Ilustrasi gametogenesis pada manusia.

Pengertian, Fungsi, dan Proses Gametogenesis – Materi Biologi Kelas 12

Apa yang terlintas dalam benak elo ketika mendengar kata atau proses gametogenesis? Kalau merasa asing dengan kata tersebut, nggak perlu bingung, guys. Dalam Biologi, ketika elo bertemu kata asing yang membingungkan, maka bagi kata tersebut menjadi dua bagian.

Gametogenesis → gamet dan genesis

Masing bingung juga? Oke, gue pakai kata lainnya, yaitu gonad dan gamet. Kebayang, nggak?

Gue bantu, deh. Gonad merupakan organ reproduksi yang menghasilkan sel kelamin. Kalau gonadnya testis, maka gametnya adalah sperma. Kalau gondanya ovarium, maka gametnya adalah ovum.

Dengan begitu, elo bisa mendefinisikan pengertian gametogenesis, yaitu:

Gametogenesis merupakan proses pembentukan gamet, yang terdiri dari spermatogenesis (pembentukan sperma) dan oogenesis (pembentukan ovum).

Secara garis besar, fungsi gametogenesis adalah untuk menghasilkan sel sperma dan ovum. Jadi, jelas ya kalau pembahasan gametogenesis ini nggak lepas dari spermatogenesis dan oogenesis.

Apa hubungan antara gametogenesis dengan spermatogenesis dan oogenesis? Elo bisa temukan jawabannya pada proses gametogenesis berikut ini.

Proses Gametogenesis

Elo bisa lihat proses gametogenesis pada manusia dalam bagan berikut ini.

Bagan proses gametogenesis dari oogonium atau spermatogonium hingga dibentuknya gamet jantan atau gamet betina.
Gambar gametogenesis. (Arsip Zenius)

Spermatogenesis

Spermatogenesis merupakan pembentukan sperma, di mana proses terjadinya ada di dalam testis, tepatnya pada tubulus seminiferus. Nah, untuk pematangan spermatozoa beda lagi, guys. Pematangan spermatozoa terjadi di dalam epididimis.

Elo bisa lihat proses spermatogenesis pada gambar gametogenesis di atas, ya. Pada pria, sel germinal yang belum matang (spermatogonium) diproduksi di testis. Saat pria pubertas, sel tersebut akan diubah menjadi sperma melalui proses spermatogenesis.

Nah, spermatogonium merupakan sel diploid yang mengalami pembelahan mitosis dan jumlahnya bertambah. Masuk ke siklus selanjutnya, yaitu spermatosit primer. Spermatosit primer mengalami pembelahan meiosis I dan menghasilkan sel haploid spermatosit sekunder.

Kemudian, spermatosit sekunder akan mengalami meiosis II dan menghasilkan spermatid. Spermatid ini akan melalui proses spermiogenesis untuk berubah menjadi sperma. Di sini lah, hormon seperti GnRH, LH, FSH, dan androgen berperan sebagai perangsang dalam proses spermatogenesis.

Jadi, kalau kita perhatikan lagi, maka dari satu spermatogonium akan menghasilkan empat sperma haploid yang fungsional.

Baca Juga: Pengertian Spermatogenesis dan Tahap-Tahapnya

Oogenesis

Oogenesis merupakan pembentukan ovum. Pembentukan ovum ini terjadi di dalam ovarium, tepatnya di dalam folikel-folikel yang dimatangkan dengan bantuan hormon FSH (follicle stimulating hormone).

Tidak seperti pada proses spermatogenesis, oogenesis ini menarik, guys. Karena, meiosis II baru akan terbentuk apabila terjadi fertilisasi. Pada wanita prosesnya gini, oogonium akan mengalami pembelahan mitosis dan menjadi oosit primer.

Ketika perempuan mengalami pubertas, maka oosit primer akan melanjutkan tahapannya menuju fase meiosis I dan membelah diri menjadi sel diploid yang ukurannya berbeda. Ukuran yang besar menjadi oosit sekunder, sedangkan ukuran yang kecil menjadi badan polar. Masing-masing sel tersebut bersifat haploid.

