Bandung Lautan Api

Kronologi dan Penyebab Peristiwa Bandung Lautan Api – Materi Sejarah Kelas 11

Hi Sobat Zenius! Elo pasti udah nggak asing lagi kalau mendengar kata Bandung Lautan Api. Apa sih yang ada di pikiran ketika mendengar kata itu? Tentunya bukan sekadar Bandung yang sedang kebakaran atau penuh dengan api ya! 

Bandung Lautan Api merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Indonesia. Kali ini gue mau ngajak elo buat cari tahu tentang peristiwa Bandung Lautan Api. Jadi, simak terus ya!

Latar Belakang dan Penyebab Peristiwa Bandung Lautan Api

Sobat Zenius, mungkin ketika elo mendengar peristiwa Bandung Lautan Api, yang ada di pikiran elo adalah Bandung yang penuh dengan api atau kebakaran. Sebenarnya nggak sepenuhnya salah juga sih, tapi peristiwa ini memiliki arti yang lebih di balik itu. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. 

Jadi setelah Indonesia merdeka dong? Iya guys, jadi setelah Indonesia merdeka ternyata masih banyak aksi heroik yang dilakukan pada pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Bandung Lautan Api
Peristiwa Bandung Lautan Api (Dok. Tribunnewswiki.com)

Bandung Lautan Api merupakan peristiwa dikosongkan dan dibumihanguskannya kota Bandung, Jawa Barat. Hal ini dilakukan sebagai upaya supaya Bandung tidak dikuasai oleh NICA karena pada saat itu Indonesia menyadari kalau akan kalah jumlah pasukan dan persenjataan. Jadi bisa dikatakan kalau Bandung Lautan Api merupakan sebuah taktik yang digagas oleh Jenderal Nasution dan Sutan Sjahrir untuk menghindari perebutan kekuasaan oleh Belanda atau NICA

Tahu nggak sih, karena dinilai sangat heroik, peristiwa ini banyak dijadikan film,dan lagu, lho! Kenapa bisa dikatakan heroik? Karena para warga Bandung beserta para anggota TNI rela membakar rumah dan harta benda mereka demi mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia. 

Penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api pada awalnya diawali dengan kedatangan sekutu di bawah pimpinan MacDonald yang ternyata diboncengi oleh Belanda yang masih memiliki keinginan menguasai Indonesia. 

Bandung Lautan Api
Tentara Keamanan Rakyat (Dok. Kompas)

Bentrokan antara TKR (Tentara Keamanan Rakyat} dan sekutu pada saat itu tidak bisa dihindari, keadaan pun menjadi memanas. Sampai pada akhirnya MacDonald menyampaikan ultimatumnya untuk mengosongkan wilayah Bandung Utara. Dengan begitu maka terbagilah Kota Bandung Utara menjadi wilayah kekuasaan sekutu, sedangkan Bandung Selatan dikuasai pemerintah RI. 

Setelah pembagian kekuasaan tersebut, berbagai pertempuran semakin sering terjadi, hal ini yang nantinya menjadi penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api. Gimana guys, udah kebayang belum latar belakang peristiwa Bandung Lautan Api? Tenang aja, kalau elo masih kepo, elo bisa banget liat video penjelasan dengan klik banner di bawah ini.

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius

Kronologi Peristiwa Bandung Lautan Api

Kronologi terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api, tidak terlepas dari pihak sekutu yang terus mendesak Indonesia untuk menyerahkan seluruh kekuasaan kota Bandung pada pihak sekutu. 

Diawali pada tanggal 12 Oktober 1945, sekutu meminta seluruh senjata yang dimiliki oleh rakyat Indonesia untuk diserahkan pada pihak sekutu. Namun saat itu rakyat Indonesia tidak mengindahkan ultimatum dari sekutu, sehingga hubungan antara Indonesia dan sekutu menjadi  memanas.

Pada tanggal 24 November 1945 angkatan perang RI menyerang markas sekutu di Bandung bagian utara.

