tahapan spermatogenesis zenius

Tahapan Spermatogenesis dan Bedanya dengan Oogenesis – Materi Biologi Kelas 11

Di sini, elo akan mempelajari tentang pengertian spermatogenesis, tahapan, dan perbedaannya dengan oogenesis.

Halo Sobat Zenius! Di materi sebelumnya bahkan di SMP, elo udah belajar mengenai sistem reproduksi. Nah, sistem reproduksi itu dibagi menjadi dua, yaitu reproduksi secara aseksual seperti membelah diri dan seksual dengan cara perkawinan. Yang namanya perkawinan itu mengharuskan adanya jantan dan betina.

Ngomong-ngomong tentang jantan dan betina, ujung-ujungnya kita bakal bahas yang namanya sel sperma dan sel telur. Nah, proses pembentukan sel sperma dinamakan spermatogenesis dan sel telur dinamakan oogenesis. Selengkapnya bisa elo baca pada uraian di bawah ini!

Apa Itu Spermatogenesis?

Spermatogenesis adalah proses pembentukan sel sperma atau sel gamet jantan di dalam testis, tepatnya pada tubuli seminiferi. Nah lho, masih ingat nggak anatomi sistem reproduksi pada pria?

sistem reproduksi pria
Organ-organ penyusun sistem reproduksi pada pria (Dok. thoughtco.com)

Baca juga: Sistem Reproduksi Pria dan Gangguannya – Materi Biologi Kelas 11

Tahapan Spermatogenesis

Tahapan spermatogenesis secara berurutan adalah spermatogonium, spermatosit primer, spermatosit sekunder, spermatid, dan sperma. Secara umum, tahap pembentukan sperma ini meliputi 2 proses, yaitu:

  1. Spermatositogenesis

Tahap ini disebut juga dengan tahap pembelahan mitosis dan meiosis, yang berlangsung dari spermatogonium (2n) menjadi spermatosit primer (2n). Selanjutnya ada meiosis I yang merupakan pembelahan dari spermatosit primer (2n) ke spermatosit sekunder (n). Kemudian masuk ke tahap meiosis II, yaitu pembelahan dari spermatosit sekunder (n) menjadi spermatid (n).

  1. Spermiogenesis

Tahap ini merupakan perubahan dari spermatid (n) menjadi spermatozoa atau sel sperma.

Untuk lebih jelasnya, elo bisa mengamati gambar proses spermatogenesis berikut ini:

gambar proses spermatogenesis zenius
Gambar proses spermatogenesis (Dok. shutterstock.com)

Sel sperma pada masing-masing orang memiliki ukuran yang berbeda, tapi bentuknya kurang lebih sama. Tapi, jangan elo berpikir bentuk sperma itu seperti pada gambar di atas (sperm) aja, ada kepala, badan, ekor. Sempurna deh pokoknya. 

Nggak, guys. Bentuk sperma bermacam-macam, ada yang hanya kepalanya, ada yang tanpa ekor, dan ada yang kepalanya dua. Lalu, sel sperma pada hewan dan manusia juga bentuknya kurang lebih sama lho, guys.

Nih gue ada gambar sperma sapi waktu lagi kegiatan PKL (praktik kerja lapangan) di salah satu perusahaan peternakan. Gambarnya memang nggak begitu jelas, karena gue nge-crop dari salah satu video dokumentasi pribadi. Setidaknya elo ada gambaran kalau bentuknya nggak jauh beda dari yang digambarkan atau diilustrasikan selama ini lah ya.

gambar sperma hewan sapi zenius
Gambar sperma sapi (Dok. penulis)

Baca jugaKuliah di Jurusan Peternakan

Perbedaan Spermatogenesis dengan Oogenesis

Tahap spermatogenesis dan oogenesis nggak jauh beda. Bedanya terletak pada tahap meiosis I. Jika pada spermatogenesis menghasilkan spermatosit sekunder n dan n, maka pada oogenesis hanya menghasilkan 1 oosit sekunder dan 1 badan polar. Selain itu, oogonium hanya menghasilkan satu sel ovum yang fungsional. Berbeda dengan sel sperma dengan empat sel fungsional.

Elo bisa lihat perbedaannya di bawah ini:

perbedaan tahap spermatogenesis dan oogenesis
Perbedaan spermatogenesis dan oogenesis (Arsip Zenius)

Baca juga: Pengertian Oogenesis dan Tahap-Tahapnya – Materi Biologi Kelas 11

Contoh Soal dan Pembahasan Spermatogenesis

Untuk menguji sejauh mana sih pemahaman elo terhadap materi biologi yang satu ini, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Perhatikan gambar gametogenesis berikut ini:

Gametogenesis spermatogenesis zenius
Gametogenesis (Dok. Shutterstock.com)

Pengurangan jumlah kromosom terjadi pada tahap ….

a. Perkembangan sel 1 ke sel 2

b. Perkembangan sel 2 ke sel 3

c. perkembangan sel 3 ke sel 4

d. Perkembangan sel 4 ke sel 5

e. Nggak Terjadi pengurangan jumlah kromosom pada gametogenesis tersebut

Jawab: b. Perkembangan sel 2 ke sel 3.

Pembahasan: Pengurangan jumlah kromosom terjadi pada saat pembelahan meiosis  I. Nah, meiosis I itu terjadi saat perkembangan spermatosit primer (nomor 2) menjadi spermatosit sekunder (nomor 3).

Contoh Soal 2

Pernyataan yang tepat mengenai oogenesis adalah ….

a. Oogenesis menghasilkan 4 sel fungsional

b. Oogonium melakukan pembelahan meiosis dan menghasilkan oosit primer

c. Badan polar I juga mengalami pembelahan meiosis II

d. Pada saat ovulasi, oosit sekunder akan dilepaskan ke tuba falopi dan melanjutkan proses pembelahan meiosis II

e. Oosit sekunder memiliki jumlah kromosom yang sama dengan oosit primer

Jawab: d. Pada saat ovulasi, oosit sekunder akan dilepaskan ke tuba falopi dan melanjutkan proses pembelahan meiosis II.

Pembahasan: Coba elo perhatikan lagi tahapan oogenesis di atas. Pertama-tama, oogonium (2n) mengalami pembelahan mitosis dan menghasilkan oosit primer (2n). Pembelahan tersebut akan menghasilkan sel yang jumlah kromosomnya sama dengan induknya. Kemudian, oosit primer akan mengalami pembelahan meiosis I menghasilkan oosit sekunder (n) dan badan polar I (n). Di sini terjadi pengurangan jumlah kromosom. Oosit sekunder dilepaskan dari ovarium saat ovulasi. Jika terjadi fertilisasi, maka oosit sekunder akan melanjutkan pembelahan ke meiosis II untuk menghasilkan ootid (n) dan berkembang menjadi ovum (n).

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang spermatogenesis? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

materi pelajaran biologi zenius

Baca Juga Artikel Lainnya

Anatomi Ginjal Manusia dan Fungsi – Materi Biologi Kelas 11

Organ Ekskresi: Kulit, Hati, Usus, dan Paru-Paru – Materi Biologi Kelas 11

Pertumbuhan Primer dan Sekunder Tumbuhan – Materi Biologi Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!