pronomina adalah

Pronomina – Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Sobat Zenius, gue mau cerita nih.

contoh kalimat pronomina
Ilustrasi seseorang memakan mi di sebuah restoran. (Arsip Zenius)

Dua minggu yang lalu gue nyoba makan mi di Restoran Sukami Tangerang. Mi ayam di Restoran Sukami Tangerang enak banget. 

Pas lagi makan mi ayam Sukami Tangerang, gue ketemu dua teman gue, yaitu Jennie dan Jisoo. Jennie dan Jisoo ternyata udah langganan, suka makan mi ayam Sukami Tangerang.

Duh, gue jadi pengen makan mi ayam di Restoran Sukami Tangerang bareng Jennie dan Jisoo lagi deh.

Ya ampun, gimana perasaan elo baca kisah gue tadi? Bertele-tele dan nggak efektif banget ya? Coba gue ubah deh penyampaian gue, pakai pronomina alias kata ganti.

Dua minggu yang lalu gue nyoba makan mi di Restoran Sukami Tangerang. Mi ayam di sana enak banget.

Pas lagi makan mi ayam itu, gue ketemu dua teman gue, yaitu Jennie dan Jisoo. Mereka ternyata udah langganan, suka makan mi ayam di situ.

Duh, gue jadi pengen makan mi ayam di sana bareng mereka lagi deh.

Gimana, Sobat Zenius? Jadi jauh lebih efektif dan enak dibaca ya? Nah, itulah pentingnya bagi kita untuk menggunakan pronomina.

Oleh karena itu, kali ini gue mau bahas apa itu pronomina, serta ciri-ciri, jenis, dan contohnya.

Tanpa berlama-lama lagi, kita mulai dari pengertian pronomina ya.

Apa itu Pronomina

Kalau melihat contoh cerita tadi, apa yang dimaksud dengan pronomina

Kata pronomina atau dalam Bahasa Inggris, pronouns, berasal dari kata latin yaitu pro yang berarti menggantikan dan nomen yang berarti apapun yang bernama.

Simpelnya sih, sebenarnya pronomina adalah kata ganti. Kata ganti ini digunakan untuk merujuk pada kata benda lain, biasanya subjek atau objek.

Baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, pronomina ini berguna banget supaya kita nggak nyebutin kata benda yang sama secara terus menerus. Jadi, kita nggak bertele-tele ketika menyampaikan sesuatu.

Nah, itulah pengertian pronomina. Semoga elo sudah paham ya sama apa yang dimaksud dengan pronomina.

Ciri-ciri Pronomina

Di bawah ini, elo bisa melihat konsep pronomina. Kira-kira apa saja ya ciri-cirinya?

konsep pronomina adalah
Konsep pronomina. (Arsip Zenius)
  • Dari konsep tersebut, bisa disimpulkan bahwa pronomina atau kata ganti menggantikan kata benda (nomina atau noun).
  • Bisa menjadi subjek (subject) atau objek (object) kalimat.
  • Berdasarkan sudut pandang penulis. Kalau Lisa merupakan teman penulis, maka Lisa diganti menjadi dia atau she. Tapi, kalau ternyata Lisa adalah sang penulis, Lisa bisa diubah menjadi aku atau I.
  • Khusus dalam Bahasa Indonesia, pronomina juga bisa digunakan untuk menggantikan penunjuk tempat. Sedangkan dalam Bahasa Inggris, nggak menggunakan pronouns, melainkan adverb. Beda ya.

Baca Juga: Pengertian Adverb Beserta Jenis dan Contoh Kalimat

Oke Sobat Zenius. Sudah jelas kan gimana ciri-cirinya? Kalau suatu saat elo diminta sebutkan ciri-ciri pronomina, elo sudah bisa ya.

Sekarang, kita lanjut ke berbagai jenis pronomina dan contohnya.

Jenis Pronomina

Pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.

Dari namanya saja ada kata person yang berarti orang ya. Bisa ditebak, pronomina persona itu mengacu pada orang, sedangkan pronomina nonpersona itu merujuk pada sesuatu yang biasanya merupakan benda.

jenis pronomina
Ada beberapa jenis Pronomina. (Arsip Zenius)

Sekarang, kita bahas yuk macam-macam pronomina, dimulai dari pronomina persona terlebih dahulu.

Pronomina Persona

Sesuai pembahasan sebelumnya, pronomina persona adalah kata ganti yang mengacu pada seseorang, baik diri sendiri maupun orang lain.

Kata ganti ini dibagi menjadi dua macam, yaitu kata ganti persona tunggal dan persona jamak.

Berikut ini contoh kata pronomina persona berdasarkan macamnya.

Kata ganti persona tunggal :

  • Pertama = saya, aku (I)
  • Kedua = kamu, Anda, engkau (you)
  • Ketiga = dia, ia, beliau (he/she)

Kata ganti persona jamak :

  • Pertama = kami, kita (we)
  • Kedua = kalian (you)
  • Ketiga = mereka (they)

Kata Ganti Kepunyaan atau Kepemilikan

Kata ganti ini biasa disebut sebagai kata ganti kepunyaan, kepemilikan, atau pronomina posesiva.

Kata ganti kepunyaan menggantikan orang dalam konteks kepunyaan atau kepemilikan.

