TKPA dulu ??

  • varel

    kak bedanya bahan sbmptn di web sama di xpedia apa sih?
    apa xpedia lebih lengkap mengulas materi sbmptn atau gimana?

  • Yudika

    Bang, kalo boleh buatin statistik program sainteknya juga dong. Sperti math yang diatas, biar tau persentase bab yang diprioritaskan. Trims

  • yenni

    kak, mau tanya, aku di sma jurusan ipa, nanti aku mau ambil jurusan psikologi pas kuliahaa, nah itu nanti pas ikut sbmptn itu aku juga harus pelajarin yang ips, atau cuman ipa aja? terus sistem penilaian di sbmptn itu, diliat dari berapa banyaknya jawaban yang benar atau gimana?

  • Sari Fathu Rahmah

    bang gua kan alumni th 2015 bang, trus gua ga kuliah gara2 ga diterima PTN bang soalnya gua cuuma dibolehin sama ortu kuliah di negri nih bang, dan berhubung ekonomi keluarga gua yg lagi ga lancar jadi gua ga di bimbelin yg setaun itu loo. trus gua nyoba buka2 zenius, dan gua jadi semangat buat ngejar sbmptn taun depan. jadi gua harus belajar dari TKPA dulu ya bang? yg TKD gua udh agak agak lupa si, trus gmn bang? jadi TKPA dulu nih? trus gua agak ga paham deh bang sama voucher2 itu. maksutnya gmn si bang? gua tertarik bgt nih sama zenius. mohon info nya ya bang ^^ pliss

  • Yudika

    Bang, cara supaya nonton videonya di android gak error gimana ya, soalnya flash di android ga ada

  • Bang kalo untuk yang mau lintas minat, misalnya gue nih, dari IPA mau ngambil Sbmptn soshum. Nah, gimana caranya tuh? Kan UN-nya juga IPA. Ngatur waktu antara belajar UN dengan belajar SBMPTNnya bagaimana?

  • Yudika

    Kira kira kalau cuma ngandalin nih zenius tanpa bimbel bisa masuk itb gak ya

  • Yudika

    Bang, apa boleh bimbel di zenius setelah un ?

    • wah, bimbel zenius udah full sejak akhir Juli lalu. Belajar di zenius.net aja ya, kebanyakan murid zenius juga belajar dari zenius.net doang kok 🙂

      • Yudika

        :'(

  • afifa larasati

    bang gue alumni 2015. udah ikut bimbel juga sih, cuman ngerasa masih kurang di fisikanya, jadi buat nambah2 yg kurangnya gue ngezenius, tapi masalahnya bang gue bingung bagi waktunya buat ngezenius ,buat ngerjain soal2, dan memperdalam materi disamping waktu les gue. trus ya bang gue juga terbiasanya sehabis dijelasin di tempat les gue langsung latihan soal materi yg diajarin,dan jadinya gue ngga bisadeh klo beberapa waktu dalemin salah satu aja dri TKPA/TKD . pengenyasih dalemin salah satu dulu gitu bang, tapikan ngga enak klo materi yg baru anget2 diajarin tpi ngga latihan soalnyaa, ntar keburu lupa lg heheh, jadi enaknya gmn ya bang gue bljrnya?dan gmn bagi waktunya?

  • Syifa Ramadhani

    bang mau nanya nih, aku sekarang lagi kuliah tapi mau ngulang lagi sbmptn tahun depan, cara belajarnya gimana ya? dan apa dulu yg harus dipelajari? thankss.

  • Hazanul Zikra

    Kak, gue mau nanya, gue sekarang udah diterima di Fisika Unpad. Nah gue punya masalah dengan kesehatan dan sering banget nge-down kalo uda masuk lab. Gue sempat mikir buat lebih konsentrasi ke bagian soshum dan rencananya gue mau ngambil hukum. Kira-kira menurut mu gimana kak. Mohon dong pandangannya.

  • Rona

    Pengen bei bukunya aja buat soal-soal , tp d mna yah??

