Tips Persiapan Belajar UN SMA Bahasa Inggris 2017

Tips Persiapan Belajar UN SMA Bahasa Inggris 2017

Hi Guys, artikel kali ini gue tulis khusus buat kelas 12 SMA yang beberapa bulan lagi bakal nempuh Ujian Nasional SMA Bahasa Inggris 2017. So, apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk UN? Berikut sedikit tips belajar dari gue..

Pertama, sebelum mulai belajar, lo sebaiknya ketahui dulu tipe soal apa yang nanti akan kalian hadapi. Untuk tahun 2017, kisi-kisi kebetulan tidak menyebutkan secara eksplisit tentang jumlah soal dan tipe soal bahasa Inggris UN. Namun, dari tahun ke tahun, tipe soal bahasa Inggris di UN SMA nanti terdiri dari:

  • 15 soal listening
  • 30 soal reading (teks panjang ataupun pendek)
  • 5 soal writing (ini sebenernya pilihan ganda sih, bukan nulis essay)

 

Perbandingan Kisi-Kisi UN 2017 Bahasa Inggris dengan Tahun Sebelumnya

Kalau dulu, kisi-kisi pemerintah secara eksplisit membagi UN Bahasa Inggris menjadi tiga kumpulan soal, yaitu reading, listening, dan juga writing. Sedangkan kisi-kisi yang sekarang dibagi menjadi tiga lingkup materi dan level kognitif yang berbeda.

Meskipun kisi-kisi baru ini berhasil membuat kita semua pusing dalam memahaminya, tetapi kita bisa menyederhanakan kisi-kisi tersebut. Kita tidak perlu memperhatikan level kognitif karena ribet banget kalau kita mikirin topik-topik mana yang akan keluar di level lebih susah dibandingkan dengan topik lainnya. Fungsi sosial pun bisa kita abaikan.

Hal yang perlu kita perhatikan pada kisi-kisi di atas adalah:

  1. Jenis teks yang ada (di bagian keterangan),
  2. Struktur teks,
  3. Unsur kebahasaan

Dengan melihat ketiga hal di atas, kisi-kisi tersebut jadi mirip sekali dengan kisi-kisi UN tahun-tahun sebelumnya. Ketiga hal ini akan kita bahas dalam materi reading di bawah ini.

 

Reading dalam UN SMA Bahasa Inggris 

Dari tahun ke tahun, 70% UN Bahasa Inggris akan terdiri dari reading comprehension questions. Di bawah ini adalah teks/percakapan yang akan kita temui dalam reading bahasa Inggris.

Terdiri dari apa sih readingnya? Kita lihat jenis teks yang tertulis di atas...

  • Teks pendek: letter/email, advertisements/brochures, announcements, invitations, bisa juga sekedar percakapan pendek (ini yang dimaksud dengan interaksi transaksional/interpersonal tertulis), bisa juga cuma gambar doang.
  • Teks panjang: descriptive texts, recount texts, narrative texts, procedural texts, report texts, exposition texts, biography, news item.

Apa aja yang bakal ditanya?

Kita bisa lihat ini dari segmen Struktur Teks yang ada di dalam kisi-kisi. Kalau mau kita sederhanakan, yang nanti akan ditanyakan adalah:

  • Informasi umum: ide utama; topik; judul; inti kalimat/paragraf; plot/alur; kesimpulan.
  • Informasi spesifik: rincian argumen seperti apa yang dikatakan si A; terjadi di mana event tersebut; makna yang tersirat; penulis bilang X, maksudnya X apa, referensi makna dari suatu kata, dst.

Ada baiknya kamu membaca tips tentang reading comprehension dulu sebelum kamu melihat jenis pertanyaan dalam reading questions.

Apa yang harus kita persiapkan buat reading UN?

1. Perkuat kemampuan dasar dulu: grammar dan vocab.

Grammar adalah yang dimaksud dengan unsur kebahasaan pada kisi-kisi di atas. Untuk bisa mengerjakan soal UN dengan baik, kita perlu khatam grammar.  Tidak hanya itu, penguasaan vocabulary kamu pun perlu ada pada tingkat yang lebih tinggi. Percaya gak kalo ada siswa yang kesulitan UN, selalu aja ternyata dasar Bahasa Inggrisnya lemah. Nggak pernah ada cerita orang yang dasar Bahasa Inggrisnya bagus tapi susah ngerjain UN. Coba deh, lihat artikel gue sebelumnya tentang persiapan UN bahasa inggris and beyond untuk ngebantu belajar dasar dalam reading.

