Isomer struktur zenius education

Pengertian dan Contoh Isomer Struktur – Materi Kimia Kelas 12

Halo, Sobat Zenius! Di kelas 12 ini, elo akan mempelajari tentang isomer struktur. Tapi, elo tau nggak sih apa yang dimaksud dengan isomer?

Gini deh, elo pernah mainan molymod nggak di SMA? Pernah dong pastinya? Gue dulu suka banget kalau main molymod, karena gue bisa ubah-ubah struktur atom dari suatu senyawa tanpa mengubah rumus molekulnya. Jadi, semacam main puzzle gitu. Seru!

molymod zenius education
Molymod (Dok. Wikimedia Commons)

Contohnya ketika gue membuat senyawa alkohol menggunakan molymod. Nah, struktur senyawa alkohol kan begini ya.

CH3—CH2—CH2—CH2—OH

Nah, posisi OH yang awalnya di belakang, gue ubah menjadi di cabang ketiga. Jadi seperti ini.

CH3—CH2—CH(OH)—CH3

Ternyata, apa yang gue lakukan itu—mengubah struktur atom tanpa mengubah rumus molekulnya—termasuk dalam praktik isomer, guys. Mungkin elo juga sama pernah mengotak-atik molymod, tapi belum tau istilahnya. Nah, sekarang kita bahas deh apa itu isomer supaya makin jelas.

Baca Juga: Karbohidrat Monosakarida dan Contohnya – Materi Kimia Kelas 12

Apa yang Dimaksud dengan Isomer?

Elo perlu tau dulu pengertian dari isomer itu sendiri. Ketika elo udah paham apa yang dimaksud dengan isomer, gue yakin ke depannya elo akan lebih mudah memahami apa itu isomer struktur.

“Isomer adalah kumpulan senyawa dengan rumus molekul yang sama, namun struktur atomnya berbeda.”

Isomer terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu isomer struktur dan isomer ruang.

Singkatnya, isomer struktur itu yang hanya membicarakan struktur molekulnya aja, tanpa berbicara gimana sih bentuk 3D (tiga dimensi) dari suatu molekul. Sedangkan, isomer ruang itu yang membicarakan mengenai bentuk 3D dari suatu molekul.

Nah, kali ini kita hanya akan membahas tentang isomer struktur. Sedangkan, isomer ruang akan dibahas di artikel lainnya.

Baca Juga: Tata Nama Senyawa Kimia, Ionik dan Kovalen – Materi Kimia Kelas 10

Isomer Struktur Itu Apa Sih?

Di poin sebelumnya, gue udah singgung mengenai pengertian dari jenis isomer yang satu ini. Simpelnya gini:

“Isomer struktur merupakan beberapa senyawa dengan rumus molekul yang sama, namun memiliki struktur molekul yang berbeda.”

Isomer ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu isomer posisi. Berikut adalah jenis dan contoh isomer struktur.

Isomer Posisi

Isomer posisi terjadi ketika posisi gugus fungsinya berubah. Contohnya alkohol dan alkena berikut ini.

rumus dan contoh isomer posisi
Contoh isomer posisi (Arsip Zenius)

Isomer Rantai

Kedua, isomer rantai yang terjadi ketika rantai molekulnya berubah. Jadi, si rantai itu bisa terletak di cabang pertama, kedua, atau ketiga. Contohnya pada alkana berikut ini.

rumus dan contoh isomer rantai
Contoh isomer rantai (Arsip Zenius)

Isomer Gugus Fungsi

Nah, kalau isomer ini terjadi ketika ada beberapa senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi gugus fungsinya berbeda. Contohnya pada alkena dan sikloalkana berikut ini.

contoh isomer gugus fungsi
Contoh isomer gugus fungsi (Arsip Zenius)

Contoh lainnya dari isomer gugus fungsi yaitu alkuna, sikloalkena, dan alkadiena.

contoh lainnya dari isomer gugus fungsi
Contoh lainnya dari isomer gugus fungsi (Arsip Zenius)

Uraian materi di atas juga udah ada versi video belajarnya, lho. Jadi, buat elo yang mau belajar lebih dalam lagi tentang isomer struktur atau masih kurang paham sama tulisan di atas, elo bisa meluncur ke video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini.

belajar materi pelajaran kimia di zenius

Baca Juga: Mengenal Rumus Kimia Alkohol

Contoh Soal Isomer Struktur dan Pembahasannya

Gimana nih, udah paham mengenai isomer struktur? Supaya pembelajaran kali ini makin oke, gue punya contoh soal beserta pembahasannya yang bisa elo jadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Isomer adalah ….

a. Beberapa senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi strukturnya berbeda.

b. Beberapa senyawa yang memiliki rumus struktur sama, tetapi molekulnya berbeda.

c. senyawa dengan beberapa ragam struktur.

d. Senyawa yang memiliki rumus molekul sama tetapi gugus fungsinya berbeda.

e. Tidak ada jawaban yang tepat.

Jawab: a. Beberapa senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi strukturnya berbeda.

Pembahasan: Isomer adalah senyawa dengan rumus molekul sama, jumlah atom penyusunnya sama, tetapi memiliki struktur yang berbeda.

Contoh Soal 2

Di bawah ini yang termasuk isomer struktur adalah ….

  1. Isomer posisi
  2. Isomer rantai
  3. Isomer gugus fungsi
  4. Isomer geometri

a. 1, 2, dan 3

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 4 aja

e. Semua benar

Jawab: a. 1, 2, dan 3

Pembahasan: Jenis-jenis isomer struktur antara lain: isomer gugus fungsi, isomer rantai, dan isomer posisi.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang pengertian dan contoh isomer struktur? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca Juga: Sifat dan Struktur Asam Karboksilat – Materi Kimia Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!