  • Unan

    Kak? Lulusan taun 2014 masi bisa ikutan SBMPTN 2016 gak ya? 🙁

  • Unan

    Kak? Lulusan tahun 2014 masi bisa ikutan SBMPTN gak ya? 🙁

  • Ulfah Zulfa S

    Wah, banyak dapet pencerahan nih soal SBMPTN. Thanks you banget Bang Gleennn. Tapi masih agak bigung juga. Kan gini bang, gw ada rencana ngambil fisip prodi ilmu pemerintahan. Sedangkan gw di SMA dari IPA. Kira-kira itu bisa gak ya? Terus apa aja yg harus gw pelajari buat SBMPTN loncat jurusan gitu? Thank ^^

  • Wisnunandar Dwi Santoso

    kak? lulusan tahun 2014 masi bisa ikutan SBMPTN 2016 gak ya ? 🙁

  • Rizka A

    Halo bang, apakah teori SOSHUM di zenius udah lengkap? apa aku butuh baca2 di buku lagi. Thanks 🙂

  • shylviana

    ka kalo dr lulusan smk gimana nih ka mulainya? kita ngulang materi dari pelajaran SMA kls 10 atau langsung ke materi sbmnya langsung ka?

  • Ariq

    Bang mau tanya dong, kan saya SMA dari jurusan IPA nih . tapi buat SBMPTN nanti saya mau Ngambil test SOSHUM, gaada satu pun jurusan ipa yang saya lirik . Nah gimana ya bang kalo saya fokus di TKPA kira nya sampe bulan desember, sedangkan TKD Soshum saya bener bener buta, basic nya aja gatau, apa sempet Mulai itu di bulan januari? Dan gimana juga buat ngadepin UN yang materi saya harus belajar IPA ngejar Nilai dia atas "sekian" biar kalau nanti udah Masuk ptn ga ngulang UN nya lagi, dan ga kemungkinan DO dari Ptn karena nilai UN ny dibawah "sekian" itu. Makasih

  • Adam_pragusti

    bg glen,,, aku lulusan 2015 ipa,,, 2016 coba sbmptn lagi,,, nah tapi saya akan lintas jurusan, bljr sosum nya mulai dri mna yah khusus nya dri web zenius.net aku sumber bljr dri itu aja soalnya.....

  • Daffa Amara Dzikri

    Bang saya siswa kelas 11 sma,saya udah punya tujuan buat nembus sbmptn untuk nanti/kedepannya,dan kebetulan saya ga terlalu ngarepin jalur snmptn,jadi boleh ga dari mulai sekarang(kelas 11) saya dikit demi sedikit belajar materi sbmptn?

  • sebulan ini lg fullin fokus tkpa, dan jeng jeng jeng jeng datanglah UAS yang menganggu jadwal gua ahaha

  • Aditya Kemal

    bang aku mau belajar buat SBMPTN 2016 materi biologi, mending streaming dari yang SBMPTN nya atau dari kelas 10-12 kurtilas ya? soalnya aga beda juga pembahasan didalemnya

  • koban.

    bang, apakah ada materi tertentu yang nantinya jadi peritmbangan tim seleksi untuk menerima kita di universitas favorit? contohnya kaya tadi abang bilang di artikel, bahasa inggris. sedangkan gue lemah di math, geografi dan ekonomi. apa bakal sama kaya soal b inggris kalo gue ga kuasain materi tsb?
    satu lagi, kalo gue mulai belajar di semester 2 termasuk waktu yg mepet ga bang? terimakasih sebelumya.

  • rismayanti

    kak... aku kan alumni...
    aku udah nentuin jurusan yang mau aku pilih...
    aku ikut yg saintek , enaknya belajar apa dulu?

  • firda agnesia a.

    bang gua kan dari ipa mau ambil kuliah bercorak ips deh, nah itu nanti gua mau ambil tes nya soshum tapi gua kan belum pernah dapet materi ips dari kelas 10 dulu. jadibaiknya gimana biar gua bisa ngejar semua materi?

  • Furqon Lanang

    bang mau nanya gw kelas 10 nih nyiapin buat SBMPTN itu wrth gk sih + masih banyak materi yang belum di ajarin apa kah Worth ??

