Aturan Markovnikov dan Bunyi Hukumnya – Materi Kimia Kelas 12

aturan markovnikov zenius education

Saat mempelajari materi senyawa karbon, elo akan bertemu dengan aturan Markovnikov. Hmm … gimana ya bunyi aturan dan contohnya?

Ketika ada suatu senyawa alkena diadisi dengan senyawa hidrogen halida (HX atau H2O), maka hasil produknya harus mengikuti aturan Markovnikov. Contohnya pada senyawa 1 butena yang diadisi dengan HCl. Maka, hidrogen akan masuk ke atom C yang mengikat hidrogen lebih banyak, dan Cl akan masuk ke atom C yang mengikat hidrogen lebih sedikit. Sehingga, hasilnya adalah 2-kloro butana.

alkena diadisi dengan hidrogen halida menggunakan aturan markovnikov zenius education
Senyawa alkena yang diadisi dengan HCl menggunakan aturan Markovnikov. (Dok. Cuplikan video Zenius).

Tapi, elo tau nggak, kenapa sih ketika alkena diadisi dengan HX atau H2O harus mengikuti aturan atau hukum Markovnikov? Itu dia yang akan kita bahas kali ini. Yuk, pahami uraian di bawah ini!

Baca Juga: Contoh Reaksi Eliminasi dan Substitusi – Materi Kimia Kelas 12

Apa Itu Aturan Markovnikov?

Secara umum, reaksi kimia akan mengubah reaktan atau reaksi awal menjadi suatu produk. Tapi, sebelum berubah menjadi produk, dalam prosesnya akan dihasilkan beberapa kemungkinan zat intermediet. Kemudian, zat intermediet itu dicari yang paling stabil. Nah, zat intermediet yang paling stabil itulah yang menentukan produk reaksinya.

zat intermediet dalam proses reaktan menjadi produk zenius education
Zat intermediet dalam proses perubahan reaktan menjadi produk. (Dok. Cuplikan video Zenius).

Dalam suatu reaksi adisi alkena, akan dihasilkan zat intermediet berupa karbokation—karbon yang bermuatan positif. Elo bisa cek tingkatan karbokationnya pada gambar berikut ini.

karbokation aturan markovnikov yang berbeda dengan anti markovnikov
Tingkat kestabilan karbokation. (Dok. Cuplikan video Zenius).

Nah, dari reaksi tersebut menghasilkan karbokation sekunder dan primer. Berdasarkan aturan Markovnikov, maka diambil hasil produk dari karbokation yang lebih stabil, yaitu karbokation sekunder. Sehingga, hasil produk dari 1-butena dan HCl adalah 2-kloro butana.

Gimana, paham ngga sampai sini? Masih bingung cara penentuan karbokation dari suatu reaksi? Oke, elo bisa langsung tonton video penjelasannya dengan klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran kimia di zenius

Bunyi Hukum Markovnikov

Seperti yang udah gue uraikan sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa hukum Markovnikov berbunyi:

“Ketika ada suatu senyawa alkena diadisi dengan senyawa hidrogen halida (HX), maka hidrogen asam akan menempel pada karbon yang memiliki lebih banyak substituen hidrogen, sedangkan gugus halida akan menempel pada atom karbon yang memiliki lebih banyak substituen alkil (atau yang lebih sedikit substituen hidrogennya).”

Jadi, kenapa aturan Markovnikov berlaku? Karena, dapat menghasilkan suatu zat intermediet yang stabil.

Baca Juga: Persamaan Reaksi Kimia dan Contohnya – Materi Kimia Kelas 10

Siapa Markovnikov?

Nah, siapa sih penemu Markovnikov? Wah, gue curiga nama penemunya pasti si Markovnikov nih. Yap, betul banget, aturan ini dirumuskan oleh ahli kimia asal Rusia bernama Vladimir Vasilyevich Markovnikov pada tahun 1869.

Bunyi aturannya udah gue sampaikan di poin sebelumnya ya. Fungsi aturan ini tentu saja untuk memprediksi struktur molekul produk dari suatu reaksi adisi yang paling stabil.

Baca Juga: Mengenal Carina Joe, Penemu Formula Dua Sendok Sel AstraZeneca

Contoh Soal dan Pembahasan Aturan Markovnikov

Gimana nih, udah paham dong pastinya sama materi di atas? Gue mau ngetes elo deh, sejauh mana sih pemahaman elo mengenai aturan Markovnikov? Nah, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa elo coba, sekaligus dijadikan sebagai referensi belajar. Cekidot!

Contoh Soal 1

Jika senyawa propena direaksikan dengan asam bromida, maka akan menghasilkan ….

a. 3-bromo propana

b. Propil bromida

c. 2-bromo propana

d. 1-bromo propana

e. Bromo propana

Jawab: c. 2-bromo propana.

Pembahasan: 

contoh soal dan pembahasan aturan markovnikov zenius education

Contoh Soal 2

Nah, untuk contoh soal yang kedua ini, gue nggak akan ngasih tau jawabannya. Gue mau elo yang jawab di kolom komentar ya. Berikut adalah pertanyaannya.

Jika reaksi di bawah ini mematuhi aturan Markovnikov, maka manakah yang akan menjadi produk utama?

latihan soal kimia aturan markovnikov zenius

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang aturan Markovnikov? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca Juga: Kegunaan, Sifat, dan Contoh Haloalkana – Materi Kimia Kelas 12

Referensi:

Markovnikov Rule — Britannica (2013).

Markovnikov’s Rule — Chemistry LibreTexts (2020).

Bagikan Artikel Ini!