Satria Dewa Gatotkaca, Si Superhero Rasa Lokal

satria dewa gatotkaca

Hayo … siapa nih yang lagi senang banget habis nonton teaser pertama film Satria Dewa: Gatotkaca (2022) yang baru aja dirilis tanggal 22 Februari 2022 kemarin?

Teaser berdurasi 31 detik itu menunjukkan karakter superhero lokal asal Indonesia yaitu Satria Dewa Gatotkaca yang lagi terbang. Vibes-nya kayak lagi lihat adegan dari film superhero dari luar negeri, lho!
Efek computer-generated imagery (CGI) yang ditampilkan di sini juga keren banget. Sebagai penikmat film superhero punya Marvel dan DC, gue cukup puas dan bangga dengan apa yang Satria Dewa Gatotkaca sajikan dalam 31 detik itu.

Terlepas dari beberapa pro dan kontra yang muncul setelah kemunculan teaser-nya, gue berharap Satria Dewa: Gatotkaca bakalan jadi film yang sukses dan bisa melanjutkan kesuksesan Gundala (2019), film superhero lokal yang membuka Bumilangit Cinematic Universe (BCU).

Balik lagi ke si Gatotkaca, elo sudah tahu belum sih siapa si Gatotkaca ini? Gue yakin namanya nggak begitu asing di telinga elo, karena memang karakter Gatotkaca bisa dibilang karakter yang terkenal di dunia pewayangan juga.

Apalagi, buat penggemar game Mobile Legends, karakter ini juga diadaptasi jadi salah satu hero-nya.

Tapi, ceritanya Gatotkaca itu kayak gimana, sih? Nah, supaya elo makin kenal sama karakter ini, gue mau ajak elo masuk ke dalam kehidupannya si Satria Dewa Gatotkaca dulu, nih. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Baca Juga: Apa itu Scam? Kenapa Orang Melakukannya & Cara Menghindarinya

Siapa Itu Satria Dewa Gatotkaca?

Everything has a story. Yup, betul! Si Satria Dewa Gatotkaca ini juga pastinya punya cerita menarik tentang dirinya. Jadi sebenarnya, Gatotkaca itu siapa?

Gatotkaca merupakan karakter yang diadaptasi dari Ghatotkacha, serial Mahabarata yang berasal dari India. Kemudian, kisahnya tersebut diadaptasi menjadi kisah pagelaran wayang kulit.

Di Indonesia, Gatotkaca ini merupakan salah satu tokoh pewayangan yang terkenal banget. Kalau elo mau tahu tentang sejarah wayang, elo bisa kepoin di artikel Sejarah Wayang: Menilik Perkembangan Budaya Klasik, nih.

Gatotkaca juga dikenal sebagai ksatria berotot kawat dan bertulang besi. Julukannya ini diberikan karena dia memang kuat banget! Ibaratnya, kayak Superman atau Captain America gitu, deh.

Melansir dari Republika, Gatotkaca lahir dengan nama Jabang Tetuka. Ia merupakan anak dari Bimasena (ayahnya) yang berasal dari keluarga Pandawa dan Arimbi (ibunya), putri dari Kerajaan Pringgandani, yaitu negeri bangsa raksasa.

Satria Dewa Gatotkaca, Si Superhero Rasa Lokal 42
Cerita Gatotkaca (Arsip Zenius, dok. IMDb & MLBB)

Salah satu dewa, yaitu Kresna, berpendapat kalau pusaka yang masuk ke dalam perut Gatotkaca akan menambah kekuatannya dan juga membunuhnya kelak. Kemudian, Gatotkaca diasuh oleh seorang pendeta bernama Narada yang tinggal di kahyangan. Pada saat itu, tempat tersebut sedang digempur oleh Patih Sekipu dari Kerajaan Trabelasuket.

Gatotkaca melawan Sekipu dan memenangkan pertarungan tersebut. Bahkan, ia berhasil membunuh Sekipu dengan menggigitnya menggunakan taringnya. Lalu, Kresna memotong taring Gatotkaca dan meminta ia untuk berhenti menggunakan sifat raksasa di dalam dirinya.

Batara Guru, seorang Raja Kahyangan, menghadiahkan Kotang Antrakusuma, Caping Basunanda dan Terompah Padakacarma untuk Gatotkaca yang pada saat itu masih bernama Tetuka. Semenjak saat itu, barulah namanya berganti menjadi Gatotkaca.

