SNMPTN Undangan dan Strateginya

SNMPTN Undangan dan Strateginya

SNMPTN Undangan itu apa yah? Kayaknya masih banyak banget yang masih bingung sama konsep SNMPTN Undangan, terutama buat kalian yang baru masuk SMA di kelas 10 dan kelas 11. Oke, jadi gini nih..

Zaman dulu, cara masuk ke PTN cuma satu lewat satu. Lewat tes yang diadain setelah kita semua lulus SMA. Beberapa waktu yang lalu cara masuk PTN ada banyak banget. Tiap PTN bikin tes masuk masing-masing. Seiring waktu, sistem juga berubah, dan pertanyaannya sekarang apakah strategi kita juga ikut berubah? Jawabannya bisa Iya dan engga.

Betul, seperti juga main catur atau tanding bola. Strategi kita harus berubah sesuai dengan strategi lawan. Tapi ada sesuatu yang mendasar yang engga berubah. Dan tulisan kali ini akan membahas hal-hal yang dasar. Yang ketika sistem tes yang dibuat pemerintah terus berubah, kita bakal selalu siap untuk menghadapinya.

Snmptn Undangan

Seperti di gambar, lulus SD ke SMP dan lulus SMP ke SMA atau SMK dan proses selanjutnya bercabang 3. Mayoritas dari ratusan ribu lulusan SMA ngincer PTN, PTS untuk cadangan dan kuliah luar negeri kalo kemampuan bahasanya mumpuni. Dari ke tiga cabang setelah SMA, ada hal yang sama mendasari penerimaannya. Mau kurikulum pemerintah berubah macam apa juga. Dan Tes PTN berganti nama sedemikian rupa dari PP, SKALU, SIPENMARU, SPMB, UMPTN, SPMB,ย SNMPTN, SBMPTN. Bahkan sampai pemerintahannya berganti pun, dari jaman kolonial Belanda, Orde Lama, Orde baru atau Orde Reformasi. Satu hal yang tetap mempengaruhi apakah kita diterima di kampus yg bagus: Skill atau kemampuan kita untuk mata pelajaran yang diujiย .

Oh itu, kirain apaan. Dikirain ada rahasia apa gitu yang bakal muncul dari blog ini. Klo itu yang lu perkiraan, maaf tulisan ini bukan tulisan motivasi disertai dengan jalan pintas sukses. Tapi kalo lu tertarik gimana hal-hal dasar bisa jadi sangat ampuh ketika diterapin, baca terus tulisan ini. Okey ? ๐Ÿ˜‰

Tulisan kali ini akan fokus ke tes PTN, untuk sekarang tesย PTN terbagi dua saat ini, SNMPTN Undangan dan SBMPTN Tertulis, dan kali ini gua akan lebih fokus ngomongin SNMPTN Undangan

Dari obrolan gw dengan beberapa guru BP disekolah, gw akan kasih tau gimana sistem SNMPTN undangan ini bekerja. Walau kita ga tau gimana kampus memilah-milah berkas siswa yang bejibun, tapi paling engga kita tau gimana sekolah memilih siswanya.

  1. Pemilihan sekolah. Sekolah-sekolah dengan reputasi bagus akan dapet prosentase undangan yang tinggi. Siswa kelas 3 nya akan dapet 100% undangan. Artinya? Hampir semua anak dikasih kesempatan milih jurusan yg dia mau. Nanti kompetisi lah yang menentukan keterima atau engga. Sedangkan sekolah dengan kondisi ga terlalu bagus bisa dikurangi jatah undangannya atau ga dapet sama sekali.
  2. Pemilihan siswa.Untuk sekolah yg jatahnya 100% mungkin ga masalah, kirim aja semua aplikasinya. Trus gimana ama sekolah yg dapet jatah sedikit? Misalnya Cuma 50% undangan. Caranya, sekolah akan ngurutin nilai anak-anak kelas 12 dari rata-rata paling tinggi sampe paling rendah. Nah, dari sana akan dipotong 50% teratas. Pengecualian selalu ada, biasanya anak-anak yg punya aktivitas luar sekolah yg menonjol, bisa ikutan di 50% atas.

Wah, kalo gitu, enak donk ada di SMA-SMA yg dapet 100 % undangan? Udah, nggak usah saingan lagi. Siapa bilang? Buat SMA-SMA yang punya reputasi bagus, walaupun dapet 100% jatah buat daftar undangan, tapi ย bukan berarti semuanya bebas milih dan pasti 100% diterima lho. Pastinya universitas juga akan tetap milih siapa yang paling berhak. Jadi intinya buat kalian yang bersekolah di SMA favorit maupun ngggak, tetep punya tantangan yang kurang lebih sama. Gw coba kasih beberapa hal yang perlu kalian perhatiin kalo emang kalian mau bener-bener ngincer SNMPTN Undangan, terlepas dari kalian berasal dari SMA favorit atau bukan :

Persaingan tinggi. Buat kalian yang sekolah di SMA non-favorit dengan jatah undangan yg terbatas. Walau untuk mendapat nilai mungkin relatif lebih mudah, tapi kalian tetap bersaing karena jatah undangan untuk SMA kalian terbatas banget. Sedangkan buat kalian yang bersekolah di SMA favorit, justru kondisi persaingan di tengah-tengah temen-temen yang pinter jauh lebih intense.ย Waktu leha-leha di SMP kayanya ilang gitu aja, PR bejibun, Ulangan menggila, praktikum mencengkram, Guru killer, WC-nya ada setannya (klo itu sih akibat dari stress berlebihan) ๐Ÿ™‚

Kualitas soal-soalnya gila susah banget. Anak-anak dari SMA bagus sering ngeluh. โ€œCoba soal-soal sekolah gw kaya anak-anak kebanyakan, gw bisa kali dapet bagus di ulangan blokโ€. Ngomong kaya gitu sama aja kayak ngomong โ€œCoba saingan gw di lari 100 m Olimpiade pada lambat-lambat, dapet kali gw medali emasโ€. Emang kaya gitu di sekolah yg bagus, tapi jujur sih gw akuin bikin stress berlebihan juga (dan muncul lah fatamorgana hantu di-WC).

