Pengertian Geografi Budaya dan Perkembangannya – Materi Geografi Kelas 11

Materi geografi budaya

Hai Sobat Zenius! Elo pasti udah nggak asing denger pernyataan kalau negara kita Indonesia memiliki banyak keragaman budaya di dalamnya, hal ini juga didukung oleh keadaan alam negara kita yang juga beragam. Misalnya ada masyarakat yang tinggal di dataran rendah atau dataran tinggi. Elo sadar nggak sih setiap orang yang tinggal di daerah yang berbeda-beda tersebut juga memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, dari cara bicara, atau cara berpakaian misalnya. Nah, untuk mempelajari hal tersebut ada suatu ilmu yang bisa kita pelajari, yaitu geografi budaya. Penasaran kan? Yuk simak aja langsung!

Apa yang dimaksud dengan geografi budaya?
Apa yang dimaksud dengan Geografi Budaya? (Arsip Zenius)

Pengertian Geografi Budaya

Mungkin elo bertanya-tanya nih, ngapain sih geografi malah bahas tentang budaya? Emang apa hubungan kebudayaan dengan Geografi? Nah, untuk menjawab pertanyaan elo, kita mulai dulu nih dengan kenalan sama si geografi budaya tersebut. Apa sih pengertian geografi budaya itu? Jadi menurut Suharyono dan Moch Amien. 1994, geografi budaya merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari persebaran dan keragaman kerja budaya manusia yang telah menentukan aspek-aspek dan inti lanskap. 

Geografi budaya merupakan suatu cabang ilmu yang wajib banget nih buat kita pelajari, karena ada hubungan antara masalah budaya dengan misalnya pertumbuhan penduduk,dan eksploitasi sumber daya yang berlebihan. 

Geografi Budaya
Perbedaan daerah memengaruhi cara bicara masyarakat (Arsip Zenius)

Baca Juga: Bonus Demografi Beserta Manfaat dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 11

Konteks Kebudayaan Dalam Geografi

Dalam mempelajari geografi budaya segala sesuatu tentang budaya perlu dipahami sesuai dengan konteksnya. Geografi budaya merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang objek kajiannya adalah keruangan manusia. Di mana dengan mempelajari ilmu ini elo bisa memahami kebudayaan-kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan yang elo miliki sekarang. Jadi elo nggak akan menilai suatu budaya itu secara sepihak, namun elo bisa paham apa yang ada dibalik kebudayaan masyarakat lain mungkin berkebalikan dengan kebudayaan yang elo miliki. 

Contohnya nih, masyarakat yang suku Bali memiliki perbedaan kebudayaan dengan masyarakat suku Jawa, perbedaan tersebut misalnya adalah dalam tata cara pemakaman seseorang yang sudah meninggal. Elo pasti tau kan upacara Ngaben? Yap, upacara Ngaben merupakan upacara prosesi pembakaran mayat atau kremasi yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali.

Nah, kalau di Jawa tentu kita punya tata cara sendiri untuk melakukan pemakaman orang meninggal. Misalnya elo adalah orang suku Jawa nih, kalau elo nggak paham latar belakang adanya upacara Ngaben, mungkin elo akan merasa kebudayaan tersebut merupakan sesuatu yang aneh dan asing. Tapi kalau elo mempelajari latar belakang suku Bali tersebut elo nggak akan merasa aneh, karena elo udah tau nih konteksnya mereka melakukan upacara tersebut. 

Nah, kira-kira elo bisa ngasih contoh perbedaan budaya yang lain nggak? Coba elo tulis di kolom komentar. 

Geografi Budaya
Contoh Bentuk Kebudayaan Material dan Immaterial (Arsip Zenius) 

Mengapa Aspek Budaya Termasuk Kajian Geografi?

Jadi gimana nih kira-kira kesimpulannya? Mengapa aspek budaya bisa termasuk dalam kajian geografi ya?

Jadi gini guys, aspek budaya dapat masuk dalam kajian ilmu geografi karena budaya ini memiliki hubungan nyata dan secara langsung dengan adanya fenomena geosfer atau fenomena alam. Nah, aspek budaya ini akan mengkaji perilaku manusia yang pastinya akan memiliki pengaruh ke alam dan lingkungannya. Inilah yang membuat kebudayaan menjadi salah satu bagian penting dalam kajian geografi. 

Baca Juga: Pengertian Kepadatan Penduduk, Rumus, dan Penyebabnya – Materi Geografi Kelas 11

Contoh Soal dan Pembahasan

Guys, semoga elo bisa paham ya dengan penjelasan gue di atas. Nah, buat ngukur kemampuan elo, elo bisa nih jawab contoh soal yang gue kasih di bawah ini!

  1. Dalam perspektif geografi, apa yang menyebabkan keragaman budaya di Indonesia?

Jawaban: Kondisi alam yang bervariasi.

Penjelasan: Faktor geografis seperti topografi dapat mempengaruhi keberagaman budaya Indonesia. Banyak orang Indonesia memiliki rumah adat yang berbentuk panggung di daerah dataran tinggi untuk mencegah gempa dan serangan hewan buas adalah salah satu contohnya.

Apakah elo ada pendapat lain? Kalau ada, elo bisa banget share di kolom komentar ya!

Nah, Sobat Zenius, itu tadi materi yang bisa gue bagi ke elo kali ini. Kalau elo masih kepo, elo bisa langsung cek aja video pembelajarannya dengan klik banner di bawah ini ya!

materi pelajaran geografi zenius

Baca Juga : Mengenal Kearifan Lokal di Indonesia Beserta Contohnya – Materi Geografi Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!