  • Shandy Gunawan

    Permisi Kak Glen, saya berusaha untuk siapin SBMPTN mulai dari sekarang.
    Pertanyaan saya itu lebih baik pada saat belajar lewat zenius.net nya langsung masuk ke bagian SBMPTN untuk teori SAINTEKnya (saya IPA) atau belajar ulang di bagian kelas 10-11?
    Soalnya saya lihat di teori SAINTEK SBMPTNnya kurang jelas bagi saya, walaupun kak Sabda bilang udah sesuai dengan Deliberate Practice

  • aliefalyarham

    Misi ka Glenn.Aku kan baru masuk SMA alias masih kelas 10 kira2 yang perlu dipersiapin buat sbmptn atau ujian mandiri apa ya?? soalnya pengen nyolong start nih soalnya temen temen disekolah masih belum mulai. apa sebaiknya belajar buat TPA dulu atau gimana?? mohon bimbingannya terima kasih.

    • Ovie

      Bantu jawab ye. Menurut gue sih, karena masih kelas 10, mendingan belajarnya pahamin sepaham-pahamnya aja dulu buat bagusin rapot. Siapa tau tembus lewat SNMPTN
      Tapi kalo mau sekalian sih ya oke aja, misal minggu ini kamu belajar materi logaritma, nah kamu coba aplikasiin ke soal2 logaritma yang ada di SBMPTN (begitu juga dengan materi lainnya)

  • Rulianto Situmorang

    Bang Glenn, gw mau nanya, Kalo pilihan gw di SBMPTN : 1.Akuntansi-UGM 2.SBM-ITB 3.Akuntansi-UNDIP itu valid gk? Soalnya temen saya pernah bilang kalo pilihannya 3 PTN yg berbeda, maka prodinya harus sama. Itu bener gk sih bang glenn?

  • Fadhal muh

    Bang gue jurusan ipa mau ngambil sbmptn soshum, HI. Gue pengennya belajarnya yang offline. Gue bagusnya beli xpedia kls 12 ips atau alumni?

  • Dhessy Susanto

    Bang kalo mau mulai bljr sbmptn skrg tuh belajarnya basic per bab dulu ato langsung nyemplung ke soal terus pas ga bisa baru buka materi perbabnya?

  • Ovie

    Bang, (1) kalo naro SBM di pertama sama FSRD di kedua riskan gak sih? Taun ini terakhir sbmptn, tujuan utamanya FSRD, kan 60% gambar 40% soshum. (2) Biar fokus dan tembus, cara belajar yang enak soshumnya gimana ya? Dengan waktu yg tinggal 4bulan ini?

  • Maulana Hizbullah

    Bedanya TPA dan TKD apaan sih kak?

  • Wildan

    Bang kan gua masih kelas 11 SMK nih.. Semenjak gua masuk SMK ini gua
    belum pernah nyentuh yang namanya kimia dan biologi.. terus fisika juga
    cuma di kelas 10 doang.. kira2 gmana cara belajar untuk orang kayak gua
    ini?

  • Harddiana Dewi

    Kak Glenn kalau mau lintas jurusan dari IPA terus milih jurusannya di jurusan soshum itu cara belajarnya yg efektif gimana ? Kalau ngisi soal2nya kan pasti ribet karena anak IPA ngisi jawab soal2nya anak IPS. Mohon infonya kak 🙂

  • Harddiana Dewi

    Kak Glenn kalau mau lintas jurusan dari IPA terus milih jurusannya di jurusan soshum itu cara belajarnya yg efektif gimana ? Kalau ngisi soal2nya kan pasti ribet karena anak IPA ngisi jawab soal2nya anak IPS. Mohon infonya kak 🙂

  • Hafizh Firmansyah

    bang saya punya masalah pelik nih!!! saya lulusan 2015 g keterima di SBMPTN 2015, tp keterima um ugm 2015 prodi teknik mesin, setelah kuliah beberapa minggu saya merasa kurang cocok dengan jurusan ini, ya itu dilihat dari nilai saya yg miris bgt akhirnya saya memutuskan out dan memilih nganggur(sambil belajar) sekalian kerja part time, dan mau ikut sbm & um ugm lagi tahun 2016 ini, rencananya saya mau ambil prodi TI UGM dan setelah saya ikut jeng jengg!!!! saya g lolos dua duanya bang!!! $@#!$@!$@%#$% duhhh gmn nih bang??? padahal sy pengen banget kuliah di ugm, minta saranya dong bang, thanks.

