ATTACHMENT DETAILS Contoh-Soal-Ide-Pokok-dalam-Paragraf

Contoh Soal Ide Pokok dalam Paragraf dan Pembahasannya

Wah, udah makin deket aja nih UTBK. Gimana persiapan elo? Udah mulai latihan soal belum? Jangan-jangan ada yang belum persiapan apa-apa nih! 

Karena UTBK udah makin deket nih, tentunya persiapan kita juga harus makin mateng dong ya. Oleh karena itu kali ini gue mau ngajak elo buat belajar tentang ide pokok dalam paragraf. Lebih spesifiknya, gue akan nampilin beberapa contoh soal paragraf dan pembahasannya buat bantu persiapan UTBK elo. 

Yuk, jangan sampai kelewat, simak terus artikel ini ya!

Ide pokok paragraf
Ilustrasi Ide Pokok Paragraf (Arsip Zenius)

Pengertian Ide Pokok dalam Paragraf

Sebelum gue masuk ke contoh soal nih, gue mau elo buat inget-inget lagi nih, apa sih yang dimaksud dengan ide pokok? Hayooo, masih pada inget nggak nih? 

Yap, ide pokok merupakan suatu ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan suatu paragraf. Nama lain dari ide pokok adalah gagasan utama. Inget ya, di dalam suatu paragraf hanya ada satu ide pokok. Di samping ide pokok, ada juga kalimat penjelas yang berfungsi untuk menjelaskan gagasan dari ide pokok tersebut.

Sebagai catatan aja nih, nggak semua ide pokok itu ada di dalam kalimat awal ya dalam suatu paragraf ya. Bisa aja ide pokok itu berada di akhir atau awal paragraf. Jadi elo harus bener-bener paham konsep dari ide pokok itu sendiri. 

Untuk lebih jelasnya elo bisa intip di artikel Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

 Ide Pokok Paragraf
Langkah Mencari Ide Pokok Paragraf (Arsip Zenius)

Baca Juga: Teks Deskripsi – Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya 

Contoh Soal Ide Pokok Paragraf

Untuk melatih kemampuan elo menentukan ide pokok paragraf, gue ada contoh soal nih. Coba deh elo simak ya!

  1. Perhatikan paragraf berikut!

Proses yang dijalani oleh Jehian hingga sukses di usia muda seperti sekarang ini diakui oleh Jehian tidak lepas dari peran orang tuanya. Ia menceritakan bahwa dari kecil keluarganya adalah keluarga yang biasa tinggal berpindah-pindah, hal itu membuat ia harus belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Selain itu, sang mama yang diceritakan oleh Jehian di salah satu podcast Raymond Chin mengajarkan leadership kepada dirinya dan itu cukup mempengaruhi Jehian sebagai pengusaha seperti sekarang. 

Presiden Director Mantappu Corp ini juga mengungkapkan kalau orang tuanya memiliki peran yang sangat besar dalam penanaman nilai-nilai yang berguna untuk dirinya hingga sekarang.  “Aku dan Jerome di-trained sama mama waktu SMP, SMA, Jerome jemur, aku cuci piring,” kenang Jehian ketika menceritakan pengaruh orang tuanya dalam membentuk dirinya seperti sekarang. 

Sumber: Zenius Blog

Ide pokok bacaan di atas adalah ….

Jawaban: Peran orangtua Jehian dalam pembentukan dirinya hingga sukses. 

Pembahasan: Ide pokok dalam bacaan di atas adalah peran orangtua Jehian dalam pencapaian yang ia peroleh. Kira-kira elo tahu nggak kenapa ide pokok dari bacaan di atas adalah peran orangtua Jehian dalam membentuk dirinya hingga sukses? 

Seperti yang bisa elo baca, pada kalimat pertama bacaan di atas, disebutkan bagaimana proses yang dijalani oleh Jehian tidak lepas dari peran orangtuanya. Hingga pada kalimat-kalimat selanjutnya Jehian menceritakan bagaimana nilai-nilai tersebut sangat berguna untuk dirinya dalam mencapai kesuksesan seperti sekarang. 

Sehingga ide pokok dari bacaan di atas adalah peran orangtua Jehian dalam membentuk dirinya hingga sukses. 

Next, kita lanjut ke soal berikutnya ya!

  1. Perhatikan artikel berikut!

Cut Nyak Meutia atau yang akrab dikenal dengan nama Cut Meutia, lahir pada 15 Februari 1870 di Pirak, Aceh Utara, dan wafat pada 24 Oktober 1910 di Paya Cicem, Aceh. Meutia adalah putri satu-satunya di antara lima bersaudara yang lahir dari pasangan suami-istri Daud Pirak, seorang ulama dan pimpinan daerah di Pirak dan Cut Jah. Ia sendiri pernah menikah sebanyak tiga kali, yaitu dengan Teuku Syamsarif atau yang juga dikenal dengan nama Cik Bintara melalui perjodohan ketika usianya 20 tahun, Teuku Cik Muhammad atau yang juga dikenal dengan nama Cik Tunong, dan Pang Nanggroe. Disebutkan bahwa ia akhirnya memutuskan untuk bercerai dengan Cik Bintara karena mereka berbeda prinsip; laki-laki tersebut nggak menentang penjajahan Belanda dan malah iya-iya aja. Nah, hal tersebut berbanding terbalik sama suami kedua dan ketiganya, yang sama-sama berjuang untuk memukul mundur para penjajah Belanda dari Aceh. 