Dapet nilai SKL aja udah sukur. ย SKL di beberapa sekolah bagus bahkan bukan 76 lagi tapi 80. Nah di SMA-SMA bagus, anak2nya pada stress dengan kondisi ini. Nilai 80 berarti Cuma boleh salah 5 di ulangan blok yang total soalnya 40. Belum lagi klo praktikum atau tugas belum lengkap, bakal dikejar2 sama guru di akhir semester, bahkan stress ย ngumpet di WC pun dikejar (eh inget ada siapa yg nunggu di WC Hiii).

Temen-temen gw dewa semua. Klo gw denger komentar ini, gw langung bayangin ni sekolah adanya di pucak gunung Olimpus yang kantin jajanannya jual Ambrosia, makanan para dewa he he (nerd detected!). Tekanan lingkungan yang tinggi juga bikin stress. Di kelas pas guru jelasin, kita berasa paling bego. Semua udah ngerti dan lanjut bab, kita masih bengong. Mau nanya guru malu, nanya temen tengsin, nanya gebeten no way lah. Terus kita bakal terperangkap, nggak ngerti-ngerti padahal pelajaran terus lanjut.ย  Pas ada ulangan, sindrom sakit perut muncul. Di kelas hadepin ulangan, Di WC hadepin ketakutan hantu yg dibuat pikiran lu (ini apa coba?). Dua-duanya bikin stress.

Jelas kan, tulisan gw bukan jenis tulisan Motivasi, bahkan masuk ke genre Demotivasi. Gimana engga, dari awal isinya nakut-nakutin mulu. Tapi tenang aja, kunci dari nyelesain masalah yang pertama adalah identifikasi masalahnya. Semua fakta-fakta sebelumnya harus kita hadepin, bukan dihindarin. Fakta tersebut gw dapet dari obrolan sama anak-anak selama 5ย  tahun lebih gw ngajar, walau agak berlebihan. Nah, klo udah tau masalahnya, solusinya apa?

Dari 4 hal yang menghambat lu dapet nilai tinggi dan dapet undangan sebenernya bisa diatasi dengan pola belajar di Zenius. Gw coba analisis satu-satu.

Persaingan tinggi di sekolah bikin kita takut? Ini baru sekolah, gimana saingan tingkat nasional klo kita mau hadepin Tes PTN? Atau persaingan kita di Undangan. Gw cerita dikit, Ikan-ikan di laut dalam punya racun yang sangat kuat dibanding ikan permukaan atau hewan-hewan darat. Klo Kobra bisa membunuh mangsanya dalam hitungan jam. Racun dari hewan di laut dalam bisa dalam hitungan menit. Kenapa gitu? Persaingan dan kondisi keras di laut dalam yang membentuk mereka. Nah, klo kita ngebiasain hidup dalam persaingan itu kita bisa ngukur kemampuan kita bukan di tingkat lokal, yaitu kelas dan sekolah, tapi Nasional. Di zenius.net nantinya, ada TO Online yang ngikut bakal anak-anak seluruh provinsi. Di sanalah, lu akan keluar dari kolam kecil lu dan dicemplungkan ke laut dalam.

Soal yang gila, selama ada penjelasannya jadi ..โ€Agak sedikit gilaโ€. Di Situs Zenius.net dan Xpedia atau CD multimedia kita ada ribuan soal-soal dari seluruh mata pelajaran. Mulai dari soal-soal Step by Step yang nguji kemampuan lu secara perlahan atau soal-soal nyata dari ujian tes PTN dan UN lalu. Sering kan, kalo kita ngadepin soal susah, trus dijelasin sama temen atau guru sampe ngerti dan kita bilang โ€œOh giiitu toh caranya, ok gw siapโ€ dan pas dikasih soal berikutnya? โ€œMati gw, tadi gimana caranya ya? Kok beda?โ€ dan pas mau tanya, temen lu udah mau pulang dan gurunya pergi kondangan. Kalo lu buka situs zenius.net bakal ada juga soal-soal super edan (biasanya dari ujian SIMAK UI). Kita nggak ngasih cara instant atau cara nyelesain untuk soal itu aja. Tapi, kita bangun konsep dasar, dan make konsep itu untuk nyelesain soal. Belum lagi ada soal-soal per bab untuk nyiapin lu di Ujian Blok. Soal segila apa pun, kalo kita punya dasar konsep yg kuat kita akan siap di ujian blok sekolah.

Dapet Nilai di atas SKL tanpa nyontek?ย Nyontek kala ujian itu kayak nunda bencana yang bakal ada. Ok, lu dapet nilai bagus tapi ke depannya lu bakal terbebanin dan stress sendiri. Pas ada pelajaran yg susah, lu akan sungkan nanya dan parahnya pas ujian akhir, lu bakal kelimpungan belum nguasain apa-apa. Sebenarnya, ujian blok itu nggak serumit ujian PTN atau UN. Babnya sedikit, dan jelas yang mau diujiin apa. Lu bisa liat penjelasan teori di zenius.net atau Xpedia 2.0, ulang-ulang terus ampe mantep, tanya di Zenius Club atau Tweet langsung tutornya. Setelah itu, coba kerjain soal latihan per babnya tanpa liat pembahasan. Cek jawaban dengan pembahasan; dan dapetlah PD untuk ujian Blok di sekolah. Selain Nilai yg emang pantes lu raih, lu juga ngumpulin skill untuk ujian akhir nanti. Satu hal, Nilai itu konsekuensi dari belajar, bukan tujuan. Tujuan lu? Kumpulin kemampuan dan pengetahuan dari tiap mata pelajaran. Konsekuensinya? Nilai-nilai di raport akan membuat nyokap tersenyum dan uang jajan meningkat ๐Ÿ˜‰

