Siklus Sel, Tahapan & Fase Pada Manusia

Siklus sel pada manusia (Arsip Zenius)

Hai Sobat Zenius elo tau nggak siklus sel memungkinkan makhluk hidup berkembang biak, tumbuh kembang serta nyembuhin luka, lho. Yuk belajar tahapan atau fase siklus sel pada manusia di artikel ini bareng gue!

Ada satu kegiatan penting yang selalu terjadi dalam tubuh kita dan mungkin tidak terlalu kita sadari. Tahu nggak bahwa sel-sel yang ada dalam diri kita terus mengalami pertumbuhan. 

Sel-sel baru senantiasa bermunculan dan ada sel-sel yang harus dikorbankan. Kegiatan ini disebut dengan istilah siklus sel.

Siklus Sel, Tahapan & Fase Pada Manusia 17

Kenapa siklus sel penting?

Sejak kita masih berada dalam kandungan, tubuh terus mengalami perubahan. Dari yang bentuknya masih antah berantah terus mengalami perubahan sampai menjadi bentuk manusia sempurna. 

Setelah lahir, kita terus tumbuh. Yang dulunya hanya beberapa puluh centimeter saat dilahirkan bisa tumbuh sampai lebih dari satu meter. Saat tubuh mengalami luka, sel-sel bekerja untuk menutup luka tersebut. 

Semua itu tak akan bisa terjadi seandainya sel yang ada dalam tubuh tidak mengalami perkembangan. Sel-sel terus memproduksi sel baru dengan cara membelah dirinya. 

Tanpa adanya siklus sel tersebut, manusia tidak akan tumbuh dan luka-luka tidak akan pernah sembuh. Reproduksi pun tidak mungkin terjadi. Bahkan mungkin manusia sudah sejak dahulu kala mengalami kepunahan. Itulah mengapa siklus sel penting bagi kita. 

Pengen gue tekankan bahwa siklus sel ini amatlah penting bagi kelangsungan hidup dan peradaban manusia. Setelahnya, gue akan menjelaskan fase siklus sel pada manusia. Sudah siap? Simak baik-baik dan selamat menikmati. 

Mengenal Apa Itu Siklus Sel

Sederhananya, siklus sel adalah siklus kehidupan sebuah sel. Siklus ini bertujuan untuk perkembangan dan pertumbuhan dari sel itu sendiri. Siklus sel diawali dengan pembelahan sebuah sel induk (mother cell) dan diakhiri dengan terbentuknya sel anak (daughter cells) atau kematian sel. 

Biar pembahasan tentang tahapannya lebih jelas lagi, gue saranin elo cek langsung di aplikasinya. Lewat video dengan animasi dan penjelasan dari tutor proses siklus yang rumit bakal mudah elo mengerti deh. Yuk download aplikasi Zenius sekarang, cek di bawah ini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Tahapan Siklus Sel

Sebelum siklus dimulai, ada syarat yang harus dipenuhi oleh suatu sel. Sel tersebut haruslah tumbuh, menyalin DNA-nya, dan membagi dirinya menjadi dua. Tahapan siklus sel dibagi menjadi dua fase utama yakni interfase dan mitosis. 

Pada siklus sel ada interfase yang ditandai dengan terjadinya pertumbuhan sel dan penyalinan DNA. Sedangkan pada fase mitosis terjadilah pembagian sel jadi dua dan dibagilah sitoplasmanya, lalu terbentuklah dua buah sel hasil pembelahan tadi. 

Baik, sekarang kita masuk ke interfase dan mitosis. Biar singkat gue akan menyebutnya dengan Fase I dan Fase M saja ya. Oke, sepakat? 

siklus sel

Interfase

Ini adalah awal dari terjadinya pembelahan. Di dalamnya ada fase-fase yang harus dilewati sebagaimana digambarkan di atas itu. 

Fase G1. Pada fase ini sel mengadakan pertumbuhan dan perkembangan disebut juga Fase G1. Di dalam Fase yang juga dikenal sebagai gap pertama ini, sel tumbuh membesar, organel disalin, dan terbentuk dinding molekuler. 

