latar belakang perang dunia 1

Latar Belakang Perang Dunia 1 dan Kronologinya – Materi Sejarah Kelas 11

Di materi Sejarah Kelas 11, elo akan belajar tentang sejarah dan latar belakang Perang Dunia 1. Yuk, cari tahu sejarah lengkapnya di artikel ini.

Sobat Zenius pasti sudah tahu dong, tentang Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2? Tapi, apa elo tahu apa yang jadi latar belakang Perang Dunia 1?

Di kelas 11, elo tidak hanya akan belajar tentang latar belakangnya saja. Elo juga akan belajar seperti apa kronologi terjadinya Perang Dunia 1.

Supaya bisa lebih paham lagi dengan sejarahnya, yuk, kita pelajari bareng-bareng!

Aliansi Negara Eropa Sebelum Perang Dunia 1

Sebelum memahami latar belakang meletusnya Perang Dunia 1, elo harus paham dulu seperti apa kondisi negara-negara yang terlibat pada saat itu. Alias, negara-negara Eropa.

Hingga awal abad ke-20, sebagian besar kekuasaan negara-negara Eropa dipegang oleh dinasti kerajaan. Negara-negara besar seperti Inggris, Jerman, Austria-Hongaria, dan Rusia bahkan memiliki koloni-koloni jajahan. 

Mereka ingin menjaga kerajaan mereka tetap kuat dan melihat negara lain mengambil alih wilayah baru sebagai ancaman. Oleh karena itu, masing-masing negara menjalin hubungan diplomatik dan aliansi untuk menjaga stabilitas negara.

Terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand (1914)

latar belakang perang dunia 1
sumber: wikipedia.org

Pangeran Franz Ferdinand adalah putra mahkota kerajaan Austria-Hongaria pada saat itu. Sehingga, sosoknya dianggap sebagai ancaman bagi kelompok revolusioner Serbia yang wilayahnya merupakan bagian dari Austria-Hongaria.

Pada 28 Juni 1914 sang pangeran bersama istrinya, Sophie, melakukan inspeksi pasukan kekaisaran yang ditempatkan di Bosnia dan Herzegovina. Dia dan Sophie ditembak mati di mobil mereka oleh seorang revolusioner Serbia berusia 19 tahun, Gavrilo Princip.

Tragedi ini menyebabkan krisis kekuatan politik di Eropa, terutama bagi Austria-Hongaria dan Rusia yang menjadi aliansi Serbia. Berbagai ahli sejarah sepakat kalau insiden ini merupakan latar belakang Perang Dunia 1.

Tidak satupun dari mereka ingin mundur dan tampak lemah. Khawatir pertarungan akan pecah di Rusia, Austria-Hongaria meminta bantuan ke Jerman, yang menjanjikan dukungan jika Austria-Hongaria menggunakan kekuatan melawan Serbia. Dukungan Jerman mendorong Austria-Hongaria untuk menyatakan perang terhadap Serbia pada 28 Juli.

Dua hari kemudian, Rusia melakukan mobilisasi militer, dan Jerman melihat bahwa mereka juga terikat. Mereka tidak ingin melawan Rusia dan sekutunya Prancis di dua front secara bersamaan, sehingga menjadi keharusan untuk menjatuhkan militer Prancis dari perang sebelum Rusia siap berperang. Jerman menyatakan perang terhadap Rusia pada 1 Agustus, dan dua hari kemudian menyatakan perang terhadap Prancis. 

Pasukan Jerman berkumpul di perbatasan Belgia yang netral, yang mereka rencanakan untuk dilintasi untuk menyerang Prancis. Belgia kemudian meminta bantuan kepada Inggris, dan pada 4 Agustus, Inggris menyatakan perang terhadap Jerman.

Sejak saat itu, Perang Dunia pertama berlangsung dengan dua kubu. Kubu triple entente yang terdiri atas Inggris, Prancis, dan Rusia, serta kubu triple alliance yang dibentuk oleh Jerman, Italia, dan Austria-Hongaria.

Setelah berperang selama lima tahun (1914-1918), kubu triple entente memenangkan peperangan.

Tapi yang namanya perang, pasti ada dampaknya baik bagi negara yang menang maupun pada negara yang kalah.

Baca Juga: Perang Dunia 1: Dua Kapal yang Mengubah Sejarah Dunia

Dampak Perang Dunia 1

Perang Dunia 1 secara langsung atau tidak, sudah mengubah tatanan politik dan perekonomian dunia.

Secara politik, Perang Dunia 1 mendorong munculnya negara-negara barus seperti Irak, Iran, Polandia, Cekoslovakia, Yugoslavia, Hongaria, Yordania, Mesir, Arab Saudi, dan Suriah.

Sementara, negara-negara besar seperti Jerman, Austria, dan Turki berubah dari negara kerajaan menjadi negara republik. Tidak hanya itu, negara-negara ini bahkan kehilangan sebagian dari wilayah kekuasaannya.

Perang Dunia 1 juga mendorong munculnya berbagai ideologi baru. Contohnya, fasisme yang berkembang di Italia dan Jerman (Nazi), hingga komunisme yang jadi ideologi utama di Rusia.

Dari sisi ekonomi, Perang Dunia I memberikan dampak negatif yang paling besar. Kemiskinan terjadi di mana-mana karena rusaknya sebagian besar perindustrian dan banyaknya korban jiwa akibat perang. Diperkirakan, ada sekitar 50 juta jiwa korban meninggal akibat perang ini.

Selain itu, besarnya biaya perang menyebabkan sebagian besar negara yang terlibat memiliki utang yang menumpuk. Akibatnya, di tahun 1929 terjadi krisis ekonomi Malaise yang melanda sebagian besar negara di dunia.

Ternyata, perang tidak menyelesaikan masalah yang dialami negara-negara ini, ya? Oleh karena itu, tahun 1919 Liga Bangsa-Bangsa yang menjadi cikal bakal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)) didirikan untuk menjaga perdamaian dunia.

Belajar sejarah di video materi Zenius

Contoh Soal

Nama aliansi yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia adalah ….

a. Triple Alliance

b. Triple Entente

c. Triple Anglais

d. Triple Allemand

e. Triple Belle

Negara Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia bergabung sebagai Triple Alliance. 

Jadi, jawabannya adalah A.

Meski sudah mencapai perdamaian melalui Liga Bangsa-Bangsa, ternyata perang dunia meletus lagi jadi Perang Dunia 2. Kok bisa, ya? Cari tahu sejarah lengkapnya di aplikasi Zenius, yuk!

Referensi:

Bagikan Artikel Ini!