Stress sama lingkungan dan perlu soliter beberapa saat.Tau permainan kartu soliter di Windows? Artinya adalah โ€œsendiriโ€, karena permainan itu bisa dilakukan sendirian tanpa temen. Walau banyak orang bilang, kita harus ekstrovert, bergaul, nge-genk dan nongkrong barengย  temen-temen. Kadang ada waktu kita harus sendiri. Belajar adalah salah satu waktu yang memerlukan kesendirian. Loh bukannya belajar bareng itu dianjurkan? Jujur deh, klo belajar bareng yg ada kita pesen Pizza ke rumah, nonton DVD atau ngobrolin macem-macem, belajar? Biasanya cuma 10 menit pertama aja. Gua gak bilang belajar kelompok itu ga ada manfaatnya lho, cuma belajar kelompok itu cuma akan efektif klo kita masing2 udah belajar sendiri dan setelahnya tukar pikiran. Masalahnya biasanya kalo belajar kelompok itu justru kita yang minta diajarin dan nggak mau repot belajar sendiri, hayo ngaku ๐Ÿ˜›

Banyak dari kita yang sulit beradaptasi dengan lingkungan yg kompetitif. Nggak mau tampil di kelas dengan nanya ke guru. Ketakutan akan keramaian itu wajar, karena nggak semua dari kita ekstrovert. Belajar sendiri klo nggak didampingi akan sulit juga... Nah, lu bisa manfaatin kesendirian lu dengan dengerin dan ngerjain soal-soal di Xpedia 2.0 dan zenius.net. Nggak akan ada yg nyela karena lu ngulang2 video karena belum paham. Nggak ada tekanan, karena lu harus ngerjain soal ampe 10 menit sendiri. Karena cuma lu dengan komputer yang ada di depan lu, lu bisa eksplorasi pikiran lu untuk terbuka dan belajar. Banyak anak-anak yang makai produk zenius bilang, malam-malam mereka berdua dengan komputer untuk nonton teori dan ngerjain soal lebih efektif dari waktu-waktu siang di kelas dengan kegaduhannya. Gw sendiri lebih senang belajar sendiri, karena gw inget kata-kata kutipan berikut ini, โ€œConversation enriches the understanding, but solitude is the school of geniusโ€ - Edward Gibbon

Gw coba simpulkan apa-apa yg udah gw tulis. Masuk PTN dengan sistem undangan adalah satu kesempatan yang patut dicoba. Syarat yang diperlukan adalah catatan nilai di atas rata-rata untuk tiap mata pelajaran. Tapi, di SMA bagus akan sulit untuk dapet nilai bagus, ada 4 kendala: Persaingan tinggi, Soal ujian Blok susah, Dapet nilai diatas SKL susah banget dan Tekanan lingkungan tinggi. Keempat hal tersebut bisa diatasi dengan pola belajar dari Zenius. Latihan soal step by step, pemantapan teori, konsultasi tutor dan semuanya dilakukan dengan kontrol dari lu. Nggak perlu takut kelambatan atau kecepetan.

Jadi, dapetin SNMPTN undangan adalah proses yang lebih mudah dimulai dari awal dengan perlahan-lahan. Mulai dari kelas 10 atau 11 secara bertahap belajar bab per bab pelajaran dengan pola Zenius akan lebih mudah dibanding di 3 bulan akhir sebelum ujian. Semakin lu nunda, semakin banyak beban yang akan lu pikul di akhir masa sekolah. Terus, gimana klo udah ada di kelas XII dan baru kenal Zenius? Strategi apa yg harus gw kerjain?! Nah.. tungguin tulisan berikutnya ya..

Anyway, kalo di antara kalian ada yang mau nanya, sekedar ngobrol, atau kasih masukan.. Jangan malu-malu tinggal post comment di kolom bawah blog ini aja, yah!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernyaย di sini.

About 

Prasdianto adalah kontributor Zenius Blog. Prasdianto mengambil S1 Fakultas MIPA Jurusan Biologi di Universitas Indonesia
ย 
Follow Twitter Pras at @prasdianto

  • deby

    *uhuk* saya kan udh telanjur sekolah di SMK nih, udh gitu skrg udh kelas XII... kalau mau masuk PTN berarti kan saya mesti ngulang semua pelajaran SMA dari kelas X... duuhh kira" ini bisa diatasi ga ya? mengingat dalam satu tahun saya mesti pelajarin materi SMA dan SMK sekaligus.... -__-

    -gomennasai senpai, kali" spam disini boleh ya ๐Ÿ˜€

    • Yup. Gue juga ngebayanginnya kayaknya berat banget belajar SMA dan SMK sekaligus. Tapi bukannya nggak mungkin, malah mungkin banget. Coba baca Catatan Perjuangan Murid Zenius Menghadapi SBMPTN 2013 deh. Di bagian comment-nya, ada cerita-cerita anak SMK yang diterima di PTN juga. Keren banget cerita2nya. Semoga bisa jadi inspirasi.

    • azkaindi

      Belajar di zenius dari sekarang aja! Belum terlambat kok ;D

    • Prasdianto

      Gw percaya dengan konsep Otodidak, atau belajar sendiri. Dan banyak anak-anak Zenius dari SMK yang sukses nerapin konsep "Otodidak" ini. Fokus belajar sendiri di depan PC dan ningkatin skill kita langkah demi langkah. Ganbarre !! ๐Ÿ˜€

  • Dio Mahardika

    Gue kelas XII nih, dan lagi semangat2 nya belajar buat dapetin nilai bagus di semster 5-6 ini, tapi nilai semester 1-4 masih ada yg labil, jadi takut gak lolos SMNPTN, trus kalo SMNPTN kalo misal gue pilih TI UNDIP nih, nah yg paling utama diliat nilai rapotnya tuh pakah cuma nilai TIK, Matematika dan B.inggris nya doang, apa nilai biology, kimia, fiisika nya juga sama utamanya kalo gue mau masuk TI gitu???
    makasih ya...

