strange matter

Strange Matter, Influencer Keren yang Harus Kamu Kenal

Alam semesta yang begitu luas ini tak henti-hentinya menyajikan hal-hal menarik untuk dipelajari. Setelah sebelumnya black hole akhirnya berhasil difoto, kini saatnya kamu mengenal strange matter, partikel unik dari luar angkasa sana.

Strange Matter, Influencer Keren yang Harus Kamu Kenal 9

Kamu pernah gak bayangin kalo monyet nyentuh kamu, tiba-tiba setelah disentuh itu monyet kamu malah jadi monyet juga, lalu kamu yang udah menjadi monyet iseng menyentuh benda-benda lain dan mengubah yang lain jadi monyet juga dan akhirnya seluruh dunia ini isinya monyet semua. 

Wah kalo kejadian beneran serem kan…. Kepikiran gak sih gimana jadinya kalo memang ada suatu materi yang kalo dia berkontak dengan materi yang lain, dia akan mengubah materi lain apapun itu menjadi identik dengan dirinya. Terus dia dan duplikat-duplikat dirinya bertumbukan dan berkontak sama materi lain lagi di alam semesta ini, mengubah materi lain menjadi identik dengan dirinya dan pada akhirnya semua benda di alam semesta ini akan berubah menjadi materi itu. 

Apa Itu Strange Matter?

Saintis berspekulasi bahwa materi seperti itu memang ada di alam semesta ini dan mereka menamainya dengan sebutan “strange matter”. Dari namanya aja creepy dan pastinya aneh ya. Diperkirakan strange matter sedang berkelana dan akan mengubah apapun yang dia sentuh menjadi strange matter juga. 

Secara teori, strange matter memungkinkan untuk dibuat di laboratorium. Tapi para ilmuwan juga masih belum berani bereksperimen membuatnya karena takut sama dampak mengerikan yang ditimbulkan. Kalo mereka terbentuk dan menumbuk objek-objek lain di planet ini, gak ada lagi tuh kamu yang tersusun atas sel-sel yang bisa bergerak dan punya perasaan karena semua partikel di planet ini akan jadi strange matter.

“Tapi strange matter itu sebenernya apa sih? Apa yang dia miliki sampai bisa mengubah segala macam materi jadi sama dengan dirinya hanya dengan satu sentuhan?”

Sebelum mengenalnya lebih dekat, kita harus tau dulu yang namanya partikel fundamental. 

Sedikit tentang Partikel Fundamental

Partikel fundamental itu adalah partikel terkecil yang gak bisa dibagi-bagi lagi. Dulu orang mengira bahwa partikel fundamental adalah atom tapi ternyata bukan setelah ditemukannya struktur atom berupa elektron yang mengelilingi inti atom yang mana inti atom sendiri terdiri dari 2 jenis partikel yaitu proton dan neutron. Untuk saat ini, elektron masih dianggap sebagai salah satu partikel fundamental, sedangkan proton dan neutron bukan.

Proton dan neutron tersusun atas partikel yang lebih kecil yang disebut quark. Quark sendiri ada 6 macam yaitu up, down, top, bottom, charm dan strange. Proton dan neutron tersusun dari tiga buah quark up dan down. Untuk proton tersusun dari dua quark up dan satu quark down, sedangkan neutron tersusun dari satu quark up dan dua quark down.

Jadi, konsepnya seluruh objek di sekitar kita yang biasa kita lihat sehari-hari itu terbentuk dari atom, atom tersusun dari elektron, proton dan neutron. Proton dan neutron sendiri tersusun atas quark up dan quark down. Jadi benda-benda yang kita lihat sehari-hari itu tersusun dari partikel fundamental elektron, quark up dan quark down.

Lalu bagaimana dengan strange matter? Ya strange matter itu adalah salah satu jenis quark yang merupakan partikel fundamental. Strange matter bisa terbentuk karena tekanan yang maha maha maha kuat.

Semua bermula ketika . . .

Untuk tau lebih dalam tentang bagaimana terbentuknya strange matter, ayo kita review proses terbentuknya alam semesta. Alam semesta mula-mula terbentuk dari ledakan maha dahsyat yang disebut Bigbang. Setelah terjadinya Bigbang, terbentuklah awan hidrogen raksasa dengan sedikit helium, awan hidrogen itu lama kelamaan memadat lalu terjadi ledakan masif kemudian terbentuklah objek-objek yang tersusun atas hidrogen dan helium.

Objek itu yang kita sebut sebagai bintang, salah satunya adalah matahari yang menjadi sumber kehidupan kita di planet ini. Selama ada di alam semesta, bintang-bintang termasuk matahari kita terus bereaksi fusi mengubah hidrogen-hidrogen yang dikandungnya menjadi helium lalu memancarkan energi. Helium kemudian ada yang mengalami reaksi triple alpha membentuk elemen karbon. Lalu karbon bereaksi lagi membentuk elemen-elemen lain seperti O, N, Fe dll

Semua elemen dalam inti bintang terus memadat akibat pengaruh gravitasi kemudian meledak dan menghamburkan atom-atom yang merupakan penyusun material-material yang kita temui sehari-hari. Lalu bintang yang masih tersusun dari hidrogen dan helium, suatu saat akan kehabisan hidrogen dan menjadi bintang mati. Elektron pada atom-atom di bintang mati secara normal saling tarik-menarik dengan proton akibat pengaruh medan elektromagnet pada inti atomnya dan akan bergabung membentuk neutron, reaksi tersebut disebut reaksi fusi subatomik.

Setelah itu seluruh bagian bintang hanya tersusun atas neutron, dan bintang itu disebut bintang neutron. Bintang neutron merupakan objek dengan diameter sekitar 25 km dengan densitas yang sangat sangat sangat besar, bayangkan saja, jika kita ambil materi bintang neutron sebanyak satu sendok teh, maka satu sendok teh bintang neutron tersebut memiliki massa sekitar satru miliar ton.

Karena densitasnya sangat besar, medan gravitasi bintang neutron juga sangat sangat sangat besar. Lama kelamaan karena pengaruh medan gravitasi tersebut, quark up dan down pada bintang neutron akan berhamburan dan membentuk bintang quark. Jika bintang quark mendapat tekanan lagi, dimungkinkan quark up dan quark down berubah menjadi partikel lain yang lebih padat dan stabil yang disebut quark strange. Quark strange akan membentuk strange matter. 

Materi Paling Stabil

Strange matter adalah materi yang paling stabil di alam semesta. Karena strange matter adalah yang paling stabil di antara materi lain di alam semesta, strange matter dapat mengubah sifat materi lain menjadi strange matter juga jika materi tersebut mengalami kontak dengan strange matter. Jika terjadi ledakan pada bintang yang mengandung strange matter, maka strange matter akan berhamburan di ruang angkasa dan mungkin suatu saat bisa menumbuk bumi.

Dan jika itu terjadi, seluruh material yang ada di planet bumi akan menjadi strange matter juga. Kalo itu terjadi beneran pastinya serem banget kan…? Sesaat setelah ditumbuk strange matter, gak ada lagi tuh keragaman di planet ini, gak ada lagi kamu, handphone kesayangan kamu, atau material lain di sekeliling kamu. Karena semuanya akan berubah menjadi satu jenis materi yaitu “strange matter”.