soal PTS zenius

Referensi Materi dan Latihan Soal PTS

Memasuki bulan September, Bapak/Ibu guru pasti sudah mulai mempersiapkan kumpulan materi dan latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester). Selain itu, tentunya ada hal lain yang dipersiapkan oleh Bapak/Ibu guru menyambut datangnya PTS, mulai dari membuat batas capaian materi hingga metode penilaian yang nantinya digunakan.

PTS dilaksanakan setiap 3 bulan pada satu semester, dimana periodenya menyesuaikan dengan program sekolah. Kegiatan ini menjadi bentuk evaluasi untuk menentukan keberhasilan peserta didik dalam menyerap materi, khususnya dalam waktu 3 bulan di awal semester tersebut.

Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), membuat kumpulan materi dan latihan soal PTS secara daring bukanlah hal yang mudah. Selain tidak bisa mengamati progres siswa secara langsung, keterbatasan akan sumber materi dan cara penyampaiannya ke siswa menjadi hambatan dalam mempersiapkan PTS bagi Bapak/Ibu guru. Karena itu, Zenius berupaya untuk membantu dan mendampingi Bapak/Ibu guru dalam mempersiapkan PTS.

Kumpulan Materi PTS di aplikasi Zenius

Dengan Zenius, Bapak/Ibu guru bisa mempersiapkan PTS dengan lebih mudah. Terdapat puluhan ribu video yang dapat dijadikan sumber belajar para siswa. Hal pertama yang dapat Bapak/Ibu guru lakukan untuk dapat menyusun kumpulan materi PTS adalah dengan membuat kelas. Dalam kelas, Bapak/Ibu guru dapat membuat video-video materi PTS dan siswa yang telah bergabung di kelas akan mendapatkan notifikasi lewat aplikasi Zenius saat Bapak/Ibu guru menerbitkan kumpulan video materi.

Bapak/Ibu guru juga bisa membagikan lebih dari satu video materi pilihan ke siswa. Dengan begitu, siswa bisa lebih mudah mempelajari video materi dari setiap sub bab yang ada. Video materi ini juga bisa Bapak/Ibu guru gunakan sebagai kisi-kisi PTS.

Sebelum menyusun kumpulan video materi PTS, Bapak/Ibu guru bisa membuat kelas melalui aplikasi Zenius terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Kumpulan Soal PTS dan Pembahasannya

Selain puluhan ribu video materi, Zenius juga menyiapkan prediksi soal-soal PTS yang dapat Bapak/Ibu guru dan siswa gunakan. Bapak/Ibu guru bisa membagikan latihan soal-soal PTS tersebut ke para siswa melalui aplikasi pengirim pesan yang biasa digunakan. Latihan soal PTS juga dilengkapi dengan pembahasan di setiap butir soalnya, sehingga Bapak/Ibu guru dapat dengan mudah membahas soal bersama siswa selama periode persiapan PTS.

Bapak/Ibu guru dapat melihat prediksi soal PTS melalui aplikasi Zenius yang bisa digunakan sebagai latihan soal PTS, klik di sini.

Siap PTS Bersama Zenius untuk Guru

latihan soal PTS
Ilustrasi siswa mengerjakan latihan soal PTS (Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels)

Zenius terus berupaya untuk menciptakan pendidikan yang Cerdas, Cerah, dan Asik. Sebagai salah satu langkah untuk mewujudkannya, Zenius untuk Guru mengajak Bapak/Ibu guru untuk mendukung siswa didik menggunakan Zenius sebagai pendamping persiapan PTS mereka. 

Bapak/Ibu guru bisa menyiapkan PTS secara lebih mudah dengan:

  • Buat kelas di Zenius kemudian Bapak/Ibu guru bisa membagikan video materi PTS
  • Melihat progres belajar siswa dari materi PTS yang dibagikan
  • Membagikan prediksi soal PTS mulai dari kelas 1 SD sampai 3 SMA secara gratis

Ada beragam fitur lain yang telah disiapkan Zenius untuk mendampingi Bapak/Ibu guru dalam mempersiapkan siswa menghadapi PTS. Buat kelas persiapan PTS di aplikasi Zenius sekarang dan bagikan latihan soal PTS ke siswa! Siap PTS bersama Zenius untuk Guru, klik di sini.

Baca Juga Artikel Lainnya

Siap Hadapi PTS dan PAS Bersama Zenius Optima

Persiapan PTS Semester Ganjil untuk SMA

Kumpulan Latihan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) SMA Semester Ganjil

Bagikan Artikel Ini!