Coba, gimana caranya lo bisa baca bahasa Inggris kalau nggak bisa ngerti itu benda apaan yang dimaksud, gak ngerti dia ngomong apaan? Nah maka dari itu bacanya jadi gak lancar dong. Nggak rugi kok kalo kita belajar dari dasarnya. Ini bakal ngebantu abis-abisan untuk lo UN maupun SBMPTN.

2. Banyak baca bacaan berbahasa Inggris!

Karena lo diuji dengan baca, lo wajib latihan baca sebanyak mungkin. Bisa jadi komik, novel, koran, atau apapun juga, yang penting bikin otak lo terbiasa untuk membaca Bahasa Inggris. Selain itu, coba lo mulai sekarang juga browsing internet dengan keyword pake Bahasa Inggris juga dong!

Itu aja nggak cukup. Biasain kalo lo lagi baca, lo renungin nih: apakah lo ngerti intisari yang diomongin, apakah ada kalimat yang susah, dst. Coba bereksperimen dengan banyak tema teks. Mungkin aja kalo soal politik lo jago, tapi kalo disuruh baca tentang topik biologi lo langsung nggak ngerti apa-apa. Nanti pas lo ujian, temanya bisa macem-macem. Dari politik, sejarah, budaya, sastra, sains, ekonomi, tokoh dunia, dll. Jadi lo juga harus mulai banyak baca berbagai topik dalam Bahasa Inggris dari sekarang.

Biasain nggak usah menghafal bentuk teks panjang!

“Gue nggak hafal-hafal nih struktur dari explanation text dan exposition text.” -Kata banyak siswa.

“Kalau review text, nanti paragraf satu akan ngomongin … bla …bla, paragraf kedua akan ngomongin…bla…bla” - Kata banyak siswa sembari menghafal struktur teks

Oops. Misconception dari para siswa nih. Siapa juga yang nyuruh menghafal struktur dari teks? Ingat, menghafal pola/tipe/struktur bacaan adalah salah satu kesalahan umum dalam belajar menghadapi ujian Bahasa Inggris. Jadi sekali lagi, jangan mencoba menghafal struktur teks karena itu adalah cara belajar yang gak tepat, karena sebetulnya kita cukup tahu apa gunanya recount text, discussion, dan seterusnya. Toh yang ditanya dari setiap teks bakalan gitu-gitu aja (baca di atas: informasi umum dan spesifik). Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tipe soal reading yang sering banget keluar di berbagai ujian Bahasa Inggris seperti UN SMA/SMK dan SBMPTN, coba lo lihat jenis-jenis tipe soalnya supaya nanti lo gak kaget dan mudah-mudahan jadi lebih lancar ngerjainnya.

Contoh deh, kalo lo ditanya main idea, berarti lo harus tahu inti utama yang mau disampaikan si penulis. Kalo lo ditanya main idea dari discussion text? Berarti lo harus tahu inti utama yang mau disampaikan si penulis tentang diskusi itu. Kalo lo ditanya main idea dari report text? Ya sama aja konsepnya, yaitu inti utamanya. Asalkan lo bisa ngerti (ngerti beneran) suatu teks, pasti apa pun jenis teksnya lo dengan mudah bisa nentuin main idea, atau lain-lainnya tanpa harus ribet menghafal struktur dari masing-masing teks. Kalo lo masih belum paham beberapa jenis teks yang biasanya keluar di UN, lo bisa cek di sini:

3. Aim higher: Jangan cuma latihan soal UN.

Lo wajib latihan soal UN SMA, supaya familiar dengan bentuk soalnya. Buat latihan soal UN, kita udah siapin semua Materi Ujian Nasional SMA di zenius.net Tapi jangan cuma itu aja. Sebagian besar dari lo nanti bakalan SBMPTN kan?