    • Kalau soal itu, gue juga nggak tau sih. Transparansi dari tim SNMPTN juga agak kurang mengenai itu. Btw, tulisan di atas itu sebenernya lebih ditujukan ke kelas 10 dan 11. Kalau udah kelas 12 sih, lebih baik siap-siap buat tes PTN tertulis aja: SBMPTN 2014. Belajar dari awal,ikutin tiap-tiap bab persiapan SBMPTN yang ada di zenius.net. Persiapkan SBMPTN seakan-akan undangan udah pasti nggak diterima.

  • Na Ma

    Gue masih kelas 11 dan nyesel dah ga belajar dari kelas 10 rasanya waktunya kebuang dan lagi masuk Jurusan IPS pula -_- padahal mau masuk STEI ITB ada tips ga bang? :)) buat bisa kuasai IPA terpadu MTK IPA,Kimia,Biologi,Fisika :)) mohon bantuannya hehehe

    • Prasdianto

      Jurusan IPS membuka banyak peluang juga loh. Pertanyaannya sekarang, "Apakah lu bener-bener mau masuk STEI dan bukan karena gengsi?" dan pertanyaan berikutnya "Apakah lu tau apa yg dipelajarin di STEI?" dan yang terakhir "Apakah lu udah nemuin minat lu sebenarnya?" Siapa tau ternyata minat lu ada di tempat lain? Selamat mengeksplorasi diri ๐Ÿ˜€

      • Na Ma

        maaf lama bales bang soalnya jarang liat :))
        cita" gue bang harus ada ITnya dan gue juga suka banget ama IT ama fisika gue ga ikut gengsi malahan gue yang di bilang aneh mau ke sana sedangkan gue di kota kecil begini jujur gue juga sempat ngedown tapi gue udah di ajarin di sini di Zenius buat ga peduli yang - dan buat jadi + :)) si sabda,gue liat sksnya kemarin di official websitenya kebanyakan MTK Fisika juga ada ama kimia
        masalahnya ga ada minat jurusan lain selain IF ama Electro bang :)) karena gue udah ya enak aja di sini dan enyoy belajarnya

  • Barby

    gw udah kelas XII dan baru kenal zenius, nyesal bgt klo gw taunya dari dulu pasti nilai gw bakalan bagus, nah sekarang jd kayak kebut2an. oya bang kalo ada 1 pelajaran di kls 1 merah, ga bakal lolos snmptn ya bang? apa masih ada kemungkinan?
    makasih sebelumnya..

    • Glenn Ardi

      Halo Barby,

      Kalo menurut saran gua sih buat lu sama temen-temen yang udah kelas 12. Udah saatnya jangan ngarepin SNMPTN Undangan lagi. Soalnya banyak nih kakak2 kelas lu yang ngarepin SNMPTN Undangan doank, eh taunya begitu gak diterima.. Panik deh baru ngehadepin SBMPTN Tertulis yang cuma tinggal 2 bulan.

      So saran gua sih buat semua yang kelas 12. Lebih baik kalian asumsiin aja bahwa kalian gak dapet Undangan. Sambil persiapin dari sekarang buat SBMPTN Tertulis.

      Jadi kalo dapet Undangan sukur, tapi kalo gak dapet juga seenggaknya kalian udah siap buat SBMPTN tertulis gitu lhoo..

      • Hajar Nur Fauziyah

        jadi, inti strateginya itu belajar buat SBMPTNnya gitu ya? nyesel juga sih baru kenal skrg udh kelas 12, mungkin sama sprti yg lain. nilai masih labile, dari SMK pula. sedangkan kl tes PTN itukan mapel dari SMA.

  • azkaindi

    Halo, saya sekarang udah kelas XII nih. Alhamdulillah di tahun terakhir SMA bisa kenalan sama Zenius ๐Ÿ˜€ Hmm, nyesel juga sih kenapa gak dari dulu-dulu. Saya juga nggak mau berharap banyak di SNMPTN undangan karena...yah nilainya labil bgt. Jd, mau fokus untuk SBMPTN 2014 aja. Satu hal yang harus kita sadari, SNMPTN BUKAN SATU-SATUNYA JALAN! =)

    Sedikit saran nih buat teman-teman kelas XII yang nasibnya kayak saya : yuk stop meratapi nilai2 kelas X dan XI yang nggak bisa berubah lagi. Lebih baik berusaha, belajar giat untuk SBMPTN! Semangat! (^^)/

    • Andita Abdul

      sama gan,tapi optimis SNMPTN dulu ,pake strategi yang jitu gan kata kakak kelas gue,gue juga kelas XII kok hehe

      • azkaindi

        yup, insya Allah bakal selalu ada jalan untuk sukses =) Semangat ya!

      • pesjay

        bagi dong strateginyaaa

    • rahmadina

      btul banget nohh gw SETUJU (y) mending jalanin aja yang udh d depan ,, yg blakangan ngikut aja ntar,,

  • rheyna

    hello cuma mau sharing aja, klo untuk snmptn itu lumayan main strategi sih ya dari pengalaman saya .
    Alumni,nilai, dan prestasi2 bener2 dinilai yg entah gimana ya cara nilainya,
    kalo saya snmptn 2013 alhamdulillah keterima snmptn Universitas Airlangga prodi Hub. Internasional saya dari jurusan IPA .
    alumni dr sekolah saya ada 3 orang di unair di prodi hi,akutansi, dan manajemen,
    klo diliat dari nilai memang dr skolah sya untuk yg nyari unair hubungan internasional saya tertinggi nilainya, jadi chance utk dtrma lbh besar slain itu jg sy menyertakan 3 sertfikat .
    dan teman2 saya yg kebanyakan dtrma snmptn univ lain jg sama, mereka rata2 nilai yang paling tinggi d bandingkan yg lain.
    tapi buat yg nilai kecil jgn patah semangat juga,
    temen satu skolah saya jg dtrima di Unvrstas Airlangga jurusan manjemn, padahal di skolah saya dia termasuk nilai 5 terbawah dari 350an murid, entah sprt apa pnilaiannya .tp stlh saya tanya dia memang menyertakan 3 sertifikat non akademik yg menurut saya menjadi nilai + yg lumayan besar .
    klo dihitung2 , tahun lalu dr skolah saya hanya 1 orang lolos snmptn Unair, tapi tahun ini alhamdulillah ada 6 orang utk snmptn unair.
    keep up the good works adik2 ^_^

