info lengkap sejarah FISIP UNPAD dan pilihan jurusannya

Info Perkuliahan, Sejarah, dan Jurusan di FISIP UNPAD

Elo tertarik berkuliah di FISIP UNPAD? Kalau iya, cek informasi lengkapnya, yuk. Dari bocoran daya tampung sampai akreditasi FISIP UNPAD ada di artikel ini!

Sobat Zenius, elo pasti pernah nonton Mata Najwa, dong? Meskipun nggak sering-sering amat, gue suka, deh, nonton program ini. Program host-nya Najwa Shihab ini sering banget mengupas isu politik bareng pihak-pihak yang terlibat langsung! Nggak heran deh, kalau perbincangan mereka seru banget buat dikutin.

Apalagi, gaya Mbak Nana dalam memandu acara juga khas banget, ya. Caranya mengulik informasi bikin gue yang buta politik sekalipun bisa melihat dengan jernih mana yang fakta kebijakan, mana yang cuma retorika politik. 

Coba, deh, elo bayangin kalau saja sebanyak mungkin orang bisa kritis dan memiliki pengembangan argumen yang kece kayak Najwa Shihab? Kayaknya, debat kusir bakal musnah dari muka bumi, deh!

Ilustrasi Debat yang Tidak Menghasilkan Solusi
Contoh Debat Kusir (Sumber: Arsip Zenius)

Kayak di atas contohnya. Rasanya perdebatan duluan telur atau ayam nggak habis-habis, ya, Sobat Zenius. Meskipun sudah ada penelitian yang telah membuktikannya, tetap saja hal ini masih jadi perdebatan.

Nggak berhenti di situ saja. Di media sosial pun perdebatan apapun nggak ada habisnya. Urusan split bill aja warganet bisa war. Nggak jarang nih, ujung-ujungnya hanya debat kusir saja. 

Nah, seandainya elo juga pengin mengasah kemampuan mengupas suatu isu politik setajam Najwa Shihab, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) punya pilihan jurusan yang cocok, yakni Jurusan Ilmu Politik. Nggak cuma itu aja sih, ada pilihan jurusan lain juga, antara lain Jurusan Hubungan Internasional dan Jurusan Antropologi.

Tertarik untuk mendalaminya? Pas banget! Pada artikel kali ini, gue akan mengajak elo kenalan dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNPAD, nih. Yuk, simak informasinya.

Sejarah FISIP UNPAD

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik atau yang dikenal juga dengan nama FISIP UNPAD telah berdiri sejak tahun 1960. Latar belakang sejarah FISIP UNPAD nggak lepas dari kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang ilmu sosial dan ilmu politik. 

Untuk itulah penekanan pembelajaran juga ditekankan pada kemampuan memahami fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat melalui mata kuliah teori maupun metodologi. 

Saat ini, FISIP UNPAD menaungi beberapa program studi mulai dari jenjang diploma hingga doktor. 

Program Studi di FISIP UNPAD
Program Studi di FISIP UNPAD (Sumber: fisip.unpad.ac.id)

Baca Juga: Gambaran Lengkap Jurusan di Universitas Padjajaran

Oh iya, Gedung FISIP UNPAD terdapat pada dua lokasi, lho. Ada di Kampus Jatinangor di Jalan Raya Bandung Sumedang, Jatinangor; dan Kampus Dago di Jalan Bukit Dago, Bandung.

Program Studi di FISIP UNPAD

Mendekati ujian masuk PTN gini, siapa yang masih labil menentukan prodi yang akan dipilih? Gue pun dulu labil banget, sih. Misalnya, udah memantapkan diri untuk memilih Prodi Sosiologi, pas baca-baca prodi lain kok kayaknya lebih menarik, ya? Dan seterusnya. Ada yang gitu juga nggak? Hahaha. 

Nah, biar makin mantap menentukan pilihan program studi, gue akan ngajak elo kenalan lebih dekat dengan masing-masing program studi di FISIP UNPAD, nih. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas dan cek kampus yang cocok buat elo!