Sumber: Zenius Blog

Ide pokok bacaan di atas adalah ….

A. Pernikahan Cut Nyak Dien

B. Perjuangan Cut Nyak Dien

C. Profil Cut Nyak Dien

D. Perceraian Cut Nyak Dien

Jawaban: C. Profil Cut Nyak Dien

Pembahasan: Ide pokok dari bacaan di atas adalah profil Cut Nyak Dien, kenapa ya? Karena kalau elo baca dari awal sampai dengan akhir, di situ dibahas tentang profil Cut Nyak Dien secara keseluruhan. Mulai dari nama hingga perjuangannya melawan Belanda di Aceh. Sehingga ide pokok dari bacaan di atas adalah profil Cut Nyak Dien.

Nah, sekarang elo udah mulai tahu dong, pentingnya membaca dari awal hingga akhir paragraf, untuk menentukan ide pokok. 

Sip deh, kita lanjut lagi ya!

  1. Perhatikan artikel berikut!

Learning loss pada belajar online dapat terjadi karena berbagai faktor. Misalnya, karena kendala teknis seperti koneksi Internet yang buruk serta kurangnya pendampingan orang tua, yang menyebabkan adanya kesenjangan proses pendidikan. “Tantangannya berbeda. Yang tadinya gampang, diaplikasikan secara belajar online, kayaknya masih bisa ikutin, nih. Lama-lama kan, (materi) Matematikanya bertambah,” jelas Samanta. 

Sumber: Zenius Blog

Ide pokok dalam artikel di atas adalah ….

Jawaban: Faktor penyebab learning loss pada belajar online. 

Pembahasan: Ide pokok dalam contoh soal di atas adalah faktor penyebab learning loss pada belajar online. Ide pokok ini dapat elo liat dari bagaimana artikel tersebut memaparkan atau menjelaskan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan adanya learning loss pada belajar online. Pada kalimat pertama juga tertulis “Learning loss pada belajar online dapat terjadi karena berbagai faktor” kemudian dilanjutkan dengan penjelasan faktor-faktor penyebab learning loss tersebut. 

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery
  1. Bacalah paragraf berikut!

Sebelum mengajak anak puasa di Bulan Ramadhan, sebaiknya kita memperkenalkan anak pada aktivitas puasa terlebih dahulu. Misalnya, mempelajari tujuan dan makna berpuasa lewat buku, internet, atau media lainnya. Lalu, jangan membandingkan anak dengan anak-anak lain, termasuk saudara atau sepupunya. Perlu diingat, belum tentu setiap anak mulai belajar berpuasa pada usia yang sama.

Sumber: Kompas.com

Jawaban: Mengenalkan aktivitas puasa pada anak. 

Pembahasan: Ide pokok dalam paragraf di atas adalah mengenalkan aktivitas puasa pada anak. Berdasarkan paragraf yang ada di atas, elo bisa liat  bahwa kalimat pertama merupakan kalimat utama dari paragraf tersebut, dan kalimat yang lain berguna menjadi kalimat penjelas dari kalimat utama yang ada.

  1. Bacalah artikel berikut!

Penyebab polusi tanah tentu bermacam-macam banget, ada yang dari limbah rumah tangga, industri, maupun pertanian. Coba kita bahas dari sisi pertanian ya. Polusi tanah di pedesaan pada umumnya diakibatkan oleh limbah yang berasal dari pertanian. Desa biasanya bersifat agraris, sehingga banyak kegiatan pertanian terjadi. Bagi para petani, gagal panen adalah malapetaka yang sangat merugikan. Mereka nggak cuma kehilangan hasil panen, tapi juga harus ngabisin waktu dan nunggu lagi buat musim panen selanjutnya.

Sumber: Zenius Blog

Jawaban: Macam-macam penyebab polusi tanah.

Pembahasan: Ide pokok dalam artikel di atas adalah macam-macam penyebab polusi tanah. Berdasarkan paragraf di atas, kalimat pertama merupakan kalimat utama dalam paragraf tersebut yang menunjukkan ide pokok paragraf. Sedangkan kalimat yang lain merupakan kalimat penjelas. 

Baca Juga: Contoh Soal 4 Ide Pokok Paragraf, Materi dan Pengertiannya 

Kesimpulan Paragraf

Kesimpulan Paragraf
Cara Membuat Kesimpulan Paragraf (Arsip Zenius)

Ketika elo udah bisa memahami ide pokok dari paragraf, maka elo akan terbantu dalam membuat kesimpulan paragraf. Kesimpulan paragraf adalah kesimpulan yang diambil dari sebuah paragraf atau merupakan inti dari paragraf itu. 