    • Glenn Ardi

      Thanks banget yah sharingnya Rheyna ๐Ÿ™‚

    • Prasdianto

      Nah ini bukti dari Rheyna, klo kegiatan luar sekolah ternyata membawa dampak GEDE (he he pake di capital) untuk seleksi mahasiswa di jalur undangan. Marilah kita kumpulkan sertifikat, mulai dari juara Olimpiade makan krupuk sampai Olimpiade Sains. Mulai juara nari di 17 belas Agustusan sampe Juara American Idol (segitunya :P). Tapi beneran, kita harus aktif juga di luar sekolah ๐Ÿ˜€

    • hera

      kak bagi tips biar bisa masuk HI dong, aku juga mau. aku dari anak ipa. bingung nih kira" bisa apa gak

    • anggia

      Kak, kalo dari jurusan ipa masuk HI lewat undangan, nilai apa aja yg diliat?

  • firdiana

    Hallo,bang emang telat banget gua baru tau zenius sedangkan gua udah kelas XII,diliatliat dri komennya sih bukan gua aja yg terlambat:)setelah gua baca postingan lu. Gua bakalan belajar giat lagi:D bang gua mau masuk kedokteran unsoed. Tapi nilai biologi ga terlalu gede malah gedean kimia. Gimana ya bang?:(

    • Glenn Ardi

      Halo Firdiana,

      Kalo buat kelas 12 sih saran gua mending kebut aja buat SBMPTN tertulis. Mumpung masih awal tahun ajaran, kebut aja terus pake zenius dari sekarang ! :))

    • Prasdianto

      Wah bagus lah klo Kimianya udah gede. Kimia basic dari Bio, malahan kebanyakan orang Bionya gede tapi kimianya rendah. Nah klo kondisi lu berarti udah punya pondasi sains yg kuat. Coba aja dengerin UN Bio untuk tau struktur bab-bab di Bio. Dan nantinya lanjut ke soal-soal tes PTN Bio untuk pembahasan detilnya.

  • Arief Purnama Muharram

    Kalau ada nilai rapor yang sama dengan rata" atau nilai rapor yang sama dengan semester kemarin, apakah masih ada kesempatan untuk mendapatkan SNMPTN Undangan?

    • Prasdianto

      Maksudnya nilainya sama dengan rata-rata? Coba konsultasi sama guru BP untuk tahu kondisi masing2 sekolah, karena akan beda2. Trus kesempatan dapet SNMPTN Undangan? itu tergantung pilihan jurusan, aktivitas luar sekolah dan reputasi sekolah.

  • maya

    baru ketemu zenius pas udah kelas xii ๐Ÿ™ sedih sih coba dari dulu ketemu zeniusnya.. tapi bersyukur juga masih diberi kesempatan oleh Allah dipertemukan dengan website super ini :'D dan kesempatan ini gak boleh disia-siakan!!

    tapi kak saya bingung prioritasin nonton video yg mana dulu -_-" pengen ngulang yg X,XI supaya lebih paham lagi trus juga hrus nnton yg kls XII tapi juga butuh SBMPTN nya tapi takut waktunya gak cukup ๐Ÿ™ jadi kira2 yg mana dulu ya kak yg harus saya prioritasin??

    • Prasdianto

      Karena udah ada di kelas Senior, gw saranin ngikutin belajar di zenius.net atau Xpedia 2.0 dengan bab yg diajarin di sekolah. Jadi lu ga pusing mikirin ujian blok dan rata-rata nilai kejaga juga. Trus materi kelas X & XII nya gimana? Saran gw coba buka soal2 UN dari nomor 1-20. Itu adalah materi kelas X dan XII, coba kerjain. Nah dari sana bisa deteksi kesulitannya bab mana aja, baru deh buka zenius.net untuk mantepin teorinya. Salam.. ๐Ÿ˜€

      • maya

        oke kak makasih sarannya.
        btw itu mksudnya x & xi ya kak? ๐Ÿ˜€

        • Prasdianto

          Iya maksudnya X dan XI, sori salah saking semangat ngetiknya ๐Ÿ™‚

  • krisma

    baru ketemu zenius pas selesai sbmptn

  • Diena

    nanya bang, sebenarnya sertifikat sertifikat itu pengaruh snmptn gag sih bang? misalkan sertifikat organisasi/lomba (jadi peserta)/ semacam seminar gitu?

    • Prasdianto

      Yg gw tau masuk hitungan di guru BP adalah aktivitas akademik luar sekolah. Kaya Olimpiade bidang pelajaran. Dan non akademik dari olahraga atau seni. Klo seminar mungkin belum terlalu ngeruh, yg ngaruh klo kita adalah penyelenggaranya. Karena dilihat kemampuan kita organisir suatu event.

  • Shofa Nur Rahmannisa

    ditunggu postingan selanjutnya ๐Ÿ™‚ thanks ๐Ÿ˜€

    • Prasdianto

      Hari ini mudah2an terbit tulisan di blog zenius tentang Otak kiri dan kanan ๐Ÿ™‚

  • pesjay

    Bang dari pengalaman murid2 abang, kalo yang nilai rata2 rapot semester 1-4nya 82 kira-kira bisa ga ya bang lolos ke yang bagus, kaya itb misalnya ๐Ÿ˜€

    • Prasdianto

      Belum tentu, ada bbrp murid gw yg walau nilai rata2nya di atas SKL, tapi pilihan jurusannya banyak yg mau dan sekolahnya belum masuk 'radar' kampus kaya ITB, UI & UGM, bisa jadi ga masuk. Tapi jangan pesimis, Undangan itu anggap aja kaya bonus, perjuangannya di Tes PTN ๐Ÿ™‚

  • Dwi Adelianingsih

    min sebenernya tuh snmptn undangan dari smester berapa sih min ?