Fase S. Pada fase ini, sel mensintesiskan salinan DNA dalam nukleusnya. Sel juga menduplikat struktur pengorganisasian mikrotubulus yang dinamai centrosom. Centrosom membantu memisahkan DNA selama fase M nantinya. 

Fase G2. Fase ini ditandai dengan semakin besarnya sel. Pada fase ini juga terbentuklah protein serta organel. Setelah semua beres, fase mitosis siap dimulai. 

Fase Mitosis

Sepanjang terjadinya fase ini, sel membagi DNA dan sitoplasma yang sebelumnya telah disalin menjadi dua bagian dan membelah dirinya. Di dalam fase mitosis ini ada empat tahapan yang terjadi. Tahapan tersebut diawali dengan profase, metafase, anafase, dan diakhiri dengan telofase

Setelah semua proses berakhir, sel-sel yang baru terbentuk tadi akan memulai siklus barunya sendiri. Siklusnya sama dengan siklus yang dialami oleh induk sel mereka. Begitu seterusnya sampai akhirnya makhluk hidup bersangkutan mengalami kematian. Pada saat itulah siklus sel juga akan menemui akhirnya. 

Panjangnya waktu siklus sel berbeda-beda antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lain. Pada manusia, lazimnya siklus sel berlangsung selama 24 jam. Pada binatang yang lebih kecil bahkan bisa hanya memakan waktu selama 9 jam saja. 

Tujuan Siklus Sel Buat Apa sih? 

Di awal udah gue bahas mengapa siklus sel ini penting bagi kita. Nah sekarang gue mau ringkasin buat elo biar enak aja bacanya hehe. 

  • Reproduksi 

Siklus sel pada reproduksi sel punya tujuan yang penting sih buat menjaga kelestarian makhluk hidup. Jadi sel-sel yang berkaitan dengan sistem reproduksi akan mengalami pembelahan secara meiosis untuk makhluk hidup yang berkembang biak secara seksual dan mitosis untuk yang aseksual. 

Pada manusia nih, kan kalau di cowok ada sperma sedangkan pada cewek ada sel telur. Nah kan sifat yang diwariskan pada meiosis tuh hanya setengah dari sel induknya saja kan. Terus waktu bertemu dengan sel lain gimana dong? Kalau elo ingin tahu banget sama itu, bisa baca penjelasan pewarisan sifat yang pernah dipublikasikan Zenius Blog tempo hari yak. 

  • Pertumbuhan dan perkembangan 

Inget, tumbuh dan berkembang tuh beda ya gaess. Sel yang tumbuh berarti dia membelah diri untuk jadi lebih banyak. Sedangkan berkembang berarti sel tersebut yang sebelumnya bertugas apa mengalami perkembangan ke tugas yang lain misalnya sel yang bertransformasi menjadi sel neuron dan sel epitel. 

  • Perbaikan dan regenerasi

Di saat kita tertidur lelap pada malam hari, sel-sel yang ada dalam tubuh sibuk memperbaiki diri dan beregenerasi lho. Itulah mengapa kita enggak disarankan buat begadang. Soalnya kalau begadang tuh bisa membuat regenerasi sel ditunda,.

Nah begitulah siklus yang dialami sel di dalam tubuh kita dan makhluk-makhluk hidup lain. Binatang, tanaman, manusia, semuanya mengalaminya. Hanya saja mungkin memang sukar untuk disaksikan karena ukuran sel yang sebegitu mungilnya sehingga sulit untuk dilihat menggunakan mata telanjang. 

Sebenarnya, ada banyak lagi materi yang bisa dibicarakan terkait dengan pembelahan sel. Namun kalau mau dipaksakan jadi satu artikel kayaknya kepanjangan banget deh. Asli nggak bohong hehe. 

Elo yang ingin belajar lebih banyak lagi mendingan langsung beli paket belajarnya aja yuk. Materi pembelajaran, latihan soal hingga live class bisa banget bikin elo lebih paham pelajaran, lho. Nggak pake lama langsung langganan aja ya!

Siklus Sel, Tahapan & Fase Pada Manusia 18
Yuk langganan sekarang!

Jadi, segini dulu deh untuk memperkenalkan sekilas mengenai siklus sel. Sampai jumpa di pembahasan lainnya. 

Originally Published: January 14, 2020
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!