Ketika terjadi fertilisasi (pembuahan oleh sperma), maka oosit sekunder akan lanjut ke fase meiosis II. Kalau nggak terjadi fertilisasi gimana? Artinya, oosit sekunder akan mati atau mengalami degenerasi.

Singkatnya, dari satu oogonium itu akan menghasilkan satu ovum haploid fungsional dan dua atau tiga badan polar.

Baca Juga: Pengertian Oogenesis dan Tahap-Tahapnya

Gimana, guys, udah paham dengan proses gametogenesis pada manusia? Lalu, di mana tempat berlangsungnya gametogenesis pada hewan dan tumbuhan? Untuk hewan sama seperti manusia, ya. Pada jantan berlangsung di testis, sedangkan betina di ovarium. Proses gametogenesisnya pun sama.

Namun, bagaimana dengan gametogenesis pada tumbuhan? Ada yang udah pernah belajar sebelumnya dan bisa menjelaskan di kolom komentar? Gue tunggu jawabannya, ya.

Nah, buat elo yang masih penasaran dengan materi di atas, misalnya muncul pertanyaan lanjutan seperti “Pada gametogenesis pindah silang terjadi pada fase apa, ya?” atau “Gametogenesis pada angiospermae terjadi di mana, sih?”, elo bisa langsung cek video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini.

klik banner ini untuk mempelajari materi biologi lebih lanjut

Contoh Soal Gametogenesis dan Pembahasannya

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai pengertian dan proses gametogenesis, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cekidot!

Contoh Soal 1

Pada spermatogenesis, sel yang pertama bersifat haploid adalah….

A. Spermatosit sekunder.

B. Spermatid.

C. Sperma.

D. Spermatogonia.

E. Spermatosit primer.

Jawab: A. Spermatosit sekunder.

Pembahasan:

Haploid (n) merupakan pengurangan jumlah kromosom yang menjadi setengah dari jumlah kromosom pada individu. Nah, tahapan spermatogenesis bisa elo lihat pada gambar gametogenesis yang sudah gue uraikan di atas.

Kurang lebih, seperti ini bagan yang lebih jelasnya untuk spermatogenesis.

Proses spermatogenesis pada pria, yaitu spermatogonium, spermatosit primer, spermatosit sekunder, spermatid, dan sel sperma.
Gambar proses spermatogenesis (Dok. shutterstock.com)

Jadi, bisa dilihat kalau sel pertama yang bersifat haploid (n) pada spermatogenesis adalah A. Spermatosit sekunder.

Contoh Soal 2

Perhatikan gambar oogenesis di bawah ini!

Gambar oogenesis tanpa nama, hanya berupa sel dan nomor untuk contoh soal gametogenesis.
Proses oogenesis. (Arsip Zenius)

Proses yang terjadi pada tahapan nomor 2 adalah….

A. Oogonium membelah secara mitosis menjadi oosit primer dan sekunder

B. Oosit primer membelah secara meiosis I menjadi oosit sekunder dan polosit

C. Oosit sekunder membelah secara meiosis II menjadi ovum dan polosit

D. Ootid membelah secara meiosis II menjadi ovum dan polosit.

E. Ootid membelah secara mitosis membentuk ovum dan polosit.

Jawab: B. Oosit primer membelah secara meiosis I menjadi oosit sekunder dan polosit.

Pembahasan: 

Perlu elo ingat lagi, bahwa tahapan yang terjadi saat oogenesis, yaitu:

  1. Oogonium (2n) membelah dengan cara mitosis membentuk oosit primer (2n).
  2. Oosit primer (2n) mengalami pembelahan meiosis I menghasilkan satu badan polar atau polosit dan satu oosit sekunder.
  3. Oosit sekunder (n) mengalami pembelahan meiosis II menghasilkan ootid (n) dan badan polar.

Baca Juga: Pembelahan Sel – Pengertian, Macam-Macam, dan Fungsinya

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang pengertian, fungsi, dan proses gametogenesis? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi UTBK lainnya di video Zenius. Elo juga bisa mencoba melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran di Try Out bareng Zenius.

Bagikan Artikel Ini!