Pada tanggal 27 November, sekutu kembali menyampaikan ultimatum supaya rakyat Indonesia dan tentara mengosongkan Bandung Utara, namun lagi-lagi pihak Indonesia tidak menggubris ultimatum tersebut.

Pada tanggal 23 Maret 1945 sekutu memberi ultimatum kembali kepada Indonesia supaya mengosongkan Bandung Selatan. Kali ini karena merasa senjata dan prajurit Indonesia tidak akan mampu melawan kekuatan dan senjata sekutu maka untuk menindaklanjuti ultimatum tersebut, pada 24 Maret 1946 pukul 10.00, Tentara Republik Indonesia (TRI) di bawah pimpinan Kolonel A.H. Nasution memutuskan untuk membumihanguskan Bandung, dengan mengungsikan rakyat terlebih dahulu.

Monumen Bandung Lautan Api
Monumen Bandung Lautan Api (Dok. Shutterstock)

Baca Juga: Perjuangan Diplomasi dalam Mempertahankan Kemerdekaan – Materi Sejarah Kelas 11

Tokoh dalam Peristiwa Bandung Lautan Api

Siapa saja sih tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa Bandung Lautan Api?

  1. Kolonel Abdul Haris Nasution

Melalui musyawarah yang dilakukan pada tanggal 23 Maret 1946 maka diputuskanlah untuk membumihanguskan Bandung. Pada saat itu sebagai komandan Divisi III, Kolonel Abdul Haris Nasution menyampaikan hasil musyawarah dan memerintahkan agar masyarakat di Kota Bandung harus segera diungsikan ke tempat yang aman.

  1. Muhammad Toha

Muhammad Toha adalah salah satu komandan pejuang yang ditugaskan dalam misi untuk menghancurkan gudang senjata dan amunisi milik pasukan sekutu. 

  1. Mayor Rukana

Mayor Rukana adalah tokoh pertempuran Bandung Lautan Api, seorang komandan Polisi Militer Bandung. Ia adalah orang yang mencetuskan ide untuk membakar Bandung Selatan menjadi lautan api.

  1. Atje Bastaman

Atje Bastaman merupakan seorang wartawan muda yang menulis untuk koran Suara Merdeka. Ia melihat secara langsung peristiwa terbakarnya Kota Bandung dari Cicadas hingga Cimindi dari atas bukit Gunung Leutik di Garut. Keesokan harinya ia langsung menuliskan peristiwa yang ia saksikan tersebut. Tulisannya tersebut diberi judul “Bandoeng Djadi Laoetan Api”.

  1. Sutan Sjahrir

Bersama Kolonel Abdul Haris Nasution, ia memutuskan taktik membumihanguskan Bandung. 

Baca Juga: Tokoh dan Tugas Pasukan AFNEI di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Contoh Soal dan Pembahasan

  1. Alasan para tokoh Indonesia membumihanguskan Bandung adalah ….
  1. Agar sekutu tidak dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Bandung
  2. Agar tidak terjadi perpecahan antar rakyat Bandung
  3. Agar korban yang berjatuhan tidak semakin banyak
  4. Agar Sekutu pergi meninggalkan Kota Bandung
  5. Untuk penataan kembali Kota Bandung

Jawaban: A. Agar sekutu tidak dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Bandung.

Pembahasan: Bandung Lautan Api adalah peristiwa pembumihangusan kota Bandung di tangan Indonesia yang melarikan diri dari Belanda dan pasukan sekutu lainnya. Tujuan dibakarnya kota Bandung yakni untuk mencegah Belanda memanfaatkan fasilitas yang ada di kota tersebut. 

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Serangan Umum 1 Maret 1949 – Materi Sejarah Kelas 11

***

Nah, itu tadi informasi tentang peristiwa Bandung Lautan Api yang bisa gue bahas kali ini. Kalau elo masih kepo banyak hal tentang Sejarah atau informasi lainnya, elo bisa banget buat mampir ke aplikasi Zenius buat cari tahu banyak informasi menarik lainnya. Jadi tunggu apa lagi, buruan download dan daftar!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Bagikan Artikel Ini!