Info lengkap Fakultas Peternakan UGM

Info, Syarat Masuk, dan Daya Tampung Fakultas Peternakan UGM

Elo tertarik belajar merawat hewan ternak dan mendapat nilai ekonomis dari sana? Dalami ilmu soal ini di Fakultas Peternakan UGM!

Sobat Zenius, beberapa dari elo ada yang pernah nonton acara The Incredible Dr. Pol, nggak? Acara ini seru banget karena menampilkan bagaimana kehidupan hewan yang ada di peternakan! Mulai dari cara merawat hingga cara menyembuhkan hewan ternaknya yang terserang penyakit.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam hewan yang bisa dijadikan hewan ternak, seperti ayam, bebek, ikan, sapi, kambing dan masih banyak lagi. 

Selain itu, tersedia banyak cara untuk merawat dan memberi pakan yang baik untuk hewan-hewan di peternakan agar mereka bisa tumbuh sehat dan menghasilkan keuntungan. 

Nah, kalau elo mau belajar seputar dunia peternakan, elo bisa mendalami ilmunya di Fakultas Peternakan UGM (Universitas Gadjah Mada). Yuk, simak!

Kenalan dengan Fakultas Peternakan UGM

Tau nggak sih? Ternyata Fakultas Peternakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini adalah fakultas termuda yang berdiri di UGM, lho! Menurut catatan sejarahnya, jurusan ini berdiri pada tanggal 2 November 1969.

Pas awal dibentuk, fakultas ini masih berbentuk jurusan dengan nama Jurusan Peternakan di bawah naungan Fakultas Kedokteran Hewan. Setelah berjalan beberapa tahun, akhirnya jurusan ini dipisah dari FKH dan berdiri sebagai fakultas independen dengan nama Fakultas Peternakan hingga sekarang.

Jurusan di Fakultas Peternakan UGM 

Setelah baca sejarah berdirinya Fakultas Peternakan UGM, sekarang elo harus tau juga jurusannya, nih. Soalnya, jurusan di Fakultas Peternakan UGM inilah yang nantinya bisa elo pilih saat pendaftaran masuk kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Ada empat jenjang pendidikan yang ditawarkan, yaitu jenjang sarjana (S1), magister (S2), doktoral (S3), dan pendidikan profesi insinyur. 

Nah, buat elo yang baru aja lulus SMA tentunya jenjang pendidikan yang bisa elo pilih adalah jenjang sarjana (S1). Hanya tersedia satu jurusan S1 aja nih, yaitu Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan. 

Baca Juga: Daya Tampung, Akreditasi, dan Jurusan Fakultas Pertanian UGM

Tapi, ada program internasionalnya, lho! Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan membuka program International Undergraduate Program. 

Kalau elo masuk program ini, ada banyak banget keuntungan yang elo dapet. Selain bisa dapat double degree, elo juga berkesempatan buat ngerasain student exchange ke universitas yang bekerja sama dengan UGM. Mantep banget, kan?

Oh iya, Fakultas Peternakan UGM juga punya lima departemen berbeda. Pembagian departemen ini disesuaikan dengan fokus pembahasan yang terdapat di ilmu peternakan. Ada departemen apa aja, ya? Yuk, simak pada infografis di bawah ini.

Info departemen Fakultas Peternakan UGM
Informasi Departemen Fakultas Peternakan UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UGM

Program Studi S1 Fakultas Peternakan UGM

Seperti yang udah gue bahas tadi, di fakultas ini cuma ada satu jurusan yang tersedia untuk jenjang pendidikan sarjana (S1), yaitu Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan.

Sama dengan jurusan lainnya, mahasiswa Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan ini akan kuliah selama kurang lebih 4 tahun dengan beban studi sebanyak 148 SKS dengan masa studi sekitar 8 semester. Nah, apa sih yang bakal elo pelajari di jurusan ini?