    • Prasdianto

      Nilai raport dilihat dari semester 1 sampe semester 5. Dan ga cuma itu, ada faktor2 lain yg berpengaruh seperti yg ada di tulisan.

  • Rusli

    Sekedar berbagi, di sekolah saya tahun lalu SNM lumayan sulit
    Contohnya dari sekian banyak pendaftar ITB, hanya 6 orang yang terdaftar dan itu hanya siswa kelas akselerasi saja.
    Jadi meskipun seorang anak di program reguler dengan nilai rerata sama dengan nilai anak akselerasi, dan memilih fakultas yang sama (dalam kasus ini ftsl),tapi yang terpilih malah anak akselerasi. Hal ini karena fame juga dihitung sangat tinggi.
    Jadi kalau disekolah kamu ada kelas unggulan, segera capai, walaupun berat hasilnya nikmat loh, saya aja gak kebagian.

    • Prasdianto

      Iya bener, kelas akselerasi apalagi di sekolah yg reputasinya tinggi di mata panitia ujian, merupakan poin gede. Probabilitas dapet SNMPTN undangan jadi lebih besar. Trus klo kita terlanjur ga di Aksel gimana? ya strateginya diubah, jangan ikutan milih jurusan yg dipilih sama anak2 aksel. Bedain kampusnya dengan jurusan yg sama. Atau sama kampusnya tapi pemilihan jurusannya yg aga beda. tapi yg penting itu jurusan yg lu suka.

  • arifah

    Kenapa hanya sekolah SMA sih yg dapat jalur undangan ? Yang dari SMK ? Kenapa ga dikasih kesempatan?

    • Prasdianto

      Iya gw juga mikir gw pada awalnya. Sistem pendidikan kita emang harus banyak yg dibenahin. Mungkin Diknas mikirnya sekolah kejuruan lanjutnya ke vocational college, semisal Politeknik.

      • agi

        SMK juga dikasih kesempatan ikut SNMPTN undangan kok bang.

  • shanino

    masih galau nih mau di mana dan ngambil jurusan apa. tujuan sih pastinya ada, cuma yg bikin galau bisa tembus ke univ yg diinginkan atau gak. kayaknya rasa takut dan khawatir terus-terusan ngikutin. butuh saran bang..

  • Hanang Pandu H

    SUMPAH GUE NGAKAK SAMA HANTU WC NYAAA ๐Ÿ˜€

  • salma

    kak mau tanya2 nihh.. strategi buat snmptn undangan kyk gmna? hehe

  • Farida

    Untuk sekolah yg jatah undanganya hanya 50% itu kan akan diurutkan dr yg tertinggi smp yg tetendah itu diurutinya bdsrkan nilai apa ya?

    • Prasdianto

      Biasanya rata-rata nilai raport dari semester 1 sampai 5. Kenapa semester terakhir engga? karena mengejar pendaftaran administrasi ke panitia.

  • Taris

    Boleh tanya ngga?
    Kan nilai bahasa Inggris ku di kelas 10 semester 1 itu 77, tapi pas semester 2nya turun, jadi 72. kalau di kelas 11 semester 1 nilai bahasa Inggrisnya aku naikin lagi jd 77/78 apa masih ada harapan buat ikutan SNMPTN Undangan?

    • Prasdianto

      Kalau udah di atas SKL biasanya nanti dilihat rata-rata mata pelajaran lain yg ada di UN. Kalau udah ada di semester 5, jangan terlalu khawatir dengan sistem undangan. Yg ada nanti malah kepikiran dan ga belajar buat tes. Fokus aja ningkatin skill di tiap mata pelajaran. Karena denger-denger nilai UN 2014 akan ada pengaruh dikit ke penerimaan PTN.

  • Sintya

    Bang menurut lo kesempatan snmptn buat yang lulus taun lalu gmana bang ? ๐Ÿ˜ฎ gue angkatan taun lalu dari ipa pengen ke ips

  • opik

    galau ni bray , pake banget ๐Ÿ™ mana rata" rapot semester 5 cuma 86 doang, gimana nggak ketir" coba #curhatdikit hehe

  • rizky

    mas saya punya sertifikat tes bahasa jerman, saya anak ipa. kalo saya milih jurusan ke yang berhubungan dengan mapel eksak atau teknik, ngruh ga?

    • Prasdianto

      Cantumin aja dan ngobrol sama guru BP supaya sertifikat itu jadi nilai lebih. Mungkin pihak kampus akan melihat potensi calon mahasiswa kaya lu yang mereka bisa kirim ke Deustchland.. viel Gluck!!

  • desniari datum

    mau tanya kalo misalkan mau ngambil ke ptn yang banyak alumninya tapi yang minat dari satu sekolah banyak terus gimana? apakah ada peluang? ato mending cari ptn yang lain saja yg tidak terlalu diincar teman tetapi alumni yang ada disana cuman dikit ato bahkan ga ada? makasih mohon dibalas ๐Ÿ˜€

  • nadya

    bang mau nanya dong, kalo SNMPTN itu diliat dari rata-rata nilai keseluruhan atau dari nilai mata pelajaran jurusan yang mau kita tuju? terus kalo saya masih ragu sama jurusan yang saya ambil tapi disisi lain pengen banget amsuk ke jurusan itu gimana ya bang? bisa kasih saran ga? makasih ๐Ÿ™‚

    • Prasdianto

      Klo seleksi di tingkat sekolah, dari pengalaman gw rata-rata nilai diambil dari mata pelajaran yg diuji di UN. Sedangkan seleksi berkas dari pihak Kampusnya jadi hak prerogatif tiap-tiap departemen di Kampus. Pertanyaan kedua, sebentar gw baca lagi... "masih ragu sama jurusan, tapi pengen banget masuk" hmm ... ๐Ÿ™‚

  • cicilovelyy

    Kak mau nanya dong cara nentuin jurusan yang pas buat bisa masuk SNMPTN gmana?? karna takut banget, soalnya banyak temen yang salah ngambil jurusan dan akhirnya kuliah pun berantakan. sarannya yah.

