Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia – Materi Geografi Kelas 11

Keragaman Budaya

Hai Sobat Zenius! Gue ada pertanyaan nih buat elo, apa sih keunikan yang dimiliki sama bangsa kita Indonesia? Kalau elo jawab negara kita adalah negara yang terdiri dari banyak banget pulau , tentu elo nggak salah. Tapi kali ini gue mau ngajak elo buat bahas keunikan lain yang dimiliki negara kita, yaitu keragaman. Tentu elo juga udah nggak asing kan kalau negara kita memang dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya? 

Yuk, nggak usah lama-lama lagi deh, langsung aja kita bahas tentang persebaran keragaman budaya di Indonesia!

Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia

Peta persebaran keragaman budaya Indonesia
Peta Persebaran Suku di Indonesia (Dok. Kemendikbud.go.id) 

Baca Juga: Mengenal Kearifan Lokal di Indonesia Beserta Contohnya – Materi Geografi Kelas 11

Bagaimana sebaran keragaman budaya Indonesia? Seperti yang elo tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak keragaman budaya di dalamnya. Elo bisa lihat mungkin di sekitar elo aja banyak banget perbedaan yang bisa elo rasakan, misalnya bahasa, adat istiadat, lagu daerah, tarian dan masih banyak lagi.

Persebaran budaya dapat dibagi berdasarkan wilayah atau daerahnya, di mana masing-masing daerah pasti mempunyai keunikan dan karakternya sendiri, yang tentunya berbeda dengan daerah lain. Tentu elo juga sadar, dengan keadaan wilayah Indonesia yang luas dan terdiri dari banyak pulau di dalamnya, terdapat banyak suku dan kebudayaan beragam. Misalnya gue contohin beberapa suku besar yang ada di Indonesia, yaitu suku Jawa, suku Sunda, suku Bali, suku Batak, suku Papua. Yang gue sebutin ini baru beberapa ya, masih banyak lagi suku-suku di Indonesia kalau elo mau ngulik satu-satu. Nah, kira-kira menurut elo suku mana nih yang paling besar di Indonesia? Yap, suku Jawa.

Keragaman Budaya
Sensus Penduduk 2010 (Arsip Zenius)

Penyebaran Unsur-Unsur Kebudayaan

Nah, Sobat Zenius, elo udah paham pasti banyak banget kebudayaan yang ada di Indonesia, nah elo juga pasti udah tahu dong apa itu unsur-unsur kebudayaan

Berikut ini gue mau ngasih beberapa contoh persebaran keragaman unsur-unsur kebudayaan di Indonesia.

  • Keragaman Suku Bangsa 

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), suku bangsa adalah kelompok etnik dan budaya masyarakat yang terbentuk secara turun-temurun. Berdasarkan BPS pada sensus penduduk 2010, Indonesia punya lebih 1.300 suku bangsa. Banyak banget kan? Mungkin seumur hidup kita belum tentu nih bisa ketemu sama semua suku tersebut.

Menurut data, suku Jawa menjadi kelompok suku bangsa terbesar di Indonesia seperti yang di awal tadi udah gue bilang. Hampir di setiap wilayah Indonesia kita dapat menemui suku ini. Kelompok suku bangsa ini tersebar pada hampir seluruh wilayah Indonesia. Jumlahnya kira-kira 40’% dari total populasi Indonesia. 

Suku bangsa terbesar berikutnya yaitu suku Sunda yang berjumlah kira-kira 36,7 juta jiwa. Selanjutnya, suku Batak sebesar 8,5 juta jiwa dan suku asal Sulawesi (kecuali suku Makassar, Bugis, Minahasa, dan Gorontalo) sebesar 7,6 juta jiwa. Sebaliknya, suku bangsa yang populasinya paling sedikit yaitu suku Nias (1.04 juta jiwa), suku Minahasa (1,24 juta jiwa), dan suku Gorontalo (1,25 juta jiwa). Jumlah suku yang sangat beragam menyebabkan Badan Pusat Statistik menggunakan pendekatan kelompok suku bangsa.

  • Keragaman Bahasa 

Bahasa apa yang sehari-hari elo pakai? Pernah nggak elo menemui orang yang punya bahasa yang beda ama elo? Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jenis bahasa daerah di Indonesia mencapai kira-kira 2,500 bahasa daerah. Jumlah tersebut hampir dua kali jumlah suku bangsa di Indonesia. Dengan jumlah yang sangat banyak itu, menurut elo penting nggak sih buat kita mempelajari bahasa daerah? Coba deh share pendapat elo di kolom komentar ya!

  • Keragaman Adat dan Kesenian 

Keragaman suku bangsa di Indonesia menciptakan berbagai jenis adat dan kesenian. Coba elo cari tahu deh, apa contoh kesenian yang ada di daerah elo? Ngga jarang lho satu daerah memiliki lebih dari satu jenis kesenian. Nah, bayangin tuh berapa jumlah kesenian yang dimiliki oleh bangsa Indonesia? 

Wujud kebudayaan masyarakat Indonesia antara lain seni sastra, seni tari, seni musik, dan seni rupa. Keragaman budaya di Indonesia nggak bisa terlepas dari berbagai bentuk kesenian. Seni sastra mencakup cerita atau dongeng rakyat. Elo pasti  pernah mendengar lagu “Ampar Ampar Pisang” kan? Lagu daerah juga menunjukkan salah satu bentuk kesenian. Ada juga alat musik daerah yang telah mendunia seperti angklung yang terbuat dari bambu, dan sasando. Wah, pokoknya bangsa kita ini kaya banget akan kebudayaan deh. 

Keragaman Budaya
Peta Suku Bangsa Indonesia (Arsip Zenius)

Contoh Soal dan Pembahasan

Oke deh guys, itu tadi penjelasan tentang persebaran keragaman budaya di Indonesia. Gimana, elo udah paham belum? Nah, buat tahu udah paham atau belum, elo wajib simak contoh soal di bawah ini ya!

  1. Kelompok suku terbesar dengan jumlah dan persebaran tertinggi di Indonesia adalah….

Jawab: Suku Jawa

Pembahasan: Suku Jawa masih menempati posisi sebagai suku dengan jumlah dan persebaran tertinggi di Indonesia. Sekitar lebih dari 90 juta orang indonesia atau 40% dari keseluruhan orang Indonesia bersuku Jawa.

  1. Menurut pendapat elo, apa sih yang menyebabkan Indonesia memiliki keragaman suku bangsa?

Jawab: Keberagaman tersebut dipengaruhi oleh faktor berikut:

  • Kondisi topografi yang berbeda
  • Kondisi iklim yang berbeda
  • Pengaruh dari budaya asing
  • Wilayah kepulauan yang terpisah satu sama lain

Pembahasan: Indonesia memiliki keberagaman kebudayaan, hal ini terlihat dari banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia. Menurut BPS, Indonesia memiliki 1340 suku bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia. Keberagaman tersebut dipengaruhi oleh faktor berikut:

  • Kondisi topografi yang berbeda
  • Kondisi iklim yang berbeda
  • Pengaruh dari budaya asing
  • Wilayah kepulauan yang terpisah satu sama lain

Akhirnya kita udah sampai di ujung artikel nih, tapi tenang aja elo bisa kepoin materi ini dengan klik banner di bawah ini ya, dan jangan lupa buat daftarin akun elo! See you!

Baca Juga: Pengertian Geografi Budaya dan Perkembangannya – Materi Geografi Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!