Selama kuliah, elo akan belajar seputar ilmu peternakan tentunya. Nggak cuma cara merawat dan memberi pakan hewan ternak aja, tapi juga belajar bagaimana cara mengelola hasil ternak hingga mendistribusi hasil ternak yang sudah dikelola. 

Apa aja ya hasil ternaknya? Banyak banget! Mulai dari daging, telur, kulit, sampai kotoran ternak yang bisa dimanfaatkan jadi pupuk. 

Selain itu, kuliah di Fakultas Peternakan UGM tuh dijamin nggak ngebosenin. Kenapa? Karena elo wajib ikut kegiatan praktikum di laboratorium. Untuk laboratoriumnya sendiri ada dua macam nih, ada laboratorium ruang dan lapangan, seperti kandang hewan ternak atau ladang peternakan. 

Sebenarnya ada banyak mata kuliah seru di Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan UGM, tapi gue bakal kasih elo sedikit bocoran beberapa di antaranya, yaitu:

  • Ilmu Ternak Potong, Kerja, dan Kesayangan
  • Ilmu Reproduksi Ternak
  • Ilmu Hijauan Makanan Ternak 
  • Pascapanen dan Industri Susu 
  • Psikologi Industri

Gelar dari Fakultas Peternakan UGM

Info gelar Fakultas Peternakan UGM
Ilustrasi gelar Fakultas Peternakan UGM (Sumber: Arsip Zenius)

Kalau udah menuntaskan pendidikan di Fakultas Peternakan UGM, itu artinya elo berhak buat dapet gelar di belakang nama elo. Wah, ada gelar apa aja, ya? 

Gelar yang bakal elo dapet tentunya sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh, nih contohnya:

  • Gelar S.Pt untuk lulusan Sarjana Peternakan UGM,
  • Gelar M.Sc untuk lulusan Magister Peternakan UGM,
  • Gelar Dr untuk lulusan Doktor Peternakan UGM, dan
  • Gelar Ir untuk lulusan Pendidikan Profesi Insinyur Peternakan UGM.

Baca Juga: 6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif Agar Dapat Skor Tinggi

Daya Tampung Fakultas Peternakan UGM

Jumlah daya tampung dan peminat di Fakultas Peternakan UGM adalah salah satu poin yang harus elo perhatiin kalau mau masuk sini. 

Nah, di Fakultas Peternakan UGM ada tiga jalur masuk yang bisa elo ikuti, yaitu jalur SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan UTUL UGM (ujian mandiri). 

Dua jalur terakhir itu berbasis tes, ya. Jadi kalau mau coba jalur ini, elo harus mempersiapkan diri dengan belajar materi seputar Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Untuk daya tampungnya, elo bisa lihat infografisnya di bawah ini.

Info daya tampung Fakultas Peternakan UGM
Informasi Daya Tampung Fakultas Peternakan UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Menarik banget ya perkuliahan di Fakultas Peternakan UGM ini? Semoga elo berhasil jadi mahasiswa barunya tahun ini! 

Zenius siap nemenin elo ngegas belajar buat ujian masuknya, termasuk untuk UM UGM nih. Kulik panduan lengkap UTUL UGM, mulai dari pendaftaran, materi ujian, sampai sistem penilaian di link berikut. 

Panduan Lengkap UM UGM

Coba kerjain juga latihan soal asli UM UGM dari tahun-tahun lalu. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Jangan puas dulu sebelum ikutan try out! Beda banget rasanya latihan soal mandiri dengan ikutan try out. Seperti adanya durasi mengerjakan soal yang bakal elo hadapi juga di hari H ujian. Makanya, ikutan try out online Zenius dengan mengeklik banner di bawah ini, ya! 

try out um ugm online zenius

Referensi

Program Studi dan Daya Tampung – Fakultas Peternakan UGM (https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Daya Tampung SBMPTN Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan UGM – Sidata PTN LTMPT

(https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php?ptn=361)

Info dan Sejarah Fakultas – Fakultas Pertanian UGM 

(https://fapet.ugm.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!