Setiap cerita pasti ada kisah cintanya. Gatotkaca juga punya cerita manis-manis ini, lho! Dalam versi wayang Gatotkaca, ia jatuh cinta dengan sepupunya, Pergiwa, yang merupakan anak dari Arjuna. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai anak yang juga tumbuh jadi prajurit hebat bernama Sasikirana.

Namun, dalam versi Mahabharata, Gatotkaca menikahi gadis dari Kerajaan Naga bernama Ahilawati dan dikaruniai anak bernama Barbarika.

Di akhir kisahnya, Gatotkaca tewas tertembak oleh pusaka yang justru pernah menyelamatkan hidupnya, yaitu senjata Konta Wijaya. Tewasnya dirinya tersebut terjadi saat Perang Baratayuda.

Baca Juga: Apa Itu Body Positivity? Yuk, Kenalan di sini!

Simbol Bintang Gatotkaca

Kisahnya menarik banget, kan? Nah, selain ceritanya yang menarik, ada lagi nih hal menarik yang jadi perbincangan netizen setelah teaser Satria Dewa: Gatotkaca rilis.

Jadi, nggak sedikit netizen yang menganggap kalau simbol bintang Gatotkaca ini mirip sama bintang milik Captain Marvel, superhero perempuan dari Marvel. Tapi, apa benar mirip?

Melansir dari Kompas, Yosef Kelik Prirahayanto, seorang researcher asal Ullen Sentalu Museum, menjelaskan dalam cuitan di akun Twitternya @selfkelik pada Rabu, (23/02/2022) kalau simbol bintang yang ada di kostum Gatotkaca ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, bahkan jauh sebelum karakter Captain Marvel muncul.

Kostum Gatotkaca sendiri sudah ada sejak era Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara V tahun 1881–1896. Terlebih lagi, versi Gatotkaca Jawa ini sudah ada sekitar 9 abad, sejak zaman Kemaharajaan Kediri.

Jadi, bisa disimpulkan kalau simbol seperti ini sebenarnya sudah banyak muncul dan nggak bisa benar-benar dibilang mutlak milik siapa pun.

Oh iya, selain Gatotkaca, ada beberapa karakter super wayang lainnya yang bakal hadir di semesta Satria Dewa, lho! Yuk, lihat siapa saja karakternya di infografis berikut.

Baca Juga: Infografis: Perbedaan Introvert dan Ekstrovert

Kehadiran Gatotkaca dalam Pop Culture

Nggak cuma hadir di pewayangan saja, karakter Gatotkaca ini mulai melebarkan sayapnya ke pop culture, nih.

Kalau kita kembali ke masa lalu sedikit, karakter Gatotkaca ini pernah dibuat menjadi sebuah komik. Gatotkaca menjadi salah satu karakter dari komik Garudayana karya Is Yuniarto yang mengisahkan tentang petualangan Kinara dan Garuda, dengan Gatotkaca sebagai karakter pendukungnya.

Hingga akhirnya karakter ini diadaptasi ke dalam semesta Satria Dewa dan siap merilis film pertamanya di tahun 2022. Satria Dewa Gatotkaca yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Satrio (diperankan oleh Rizky Nazar) yang merupakan keturunan keluarga Pandawa.

Film tersebut akan mengenalkan karakter lain juga seperti Aswatama, yaitu prajurit Kurawa yang ingin menghancurkan dunia dengan mengubah sejarah Bharatayudha. Kayak yang elo bisa lihat di teasernya, Gatotkaca bakalan melawan Aswatama nantinya.

Gimana nih menurut elo, Sobat Zenius? Kira-kira, elo bakal tertarik nggak buat nonton film Satria Dewa Gatotkaca kalau sudah rilis nanti? Coba bagi pendapat elo dan kasih tahu karakter superhero Indonesia favorit elo di kolom komentar, ya!

Referensi:

FIRST LOOK Film Satria Dewa: GatotKaca – YouTube (2022)

Satria Dewa: Gatotkaca (2022) – IMDb

Mengenal Gatotkaca, Kesatria Wayang yang Ceritanya Diangkat ke Layar Lebar – Republika (2022)

Ramai Bintang Gatotkaca Disebut Mirip Captain Marvel, Ini Sejarahnya – Kompas (2022)

Bintang Gatotkaca Disebut Mirip Captain Marvel, Ini Kata Roy Suryo – Jawa Pos (2022)

Jumlah Hero Mobile Legends sejak Pertama Rilis Hingga Sekarang – Esport Skor ID (2021)

RESMI: Gatotkaca dari Komik Garudaya Akan Menjadi Karakter Mobile Legends! – IDN Times (2017)

Bagikan Artikel Ini!