Ilustrasi Fakultas Teknik UNIBRAW

Info, Syarat Masuk, dan Daya Tampung Fakultas Teknik UB

Fakultas Teknik UB atau UNBRAW (Universitas Brawijaya) punya 8 pilihan jurusan, nih. Kira-kira mana yang cocok buat elo, ya? Simak info lengkap tiap jurusan, yuk!

Sobat Zenius, coba elo lihat ada proyek jalan layang di sekitar elo nggak? Perhatiin deh, proyek tersebut tetap bisa lanjut terus tanpa menghentikan arus lalu lintas di bawahnya. Mobil dan motor lalu lalang seperti biasa. Di saat bersamaan, pekerjaan proyek juga berlangsung dari pagi saat jam-jam sibuk.

Hal itu bisa dilakukan karena adanya teknik konstruksi Sosrobahu, temuan insinyur teknik Tjokro Raka Sukawati. Mengintip dari catatan pu.go.id, beliau menemukan inovasi Sosrobahu saat menjadi manajemen proyek jalan tol Jagorawi-Tanjung Priok pada 1976. 

Inovasi Sosrobahu ini bikin rangka jalan layang seberat puluhan ton bisa diputar 900 sesuai kebutuhan. Makanya, kalau elo amati baik-baik, tiap segmen jalan layang yang masih dibangung bisa berubah-ubah posisinya. Itu karena adanya teknik Sosrobahu!

Baca Juga: Syarat Masuk Kuliah dan Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UI

Menariknya, teknik ini juga sudah diadopsi negara-negara lain, seperti Filipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Bikin bangga banget, ya!

Nah, kebayang kan, gimana jadinya kehidupan kita tanpa peran insinyur teknik? Karena ilmu teknik itu penting banget buat dipelajari dan bisa menghasilkan manfaat yang luas. 

Makanya, sejak tahun 1920, Indonesia membuka Fakultas Teknik untuk orang-orang yang ingin menimba ilmu teknik lebih dalam. Salah satunya bisa elo temukan di Fakultas Teknik UB atau UNBRAW (Universitas Brawijaya).

Kalau elo udah ngincer dari dulu buat kuliah di Fakultas Teknik UB ini, elo wajib banget baca artikel ini sampai selesai. Yuk, langsung simak aja!

Kenalan dengan Fakultas Teknik UB

Fakultas Teknik (FT) di UNBRAW sudah berdiri sejak tahun 1963 yang lalu, lho. Pada masa itu, FT dibangun dikarenakan adanya kebutuhan untuk menyeimbangkan fakultas eksakta dan juga non-eksakta di UNIBRAW. Fakultas ini merupakan fakultas keenam yang berdiri di UNIBRAW. 

Fakultas yang berdiri di Kota Malang ini, memiliki 9 jurusan dengan berbagai fasilitas, seperti gedung kemahasiswaan, gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, sarana olahraga, dan masih banyak lagi.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Jurusan Fakultas Teknik UB

Seperti yang tadi sudah gue sebut, ada 9 pilihan jurusan di Fakultas Teknik UB. Ada jurusan apa aja, sih? Sekadar info nih, fakultas ini punya beberapa jenjang pendidikan yang bisa disesuaikan dengan pendidikan terakhir elo. Jenjang pendidikan yang tersedia, dari jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan juga doktor (S3). 

Khusus di artikel ini, gue akan bahas jurusan S1-nya aja, ya. Nah, kalau elo mau lanjutin pendidikan elo ke jenjang ini, ada beberapa jurusan di Fakultas Teknik UB yang bisa elo pilih:

  1. Jurusan Teknik Sipil
  2. Jurusan Teknik Mesin
  3. Jurusan Teknik Elektro
  4. Jurusan Teknik Pengarian
  5. Jurusan Arsitektur
  6. Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota
  7. Jurusan Teknik Industri
  8. Jurusan Teknik Kimia

Baca Juga: Info Passing Grade dan Jurusan di Fakultas Teknik UNDIP

Sekarang, gue bakal kasih elo informasi seputar perkuliahan di Program Studi S1 Fakultas Teknik UB atau UNBRAW. Yuk, lanjut simak!