  • Silviana

    Bang, kalau mencoba untuk mempersiapkan diri sejak kelas 11 kira kira bisa gak ya?

  • Ahmad Imam Kh

    Bang, kalo baru belajar TKD saintek pas awal januari, kira2 kekejar ga yaa??

  • b. hanif

    Bang, semua soal tkpa udah dirangkum semuanya di xpedia 2.0 kan yak?

  • Reymond Suluh Tarihoran

    Bang mau tanya nih, kalo tips2 buat anak sd yg baru masuk smp gmn ya bang ? Atau ada artikel zenius terkait. Salah/betul jika un smp dipersiapkan dari skg ?
    Thx bang

  • Elfan Islam

    Kak, SBM taun ini gw gagal.. pass grade dpt 27% yg harusnya dpt 36%..

    Sejarah -5

    Geo +2

    Sosio +29

    Eko +14

    (gak ada yg bener2 betul bersih)

    TKPA>

    TPA +82

    Mat +3

    Ind +15

    Ing +3

    (gak ada yg bener2 betul bersih)

    Pengen SBM 2017 smbil kuliah di PTN Swasta yg prodinya sama disiplin ilmunya, ngotot pengen msuk FE UI/Unpad ...
    Yang harus ditekenin apa dulu yah kak? kalo b.inggris dari TOEFL kayaknya bisa jga kan? gw lg blajar TOEFL skarang2 ini kiranya 8 bulanan insyaAllah lancarlah.. Tapi sejarah tu parah bngt.. matdas juga betul 1 salah 1, nebak itu juga!

  • Amaldo Firjarahadi Tane

    Bg Glenn, gimana ya cara bagi waktu sbmptn tiap materi, sprti saya yg baru ngejalanin kuliah? Lbh baik dri semester 1 atau semester 2 bg?

  • Aji Bayu Saputra

    bang, mau tanya kan aku anak smk ya materinya beda banget sama anak sma nah trus juga udh lulus tahun ini tp pngn ikut sbmptn tahun depan , kira2 bisa gak ya ?

  • paskalina sinulingga

    kalo sbmptn it mempelajari k-13 atau ktsp sih bng..??

  • Annisa

    Halo kak Glenn aku Annisa lulusan tahun 2015 dan udah fix banget mau ikut SBMPTN lagi tahun depan walaupun sekarang aku lagi kuliah. Artikel ini ngebantu banget karena awalnya bingung harus mulai dari mana. Thanks kak doakan aku berhasil di SBMPTN kedua ini:))

  • rama

    kak mau tanya nih saya kan mau masuk jurusan teknik saya harus belajar yang mana materi TKPA atau cuma khusus saintek saja atau keduanya ? lagi bingung nih

  • Ihsan Luak-Lieuk

    Bang..
    Gue nih di SMA jurusan MIA (IPA). Tapi nanti kuliah pengennya masuk ke SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) ITB yang infonya itu SBMPTN nya soshum. SMA MIA ngejar CEPETnya aja sih :3.
    Nah, jadi gimana nih bang? Gue agak dilema dengan tes nya walau cita-cita udah paten. 🙂

  • yudhis

    nice one bang gleen for all those tips to study 🙂

  • Amelia Riainita Gultom

    Gini, wilayah tempat ak tinggal boleh dibilang agak terpelosok. Ketika ak ikt SNMPTN apakah trlalu tinggi anganku utk memilih PTN favorit di Jawa..?
    Terus bagaimana jika ak memilih PTN di di wilayahku tapi gk ad prodi yg sesuai dgn minatku ??
    Tolong dong kasi solusi.

  • shera islami

    bang untuk materi biokimia di zenius ada dimana ya ?

  • Arief Rk

    Bang sebaiknya nyiapin sbmptn itu yg paling awal tuh kapan ya? Jujur bang aku masih kelas 10 semester 2, tapi aku udah deg-degan dengan sbmptn karena aku sudah mulai mempunyai tekad bang untuk lolos sbmptn. Sebaiknya aku harus berbuat apa bang?

  • Anatasya Divina

    Kak saya bener2 kurang paham dengan materi kls 10-12 apa saya bisa ngejar dalam waktu sesingkat ini? Ada tips&trick gak? tlg bantu kak hehe