Program Studi Administrasi Publik UNPAD

Berbeda dengan administrasi secara umum, di Program Studi Administrasi Publik, elo akan mempelajari pengelolaan administrasi secara spesifik menganalisis kebijakan publik yang dikeluarkan pemerintah. 

Lebih jelasnya, elo akan dibekali pengetahuan berkaitan dengan administrasi publik, seperti:

  • Perilaku birokrasi
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Tata laksana pemerintahan
  • Implementasi kebijakan pemerintah
  • Implementasi peraturan dan kebijakan publik

Bekal ini nantinya dituangkan Program Studi Administrasi Publik melalui beberapa mata kuliah. Di antaranya:

  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Administrasi Pajak
  • Evaluasi Kebijakan Publik
  • Isu-isu Kebijakan Publik
  • Perbandingan Administrasi Publik

Dan tentu masih banyak mata kuliah menarik lainnya yang akan elo pelajari. Terdapat total 144 SKS yang harus elo selesaikan untuk menyelesaikan studi di Program Studi Administrasi Publik FISIP UNPAD dengan masa studi selama 7 semester – 14 semester. 

Program Studi Hubungan Internasional UNPAD

Program studi di bawah naungan FISIP UNPAD selanjutnya adalah Hubungan Internasional. Prodi yang satu ini merupakan salah satu prodi yang paling banyak diminati, lho, Sobat Zenius. 

Memangnya, Program Studi Hubungan Internasional belajar apa saja, sih? Nah, sesuai namanya, program studi yang satu ini mengkaji tentang hubungan antara negara-negara. Nggak cuma itu, aktor yang terlibat seperti organisasi internasional, individu, hingga perusahaan multinasional pun dipelajari. 

Supaya kegiatan perkuliahan sejalan dengan capaian pembelajaran, Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNPAD menawarkan 3 kelompok bidang kajian (peminatan):

  • Metodologi Hubungan Internasional, ditujukan bagi mahasiswa yang tertarik berkarier menjadi peneliti, wartawan, maupun international officers. 
  • Ekonomi Politik Global, ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada bidang ekonomi. 
  • Hukum dan Organisasi Internasional, ditujukan bagi mahasiswa yang tertarik berkarier menjadi international officers. 

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional Itu Belajar Apa Aja, Sih?

Program Studi Kesejahteraan Sosial UNPAD

Program studi yang satu ini agaknya cocok bagi elo yang berjiwa sosial tinggi. Mengapa? Karena di Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD, elo akan banyak belajar mengenai pengetahuan dasar pekerjaan sosial. Seperti pemahaman perilaku manusia dan lingkungan sosial, nilai, prinsip, etika pekerja sosial, hingga kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat lokal, nasional, hingga internasional. 

Beberapa mata kuliah yang akan elo pelajari di Program Studi Kesejahteraan Sosial, di antaranya:

  • Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial
  • Perlindungan Sosial
  • Analisis Organisasi Pelayanan Sosial
  • Kesehatan Mental

Total terdapat 144 SKS yang harus elo selesaikan untuk menyelesaikan studi di Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD. Gimana? Sudah siap menjadi bagian dari program studi yang satu ini?

Program Studi Ilmu Pemerintahan UNPAD

Sesuai namanya, di Program Studi Ilmu Pemerintahan hal-hal terkait pemerintahan akan dikupas di sini. Mulai dari teori pemerintahan, fenomena pemerintahan yang terjadi, hingga permasalahan berbagai organisasi dan lembaga pemerintahan.

Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UNPAD memiliki tiga pilihan peminatan yang bisa elo pilih:

  • Tata Pemerintahan
  • Pembangunan Daerah
  • Kelegislatifan

Sedikit bocoran, berikut beberapa mata kuliah yang akan elo jumpai ketika berkuliah di Program Studi Ilmu Pemerintahan  FISIP UNPAD:

  • Sistem Hukum Indonesia
  • Ekonomi Politik
  • Pemikiran Politik Indonesia
  • Etika Pemerintahan
  • Pembangunan Politik

Program Studi Antropologi UNPAD

Lanjut, buat elo yang tertarik dengan penelitian lapangan berbasis etnografi atau suka mengamati dinamika gejala kemasyarakatan dan kebudayaan. Program Studi Antropologi bisa jadi pilihan elo.

