Pengertian, Latar Belakang, dan Tokoh-tokoh Pada Abad Pencerahan – Materi Sejarah Kelas 11

Pengertian, Latar Belakang, dan Tokoh-tokoh Pada Abad Pencerahan

Abad pencerahan membawa dampak besar pada cara berpikir masyarakat dan mampu menciptakan ilmu pengetahuan baru. Lebih lengkapnya, yuk simak artikel ini!

Halo Sobat Zenius! Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata pencerahan? Apakah itu lampu yang dinyalakan kemudian ruangan jadi cerah atau senter terus disorotin terus jadi cerah?  Hmm, yang kita bahas kali ini bukanlah pencerahan yang itu guys hehe, melainkan abad pencerahan di Eropa pada tahun 1695-1815. Di abad tersebut terdapat slogan yang terkenal, “Sapare Aude!” yang berarti “Beranilah berpikir sendiri!” oleh Immanuel Kant, filsuf asal Jerman yang mengajak orang-orang untuk berani dan bebas menggunakan akalnya.

Wah, gimana tuh?

Oke, langsung aja simak artikel ini, gue akan menjelaskan abad pencerahan mulai dari definisi secara etimologi hingga tokoh-tokoh pada masa ini.

Pengertian Secara Etimologi

Apa itu pencerahan? Eits, seperti yang udah gue jelasin di pengantar tadi bahwa pencerahan di sini bukan bermakna secara harfiah yang disorot pakai senter terus langsung cerah gitu ya, tetapi abad pencerahan di Eropa. Dalam bahasa Inggris disebut “Enlightenment” kalau dalam bahasa Jerman “Aufklärung” sedangkan dalam bahasa Perancis disebut “Lumiere.”

Abad pencerahan adalah era di mana masyarakat merasa terinspirasi untuk mencari pengetahuan dan kehidupan yang hakiki.  Pada masa ini, masyarakat mulai memiliki keinginan untuk mencari jalan pemikiran sendiri. Kalau orang-orang zaman sekarang mungkin bakal bilang  “gue mau hidup ngapain aja sih?”, “apa sih yang ada di hidup ini?”

Masyarakat pada zaman ini mulai berani berpikir sendiri setelah sebelumnya mereka dipengaruhi oleh reformasi gereja, renaisans, bahkan medieval yang masyarakatnya cenderung bergantung pada orang-orang yang mengaku sebagai wakil Tuhan untuk menunjukkan jalan kehidupan dan mencari tahu pengetahuan tentang kehidupan. Sumber dari pengetahuan di masa itu ialah dari kitab suci yang disebarkan pendeta atau tokoh gereja. 

Di zaman pencerahan, masyarakat telah berubah, mereka udah memiliki keinginan untuk mencari tahu sendiri sumber pengetahuan tersebut.

Baca juga: Memahami Zaman Renaissance atau Renaisans, Sejarah dan Latar Belakangnya – Materi Sejarah Kelas 11

Latar Belakang Abad Pencerahan

Tahun 476-1453 disebut sebagai dark and medieval age, artinya masa tersebut sama kuatnya dengan era reformasi gereja. Kemudian pada masa konstantinopel jatuh, dimulailah era renaisans tahun 1451-1561 atau masa kelahiran kembali, masyarakat terinspirasi oleh bangsa Romawi dan Yunani kuno. Tahu sendiri kan, kalau bangsa Romawi dan Yunani sudah berkembang pesat sejak lama. Orang-orang sangat mengidolakan bangsa Romawi dan Yunani, karena perkembangan sains di sana sangat pesat sedangkan di tempat mereka sangat statis.

“Wah masa antik tuh keren banget yaa!”

“Kok bisa sih bangsa Romawi dan Yunani sekeren itu?”

“Tapi kan mereka penyembah berhala, jangan sampai warga gereja tahu, nanti kita dikira kafir lagi.”

Di tengah masa renaisans pada 1571, muncullah reformasi gereja. Timbul upaya untuk menggoyahkan otoritas atau menggoyahkan yang sedang berkuasa saat itu seperti monopoli keagamaan, masyarakat, dan pengetahuan. Kemudian tahun 1561-1804, dimulailah enlightenment age atau abad pencerahan. 

Meskipun garis waktu konstan, tetapi pengaruh gereja mulai berkurang karena monopoli pengetahuan semakin berkurang. Gue tekankan lagi bahwa yang menjadi ciri khas utama masa ini adalah masyarakat yang semula mencari tahu pengetahuan soal kehidupan dan alam melalui kitab suci lewat para pemuka agama, kini tidak perlu seperti itu lagi. Masyarakat telah terinspirasi oleh Marthin Luther yang menerjemahkan kitab suci menjadi Bahasa Jerman. 

