Ilustrasi Pola Bilangan (Dok. Canva)

9 Jenis dan Rumus Pola Bilangan Beserta Contoh Soalnya

Halo Sobat Zenius, ketemu lagi nih kita. Kesempatan kali ini gue mau ngajak elo belajar materi pola bilangan yang bakal berguna banget di kehidupan sehari-hari elo. Nggak pake lama lagi, yuk sama-sama belajar tentang macam-macam pola bilangan serta nggak ketinggalan juga rumus pola bilangan.

Tanpa elo sadari, sehari-hari kita menggunakan pola bilangan untuk memperkirakan sesuatu. Contohnya gini nih, seorang pedagang kue menerima pesanan kue di setiap tanggal ganjil. Di hari pertama, tepatnya tanggal 1, pedagang tersebut hanya membuat 8 buah kue. Hari kedua, ia membuat 16 buah kue. Hari selanjutnya sebanyak 24 buah kue. 

Jika pesanan kue selesai pada tanggal 17, berapakah jumlah kue yang dihasilkan pada hari itu?

Contoh di atas merupakan contoh pola bilangan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab pertanyaan di atas elo perlu rumus pola bilangan.

Masih bingung konsep pola bilangan? Jadi pada dasarnya, susunan bilangan dapat membentuk pola-pola tertentu. Ada yang membentuk pola aritmatika, geometri, ganjil-genap, dan berbagai bentuk lainnya. 

Gue kasih tau deh jawaban soal pedagang kue di atas, jawabannya adalah 72 buah kue. Kok bisa gitu sih? Yuk, pelan-pelan kenalan dimulai dari pengertian pola bilangan.

Apa Itu Pola Bilangan?

Bisa dilihat ya, namanya berasal dari kata kata pola dan bilangan. Pola artinya bentuk yang tetap dan bilangan artinya satuan jumlah atau angka. Jadi, kalau disimpulkan pola bilangan adalah susunan angka yang membentuk suatu pola tertentu.

Pola bilangan juga ada berbagai macam jenisnya lho. Sekarang lanjut ke macam-macam pola bilangan aja deh.

Rumus Pola Bilangan Berdasarkan Jenisnya

Suatu bilangan yang disusun akan membentuk suatu pola. Nah, susunan polanya bisa berupa bilangan ganjil-genap, aritmatika, geometri, persegi, persegi panjang, segitiga, fibonacci, dan bilangan pascal. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Pola Bilangan Ganjil

Jenis yang pertama adalah pola bilangan ganjil. Pola ini adalah susunan yang dimulai dari bilangan 1 sampai tak terhingga, tapi ganjil ya. Contoh bilangannya adalah 1, 3, 5, 7, 9, dan seterusnya. Berikut ini jika menggunakan rumus pola bilangan ganjil:

Un = 2n – 1

Keterangan:

n = bilangan asli atau urutan bilangan yang ingin dicari (ke-n)

Pola Bilangan Genap

Kalau tadi udah yang ganjil, sekarang yang genap nih. Kalau yang ini susunan bilangan yang habis dibagi 2. Contoh bilangannya adalah 2, 4, 6, 8, 10, dan seterusnya. Coba dihitung deh bilangan-bilangan tadi habis nggak kalau dibagi 2. Seperti ini rumusnya:

Un = 2n

Keterangan:

n : urutan bilangan ke-n

Pola Bilangan Aritmatika

Pola bilangan aritmatika adalah bilangan yang susunannya memiliki selisih tetap antar kedua sukunya. Jadi angka tambahnya selalu sama ya. Contoh bilangannya seperti pada kasus pedagang kue di awal tadi, yaitu 8, 16, 24, 48, dan seterusnya (a = 8, b = 8). Ini dia rumusnya:

Ilustrasi Pola Bilangan Aritmatika (Dok.Canva)
Pola Bilangan Aritmatika

Pola Bilangan Geometri

Pola bilangan geometri adalah susunan bilangan yang membentuk pola dengan rasio selalu tetap antar kedua sukunya. Nah loh, gimana tuh? Rasio tuh apa sih? Kalau bingung langsung aja lihat contoh bilangannya yaitu 2, 6, 18, 54, dan seterusnya. Dari susunan bilangan tersebut, kira-kira rumusnya bagaimana ya? Rumusnya adalah:

Un = arn-1

Keterangan:

a : suku pertama dari susunan bilangan

r : rasio

n : urutan bilangan ke-n

Pola Bilangan Persegi

Pola bilangan persegi adalah susunan bilangan yang polanya seperti persegi, sehingga dibentuk oleh bilangan kuadrat. Rumus pola bilangan persegi yaitu Un = n2. Contoh susunan bilangannya adalah 1, 4, 9, 16, dan seterusnya.

Pola Bilangan Persegi Panjang

Hampir sama seperti sebelumnya, tapi rumusnya berbeda jauh lho, guys. Kalau ini akan menghasilkan bentuk menyerupai bangun datar persegi panjang. Contoh susunan angkanya adalah 2, 6, 12, 20, dan seterusnya. 

Coba deh elo bikin gambar bilangan persegi panjang dari contoh susunan angkanya. Kalau dituliskan dalam bentuk rumus akan seperti ini: 

Un = n (n+1)

Pola Bilangan Segitiga

Dari namanya, kita udah bisa langsung menebak kalau pola bilangan segitiga ini akan membentuk bangun segitiga, betul atau betul? Nah, segitiga yang dimaksud di sini adalah bentuk segitiga sama sisi. Coba perhatikan gambar di bawah ini:

rumus pola bilangan segitiga
Pola bilangan segitiga (sumber gambar: en.wikipedia.org)

Bener kan, bilangannya jadi membentuk pola segitiga. Kamu bisa cirikan suatu kelompok bilangan yang polanya seperti ini, bisa dikatakan bahwa bilangan tersebut membentuk pola segitiga. Contohnya adalah bilangan 1, 3, 6, 10, 15, dan seterusnya. Cek rumus pola bilangan segitiga di bawah ini ya:

Un = ½ n (n+1)

Ilustrasi Rumus Pola Bilangan (Dok. Canva)
Rumus Pola Bilangan (Dok. Canva)

Pola Bilangan Fibonacci

Kok yang satu ini namanya aneh sendiri? Ternyata pola bilangan Fibonacci adalah susunan bilangan yang berawalan 0 dan 1, kemudian angka berikutnya diperoleh dengan cara menambahkan kedua bilangan sebelumnya secara berturut-turut.

Contoh bilangannya adalah 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, dan seterusnya. Seperti ini aturan dan ilustrasinya:

rumus pola bilangan fibonacci
Pola bilangan Fibonacci (sumber gambar: en.wikipedia.org)

Supaya lebih mudah, kamu bisa gunakan rumus berikut ini:

Un = (n – 1) + (n – 2)

Pola Bilangan Pascal

Terakhir, ada yang namanya pola bilangan Pascal. Mungkin beberapa dari kamu udah nggak asing dengan nama Pascal ya. Yap, ditemukan oleh Blaise Pascal, seorang ilmuwan asal Prancis. Lebih dikenal sebagai segitiga Pascal. 

Lalu, apa hubungannya dengan pola bilangan? Segitiga Pascal merupakan suatu pola bilangan. Kamu bisa melihatnya dari berbagai peraturan atau ketentuannya di sini:

  • Baris paling atas ditulis satu kotak saja, yaitu 1.
  • Setiap baris dalam segitiga pascal selalu diawali dan akan diakhiri oleh angka 1.
  • Jumlah kotak selanjutnya dalam segitiga pascal ini ditulis di baris ke-2 sampai ke-n adalah hasil penjumlahan dua bilangan diagonal di atasnya.
  • Setiap baris akan membentuk simetris.
  • Banyak bilangan di setiap barisnya memiliki kelipatan dua dari jumlah angka baris sebelumnya.

