Revolusi Amerika

Latar Belakang dan Dampak Revolusi Amerika – Materi Sejarah Kelas 11

Hai Sobat Zenius! Apa yang elo pikirkan ketika elo denger kata Amerika? Pasti elo membayangkan negara yang sangat modern dan maju, dengan hiruk pikuk yang mungkin sering elo liat di film-film gitu kan ya .…

Tapi tahu nggak sih elo, kalau ternyata Amerika dulunya juga pernah lho dijajah. Wah kayak Indonesia aja nih pernah dijajah. Emang gitu guys, Amerika atau elo lebih mengenalnya dengan Amerika Serikat merupakan negara satu-satunya di benua Amerika yang pernah dijajah. Negara tersebut dulunya merupakan jajahan Inggris, nah baru pada tanggal 4 Juli 1776 Amerika Serikat berhasil meraih kemerdekaannya dalam perang revolusi Amerika.

Apa sih Revolusi Amerika itu? Apa latar belakang Revolusi Amerika? Dampaknya apa sih? Nah, kali ini gue bakal ngajak elo buat cari tahu tentang Revolusi Amerika. So, simak ya!

Apa Sih Revolusi Amerika Itu?

Elo pasti udah sering denger kata revolusi. Revolusi sendiri merupakan perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut hal-hal mendasar untuk kehidupan masyarakat. Jadi nggak suma sekadar cepat doang. Revolusi ini juga terjadi di Amerika, sehingga dinamakan sebagai Revolusi Amerika. 

Revolusi Amerika merupakan revolusi yang menciptakan negara baru, yaitu Amerika Serikat. Kalau elo mau tahu lokasi tepatnya adalah di pesisir timur Amerika Utara, dan terjadi tahun 1700-an atau terjadi di era pencerahan. Hal ini adalah perubahan yang besar yang terjadi di Amerika. 

Latar Belakang Revolusi Amerika 

Kalau ngomongin tentang Revolusi Amerika, kita harus ngomongin dulu nih, siapa sih yang pertama kali nemuin benua Amerika? Dia Adalah Christopher Columbus yang merupakan seorang penjelajah, yang menemukan Amerika sebagai sebuah benua baru melalui pendanaan oleh Ratu Isabella I dari Kerajaan Katolik Spanyol.

Dalam pelayaran tersebut, Columbus sebenarnya hendak menemukan jalur baru menuju Asia, justru, pada tanggal 12 Oktober 1492, ia tiba di sebuah benua baru yang kini kita kenal dengan benua Amerika.

Revolusi Amerika
Christopher Columbus (Dok. Wikipedia Commons)

Nah, kedatangan Columbus ini jadi seperti membuka kedatangan banyak masyarakat lain dari Eropa untuk datang ke wilayah tersebut. Jadi muncul nih koloni-koloni yang pada akhirnya mereka berebut untuk menguasai Amerika. 

Ada beberapa hal mendasar yang menyebabkan terjadinya Revolusi Amerika, antara lain:

  1. Perang Tujuh Tahun

Terjadi perang antara Inggris dan Perancis karena perebutan kekuasaan. Sebenarnya kedua negara ini sudah membagi wilayah koloni menjadi 2 bagian. Sayangnya, Inggris melanggar dan ingin memperluas kekuasaan sampai wilayah Perancis, sehingga memicu peperangan selama 7 tahun, yaitu tahun tahun 1756-1763. Perang tersebut berakhir dengan kemenangan Inggris. 

  1. Pemberlakuan Berbagai Pajak

Revolusi Amerika juga dilatarbelakangi oleh pemberlakuan pajak terhadap koloni Amerika yang diberlakukan oleh Kerajaan Inggris. Hal ini sebenarnya dilakukan oleh Inggris karena pajak mereka kosong alias mereka bokek setelah perang selama 7 tahun melawan Prancis. Pajak yang dibebankan contohnya adalah pajak teh dan pajak gula.

