mata pelajaran sd kelas 5

Penjelasan Daftar Mata Pelajaran dan Materi Kelas 5 SD

Halo, Sobat Zenius! Untuk kamu yang sedang berada di kelas 5, apa sudah tahu daftar materi pelajaran kelas 5? Atau ternyata masih bingung apa saja mata pelajaran kelas 5 SD? Tenang aja, kebingungan kamu akan terjawab di artikel ini.

Nah, untuk menjawab kebingungan kamu tersebut, kali ini aku bakal bahas mengenai daftar mata pelajaran lengkap dengan materi kelas 5 SD. Jadi, baca terus artikel ini sampai habis, ya!

pelajaran kelas 5 lengkap, dari matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dan ipa
llustrasi siswa belajar bersama (Foto dari Freepik)

Mata Pelajaran Kelas 5 SD

Pada umumnya mata pelajaran kelas 5 SD mencakup Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPS, Agama, Budi Pekerti, Kewarganegaraan, Seni Budaya, dan Penjaskes. Namun, pasti menurut kamu ada beberapa mata pelajaran dan materi kelas 5 SD yang perlu usaha ekstra saat mempelajarinya seperti Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. 

Pas banget nih, aku mau ajak kamu untuk intip materi matematika kelas 5 SD semester 1 dan 2. Nggak lupa mata pelajaran Bahasa Inggris serta IPA kelas 5 SD bakal dibahas juga lho. 

Nah, jangan khawatir kalau kamu belum tahu apa saja materi dari mata pelajaran kelas 5 SD Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Kamu cukup membaca artikel ini sampai habis. Di artikel ini, aku bakal bahas rangkuman materi dari pelajaran-pelajaran yang biasanya dianggap sulit tersebut. 

Jadi, apa saja materi kelas 5 SD untuk pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris? Simak penjelasan berikut ini!

Materi Pelajaran Kelas 5 SD

Beberapa mata pelajaran kelas 5 SD dianggap susah dan pasti buat kamu bingung harus mempelajari materi yang mana terlebih dahulu. Nah, sekarang, cukup dengan membaca artikel ini, maka kamu akan mendapatkan gambaran apa saja sih materi dari pelajaran kelas 5 SD yang sulit seperti Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. 

Tanpa berbasa-basi lagi, aku bakal langsung bahas apa saja materi pelajaran kelas 5 SD yang tercakup dalam mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris.

Matematika

Dalam mata pelajaran kelas 5 SD Matematika, kamu akan mempelajari beberapa bab dengan topik yang berbeda-beda seperti operasi hitung bilangan bulat, pengukuran waktu, luas bangun datar, volume kubus dan balok, pecahan, dan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang. 

Oh iya, materi matematika kelas 5 semester 1 mencakup bab 1 hingga bab 4 ya. Sedangkan materi matematika kelas 5 semester 2 dimulai dari pecahan, sifat bangunan dan hubungan antar bangunan.

Perlu diketahui, kamu akan mempelajari teori, konsep, rumus, dan contoh soal pada setiap bab dari materi kelas 5 SD Matematika. Nah, untuk tahu penjelasan lebih lengkap dan rinci dari bab-bab tersebut, kamu dapat mempelajarinya dengan mengakses link berikut:

Dengan mengakses link di atas, kamu dapat mempelajari materi MTK kelas 5 semester 1 dan juga semester 2 melalui video pembelajaran. Kamu juga dapat berlatih soal-soal yang dapat membantumu untuk menghadapi ulangan Matematika di sekolah.

IPA

Selanjutnya, mata pelajaran kelas 5  SD yang juga dianggap susah adalah IPA. Nah, untuk materi IPA kelas 5 SD  itu akan mencakup organ tubuh baik manusia dan hewan, jenis-jenis tumbuhan hijau, perubahan sifat benda, macam-macam gaya seperti gaya magnet, gaya gesek, dan gaya gravitasi, sifat-sifat cahaya, dan sebagainya.

Pada materi pelajaran IPA kelas 5 SD, kamu juga akan mempelajari dasar konsep, contoh pengaplikasian dalam kehidupan nyata, dan latihan soal. 

Nah, berikut aku cantumkan link dari website Zenius yang bisa bantu kamu memahami konsep dan teori dari pelajaran kelas 5 SD IPA. Kamu pasti akan lebih paham setelah mendengar penjelasan melalui video dan berlatih soal-soal yang ada untuk persiapan ulangan nantinya. 

Sedikit catatan nih, materi ipa kelas 5 semester 1 dimulai dari bab 1 sampai bab 4 aja ya. Materi sisanya akan kamu pelajari di semester 2.

Bahasa Inggris

Oke, mata pelajaran kelas 5 SD yang dianggap susah selanjutnya adalah Bahasa Inggris. Materi kelas 5 SD Bahasa Inggris akan membahas mengenai waktu, nama-nama hari, bagian tubuh, keluarga, emotions serta expressions, dan sebagainya yang bisa kamu pelajari lebih lanjut dengan mengakses link berikut:

Dalam link Zenius tersebut, kamu bisa belajar teori dan konsep dari setiap bab melalui video. Nggak kalah seru, kamu juga bisa berlatih soal-soal yang tersedia untuk menguji pemahamanmu terhadap materi pelajaran kelas 5 Bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari. 

Nah, Sobat Zenius, itulah materi pelajaran kelas 5 SD untuk beberapa mata pelajaran yang biasanya dianggap sulit seperti Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Kamu bisa curi start untuk mempelajari materi-materi tersebut dari sekarang. 

Jangan lupa untuk akses link yang sudah dicantumkan karena itu bisa bantu kamu buat belajar melalui video pembelajaran yang mencakup teori, soal, dan pembahasan materi kelas 5 SD.

Nah, untuk Sobat Zenius yang nanti akan menginjak SMP, kamu bisa berlangganan paket belajar Zenius lho. Sudah ada banyak paket pilihan yang tinggal kamu pilih aja sesuai kebutuhan kamu! Klik gambar di bawah ini ya untuk info lengkapnya!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Semangat belajar, Sobat Zenius!

Penulis: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius
Originally published December 23, 2021
Updated by Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!