Program Studi S1 Fakultas Teknik UB

Kalau elo udah bertekad buat masuk ke dunia keteknikan, yang bakal elo pelajari nggak akan jauh dari yang namanya teknologi. Pada dasarnya, ilmu teknik itu adalah perpaduan antara ilmu dan teknologi yang dipelajari untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Kayak permasalahan yang mendorong lahirnya teknik Sosrobahu: Gimana cara bangun jalan tol tanpa bikin lalu lintas macet? 

Karenanya, elo akan disuguhkan dengan berbagai materi tentang cara menciptakan sebuah teknologi. Eitts, nggak cuma menciptakan aja. Elo juga akan belajar serta cara menangani kerusakan pada teknologi tersebut. 

Nah, masih ada nggak nih dari Sobat Zenius yang berpikir kalau ngomongin teknologi itu masuknya ke ranah elektronik? Kalau iya, gue mau meluruskan sesuatu, nih. Sebab, teknologi itu bisa berwujud benda maupun tak benda, lho! 

Apa contoh teknologi tak benda? Banyak banget contohnya di sekitar elo, ada metode bisnis, perangkat lunak, metode pembelajaran, metode pertanian, dan masih banyak lagi. 

Luas banget kan, cakupan ilmu teknik? Makanya, Fakultas Teknik UB atau UNBRAW membagi ilmu teknik menjadi beberapa program studi supaya lebih terfokuskan ilmunya. Ada apa aja? Berikut informasinya!

  1. Program Studi Teknik Sipil

Kalau elo pilih program studi ini, elo akan belajar tata cara merancang, membangun, sampai merenovasi suatu infrastruktur. Apa aja infrastrukturnya? Contohnya, gedung, jalan, jembatan, bandara, dan masih banyak lagi. 

  1. Program Studi Teknik Mesin

Di program studi ini, elo akan belajar tentang cara mendesain, menganalisa, dan juga membuat sistem mekanis. Catatan nih buat elo, kalau masuk program studi ini, elo harus belajar lagi mata pelajaran Fisika dan Matematika. Alasannya, dua mata pelajaran itu bakal terpakai banget selama berkuliah di prodi ini.

  1. Program Studi Teknik Elektro

Pembahasan di program studi ini nggak akan jauh dari kelistrikan, temen-temen. Elo akan belajar yang namanya sifat-sifat elektron dan juga cara mengaplikasikan teknologi di kehidupan sehari-hari. Selain itu, elo juga bakal diajarin caranya membuat perangkat listrik juga, lho! Lengkap banget, kan? 

  1. Program Studi Teknik Pengarian

Bahan kuliah di program studi ini punya irisan dengan ilmu teknik sipil. Jadi, elo akan belajar tentang cara mendesain, mengoperasikan, dan juga memelihara infrastruktur. Bedanya, elo akan mempelajari ilmu tadi khusus untuk sumber daya air. 

  1. Program Studi Arsitektur

Kalau elo suka banget sama hal-hal yang berhubungan dengan bangunan, program studi ini bakal cocok banget buat elo! Kenapa? Karena dengan masuk prodi ini, elo akan belajar seputar perancangan sebuah bangunan hingga lingkungan binaan. 

  1. Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota

Program studi yang erat kaitannya dengan ilmu planologi ini akan kasih elo ilmu tentang cara merancang kota dan wilayah. Yap, elo akan belajar menjadi ahli dalam membuat kebijakan wilayah, menciptakan infrastruktur, dan masih banyak lagi. 

  1. Program Studi Teknik Industri

Buat elo yang pilih program studi ini, nantinya elo akan belajar tentang cara mendesain, memperbaiki, dan juga memberdayakan sumber daya manusia. Prodi ini juga ternyata erat banget kaitannya dengan ilmu manajemen, lho. 

Makanya, prodi ini sering banget disebut prodi yang nggak teknik banget. Tapi, justru karena itu elo akan dapet ilmu dan keterampilan yang bisa menjamah banyak bidang pekerjaan. 