Contoh kata pronomina kepunyaan seperti -ku, -mu, -nya, kami, dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Inggris, beberapa kata ganti kepunyaan yang sering digunakan meliputi his, her, their, your, our dan my.

Kata Ganti Penunjuk (Pronomina Demonstrativa)

Kata ganti penunjuk atau pronomina demonstrativa digunakan sebagai pengganti suatu kata benda atau lokasi tempat.

Kata ganti penunjuk ini dibagi menjadi dua yaitu kata ganti penunjuk umum dan tempat.

Berikut ini contoh kata ganti penunjuk.

  • Kata ganti penunjuk umum = ini, itu
  • Kata ganti penunjuk tempat = di, dari, ke, pada

Kata Ganti Tanya (Pronomina Interogativa)

Kata ganti tanya atau pronomina interogativa digunakan sebagai kata ganti untuk menanyakan informasi baik berupa orang, benda, waktu, tempat, keadaan, perasaan, jumlah, dan lain sebagainya.

Jadi, kita sudah sering banget pakai ganti ini ketika sedang bertanya.

Contoh kata ganti tanya meliputi apa, siapa, kapan, di mana, kenapa, bagaimana, dan berapa.

Kata Ganti Penghubung (Pronomina Relativa)

Seperti namanya, kata ganti penghubung memiliki tujuan utama untuk menghubungkan dua kalimat atau dua hal, misalnya sebuah kata benda dan kata sifat.

Contoh kata ganti penghubung yang sering digunakan meliputi yang dan adalah.

Kata Ganti Tak Tentu

Kata ganti tak tentu menggantikan sesuatu yang nggak diketahui dengan jelas. Misalnya, nggak diketahui jumlahnya. Beberapa contoh kata ganti tak tentu meliputi para, seseorang, barang siapa, sesuatu, masing-masing, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis Pronoun dan Contohnya

Oke, Sobat Zenius, itu tadi beberapa jenis pronomina beserta penjelasannya. Sekarang, kita lanjut ke contoh kalimat pronomina ya.

Contoh Kalimat Pronomina

Contoh Kalimat Pronomina Persona

  • Mereka adalah saudara perempuan dari ayahku.
  • Dia suka kamu.
  • Kami pergi ke angkasa.

Contoh Kalimat Kata Ganti Kepemilikan

  • Ini bajumu.
  • Itu rumah kami.
  • Lihat rambutnya, bersinar dan halus.

Contoh Kalimat Kata Ganti Penunjuk

  • Kita akan pergi ke sana.
  • Di situ ada kucing liar.
  • Baju ini dicuci di sana

Contoh Kalimat Kata Ganti Tanya

  • Kapan rumah itu selesai dibangun?
  • Di mana anak kambing saya?
  • Siapa penyanyi itu?

Contoh Kalimat Kata Ganti Penghubung

  • Ini gado-gado yang dibeli ayah di pasar.
  • Murid yang sedang duduk di situ sering terlambat.
  • Dokter yang berdiri di sana adalah ayahku.

Contoh Kalimat Kata Ganti Tak Tentu

  • Para siswa diminta pergi ke lapangan basket.
  • Barangsiapa berhasil menangkap buronan tersebut, akan mendapatkan hadiah dari raja.
  • Masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan pemerintah.

Contoh Soal Pronomina

Nah, sampai sini, kita udah ngebahas berbagai hal soal kata ganti pronomina. Sekarang, kita coba bahas beberapa contoh soalnya ya.

Soal 1

Harry dan Zayn pergi ke acara amal di New York. Di sana, … bertemu dengan banyak artis lainnya. Pronomina yang tepat untuk mengisi kekosongan pada kalimat tersebut adalah …

A. Kamu

B. Dia

C. Mereka

D. Saya

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah “C. Mereka”, pronomina yang digunakan untuk merujuk pada dua orang (Harry dan Zayn) dalam sudut pandang ketiga.

Soal 2

A: Eh, … kamu pergi ke Bali?

B: Aku akan berangkat ke sana minggu depan.

Kata ganti tanya yang tepat untuk kalimat tanya di atas adalah …

A. Siapa

B. Mana

C. Bagaimana

D. Kapan 

Pembahasan:

Berhubung jawabannya berhubungan dengan waktu, maka jawabannya adalah “D. Kapan”, kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu.

Soal 3

A: Katanya kamu, Lusi, dan Bimo bikin toko bareng ya? Jualan apa?

B: Iya, toko … jualan baju kekinian gitu deh.

Kata ganti kepemilikan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah …

A. Kamu

B. Kami

C. Kita

D. Aku

Pembahasan:

Kata ganti kepemilikan yang tepat untuk menggantikan subjek kamu, lusi, dan bimo adalah “B. Kami”. Kita nggak pakai “kita” karena A tidak termasuk sebagai pemilik toko tersebut.

**********

Oke, Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai pronomina baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. 

Kalau elo ingin belajar lebih lanjut, gue saranin coba tonton video persiapan UTBK Zenius yang berjudul Pronomina: Pemeran Pengganti Kata Benda ya.

banner indonesia zenius

Pastikan elo sudah login akun Zenius supaya bisa akses videonya. Sampai di sini dulu pembahasan topik kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Bagikan Artikel Ini!