Jenis-Jenis dan Karakteristik Kebudayaan – Materi Sosiologi Kelas 11

Karakteristik Kebudayaan

Hai Sobat Zenius! Elo sadar nggak sih kalau handphone yang elo sekarang pakai adalah salah satu contoh bentuk kebudayaan? Mungkin selama ini kalau denger kata budaya elo kepikirannya sama tarian, baju adat, atau hal-hal yang berhubungan dengan masa lalu. Padahal faktanya kebudayaan itu bukan hanya yang berhubungan dengan masa lalu lho.

Nah, biar makin jelas nih, kali ini gue mau ngajak elo buat ngebahas tentang jenis-jenis dan karakteristik kebudayaan. Nggak pakai lama-lama, langsung aja simak terus ya!

Apa Itu Kebudayaan?

Yuk, kenalan dulu nih sama kebudayaan. Jadi, apa sih kebudayaan itu?

Mungkin sebagian besar dari kita masih menganggap kalau kebudayaan itu hanya yang berkaitan dengan hal-hal yang tradisional, contohnya pakaian adat, tarian, dan hal-hal lain yang kiranya perlu dilestarikan, padahal arti kebudayaan itu bukan sekedar itu aja lho. 

Biar lebih paham, yuk kita ulas konsep kebudayaan menurut para ahli, sekaligus apa pengertian dari budaya itu sendiri!

Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupannya yang merupakan hasil belajar.

Kebudayaan Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi berpendapat bahwa kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Kebudayaan Menurut Edward Burnett Tylor 

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan sistem kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, kemampuan, serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai masyarakat.

Kebudayaan Menurut Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, kebudayaan merupakan sesuatu yang mencakup semua yang didapat atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Nah, kalau berdasarkan pendapat para ahli di atas, apa sih pengertian kebudayaan menurut elo? Coba elo tulis di kolom komentar ya!

Jenis dan Karakteristik Kebudayaan
Makanan merupakan salah satu contoh hasil kebudayaan (Arsip Zenius)

Karakteristik Kebudayaan

Setelah tadi elo udah belajar tentang pengertian kebudayaan, sekarang gue mau ngajak elo buat ngenalin karakteristik kebudayaan. Secara garis besar, karakteristik atau ciri kebudayaan itu ada tiga, antara lain:

Bersifat Superorganik

Apa sih maksudnya kebudayaan bersifat superorganik? Jadi kebudayaan itu tetap akan hidup walaupun suatu generasi atau kelompok yang membawa kebudayaan tersebut telah mati.

Kok bisa sih? Hal ini karena kebudayaan merupakan sesuatu yang bisa diwariskan secara turun-temurun, apalagi jika suatu kebudayaan dinilai masih relevan dan memiliki manfaat bagi masyarakat sekitar. Jadi elo bisa tahu ya kalau kebudayaan itu melebihi individu.

Milik Bersama

Artinya adalah unsur-unsur kebudayaan dijalankan dan dipelihara secara bersama-sama oleh seluruh anggota masyarakat. Artinya bahwa unsur-unsur yang tercakup dalam kebudayaan, seperti ide, nilai, dan pola perilaku yang dijalankan dan dipelihara bersama-sama oleh seluruh anggota masyarakat.

Melalui Proses Belajar 

Seperti yang elo udah tahu, kebudayaan bukan merupakan suatu hal yang diwariskan secara biologis, alias bukan bawaan dari lahir, namun diperoleh manusia dengan cara bergaul dengn lingkungan sekitarnya. Ketika manusia mulai bersosialisasi dari situ ia belajar.

Contohnya, ketika elo masih kecil, elo nggak mungkin bisa belajar cara pakai baju dengan sendirinya, tapi pasti ada yang ngajarin elo, misalnya orang tua. Nah, kebudayaan yang lain juga seperti itu, didapatkannya dari hasil belajar. Di sinilah proses sosialisasi berperan besar. 

Jenis-Jenis Kebudayaan

Berdasarkan wujudnya, kebudayaan bisa dibagi menjadi dua, yaitu kebudayaan materiil dan kebudayaan nonmaterial. Apa sih perbedaan keduanya? Dan apa aja sih contoh kebudayaan tersebut?

Kebudayaan Material

Jenis dan Karakteristik Kebudayaan
Ternyata teknologi yang kita gunakan sehari-hari juga merupakan contoh kebudayaan lho (Arsip Zenius)

Kebudayaan material merupakan kebudayaan yang dapat kita rasakan dengan panca indra kita. Kebudayaan ini merupakan semua ciptaan manusia yang secara konkret bisa kita rasakan, bisa kita lihat, atau kita sentuh. Misalnya adalah artefak, perhiasan, alat masak.

Hah? Alat masak? Iya, alat masak, seperti yang di awal udah gue jelasin, kebudayaan itu bukan sesuatu yang harus dari masa lalu atau kuno, namun semua yang dihasilkan oleh manusia dan berguna bagi manusia. Nah, elo bisa nggak sebutin contoh kebudayaan material lainnya? 

Kebudayaan Nonmaterial

Jenis dan Karakteristik kebudayaan
Bahasa yang kita gunakan merupakan salah satu contoh kebudayaan nonmaterial (Arsip Zenius)

Jenis kebudayaan yang kedua adalah kebudayaan nonmaterial. Jenis kebudayaan ini merupakan suatu ciptaan manusia yang bentuknya abstrak. Jadi kebudayaan ini bisa kok kita rasakan, namun nggak bisa dipegang secara langsung. Contohnya nih kayak adat istiadat, dongeng, lagu.

Kita bisa merasakan kebudayaan itu, namun bentuknya abstrak, nggak bisa kita pegang secara nyata. Kira-kira apa lagi contoh kebudayaan nonmaterial ini ya?

Contoh Soal Kebudayaan dan Pembahasannya

Guys, elo udah belajar tentang kebudayaan, nah sekarang waktunya ngecek nih seberapa paham sih elo sama materi ini, so, gue kasih soal-soal berikut ya!

  1. Menurut elo apakah makan menggunakan mulut merupakan suatu kebudayaan?

Jawaban: Bukan.

Pembahasan: Kebudayaan dapat diartikan sebagai segala yang melampaui kemampuan biologis manusia. Makan menggunakan mulut sebagai salah satu bagian tubuh adalah kegiatan yang sangat biologis dan ditemui di setiap spesies, sehingga kurang tepat jika dikatakan sebagai bentuk kebudayaan.

Berhubungan dengan hal tersebut, makan dengan sendok atau sumpit adalah bentuk kebudayaan karena menggunakan “teknologi” yang merupakan hasil cipta dari akal manusia.

  1. Apa yang menyebabkan kebudayaan bersifat superorganik?

Jawaban: Karena diwariskan secara turun-temurun.

Pembahasan: Organisme merujuk pada keberadaan satu individu manusia. Kebudayaan sebagai suatu yang superorganik bermakna bahwa, kebudayaan melampaui organisme/individu. Contohnya, segala sistem pengetahuan yang dimiliki satu individu, dapat disebarkan ke banyak individu lainnya, menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri. Sehingga jika satu individu tersebut sudah mati, pengetahuannya tidak ikut hilang, melainkan masih dapat ditemui di masyarakatnya.

Wah, selesai juga materi kita kali ini. Tapi tenang aja guys, elo masih bisa kepoin materi ini dengan klik banner di bawah ini, dan jangan lupa buat daftarin akun elo ya!

Materi Karakteristik Kebudayaan

Baca Juga: Materi Sosialisasi – Pengertian, Ciri, Tujuan dan Bentuk

Bagikan Artikel Ini!