Hal itu membuat masyarakat berkeinginan untuk menerjemahkan juga, alhasil orang-orang yang sering membaca buku semakin terpancing untuk berpikir. Akhirnya masyarakat semakin tercerahkan untuk berpikir dan mencari ilmu pengetahuan.

Baca juga: Sejarah Evolusi Peradaban Eropa dan Periodisasi Lengkapnya – Materi Sejarah Kelas 11

Tokoh Pada Abad Pencerahan

Pada masa ini terdapat tokoh-tokoh terkenal yang membawa pengetahuan baru dari berbagai bidang, mulai dari filsafat hingga sains.

1.      Francis Bacon (1561-1626)-> Filsafat

2.      Immanuel Kant (182-1804)-> Filsafat

3.      Thomas Hobbes (1588-1679)-> Ilmu Politik

4.      John Locke (1632-1704)-> Ilmu Politik

5.      Jean Jacques Rousseau (1712-1778)-> Ilmu Politik

6.      Isaac Newton (1643-1727)-> Sains

Gagasan Penting Abad Pencerahan

Pengertian, Latar Belakang, dan Tokoh-tokoh Pada Abad Pencerahan - Materi Sejarah Kelas 11 25
Photo by Thomas Kelley on Unsplash

Kalau ngomongin soal gagasan abad pencerahan, mungkin bakal panjang banget. Karena di sini banyak tokoh terkenal yang menyampaikan gagasannya, yaitu science, knowledge, empirisme, liberalisme, matematika, fisika, dan ilmu lainnya.

Science and Knowledge

Pentingnya ilmu pengetahuan

Pentingnya akal pikiran

Empirisme

Pengalaman & pengamatan

Pembuktian pengetahuan

Liberalisme

Kebebasan pribadi

Mendorong individu mandiri

Mandiri dalam berpikir

Matematik & Fisika

Menjelaskan alam via hukum alam

Ilmu lainnya

Ilmu Politik

Sosiologi

Filsafat

Pengaruh Abad Pencerahan

Pengertian, Latar Belakang, dan Tokoh-tokoh Pada Abad Pencerahan - Materi Sejarah Kelas 11 26

Nah tadi kan udah dijelaskan kan kalo abad pencerahan ini menghasilkan orang-orang yang berani berpikir sendiri? Karena udah berani berpikir sendiri nih, akhirnya mereka berani mengkritik dan bertanya mengenai keadaan di sekitarnya. Wah, bagus dong! Tetapi hal ini nyatanya tidak disukai oleh pemerintah yang korupsi karena dianggap sebagai ancaman, bahkan dapat memicu permasalahan besar.  

Orang-orang yang berani berpikir sendiri akhirnya menyadari bahwa ada yang salah dalam masyarakat. Mereka menginginkan adanya perubahan. Alhasil abad pencerahan menginspirasi adanya:

Revolusi Amerika

Muncul keinginan hidup mandiri dari Inggris karena pajaknya yang mahal

Revolusi Perancis

Muncul kecemburuan karena orang-orang yang mengaku sebagai wakil Tuhan hidupnya semena-mena terhadap rakyat bawah sementara rakyat bawah harus bekerja keras dan harus membayar pajak. Masyarakat mulai bertanya-tanya, “Kenapa yang dilakukan para wakil Tuhan nggak sesuai dengan ajaran kitab suci yang mereka ajarkan?”

Revolusi Industri

Pada masa ini, masyarakat lebih tenang karena hukum lebih terjamin. Akhirnya masyarakat sudah bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat seperti dagang, bisnis, dan lainnya. Karena ketika berbisnis permintaan konsumen melonjak yang mana mengharuskan mereka menciptakan produk banyak, memunculkan pemikiran untuk menciptakan teknologi baru.

Mungkin di masa itu orang-orang bertanya-tanya. “Ada nggak sih cara bikin kain lebih cepet?”Maka dibuatlah mesin agar mempermudah pekerjaan mereka.

Nah jadi itu dia sejarah singkat abad pencerahan. Kalo mau belajar materi ini lebih dalam, elo bisa banget belajar materinya di Zenius. Tinggal klik banner di bawah ini! Di sini lo nggak cuma latihan soal aja, tapi juga belajar materi sampe paham!

Sejarah-UTBK

Oh ya, gue juga punya rekomendasi paket belajar yang untuk elo, elo bisa klik banner di bawah ini juga untuk pemesanannya ya!

Pengertian, Latar Belakang, dan Tokoh-tokoh Pada Abad Pencerahan - Materi Sejarah Kelas 11 27

Penulis : Yunita Widyaningsih

Bagikan Artikel Ini!