    • Prasdianto

      simple, pilih yg lu suka dan kejar tu jurusan

  • Faishal Dzaky

    Maaf nih bang, kalo misalnya nilai rata2 rapot hanya sekitar 82 lebih dikit trus kepengen daftar SNM FEUI itu kira2 gimana ya? sedangkan alumni disana cukup banyak dan saingan dari tingkat kota pun sangat sedikit yang ingin ambil UI juga. Mohon pencerahannya, Makasih ๐Ÿ™‚

  • vanny

    sebenarnya nilai standart rata2 untk masuk snmptn undangan itu berapa ya. apa harus kepala 9. memang nilai rata2 semua mapel aku persemester ningkat terus cuman untuk program jurusannya ada yang naik turun untuk 3 mapel dan 3 mapel yg selalu meningkat. tolong dijelaskan???

    • Prasdianto

      Nilai rata-rata kan berbeda untuk tiap sekolah. Di artikel yg gw tulis ada pernyataan klo di sekolah A dapet 90 dan di sekolah B dapet 78. Bisa jadi malah yg dapet 78 yg diperhitungkan karena reputasi sekolahnya. Jadi coba ngobrol sambil ngopi2 sore sama guru BP, berakrab-akrab ria sambil introgasi gimana cara dia nyeleksi.

  • mahasinul fathani

    halo,saya lagi galau nih,jadi ad tu temen 1 sekolah saya tidak ada yang milih FITB,saya pilih tapi peringkat saya disekolah menengah gitu...?
    pertanyaan nya bisakah saya lulus di FITB tersebut,saya juga punya sertifikat berstatus provinsi dll....?kira2 lulus gak..!
    thanks buat jawabannya,mohon dijawab,smoga membantu saya

  • key

    Klo snmptn undangan itu kita yg daftar atau sekolah tiba2 dapet surat undangan dari kampus atw ptn nya ?

    • Prasdianto

      Sekolah diminta mengirimkan sejumlah (jumlahnya persentasenya beda tiap sekolah) berkas siswa yg dipilih oleh sekolah. Lalu berkas tersebut akan diteruskan panitia ke departemen2 tiap universitas.

  • nur rohman

    Assalamualaikum pak saya rohman salam kenal.. disini saya ingin tanya apakah ada peluang untuk saya masuk ke ptn yang saya inginkan tapi berkaca dari alumni sekolah saya tidak ada yang masuk di ptn tersebut.. dan pertnyaan saya yg trakhir knpa di zenius.net tidak ada soal2 untuk smknya pak. Mohon di jawab pak terimakasih

    • Prasdianto

      Jujur, aga sulit jika sekolah belum pernah terdata pernah memasukan alumninya ke PTN. Karena pemilihan sekolah mana yg mendapat jatah undangan ditentukan panitia ujian. Soal SMK di zenius.net ? mungkin bisa dilihat dari mata pelajarn yg merupakan irisan SMA dan SMK untuk sementara

  • agi

    kak seberapa besar sih pengaruh piagam/sertifikat cz aku kelas 11 sem 2 dan blm dapet satupun piagam.. bingung nih di sem 2 ini mau fokus sama nilai rapor apa usaha buat dpt min 1 piagam.. sarannya ya kak makasih

  • Astri

    Mau nanyaa nih bang. Katanya kan sekarang universitas itu lebih mentingin anak daerah mis nya usu mentingin anak sumatera utara. kira" kalau saya dari sumatera utara tapi snmptn ini mau ngambil unpad ada peluang gak ya bang? Seberapa besar peluangnya? :s

  • sari

    saya mau nanya kaak kalau misalnya ada satu nilai pelajaran un yang dibawah kkm sekolah masih ada harapan keterima snmptn nggak sih kak? atau langsung keblacklist gabakal keterima walaupun nilai lainnya bagusbagus?

  • Lonny Princhika Caroline

    kalo mau masuk universitas di luar negri dari sekolah swasta kira-kira peluangnya berapa persen ya?

  • meline lavinia

    hai kak,mau nanya.Menurut lu gimana kemungkinan panitia buat nerima anak sekolah swasta dibanding anak negeri?Apa masi ada "pilih2" buat prioritasin anak negeri dulu dibanding swasta ? thanks ๐Ÿ™‚

  • aulia

    iyaa saya sudah kelas XII baru kenal zenius.net nih ditunggu ya tulisan berikutnya..

  • tiara

    halo, saya sudah kelas 11 dan saya sudah tau zenius sejak kelas 10 tapi waktu itu lagi libur2nya waktu semester 2 itu....sedikit nyesel sih min, tapi kira2 untuk mengahadapi snmptn nanti kalo nilai rapornya gaada yg merah tapi nilainya pas2an itu apakah masih ada kemungkinan bisa masuk snpmtn nanti min? and the last question min, apakah zenius sudah keluar materi2&soal2 kelas 11 kurikulum 2013? terimakasih, maaf banyak nanya ๐Ÿ™‚ hehe

  • OSCAR!

    kata-kata terakhir yang diatas. "Trus gimana klo udah ada di kelas XII dan baru kenal Zenius? Strategi apa yg harus gw kerjain? " itu pertanyaan gw min :"

  • sophiaa

    kak kalo piagam peserta camp sama seminar gitu kepake ga sih buat nambah poin snmptn? tapi peserta doang, belum juara ._.

  • Amalina Dwi P

    mau tanya kalau rata rata nilai nya turun dari 81, 82, 81 gimana? kemungkinan masuk ke undangan berapa persen?

