info lengkap perkuliahan di Jurusan Manajemen UNPAD

Info Kuliah dan Syarat Masuk Jurusan Manajemen UNPAD

Jurusan Manajemen merupakan salah satu jurusan yang sering menjadi incaran mahasiswa baru. Bahkan, peminatnya nggak hanya dari anak-anak IPS aja, lho. Tapi banyak anak IPA juga yang memilih untuk lintas jurusan alias linjur dan masuk ke Jurusan Manajemen.

Eh tapi, kenapa ya, banyak banget yang mau masuk ke Jurusan Manajemen? Emang apa menariknya, sih? Sebelum memutuskan untuk masuk ke Jurusan Manajemen, sebaiknya elo paham dulu nih, alasan memilih Jurusan Manajemen supaya nggak menyesal nantinya. 

Khusus untuk artikel ini, gue bakal kenalin Jurusan Manajemen UNPAD. Mulai dari mata kuliah, daya tampung, hingga biaya kuliah Manajemen UNPAD ada di artikel ini. Simak dan kalau bisa catat poin-poin pentingnya, ya! 

Mengenal Sejarah Manajemen UNPAD

Jurusan Manajemen Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). FEB UNPAD sendiri berawal dari Universitas Merdeka yang didirikan tahun 1952. 

Namun, pada tahun 1957, Universitas Merdeka pun diganti namanya menjadi Universitas Padjadjaran. Hingga kini, FEB UNPAD telah mempunyai lima program studi, yaitu:

  • Akuntansi
  • Ekonomi Pembangunan
  • Manajemen
  • Ekonomi Islam
  • Bisnis Digital

 Tapi, khusus kali ini gue cuma akan bahas Jurusan Manajemen aja, ya. Yuk, lanjut!

Jurusan Manajemen UNPAD

Sobat Zenius, udah yakin belum nih, buat masuk ke Jurusan Manajemen? Atau malah masih bingung? Sebenarnya wajar sih, kalau masih bingung. Jujur gue dulu juga galau banget waktu memilih jurusan kuliah. 

Tapi, tenang aja, guys. Biar elo nggak bingung lagi, gue mau jelasin ke elo nih, apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen UNPAD. 

Simpelnya, Jurusan Manajemen mempelajari proses untuk mencapai tujuan tertentu. Buat mencapai tujuan tersebut, ilmu manajemen berperan dalam menyusun perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Makanya, nggak heran kalau ilmu manajemen terpakai banget di semua jenis perusahaan. 

Nah, gimana sih, perkuliahan di Jurusan Manajemen UNPAD? Pas semester 1 dan 2, elo akan belajar tentang dasar-dasar manajemen. Untuk itu, elo bakal ketemu beberapa mata kuliah seperti Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro, Pengantar Akuntansi, dan Komunikasi Bisnis. Lalu, di semester berikutnya baru deh, elo belajar lebih dalam lagi tentang manajemen. 

Oh iya, Jurusan Manajemen UNPAD mempunyai 5 konsentrasi atau peminatan yang bisa elo pilih, yaitu:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Operasi
  4. Manajemen Keuangan
  5. Manajemen Kewirausahaan dan Bisnis

Gimana, guys? Di antara peminatan di atas, ada nggak nih, yang membuat elo tertarik? 

pilihan konsentrasi Jurusan S1 Manajemen UNPAD

Pilihan konsentrasi S1 Manajemen UNPAD. (Arsip Zenius)

By the way, elo kepo nggak sih, sama mata kuliah Manajemen UNPAD? Nah, buat elo yang penasaran, gue mau kasih sedikit bocoran nih, terkait mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di Manajemen UNPAD. 

Berikut beberapa mata kuliah Manajemen UNPAD: 

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Teori Komunikasi
  3. Manajemen Media Digital
  4. Statistika Terapan
  5. Analisis Sistem Informasi
  6. Komunikasi Lintas Budaya
  7. Perilaku Konsumen

Daya Tampung Manajemen UNPAD

Gimana? Udah mulai tertarik belum nih, buat masuk ke Jurusan Manajemen UNPAD? Ternyata mata kuliah Manajemen UNPAD itu menarik banget, ya. Ditambah, pilihan konsentrasinya yang banyak banget. 