Di program studi ini, elo akan belajar terkait permasalahan sosial. Mulai dari ekonomi, gender, hingga agama. Nggak hanya itu, masalah lingkungan dan gerakan sosial juga menjadi topik bahasan Program Studi Antropologi.

Program Studi Administrasi Bisnis UNPAD

Nah, kalau program studi yang satu ini cocok buat elo yang berjiwa wirausaha. Program Studi Administrasi Bisnis membentuk mahasiswanya untuk memiliki pengetahuan dan kompetensi bisnis.

Hal ini bakal elo asal melalui mata kuliah yang ditawarkan, di antaranya:

  • Negosiasi dan Presentasi Bisnis
  • Etika Bisnis
  • Perilaku Konsumen
  • Kepemimpinan dalam Bisnis
  • Manajemen Pemasaran Bisnis

Dan tentunya masih banyak lagi mata kuliah menarik lainnya. Total terdapat 144 SKS yang harus elo selesaikan untuk mendapatkan gelar Sarjana Administrasi Bisnis (S.A.B).

Oh iya, Program Studi Administrasi Bisnis FISIP UNPAD juga memberikan ruang untuk mahasiswa untuk melaksanakan praktikum administrasi bisnis, lho. Praktikum dibagi menjadi dua dan terdiri dari:

  • Praktikum Basic-preneurship (Praktik Akuntansi, Statistik, Aplikasi Komputer Bisnis, English for Business Practice, Public Speaking, Perpajakan dan Pasar Modal).
  • Praktikum BusAd-preneurship (Business Motivation Training, Magang Kewirausahaan, Praktik Bisnis 1, Praktik Bisnis 2, dan Kebijakan Strategi Bisnis).

Program Studi Sosiologi UNPAD

Bagi elo yang semasa SMA mengambil jurusan IPS pasti sudah nggak asing lagi dengan Sosiologi, dong? Kira-kira materi Sosiologi yang dipelajari  di SMA dan di kampus sama nggak, ya?

Hmm, bisa dibilang Sosiologi di bangku SMA merupakan sebagian kecil atau dasar dari materi yang akan elo pelajari bangku kuliah. Artinya, kajian yang akan elo pelajari di bangku kuliah akan lebih dalam dan luas lagi, Sobat Zenius. 

Nah, di Program Studi Sosiologi FISIP UNPAD terdapat 4 pilihan konsentrasi yang bisa elo pilih:

  • Militer
  • Lingkungan
  • Politik
  • Pembangunan

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah yang akan elo pelajari di Program Studi Sosiologi FISIP UNPAD, yaitu:

  • Filsafat Ilmu dan Dasar-dasar Logika
  • Teori Sosiologi Modern dan Kontemporer
  • Sosiologi Kekerabatan, Ras, dan Etnis
  • Sosiologi Lingkungan
  • Sosiologi Ekonomi

Dan tentunya masih banyak lagi. So, buat elo yang berminat di Program Studi Sosiologi FISIP UNPAD, gue sumpahin elo bisa jadi bagian prodi ini, ya!

Program Studi Ilmu Politik UNPAD

Lanjut, program studi selanjutnya adalah Ilmu Politik. Program studi yang katanya, sih, lulusannya pasti jadi anggota partai politik. Emang bener, ya?

Nah, di Program Studi Ilmu Politik, elo akan mempelajari mulai dari sejarah politik, masalah sosial yang sedang berkembang, aktor politik yang memiliki peran besar, sampai penyelesaian masalah politik. 

Beberapa mata kuliah yang akan elo jumpai, yaitu Etika Politik, Teori Politik, Sistem Politik, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Di Jurusan Ilmu Politik Itu Belajar Apa, Sih?