Meskipun menanggung berbagai pajak, rakyat koloni merasa tidak adil karena mereka tidak mempunyai perwakilan di parlemen Inggris, sampai akhirnya mereka mulai melakukan perlawanan pada tahun 1765.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Revolusi Industri 1.0 hingga 4.0

  1. Pemahaman Kebebasan Politik

Karena adanya tekanan ekonomi, sosial, agama dan politik, akhirnya menyebabkan munculnya koloni baru yang didirikan oleh penduduk pelarian yang menginginkan kemerdekaan dan membentuk dunia baru lepas dari Inggris. Tentu saja hal ini sangat ditentang oleh Inggris yang menganggap daerah tersebut merupakan daerah jajahan yang tidak boleh merdeka. 

  1. Penolakan Atas Tindakan Monopoli Perdagangan

Penolakan terhadap tindakan monopoli perdagangan yang dilakukan oleh Inggris. Pada saat itu hasil bumi hanya boleh dijual ke negara induk, sedangkan penduduk koloni harus membeli barang industri dari negara induk. 

  1. Peristiwa The Boston Tea Party

Akhirnya Revolusi Amerika pun terjadi, hal ini dipicu puncaknya karena peristiwa yang dikenal sebagai peristiwa The Boston Tea Party yang terjadi pada tanggal 16 Desember 1773.

Revolusi Amerika
The Boston Tea Party (Dok. bostonteapartyship)

Boston Tea Party adalah peristiwa dibuangnya muatan teh ke laut oleh orang-orang Amerika yang akhirnya memicu kemarahan pemerintah Inggris sampai terjadi pertempuran dan menjadi awal Revolusi Amerika. 

Revolusi Amerika
Revolusi Amerika (Dok. Kompas.com)

Akhir Revolusi Amerika 

Setelah perjuangan yang panjang, akhirnya pada untuk menandai bahwa Inggris telah menyerah, Inggris menandatangani Perjanjian Prancis atau dikenal sebagai Treaty of Paris pada tahun 1783, sebagai bentuk dukungan dan pengakuan atas kemerdekaan Amerika. 

Dampak Revolusi Amerika 

Adanya Revolusi Amerika ini memberi dampak yang besar lho untuk dunia. Momen ini memberikan kekuatan bagi negara-negara lain jika penjajahan dapat dikalahkan, meskipun penjajahan tersebut dilakukan oleh kerajaan yang memiliki kekuatan besar. Tekad dan perjuangan yang dilakukan oleh rakyat untuk memperjuangkan kemerdekaan tidak pernah sia-sia dengan diraihnya kemerdekaan oleh Amerika pada saat itu. Bisa jadi negara kita juga terinspirasi dari sana ya untuk melawan penjajahan yang dilakukan oleh Belanda? Gimana menurut elo?

Baca Juga: Latar Belakang dan Tokoh Revolusi Cina – Materi Sejarah Kelas 11

Contoh Soal dan Pembahasan

  1. Orang pertama yang menemukan Benua Amerika adalah ….

A. Christopher Columbus

B. Benedict Thomas

C. Napoleon

D. Ratu Isabella

E. Ratu Elisabeth

Jawaban: A. Christopher Columbus

Pembahasan: Christopher Columbus yang merupakan seorang penjelajah, yang menemukan Amerika sebagai sebuah benua baru melalui pendanaan oleh Ratu Isabela I dari Kerajaan Katolik Spanyol. Dalam pelayaran tersebut, Columbus sebenarnya hendak menemukan jalur baru menuju Asia, tetapi justru, pada tanggal 12 Oktober 1492, ia tiba di sebuah benua baru yang kini kita kenal dengan benua Amerika.

Gimana materi kali ini? Menarik kan! Tenang aja kalau elo masih mau tahu penjelasan lainnya, elo bisa tinggal klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

Baca Juga: Penyerbuan Bastille: Awal Mula Revolusi Prancis

Bagikan Artikel Ini!