Sangat unik, bukan? Supaya lebih terbayang, kamu bisa lihat gambar berikut ini ya.

rumus pola bilangan pascal

Contoh Soal dan Pembahasan

Barusan kamu udah tau berbagai jenis pola bilangan. Supaya makin paham, elo bisa ikut mengerjakan contoh soal di bawah ini dan pahami juga pembahasannya.

Contoh Soal 1

Diketahui barisan bilangan 6, 18, 54, …, ….

Tentukan kelanjutan dari baris bilangan di atas!

Jawab:

Hal pertama yang harus elo lakukan adalah dengan melihat selisih antar bilangannya.

Coba diperhatikan deh urutan bilangannya.

6 → 18 → 54, selisih ketiga bilangan tersebut adalah x3.

Bisa elo cek dulu kok, 6 x 3 = 18, 18 x 3 = 54.

Udah bener kan selisihnya x3, sehingga:

  • 54 x 3 akan menghasilkan bilangan selanjutnya, yaitu 162.
  • 162 x 3 akan menghasilkan bilangan selanjutnya, yaitu 486

Jadi, kelanjutannya adalah bilangan 162 dan 486.

Contoh Soal 2

Oh iya, nggak semua soal pola bilangan punya soal dengan urutan bilangan yang jelas atau dinyatakan langsung dalam soal. Ada juga soal-soal yang elo cuma dapat info bilangan di beberapa suku tertentu kayak yang di bawah ini nih.

Jika diketahui suku pertama dari suatu pola bilangan adalah -3. Kemudian, suku ke 52 barisan tersebut adalah 201. Tentukan beda (b) barisan bilangan tersebut!

Jawab:

a = -3

U52 = 201

Menggunakan rumus pola bilangan aritmatika:

Un = a + (n-1)b

201 = -3 + (52 – 1)b

201 = -3 + 51b

51b = 201 + 3

51b = 204

b = 204 / 51 = 4

Jadi, beda barisan tersebut adalah 4.

Contoh Soal 3

Bentuk soal lainnya bisa juga lho dalam bentuk gambar. Untuk ini elo perlu banget teliti sama gambarnya.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Ilustrasi Gambar Pola Bilangan Persegi Panjang
  1. Apakah gambar di atas membentuk suatu pola? Jelaskan! 
  2. Carilah bilangan ke-16 dari gambar di atas!

Jawab:

Ya, gambar di atas membentuk suatu pola. Lebih tepatnya gambar pola bilangan persegi panjang. Elo bisa lihat kan bentuknya seperti persegi panjang.

Pola 1 = 2

Pola 2 = 6 

Pola 3 = 12

Pola 4 =  20 

Nah, sekarang kita jawab soal kedua ya. Karena sudah tahu gambar di atas merupakan pola bilangan persegi panjang, elo bisa pakai rumus pola bilangan persegi panjang.

Un = n (n+1)
U16 =  16 (16 + 1)
U16 = 272

Jadi, bilangan ke-16 dari suatu pola bilangan persegi panjang adalah 272.

Nah, menarik bukan pembahasannya? Sekarang, coba elo kembali lagi ke pembukaan artikel ini (yuk, scroll ke halaman atas!) dan kerjakan cara penyelesaiannya ya.

Tadi, udah gue kasih jawaban, tapi belum ada pembahasan caranya kan. Kira-kira gimana sih caranya? 

Kalau udah ketemu caranya, share jawaban elo ya supaya makin banyak orang yang tau ternyata semudah itu, guys! Semoga artikel ini bermanfaat ya. Have a nice day!

Baca Juga Artikel Materi Matematika Lainnya

Barisan dan Deret Geometri

Kumpulan Rumus Matematika Lengkap Beserta Keterangannya

Induksi Matematika

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika!

Untuk menjawab soal-soal tentang bilangan dan soal matematika lainnya, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius via AppStore dan Play Store di sini!

Dan biar belajar elo makin mantap, elo bisa berlangganan paket belajar Zenius super lengkap yang bakal bikin proses belajar elo jadi lebih seru. Cek info lengkapnya dengan klik banner di bawah ini!

Langganan Zenius

Lihat Juga Proses Belajar ala Zenius di Video Ini

Originally Published: April 13, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!