Waktu kita semakin sedikit untuk menghadapi semua tantangan di akhir tahun ajaran seperti UN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri. Jadi untuk efisien mengatur waktu, lebih bagus kalo kita bisa latihan soal yang bisa menopang tujuan-tujuan lain (misalnya SBMPTN, TOEFL, dst). FYI, soal UN ini tingkat kesulitannya akan lebih rendah dari SBMPTN, SIMAK, maupun TOEFL. Jadi saran dari gue sih, akan jauh lebih bagus kalo lo justru biasain diri lo dengan bentuk soal yang lebih susah seperti soal-soal Bhs Inggris di SBMPTN. Kalo lo bisa sampai pada level latihan soal SBMPTN, gua yakin banget tingkat soal UN pun kerasa jauh lebih gampang. Buat lo yang mau aim higher level, coba deh lo pelajari materi SBMPTN Bahasa Inggris di zenius.net juga

 

Listening dalam UN SMA Bahasa Inggris

Nah tahun ini kita tidak dapat menemukan informasi yang spesifik tentang listening UN Bahasa Inggris, tapi segmen listening itu tetap akan diujikan di UN. Coba aja kita lihat bagian keterangan dari kisi-kisi di atas, kita bisa menemukan bahwa akan ada teks lisan.

Apa yang biasanya kita dengar dalam UN?

Biasanya percakapan pendek (bisa formal atau informal) dan monolog.

Apa aja yang ditanya?

Biasanya yang ditanyain adalah intisari & informasi spesifik dari yang diomongin, gimana cara kita merespon percakapan, cari gambar yang sesuai sama percakapan. Pertanyaan intisari tuh kayak yang nanya topik, ide utama, gambaran umum, ataupun kesimpulan. Pertanyaan spesifik tuh kayak apa yang dikatakan si A ke si B, mau ke mana mereka, dst.

Jangan bayangin listening UN kayak lo nonton CNN atau BBC news. Yang namanya listening di UN itu bukan hal yang susahnya lebay. Tingkat kesulitannya secara struktur dan perbendaharaan kata akan lebih rendah dibandingin bagian reading di UN.

Apa yang harus kita persiapkan?

Meski tingkat kesulitan gak tinggi secara struktur, tapi lo tetep perlu latihan listening. Jangan sampe budek atau kagok dong pas hari-H. Kalo saran gue, latihan listening itu bisa dimulai dari nonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Kalau mau challenge, bisa tuh mulai denger-denger news berbahasa Inggris.

Selain itu, Lo bisa coba latihan dengan lihat-lihat contoh soal listening section/listening comprehension Bahasa Inggris di youtube. Di youtube itu ada banyak banget dan lo bisa cepet banget menyesuaikan dengan gaya bahasa dan tipe-tipe soal listening. Salah satu contohnya bisa lo tonton di sini:

 

 

Writing Dalam UN SMA Bahasa Inggris

Pada bagian Writing UN Bahasa Inggris, biasanya kita akan diminta untuk nyusun kalimat yang diacak (yang pilihan jawabannya 5 – 2 – 1 – 3 – 4  gitu loh); sama ngisi kalimat rumpang (ditanya tenses, kata hubung, vocab yang tepat). Sebenernya ini agak kurang tepat kalo disebut test writing sih, tapi emang kategorinya begitu.

Soal kalimat acak itu udah soal bonus, biasanya paling mudah. Gimana dengan kalimat rumpang? Lagi-lagi gue harus nyaranin elo untuk memperkuat kemampuan grammar dan vocab karena ya mau gak mau yang ditanya emang grammar dan vocab sih! Saran gue untuk kalimat rumpang, jangan cuma belajar dari UN. Coba kerjain banyak soal kalimat rumpang yang ada di SIMAK, SPMB, dan UMPTN.

****

Okay, itu tips dari gue buat persiapan belajar UN Bahasa Inggris SMA 2017. Berikut adalah beberapa rekomendasi video zenius yang gua rekomendasikan untuk kamu tonton untuk mempersiapkan UN Bahasa Inggris 2017. Good luck fellas !

==========CATATAN EDITOR===========

Buat yang mau ngobrol, nanya, atau godain Donnita, bisa langsung tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Donnita adalah Senior Tutor Bahasa Inggris & Data Analyst Zenius Education. Donnita mengambil S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Donnita at @DonnitaSafiera

  • Hinsa Simatupang

    Emangnya ujian nasional bukan soal doang ya ? :3

    • Donnita Safiera

      Maksudnya apa? Soal apa @Hinsa.

      • Hinsa Simatupang

        @donnitasafiera:disqus maaf kak lama bales. Ng.... anggap aja pertanyaan ini ga [ernah ada kak....

  • Abiib

    kak donnita mau tau dong kenapa masuk jurusan akuntansi ? soalnya gue mau masuk jurusan itu juga tapi gak tau alasan yang strekk "dibalas ya 😉

    • samsul

      kak donnita nya lagi sibuk

      • Donnita Safiera

        Hehehe sorry nih belom bales.