Buat elo yang mau masuk ke Jurusan Manajemen UNPAD. Gue mau kasih tahu beberapa jalur masuknya, nih. 

Untuk masuk ke Jurusan Manajemen UNPAD, ada beberapa jalur yang bisa elo coba, yaitu SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan Seleksi Mandiri.

Lalu, ada nggak sih, syarat masuk Manajemen UNPAD? 

Kalau persyaratan masuk UNPAD sih, nggak ada yang khusus ya, yang penting elo harus mengikuti ujian masuk yang disediakan. 

Selain mengikuti ujian masuk, ada hal penting lainnya. Pastikan elo tahu dulu ya, peluang elo keterima di Manajemen UNPAD dengan melihat daya tampungnya. Berikut kuota atau daya tampung Manajemen UNPAD tahun 2022. 

daya tampung Jurusan S1 Manajemen Unpad

Daya tampung S1 Manajemen UNPAD. (Arsip Zenius)

Akreditasi Jurusan Manajemen UNPAD

Kalau ngomongin kualitas, Manajemen UNPAD layak dipercaya, nih. Yaiyalah ya, UNPAD kan termasuk salah satu kampus terbaik di Indonesia. Makanya, nggak heran kalau Jurusan Manajemen UNPAD mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Gimana? Semakin yakin dong, buat masuk ke Manajemen UNPAD?

Baca Juga: Info Perkuliahan, Sejarah, dan Jurusan di FISIP UNPAD

Gelar dari Manajemen UNPAD

Hayoo tebak gelar apa yang bakal elo sandang kalau udah lulus dari Manajemen UNPAD? Yap, betul banget. Elo akan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S.E). Wuih, keren, kan?

Biaya Kuliah Manajemen UNPAD

Sekarang, kita ngomongin biaya kuliah Manajemen UNPAD, yuk. Biaya kuliah biasanya juga menjadi pertimbangan para calon mahasiswa baru, nih. Makanya, gue udah buatin rangkuman tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau biaya kuliah Manajemen UNPAD melalui gambar di bawah ini.

biaya kuliah S1 Manajemen UNPAD

Biaya kuliah S1 Manajemen UNPAD. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Syarat Masuk, Akreditasi, dan Jurusan Kuliah di FISIP UNDIP

Prospek Kerja Lulusan Manajemen UNPAD

Setelah menyelesaikan masa perkuliahan tahap selanjutnya adalah mencari pekerjaan, bukan? Nah, kira-kira prospek karier Sarjana Ekonomi menjanjikan nggak, ya?

Eitss, Sobat Zenius nggak perlu khawatir kalau soal itu. Soalnya, Sarjana Ekonomi bisa bekerja di banyak sektor seperti perbankan, manufaktur, agrobisnis, pertambangan, perdagangan, sampai asuransi. 

Berikut beberapa pilihan karier lulusan Manajemen UNPAD yang bisa elo pilih:

  • Manajer pemasaran
  • Manajer operasi
  • Manajer SDM
  • Manajer keuangan
  • Wirausaha

Baca Juga: Tips Masuk dan Jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB

So, sekian dulu ya, informasi tentang Jurusan Manajemen UNPAD. Semoga setelah membaca artikel ini, elo nggak galau lagi buat memilih jurusan. 

Nah, buat elo yang lagi nunggu pelaksanaan UTBK 2022 gelombang ke-2, elo masih bisa kok nonton video belajar UTBK di Zenius melalui link di bawah ini.

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Eitss, kalau cuma nonton video belajar aja rasanya nggak cukup, nih. Yuk cobain fitur try out online di Zenius. Selain bisa melatih kemampuan, elo juga bisa latihan berbagai tipe soal yang biasanya muncul, lho. Info lebih lanjut bisa klik banner di bawah ini, ya!

Info Kuliah dan Syarat Masuk Jurusan Manajemen UNPAD 9

Referensi:

Universitas Padjadjaran – unpad.ac.id

FEB UNPAD – feb.unpad.ac.id

Bagikan Artikel Ini!