Pengertian Adverb Beserta Jenis dan Contoh Kalimat – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Adverb
Bukan kalimat adverb
Apakah kalimat di atas merupakan adverb? (Arsip Zenius)

Hai Sobat Zenius! Ketika elo baca kalimat yang ada pada gambar di atas apa sih informasi yang bisa elo ketahui? Yap, elo bisa dapat informasi kalau si cewek di atas itu lagi nyanyi. Terus coba deh elo bandingin sama kalimat yang ada dalam gambar di bawah ini.

Contoh Kalimat Adverb
Contoh kalimat adverb (Arsip Zenius)

“She sings beautifully”

Ada tambahan informasi yang bisa elo dapet nggak? Yap, betul banget ada tambahan “beautifully” yang dapat menjelaskan kalau dia bernyanyi dengan sangat indah. Kita otomatis jadi tahu nih, cara nyanyi dia bagaimana? “Oh, cara nyanyi dia sangat indah”. 

So, apa sih “beautifully” pada kalimat tersebut? Dia termasuk bentuk kata apa? Nah, dia itu termasuk dalam kata adverb. Hah? Adverb? Apaan tuh? Oke, jadi biar elo nggak penasaran, kali ini gue akan ngajak elo buat mengenal tentang adverb. Yuk, Simak terus ya artikel ini!

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Proper Adjective dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Pengertian Adverb

Apa itu adverb? What is an adverb?

“Basically they are word used to modify verbs, adjectives or adverbs itself”

Jadi gini nih, adverb itu pada intinya merupakan kata yang digunakan untuk memodifikasi kata kerja, sifat, atau kata adverbs itu sendiri guys. Modifikasi di sini artinya adalah dengan memberi informasi lebih, contohnya kayak kalimat yang gue contohin sebelumnya di atas. 

Nah, mungkin ada yang masih bingung ya? Oke kalau gitu gue kasih lagi beberapa contoh kalimat yang menggunakan adverb.

“She dances gracefully”  Dari kalimat di samping kira-kira elo tahu nggak adverbnya yang mana?  Yup, gracefully merupakan adverb, sedangkan she adalah subjek dan dances adalah verb. “Gracefully” pada kalimat tersebut mendeskripsikan “dances” sehingga kita bisa tahu nih bagaimana cara perempuan itu menari. So, di sini adverb memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu verb. 

Next, coba liat contoh kalimat berikut:

“The soup was quite delicious”

Mana nih adverbsnya menurut elo? Yuk kita bedah satu-satu ya kata-katanya. “The soup” adalah subjek, terus “delicious” merupakan kata sifat atau adjective yang menjelaskan bahwa supnya enak. Lalu si quite ini apa dong? Posisinya dimana nih? Oh, ternyata dia mendeskripsikan “delicious” tadi seperti apa, sehingga kita bisa tahu nih enaknya tuh seperti apa sih? Nah, kalau gitu quite itu apa dong? Yap bener banget quite di sini merupakan adverb yang mendeskripsikan si sup ini seenak apa. 

Coba deh elo cari tahu kalimat di bawah ini adverbnya yang mana? Inget ya, fungsi verb adalah untuk memberi penjelasan atau deskripsi lebih pada suatu verb, adjective, atau bisa juga adverb itu sendiri. 

“She runs very quickly”

“She speaks so fluently.”

Baca Juga: Apa Itu Adverb of Time dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Jenis-Jenis Adverbs

Nah, setelah elo udah mengenal adverb secara umum, sekarang gue mau ngasih tahu elo beberapa jenis adverbs, antara lain:

  • Adverbs of Frequency

Adverbs of Frequency merupakan jenis adverbs yang digunakan untuk memberi tahu seberapa sering sesuatu dilakukan.

Contoh kalimat adverb
Contoh penggunaan adverbs of frequency (Arsip Zenius)

Gambar di atas menunjukkan contoh penggunaan adverbs of frequency. Penggunaan adverb ada pada “I usually practice swimming on the weekend” yaitu pada kata usually yang menjelaskan seberapa sering suatu hal dilakukan. 

  • Adverbs of Time

Adverb of Time merupakan adverb yang menjelaskan atau menyatakan kapan terjadinya suatu kegiatan atau peristiwa. Adverb ini digunakan untuk menjawab pertanyaan kapan atau “When”.

Contoh penggunaan adverb of time, antara lain:

“I met him yesterday

“I travelled to Australia, last week

“I am studying at the moment

“They are leaving next week

  • Adverbs of Place

Adverb of place merupakan kata bantu yang memberikan jawaban mengenai tempat atau pertanyaan ‘when’ dalam Bahasa Inggris. Contoh kata dari adverb ini adalah above, away, below, down, here, inside, near, outside, there, up, dan sebagainya.

Nah, gimana nih kira-kira contoh pengaplikasiannya di kalimat?

“He is waiting inside the house

“He was told to sleep on the floor”

  • Adverbs of Manner

Adverb of manner merupakan kata keterangan yang menjelaskan bagaimana suatu peristiwa terjadi atau dilakukan. Adverb ini menjawab pertanyaan ‘How?’ atau bagaimana. Biasanya, Adverb of Manner berakhiran -ly. Contohnya apa aja sih?

“Mela sings the song beautifully”

“Andrew sings the song terribly

Gimana guys, elo udah jelas atau masih bingung? Tenang aja, biar elo makin paham lagi dan tau jenis adverbs yang lain elo langsung cek aja video pembelajarannya dengan klik banner di bawah ini ya!

Pelajari materi Bahasa Inggris tentang adverb di video materi belajar Zenius

Contoh Soal dan Pembahasan

Oke deh, sekarang biar bisa ngetes pemahaman elo sendiri, coba deh kerjain contoh soal yang ada di bawah ini ya!

  1. An adverb is a word that can modify ….

Jawab: A verb, an adjective, or an adverb.

Pembahasan: Adverbs atau kata-kata keterangan adalah kelas kata dalam parts of speech yang dapat memberikan ekstra info atau deskripsi tambahan ke adjective (kata sifat), verb (kata kerja), atau adverb (kata keterangan).

Contoh : Adi runs slowly. (Adi berlari secara perlahan atau pelan.) Slowly yang berfungsi sebagai adverb, memberikan info tambahan tentang bagaimana proses si Adi saat berlari, yaitu secara perlahan atau pelan.

Wah, udah kelar nih pembahasan kita tentang adverb, nah biar elo nggak ketinggalan info menarik lainnya, jangan lupa ya daftarin akun elo lewat aplikasi atau website Zenius, gue tunggu ya! See you!

Baca Juga: Expressing Plans and Intentions – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!