Luas Permukaan Prisma Segitiga

Rumus Volume dan Luas Permukaan Prisma Segitiga

Artikel ini membahas ciri prisma segitiga, rumus luas permukaan prisma segitiga, rumus volume prisma segitiga, dan contoh soal beserta pembahasannya.

Hi, guys! Pada artikel sebelumnya, Zen juga pernah bahas tentang luas permukaan dari bangun ruang lainnya. Namun, kali ini Zen mau bahas luas permukaan prisma segitiga. Apa sih prisma segitiga, tuh? Prisma segitiga adalah bentuk bangun ruang tiga dimensi yang memiliki sisi sejajar dan sebangun (dalam materi ini adalah segitiga) yang disebut alas dan sisi yang lain disebut selimut atau tinggi.

Prisma segitiga tentu berbeda dengan limas segitiga. Prisma segitiga memiliki alas dan atap berbentuk segitiga, sedangkan limas segitiga memiliki alas berbentuk segitiga, tetapi atapnya mengerucut seperti bentuk piramida. Kalau belum paham, Sobat Zen coba cek dahulu perbedaan bentuk prisma segitiga dan limas segitiga.

Apakah kalian dapat membayangkan bagaimana bentuk prisma segitiga? Kalau kalian gak terbayang bentuk prisma segitiga, coba bayangkan bagaimana bentuk tenda! Nah, kira-kira seperi itu bentuknya, Sobat Zen.

Nih, guys, Zen kasih tau kalian kalau bentuk prisma segitiga tuh kaya gini, lho. Coba perhatikan deh, mirip-mirip bentuk tenda kan? Oiya, bentuknya juga mirip dengan coklat yang beredar di pasaran, kamu pasti tau coklat yang Zen maksud. Apa kalian bisa kasih contoh lain bentuk prisma segitiga dalam kehidupan sehari-hari selain tenda dan coklat?

Luas Permukaan Prisma Segitiga
Prisma Segitiga

Ciri-ciri Prisma Segitiga

Luas Permukaan Prisma Segitiga
Rusuk Prisma Segitiga

Prisma Segitiga memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Memiliki 9 buah rusuk.

2. Memiliki 6 titik sudut.

3. Memiliki rusuk tegak yang sama panjang dan sejajar.

4. Memiliki alas dan atap yang kongruen.

5. Memiliki 5 buah sisi, terdiri dari 3 buah persegi panjang dan 2 buah segitiga.

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Luas permukaan prisma segitiga adalah luas bidang yang menyelimuti bentuk prisma, yaitu 3 buah persegi panjang dan 2 buah segitiga. Luas permukaan dinyatakan dalam satuan persegi seperti cm², m², dan km².

Luas permukaan = (2 x luas alas) + (keliling alas x tinggi prisma)

Rumus Volume Prisma Segitiga

Volume prisma segitiga adalah isi (dinyatakan dalam satuan kubik) dari bangun ruang prisma segitiga. Volume dinyatakan dalam satuan kubik seperti cm³, m³, dan km³.

Volume = luas alas x tinggi

Biar kalian cepat paham, bagaimana kalo kita langsung aja bahas contoh soal? Yuk, langsung aja sikat soal-soal di bawah, guys.

Contoh Soal dan Pembahasan

Luas Permukaan Prisma Segitiga
Prisma Segitiga

Dari gambar prisma segitiga di atas, hitunglah dalam satuan cm:

a. volume prisma segitiga tersebut.

b. luas permukaan prisma segitiga tersebut.

Diketahui:

ab = 4, bc = 3, tinggi prisma = 8

a. volume prisma segitiga

volume = luas alas x tinggi prisma

volume = (12x 3 x 4) x 8

volume = 6 x 8 

volume = 48 cm³

b. luas permukaan prisma segitiga

Pertama-tama, kita cari tahu dulu panjang sisi-sisi alas dengan menggunakan rumus pythagoras. Jika ab = 4, bc = 3, maka ac = 5. Silakan baca lagi tentang rumus pythagoras atau dapat kita buktikan bersama dengan cara berikut.

c = a² + b²

c = 4² + 3²

c = 16 + 9

c = 25

c = 5

Kemudian, dapat kita lanjutkan ke dalam rumus luas permukaan prisma segitiga.

luas permukaan = (2 x luas alas) + (keliling alas x tinggi prisma)

luas permukaan = (2 x (12x 3 x 4)) + ((4 + 3 + 5) x 8)

luas permukaan = (2 x 6) + (12 x 8)

luas permukaan = 12 + 92

luas permukaan = 104 cm²

Jadi, jawaban untuk volume dari prisma segitiga tersebut adalah 48 cm³ dan luas permukaan dari prisma segitiga tersebut adalah 104 cm².

Bagaimana nih, Sobat Zen? Pasti sudah paham dong tentang rumus luas permukaan prisma segitiga dan volume prisma segitiga. Untuk memantapkan pengetauan yang sudah kalian dapat, cobalah melatih sesering mungkin soal-soal dengan materi yang sama. Semoga berhasil, ya! Kunjungi Zenius juga di YouTube!

Baca Artikel Lainnya

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok

Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung

Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus