Produk Kebudayaan Indonesia dan Cara Pemasarannya – Materi Geografi Kelas 11

produk kebudayaan indonesia zenius education

Hmm … apa yang terlintas dalam benak elo ketika ditanya tentang produk kebudayaan Indonesia? Batik? Wayang? Angklung? Kita coba artikan dulu apa itu budaya deh.

Budaya merupakan hasil dari semua interaksi yang dilakukan oleh manusia.

Budaya bisa berupa alat, ide, gagasan, dan pengetahuan. Salah satu budaya yang menjadi identitas bangsa Indonesia adalah batik. Meskipun batik hanyalah kain, tetapi sebenarnya batik mencakup warisan budaya mencakup motif, ide, dan cara pembuatannya.

batik sebagai produk kebudayaan indonesia zenius education
Batik sebagai produk kebudayaan Indonesia. (Arsip Zenius)

Menariknya, ternyata Presiden Soeharto mempunyai andil dalam mempopulerkan batik sebagai budaya Indonesia. Bahkan, ia dijuluki sebagai pahlawan batik oleh para pelaku usaha di sektor tersebut. Sejak saat itu, batik menjadi salah satu identitas bagi masyarakat Indonesia dan menjadi kebudayaan global.

Suatu produk bisa dikatakan sebagai kebudayaan global ketika kebudayaan tersebut memiliki kedudukan yang sejajar dengan kebudayaan luar. Sehingga, banyak dari masyarakat luar yang menggunakan produk batik di negaranya masing-masing.

Baca juga: Sejarah Wayang: Menilik Perkembangan Budaya Klasik

Dampak Globalisasi dan Perkembangan Teknologi Bagi Popularitas Kebudayaan Indonesia

Pernah nggak sih kepikiran gimana caranya kebudayaan nasional bisa mendunia? Contohnya batik yang telah menjadi kebudayaan lokal. Ya apa lagi kalau bukan karena globalisasi.

Globalisasi merupakan proses interaksi dan integrasi antara seluruh pihak yang didorong oleh perdagangan dan investasi yang dibantu oleh perkembangan TIK (teknologi, informasi, dan komunikasi).

Yap, mengglobalnya suatu budaya nggak lepas dari peran perkembangan teknologi. Dengan berkembangnya teknologi, maka masyarakat juga akan semakin mudah dalam mengakses budaya luar. Dengan kata lain, globalisasi punya peran penting nih dalam mempopulerkan suatu budaya lokal kepada dunia luar.

globalisasi zenius education
Peran dan dampak globalisasi dalam mempopulerkan kebudayaan Indonesia. (dok. Flickr)

Ngomong-ngomong tentang globalisasi budaya, ada dua hasil atau dampak dari adanya globalisasi, yaitu homogenisasi dan hibridisasi.

  • Homogenisasi merupakan keseragaman budaya hasil globalisasi. Contohnya orang-orang Indonesia yang berpakaian atau bergaya ala kebarat-baratan (westernisasi).
  • Hibridisasi merupakan percampuran budaya hasil globalisasi. Contohnya keberadaan McD di Indonesia dan lagu K-Pop yang dinyanyikan oleh orang Indonesia.

Elo bisa menyebutkan contoh lainnya kan, dari homogenisasi dan hibridisasi?

Baca juga: Jenis-Jenis dan Karakteristik Kebudayaan – Materi Sosiologi Kelas 11

Bagaimana Cara Memasarkan Produk atau Kerajinan Berbasis Budaya Lokal?

Pernah dengar nggak berita tentang batik yang diklaim sebagai warisan budaya Malaysia? Nggak hanya batik, ada juga produk kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh Malaysia, seperti reog Ponorogo, lagu Rasa Sayange, dan wayang. Kok bisa sih main klaim-klaim seperti itu? Padahal udah pasti nih kalau produk-produk tersebut asli Indonesia.

“Udah pasti” itu menurut kita. Tapi, menurut negara lain gimana? Kalau kita nggak memperkenalkan produk kita ke orang lain, gimana orang lain bisa tahu, analoginya gitu deh. Jadi, supaya produk kebudayaan Indonesia nggak diklaim negara lain, kita perlu memperkenalkan dan mengangkat budaya kita supaya bisa dikenal oleh seluruh masyarakatnya.

cara melestarikan produk kebudayaan indonesia zenius education
Cara melestarikan produk kebudayaan Indonesia. (Arsip Zenius)

Cara 1: Menggunakan Jalur Industri Kreatif

Kita bisa menggunakan jalur industri kreatif, yaitu pemanfaatan kreativitas dalam kebudayaan menjadi produk atau komoditas. Contohnya kain ulos yang berasal dari kebudayaan Batak. Supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas, maka kain tersebut dibuat menjadi beberapa produk, seperti baju, tas, rok, atau celana.

Cara 2: Menggunakan Jalur Pariwisata

Cara lainnya bisa menggunakan jalur pariwisata. Misalnya candi, rumah adat, dan tarian. Kebudayaan tersebut perlu kita poles lagi nih supaya lebih legit dan menarik perhatian masyarakat supaya mau mengenal dan memperdalamnya, caranya dengan jalur pariwisata.

Sampai sini paham ya dengan produk kebudayaan Indonesia? Kalau elo bertanya, kenapa sih kok Geografi belajar tentang kebudayaan? Memang apa hubungannya? Jawabannya bisa elo temukan di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini.

Pelajari materi Geografi di video materi belajar Zenius

Contoh Soal Produk Kebudayaan Indonesia

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai produk kebudayaan Indonesia, gue mau mengajukan satu pertanyaan yang perlu elo jawab. Ini dia pertanyaannya.

Sebutkan contoh pemanfaatan dan pelestarian kebudayaan di daerah elo, bisa dalam bidang industri kreatif maupun pariwisata!

Ayo, ceritakan kebudayaan di daerah elo. Dengan menceritakannya, artinya elo juga sedang memperkenalkannya ke gue dan para pembaca Zenius lainnya.

Baca juga: Hasil Kebudayaan Masa Perundagian dan Kehidupan Ekonominya – Materi Sejarah Kelas 10

*****

Gimana, udah paham kan tentang cara melestarikan produk kebudayaan Indonesia? Yuk, belajar materi geografi kelas 11 lainnya dengan nonton video belajar Zenius di sini menggunakan akun yang udah didaftarkan sebelumnya, bisa lewat website dan juga aplikasi Zenius lho!

Baca juga: Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia – Materi Geografi Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!