        @abiib:disqus kalo waktu dulu sih gue cuma iseng, karena maunya jurusan IPS. Bahkan gue gak tahu jurusan itu ngapain. Jadi bisa dibilang waktu dulu gue emang gak ada good reason untuk milih Akuntansi. Menurut gue sih mumpung lo belum terlanjur, lo eksplorasi dulu itu jurusan ngapain aja, tanya tanya orang. Kalo lo gak suka, percuma sih.

        • Abiib

          oh , ok deh , oh iya kak cra ngafal vocab b.ing biar cepat bisa ngimana ya ?

  • barby

    thanks atas tips nya kak.. help banget 🙂

    • Donnita Safiera

      Glad to know that it is helpful @barby. 🙂

  • Beta yuliandari

    Kak, di zenius english itu cuman ada pembahasan ya? gak ada soal-soalnya?

    • samsul

      di zenius net ada kok pembahasan nya. gimana sih lo

      • Donnita Safiera

        @betayuliandari:disqus kalo di zeniusenglish, kontennya lebih general daripada zenius.net, nanti kita bakalan banyak banget soal-soal kok. Harusnya gak lama lagi kita launching konten baru di webnya. Bakalan ada video, soal, dst.

        Kalo untuk sekarang, terutama bahasan materi sekolah, lo bisa cek zenius.net.

      • Beta yuliandari

        @samsul reread my question please. gimana sih lo

        oh ternyata bener lagi perbaikan -.-bosen kak kalo ngikutin materi sekolah itu-itu mulu. hehehe pengen belajar idiom nih! :)) Asiiik bakal ada soal-soal!!!

        2014-02-03 22:16 GMT+07:00 Disqus :

  • Ali Risqur N

    kak, saya tertarik belajar bahasa inggris tapi saya masih pemula, enaknya latian soal2nya di zenius.net yg sbmptn apa soal2 un duluan??

  • Budi

    kayaknya kalau menurut saya, mendingan belajar dari soal TOEFL deh. soalnya saya dah pengalaman nih ikut TOEFL dan memang tingkat kesulitannya jauh bgt diatas UN dan SBMPTN. udah gitu TOEFL standardnya inter punya. jadi gaada salahnya sepertinya kalau belajar dari TOEFL

  • iman

    i couldn't sleep and i saw your blog. it's great! thanks for your creativity, it can help me.

  • Nida

    Hai Kak thank you for the information! Biasanya saya belajar bahasa inggris tuh dr film-film, ada film yg direkomendasikan nggak Kak untuk memperkuat grammar kita?Makasih Kak

  • ebenezer

    Ka donita.. mau nanya dong ka.. dulu kaka sbmptnnya ipc ato ips ka? Saya darii ipa pengen ambil manajemen/akuntansi ka... dan rencanannya mau ambil ipc... kira2 kalo bole usul buat tim zenius bikin article cara efektif buat mempersiapkan materi sbmptn untuk ipc dong ka.. hehhehe thanks a lot!!!

  • Ebenezer Berson S.

    Ka.. dulu kaka sbmptnya ambil ips ato ipc si ka? Saya dari ipa tapii pengen ambil manajemen ato akuntansi... rencananya pengen ambil ipc ka.. kalo bole usul buat tim zenius nii ka.. post article tenntang bagaimana cara mempersiapkan ipc secara efektif dong ka.. thanks a lot!!!

  • Dzakira Iskandar

    Kak setiap gue TO inggris pasti ga jauh2 dari angka 6 , padahal gue udah baca tuh teks sampe detail banget sampai ngartiin artinya dan vocabnya -_- gue curiga itu guenya yg bego permanen T-T

    • Andi Syafrianda

      kurang giat mungkin
      semangat !

    • rahmatrmdn

      kamu ngga sendiri hahaha

  • nur ema zaka dian

    ka download root words dimana ya ka? itu yang di atas "not found"

  • Riska Laily

    Wah masih muda sudah pinter menginspirasi orang banyak salut

  • Henry Siahaan

    Tips Persiapan Belajar UN Bahasa Indonesia SMA/SMK dong.. please.. 🙂

  • Alfinsa EP

    Duh bahasa Inggris gue jelek di grammar ama vocab nih. Listening kadang speakernya "kresek-kresek" gitu.

  • Manda

    Kak, itu SKLnya KTSP apa K-13?

  • achmad rizki fauzi

    teh donita boleh minta rekomen site buat belajar vocab dari roots words?
    saya sudah member zenius

  • Firman

    Kak i have a crush on you,
    You're my princess leia
    XO