Latar Belakang dan Tujuan Serangan Umum 1 Maret 1949 – Materi Sejarah Kelas 11

latar belakang Serangan Umum 1 Maret 1949

Meski Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945, tetapi berbagai penyerangan ternyata masih terjadi di negara kita tercinta, lho! Salah satunya adalah Serangan Umum 1 Maret 1949 yang terjadi di Yogyakarta. Nah, kira-kira apa ya, yang membuat peristiwa ini bisa terjadi?

Yuk, kita cari tahu bersama tentang latar belakang Serangan Umum 1 Maret 1949!

Latar Belakang Serangan Umum 1 Maret 1949

Latar Belakang Serangan Umum 1 Maret 1949
Ilustrasi serangan umum (Dok. Pixabay)

Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan serangan yang bertujuan untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia masih cukup kuat. Selain itu, Indonesia juga berharap dengan adanya serangan ini dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan di Dewan Keamanan PBB.

Lantas, apa latar belakang terjadinya Serangan Umum 1 Maret 1949?

Jadi, semua ini berawal dari Agresi Militer Belanda II pada 19 Desember 1948 di Yogyakarta, yang merupakan ibu kota RI. 

Saat itu, Yogyakarta berhasil diduduki oleh Belanda dan tertangkapnya para pemimpin Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Sjahrir, Moh. Roem, dan lainnya. 

Terus, setelah pemimpin-pemimpin Indonesia tertangkap, apakah Indonesia bubar? Jawabannya, tentu saja nggak. Malahan, Indonesia mulai mempersiapkan pemerintahan darurat di Bukittinggi di bawah kepemimpinan Mr. Syafruddin Prawiranegara. 

Latar Belakang Serangan Umum 1 Maret 1949 zenius
Meski beberapa tokoh pentingnya tertangkap, Indonesia tak menyerah dan melancarkan serangan pada 1 Maret 1949. (Dok. Pixabay)

Baca Juga: Proses Kedatangan Jepang ke Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Saat itu, PBB yang prihatin dengan keadaan Indonesia pun mulai turun tangan dengan mengeluarkan Resolusi DK-PBB pada Januari 1949. 

Isi resolusi tersebut yaitu: 

  • Stop militer
  • Bebaskan tahanan politik
  • Kembalikan Yogyakarta dan nurut dengan Perjanjian Renville
  • Perundingan baru
  • Dewan UUD RIS 1 Juli 1949

Namun, Belanda tidak mau menuruti resolusi tersebut nih, Sobat! Pasalnya, Belanda ingin sekali merebut kekayaan alam Indonesia untuk membangkitkan perekonomian negaranya setelah perang dunia ke II. Indonesia pun berpikir keras bagaimana cara mengajak Belanda untuk berunding kembali. 

Hingga akhirnya Indonesia memutuskan untuk menyerang Yogyakarta nih, guys! Nah, menurut elo kenapa nih, Yogyakarta yang harus diserang? Sebelum jawab, kalau elo mau belajar tentang materi ini lebih dalam, klik gambar di bawah ini, ya! Akan ada penjelasan lengkap dari Zenius terkait Serangan Umum 1 Maret 1949.

Latar Belakang dan Tujuan Serangan Umum 1 Maret 1949 - Materi Sejarah Kelas 11 9

Jadi, terdapat tiga alasan penting kenapa Yogyakarta yang dipilih sebagai sasaran utama. Alasannya yaitu:

  1. Yogyakarta merupakan ibu kota RI sehingga perjuangan akan semakin mudah apabila ibukota sudah diperoleh kembali.
  2. Di Yogyakarta terdapat banyak orang asing seperti wartawan dan anggota delegasi United Nations Commission for Indonesia (UNCI). 
  3. Semua pasukan telah memahami wilayah dan situasinya. 

Hingga akhirnya, terjadilah Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta yang dipimpin oleh Letkol Soeharto yang saat itu merupakan komandan Brigade 10/Wehrkreise III. Sementara itu, sektor Timur dipimpin oleh Ventje Sumual, sektor Selatan dan Timur oleh Mayor Sardjono, dan sektor Utara oleh Mayor Kusno. Indonesia pun berhasil menduduki Yogyakarta dan membuat Belanda akhirnya menurut untuk kembali berunding. 

monumen serangan umum 1 Maret 1949
Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta (Dok. Wikimedia Commons)

Arti Penting Serangan Umum 1 Maret 1949

So, apa arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949 bagi Indonesia? Jadi, keberhasilan Serangan Umum 1 Maret 1949 ini membuktikan kepada dunia Internasional kalau Indonesia itu masih belum menyerah dan masih kuat. 

Selain itu, dengan adanya Serangan Umum 1 Maret 1949 ini juga menguatkan posisi Indonesia dalam perundingan yang dilangsungkan PBB.

Eits nggak hanya itu, keberhasilan Serangan Umum 1 Maret 1949 ini juga akhirnya mempermalukan Belanda lho. Kenapa? Soalnya, dulu Belanda pernah mengklaim kalau Indonesia sudah lemah. 

Di lain sisi, kepercayaan rakyat Indonesia kepada TNI (Tentara Nasional Indonesia) juga menjadi meningkat nih, guys. 

Baca Juga: Latar Belakang Perang Dunia 1 dan Kronologinya – Materi Sejarah Kelas 11

Well, itu dia guys latar belakang terjadinya Serangan Umum 1 Maret 1949. Setelah menyimak artikel di atas, elo jadi tahu bahwa meskipun Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945 tetapi penyerangan masih terus terjadi. Nah, menurut elo kenapa sih Indonesia masih harus mengalami peperangan meski sudah merdeka? Yuk, coba jawab di kolom komentar ya, guys!

Baca Juga: Romusha dalam Masa Pendudukan Jepang di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!