  1. Program Studi Teknik Kimia

Program studi terakhir yang ada di fakultas ini adalah Teknik Kimia. Intinya sih, di sini elo akan belajar tentang bagaimana cara merancang sebuah pabrik. Pabrik apa aja? Nah, yang elo rancang itu nantinya adalah pabrik kimia, bioproses, makanan, kosmetik, dan lainnya.

Oh iya, setiap program studi sarjana di Fakultas Teknik UB ini memiliki beban studi sebanyak 144-160 SKS, temen-temen. Lama studi yang bakal elo tempuh itu 8 semester dengan kurun waktu kurang lebih 4 tahun masa perkuliahan.  

Baca Juga: Cara Mengerjakan Soal TPA Matematika – Tes Aritmetika

Syarat Masuk Fakultas Teknik UB

Gimana, udah nemu satu jurusan yang nyantol di hati? Sekarang, saatnya elo buat perhatiin syarat masuk ke fakultas ini. Elo harus memenuhi kriteria berikut supaya bisa mendaftar sebagai mahasiswa FT UB: 

Syarat Masuk Fakultas Teknik UNIBRAW
Syarat Masuk Fakultas Teknik UB (ub.ac.id)

Daya Tampung Fakultas Teknik UB

Selain itu, ada juga hal lain yang harus elo perhatiin, yaitu daya tampung dan peminat dari jurusan yang elo daftar!

Di Universitas Brawijaya, ada tiga jalur yang bisa elo coba nih, temen-temen. Apa aja? Elo bisa ikut SNMPTN (jalur undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan juga SMUB (jalur mandiri).

Supaya elo ada sedikit pencerahan, gue bakal kasih informasi tentang daya tampung Fakultas Teknik UB dan peminat dari setiap jalur seleksi yang ada. Berikut infografisnya: 

Daya Tampung Fakultas Teknik UNIBRAW
Daya Tampung Fakultas Teknik UB atau UNBRAW (ub.ac.id)

Gelar dari Fakultas Teknik UB

Ilustrasi Gelar Fakultas Teknik UNIBRAW
Ilustrasi Gelar Fakultas Teknik UB (Arsip Zenius)

Setelah lulus nanti, apa aja gelar yang bakal elo dapet? Nah, gelar yang bakal elo dapetin itu sesuai dengan jenjang pendidikan yang elo pilih. Gue kasih bocorannya!

  • Gelar S.T untuk lulusan Sarjana Teknik Gelar M.T untuk lulusan Magister Teknik 
  • Gelar Dr. untuk lulusan Doktor Teknik 
  • Gelar Ir. untuk lulusan Profesi Insinyur Fakultas Teknik UNIBRAW

Gimana informasinya? Semoga bisa membantu, ya! 

Perjuangan elo belum berhenti sampai sini aja, nih. Bersiap buat ujian masuk kampus ini, yuk! Elo juga harus tahu tipe soal tes UTBK SBMPTN, waktu pengerjaan, sistem penilaian, sampai strategi pengerjaan soalnya. Zenius udah nyiapin playlist belajar UTBK yang runut, nih. 

Persiapan UTBK: Materi Belajar, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class 

Selain itu, elo juga bisa coba ikut berbagai try out berbagai ujian masuk kampus sebelum menghadapi ujian benerannya nanti. Sehingga elo bisa terbiasa dengan berbagai variasi tipe soal. Langsung aja ikutan try out online Zenius dengan mengeklik banner di bawah ini, ya! 

Try Out Zenius Ujian Mandiri PTN

Referensi:

Peluncuran Biografi Penemu Teknik Sosrobahu, Tjokorda Sukawati, Menteri Basuki: Teladani Keteguhan Hati dan Keberaniannya dalam Ciptakan Inovasi – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2021)

Program Studi Fakultas Teknik Universitas Brawijaya – Selma Universitas Brawijaya

Profil Fakultas Teknik UB – teknik.ub.ac.id

Penemu Teknologi di Indonesia – iteba.ac.id

Pangkalan Data Universitas – SIDATA PTN

Bagikan Artikel Ini!