  • Hana Nurhidayati

    kak, kalo SNMPTN untuk sekolah yg pake kur. 13 cara rank muridnya gmn ya kak?
    soalnya banyak nilai yang sama kan, misal untuk rentang nilai dari 80-85 di rapor ditulisnya sama-sama B+ & 3,33. Dan belum tentu juga nilai 3,33 di sekolah A sama kyk nilai 3,33 di sekolah B -_-

  • QUOTE : Trus gimana klo udah ada di kelas XII dan baru kenal Zenius? Strategi apa yg harus gw kerjain?.. (NUNGGU TULISAN PRAS SELANJUTNYA ) kebimbangan medium 2 nih kak pras ๐Ÿ™
    Keep bloging ya.. ๐Ÿ™‚

  • Nia

    Saya baru kelas 11 mau nanya nih, kalo yang dapet 50% jalur undangan itu kan diambil dari peringkat tengah keatas ya, itu diambilnya per jurusan (ipa/ips) 50%-50% atau 50% itu untuk dua jurusan itu? Makasih sebelumnyaa:)

  • cindy stella monica

    hallo, gua mau nanya nih ka. nilai rapot gua pas semester 3 sama 4 nilai rata-ratanya lumayan nah pas semester 5 ini nilai rata-rata gua menurun, masih bagusan nilai semester 3 sama 4. kira-kira gua masih ada kesempatan gak ya buat dapet kesempatan SNMPTN Undangan? thanks ka

  • fany rosari

    Kalo udah megang medali osn bisa kejamin nggak dapet undangan?

  • Vina Vina

    terus kak kalo mau pilih kuliah atau jurusannya dalam snmptn itu gimana harus di urut berdasarkan gradenya ??

  • UWH

    untuk diterima/tidaknya di PTN baik itu SNMPTN/SBMPTN, saya melihat passing grade dulu baru daya tampung penerimaan vs peminat atau sebaliknya.....?

  • Muh. Dhiya Ulhaq

    saya dari smkn labuang teknik informatika jurusan rpl kelas XI, begini pak belakangan ini saya selalu berpikir kedepan apa yg akan sy lakukan ketika lulus dari smk, jadi gini toh pak saya sangat berharap bisa masuk stei itb jurusan teknik informatika. apakah dengan nilai rapor dari semester 1-6 bagus dan nilai produktif jurusan sy di smk bagus itu menjamin bisa mendapatkan snmptn undangan atau dapat lulus dari snmptn ?

  • Aditomo

    Kan rata" gue cuma 81,6 dr smt 1-5, rank gue juga jelek di paralel, nilai MTK gue juga turun 7 poin....-___-
    menurut lo bisa masuk SNMPTN undangan di MIPA UI? Gue pengennya sih geografi bang wisnu. Sekolah gue lumayan elit di depok.

  • Guntur Putra Pratama

    Nice info nya..
    Mampir juga untuk 9 tips lolos SNMPTN 2015 berdasarkan pengalaman siswa yang lolos http://kicauan-merpati.blogspot.com/2015/01/9-tips-lolos-snmptn-2015.html?m=1

  • Tasha Widya Sucitra

    hari ini tanggal 10 februari, 3 hari lagi pendaftaran snmptn dibuka dan gw msh bingung milih jurusan. gw anak Ipa dan interest bgt masuk teknik walaupun gw cewek, gw asal jabar gw punya niatan daftar antara ke FITB-ITB, atau Geologi UNPAD, hal apasih yg bener bener harus gw pertimbangin bwt nentuin pilihan pertama gw ?

  • Rudy Artha

    Misi bro mau tanya skrang saya baru naik ke kelas XI berhubung nilai saya kls X hancur lebur apa masih bisa saya masuk snmptn?
    Dengan ctt saya akan merubah cara belajar saya di kls XI dan XII nanti, btw saya dari sma favorit di denpasar. Mohon penjelasannya

  • edy situmorang

    ka, gue msih kelas 11 tapi udah deg degan gitu buat nempuh ptn..
    kira kira kalau ingin masuk fakultas akuntansi kriteria nilai yang dilihat apa aja ya ka??
    truss katanya boleh ngelampirin sertifikat,piagam penghargaan,,,
    kalau piagam yang dapat sewaktu smp boleh dilampirin gak??
    mohon pendapatnya ya ka,,
    trimakasih.

  • Yoan Angeline Hutagaol

    Mau nanya,
    Kalo mau masuk jurusan HI lewat jalur undangan, nilai mata pelajaran apa saja yaa yang kira-kira di perhitungkan??
    Dan kalau mau dapet undangan, ada standart rata-rata nilai rapotnya gak?

  • yohanaleo

    q baru kelas x jurusan ipa dan barusan selesai uts
    q bingung bgt sama nilai uts apakah nilai uts tu mempengaruhi raport gak?

    q pengen bgt msk unair &ugm ,tips belajarnya kyk gmna?????????

  • Rodi Jakariya

    nilai biologi saya lumayan nih, udah kepala 8, tepatnya sekitar 88 rata22 4 semester, kalau jurusan yang mandang nilai biologi tinggi apa ya? please help ๐Ÿ™‚

  • Havie L Choir

    kak mau minta pendapat nih.

    jadi gini, aku rencananya mau masuk ke ilmu komunikasi ui dan kesejahteraan sosial ui. nah tapi banyak yg bilang mendingan cari kampus/jurusan lain aja yg passing grade nya lebih rendah, soalnya nilai ku juga pas pasan. enaknya gimana? mending aku ttp pada plan awal atau ganti dan menyusun strategi baru?

    nah yang kedua. aku milih ilmu komunikasi karena udah tau bener2 apa yg dipelajari disana dan emang passion aku disana, sedangkan milih kesejahteraan sosial cuman karena cadangan doang. menurut mimin mendingan aku ngambil ilmu komunikasinya aja dan ngehapus kesejahteraan sosial nya atau gimana? minta sarannya dong kak yg baik gimana

    thanks bgt ya kak. mohon dijawab hehe

  • nurul muthmainnah

    kak saya kelas 11 dari madrasah aliyah nilai raport semester 1-2 alhamdulillh tapi sekolah saya basicnya agama bisa lolos SNMPTN gak kak ???