Mengenal Polimer Termoplastik dan Polimer Termoset – Materi Kimia Kelas 12

Polimer Termoplastik dan Polimer Termoset Zenius Education

Sobat Zenius, kalau elo perhatikan, ada banyak contoh polimer termoplastik dan polimer termoset yang elo gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini, gue mau kenalin elo sama kedua jenis polimer tersebut.

Berhubung minyak goreng sekarang lagi langka, elo samaan kayak gue nggak, minyak bekas goreng-goreng nugget sultan dan makanan lainnya kudu disimpan buat dipakai lagi nanti? Nah, kalau iya, pernah nggak elo menuangkan minyak yang masih panas ke wadah plastik terus tiba-tiba wadahnya malah mleyot?

Nah, peristiwa ini terjadi karena adanya respon polimer tersebut terhadap pemanasan. Ada dua polimer yang kalau terkena panas itu punya sifat yang berbeda, kayak yang tadi gue bilang yaitu polimer termoplastik dan polimer termoset. Nah, buat lebih jelasnya, simak terus artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: Pengertian Polimer, Klasifikasi, dan Sifatnya – Materi Kimia Kelas 12

Polimer Termoplastik

Polimer termoplastik dan polimer termoset terhadap pemanasan zenius education
Polimer termoplastik terhadap pemanasan (Arsip Zenius)

Polimer termoplastik adalah polimer yang kalau dipanaskan, dia jadi mudah dibentuk. Sifat polimer termoplastik itu tidak tahan panas–titik lelehnya rendah– sehingga kalau dipanaskan dia jadi lunak kemudian bisa dibentuk. Setelah selesai dibentuk lalu didinginkan, polimer yang udah dibentuk tadi mengeras. Tapi, kalau elo panaskan lagi, polimernya bakal bisa dibentuk ulang. Hal ini bisa dilakukan sampai berulang kali.

Kalau dilihat dari jenis polimer berdasarkan bentuk rantainya, maka polimer termoplastik masuk ke bentuk polimer linear dan bercabang karena tidak memiliki ikatan yang kuat.

Polimer termoplastik dan polimer termoset: pipa pvc contoh polimer termoplastik zenius education
PVC, salah satu contoh polimer termoplastik (Dok. Pixabay)

Contoh polimer termoplastik apa, sih? Yang termasuk polimer termoplastik adalah misalnya, PVC, alias pipa yang sering elo lihat buat saluran air itu, lho. Atau mungkin kalau elo demen sama K-pop, kalau pas beli kertas cantik atau ganteng biasanya dibungkusnya pakai pipa biar aman.

Selain itu, ada juga mainan Lego dan botol plastik–kayak Tupperware punya ibu elo, duh harus hati-hati deh kalau elo pake, jangan sampai tuh benda mleyot, bisa-bisa dicoret dari KK!

Baca Juga: Pengertian Polimer Karet, Struktur, Beserta Jenis dan Fungsinya – Materi Kimia Kelas 12

Polimer Termoset

Polimer termoplastik dan polimer termoset terhadap pemanasan zenius education
Polimer termoset terhadap pemanasan (Arsip Zenius)


Nah, berikutnya ada polimer termoset yang merupakan polimer yang ketika dipanaskan bisa dibentuk. Setelah dibentuk kemudian didinginkan, polimer ini mengeras. Namun, berbeda dengan polimer yang sebelumnya gue jelaskan, kalau udah mengeras didinginkan lagi, dia nggak berubah bentuk lagi. Malahan bisa jadi tambah keras sampai gampang patah, kayak hati.

Jadi, karena tahan panas, polimer termoset hanya bisa dibentuk satu kali. Kalau nanti bentuknya udah fixed dan udah udah keras, kalau rusak atau patah yaudah nggak bisa diperbaiki lagi.

Jadi bisa dibilang juga ikatan polimer ini itu kuat, ya. Jadi, berdasarkan bentuk rantainya, polimer termoset termasuk polimer cross-linked atau network.

Polimer termoplastik dan polimer termoset: bakelit di stop kontak contoh polimer termoset zenius education
Stop kontak mengaplikasikan bakelit yang merupakan polimer termoset (Dok. Pixabay)

Contoh polimer termoset apa ya, kira-kira, ada bayangan, nggak?

Polimer yang termasuk polimer termoset adalah asbak, stop kontak yang merupakan pengaplikasian bakelit, dan juga resin. Elo pernah coba bikin kerajinan tangan pakai resin, belum? Kalau belum cobain deh, seru, lho.

Penutup dan Contoh Soal

Oke deh, sekian dulu pengenalan singkat tentang polimer termoplastik dan polimer termoset. Kira-kira setelah memahami konsep kedua polimer ini, elo bisa nggak, sebutkan contoh-contoh benda yang ada di sekitar elo yang termasuk polimer termoplastik atau termoset?

Kalau masih belum yakin, elo bisa nonton video review materi tentang kedua polimer ini di Zenius. Caranya, langsung klik aja banner berikut, ya!

Pelajari materi Kimia di video materi belajar Zenius

Oke deh sebelum gue akhiri artikelnya, gue udah siapkan contoh soal buat bahan review pemahaman elo. Coba dijawab, deh.

  1. Di bawah ini yang bukan termasuk ciri-ciri polimer termoplastik adalah ….
    A. Tidak tahan panas
    B. Titik didih tinggi
    C. Tidak keras saat terkena panas
    D. Titik leleh rendah
    E. Mudah dibentuk
  2. Perhatikan ciri-ciri polimer berikut ini.
    1. Ikatan antar monomernya lemah
    2. Titik leleh rendah
    3. Mudah didaur ulang
    4. Tahan panas
    Yang merupakan ciri-ciri polimer termoset adalah ….
    A. 1, 2, dan 3
    B. 1 dan 3
    C. 2 dan 4
    D. 4 saja
    E. Semua benar

Pembahasan:

  1. Jawaban: B. Sifat polimer termoplastik: tidak tahan panas, lunak ketika dipanaskan, keras ketika didinginkan, dapat dibentuk berulang kali, titik leleh dan titik didih rendah, dan merupakan polimer linear atau bercabang.
  2. Jawaban: D. Sifat polimer termoset: tahan panas, hanya dapat dibentuk sekali, jika polimer dipanaskan kedua kalinya tidak mengubah bentuk, tidak dapat diperbaiki ketika rusak, dan merupakan polimer cross-linked atau network.

Nah, sekian dulu artikel kali ini ya.Jangan lupa baca materi Kimia kelas 12 lainnya di Zenius!

Baca Juga: Aturan Markovnikov dan Bunyi Hukumnya – Materi Kimia Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!