Nyambung ke pertanyaan awal, emang lulusan Program Studi Ilmu Politik pasti jadi anggota partai politik? Jawabannya nggak, ya, Sobat Zenius. Elo bisa berkarier sebagai government relation suatu perusahaan. Atau tertarik menjadi jurnalis politik? Bisa juga, dong. Siapa tahu elo ingin menjadi the next Najwa Shihab?

Akreditasi FISIP UNPAD

Melansir dari detik.com, Universitas Padjadjaran (UNPAD) masuk dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022. 

Hal ini menandakan mutu UNPAD sudah nggak diragukan lagi, nggak terkecuali akreditasi FISIP UNPAD sebagai salah satu fakultas di bawah naungannya. Saat ini, semua program studi FISIP UNPAD pada jenjang sarjana telah terakreditasi A dari BAN-PT, ya. Kalau elo mau daftar salah satu prodinya, jangan ragu!

Daya Tampung FISIP UNPAD

Untuk menjadi bagian dari FISIP UNPAD, tentu elo harus mengikuti rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru. Terdapat tiga jalur masuk FISIP UNPAD, yaitu jalur SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan jalur mandiri yang juga dikenal dengan SMUP.

Baca Juga: Informasi Lengkap SMUP UNPAD 2022

Setiap jalur penerimaan pasti memiliki kuota tersendiri yang sering disebut juga daya tampung. Penasaran nggak, sih, berapa daya tampung program studi FISIP UNPAD? Cek infografis di bawah ini, ya.

Daya Tampung Program Studi FISIP UNPAD
Daya Tampung Program Studi FISIP UNPAD (Sumber: smup.unpad.ac.id)

Selain daya tampung, masih ada satu informasi lagi yang sering banget ditanya calon mahasiswa. Ada yang tahu nggak? 

Yap, passing grade program studi. Passing grade sering kali dianggap oleh calon mahasiswa sebagai target yang harus dicapai. Padahal, nggak ada universitas yang mengumumkan secara resmi passing grade dari program studi di bawah naungannya, lho. Termasuk passing grade FISIP UNPAD pun demikan. 

Passing grade baru akan diketahui ketika pelaksanaan tes telah dilaksanakan. Untuk perhitungan lebih jelasnya, elo bisa baca selengkapnya di artikel ini, ya. 

***

Oke, sekian informasi kuliah mulai dari sejarah, program studi, akreditasi, hingga daya tampung FISIP UNPAD. Semoga artikel ini memberi pencerahan terkait program studi yang akan elo ambil, ya!

Buat elo yang lagi ikutan UTBK SBMPTN 2022, gue ucapkan selamat berjuang! Semoga elo bisa meraih jurusan yang udah elo idam-idamkan selama ini. 

Elo masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Untuk memantapkan persiapan elo menuju kampus impian, yuk cobain ikut program Zenius Ultima Bootcamp. Klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut! 

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Sejarah – FISIP UNPAD (https://fisip.unpad.ac.id/profil/)

Informasi – Program Studi Administrasi Publik FISIP UNPAD (https://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-sosial-ilmu-politik/administrasi-publik/)

Informasi – Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNPAD (https://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-sosial-ilmu-politik/hubungan-internasional/)

Informasi – Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UNPAD (http://ipem.fisip.unpad.ac.id/)

Informasi – Program Studi Antropologi FISIP UNPAD (http://antropologi.fisip.unpad.ac.id/)

Informasi – Program Studi Sosiologi FISIP UNPAD (http://sosiologi.fisip.unpad.ac.id/)

Informasi – Program Studi Ilmu Politik FISIP UNPAD (http://ipol.fisip.unpad.ac.id/)

Informasi – Program Studk Kesejahteraan Masyarakat FISIP UNPAD (https://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-sosial-ilmu-politik/kesejahteraan-sosial/)

Informasi – Program Studi Administrasi Bisnis FISIP UNPAD (http://adbis.fisip.unpad.ac.id/)

Daya Tampung – FISIP UNPAD (https://smup.unpad.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!