Nah, gue juga ada nih contoh soal simpulan paragraf, simak ya!

Contoh Soal Simpulan Paragraf

  1. Perhatikan paragraf berikut!

Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat kopi bagi tubuh, mulai dari meningkatkan suasana hati dan metabolisme tubuh hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, asam urat, dan kanker. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, yaitu tidak lebih dari 2–3 cangkir per hari, kopi umumnya aman bagi orang dewasa dan tidak merugikan kesehatan. Namun, efek samping kopi dapat muncul saat kopi dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, yaitu lebih dari 4 cangkir kopi per hari.

 sumber: alodokter.com 

Mana simpulan paragraf yang benar?

A. Banyak remaja yang sudah mulai mengkonsumsi kopi secara rutin

B. Kopi menjadi minuman favorit banyak orang karena khasiatnya

C. Efek samping kopi yang negatif dapat muncul walaupun dikonsumsi tidak lebih dari 4 cangkir kopi per hari

D. Minum kopi itu aman dan tidak merugikan kesehatan apabila diminum 1 cangkir saja per harinya. 

E. Berbagai penelitian juga dapat membuktikan dampak buruk kopi terhadap tubuh

Jawaban: D. Minum kopi itu aman dan tidak merugikan kesehatan apabila diminum 1 cangkir saja per harinya.

Pembahasan: Ketika elo membaca paragraf di atas, elo akan menemukan adanya kalimat berupa logika implikasi yang dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan dalam paragraf di atas.

Kalimat tersebut adalah “Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, yaitu tidak lebih dari 2–3 cangkir per hari, kopi umumnya aman bagi orang dewasa dan tidak merugikan kesehatan. Namun, efek samping kopi dapat muncul saat kopi dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, yaitu lebih dari 4 cangkir kopi per hari” 

Dari kalimat tersebut elo bisa mengambil simpulan paragraf di atas yang berupa Minum kopi itu aman dan tidak merugikan kesehatan apabila diminum 1 cangkir saja per harinya. (D).

Gimana, udah paham belum nih kira-kira? Tenang aja elo bisa intip materinya juga dengan klik banner di bawah ini ya!

CTA video materi belajar zenius bahasa indonesia

Pola Pengembangan Paragraf

Selain ide pokok, ada hal lain nih yang perlu elo ketahui tentang paragraf. Yaitu pola pengembangan paragraf. Pola pengembangan paragraf ini merupakan cara penulis untuk mengembangkan pola pikiran dalam suatu paragraf.

Terdapat beberapa jenis pola pengembangan paragraf, antara lain adalah pola analogi, pola sebab akibat, pola definisi, pola perbandingan, dan lain-lain. Nah, di bawah ini gue akan nampilin contoh soal pola pengembangan paragraf. Yuk, simak ya!

Contoh Soal Pola Pengembangan Paragraf

  1. Bacalah artikel berikut!

Karena sistem belajar daring sepenuhnya digital, maka bahan pembelajaran pun presentasi digital dan buku digital. Dengan adanya bahan pembelajaran yang telah didigitalisasi, maka siswa tidak mengalami kesulitan membaca (yang dialami siswa tatap muka apabila duduk di barisan belakang) dan tidak mengalami kesulitan mengikuti dikte.

sumber: kampusyuk.com (dengan modifikasi)

Berdasarkan informasi di atas, apabila siswa mengalami kesulitan mengikuti dikte, maka ….

A. siswa juga mengalami kesulitan membaca

B. siswa mengalami kesulitan membaca dan sistem belajar daring tidak sepenuhnya digital

C. sistem belajar daring tidak sepenuhnya digital

D. adanya bahan pembelajaran yang telah didigitalisasi, tetapi siswa mengalami kesulitan membaca

E. siswa mengalami kesulitan membaca, walaupun sistem belajar daring sepenuhnya digital

Jawaban: C. sistem belajar daring tidak sepenuhnya digital. 

Pembahasan: Berdasarkan informasi bacaan di atas, paragraf tersebut menggunakan pola sebab-akibat dimana pola pengembangan ini dilakukan dengan cara menerangkan sebuah kejadian dari sudut pandang sebab dan akibat. Sehingga jawabannya adalah C. sistem belajar daring tidak sepenuhnya digital. 

2. Bacalah paragraf berikut!

Menurut National Institute of Mental Health, bipolar adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan yang ekstrem pada mood, energi, dan aktivitas. Perubahan yang ekstrim itu bikin konsentrasi dan kemampuan orang yang mengalami gangguan bipolar jadi sulit berkonsentrasi, ngelakuin rutinitas sehari-hari, bahkan hubungan dengan orang lain juga bisa terganggu.

Sumber: Zenius Blog

Jika dilihat dari pola pengembangan paragraf, paragraf di atas menggunakan pola pengembangan paragraf ….

A. Definisi 

B. Sebab akibat

C. Perbandingan 

D. Analogi 

Jawaban: A. Definisi

Pembahasan: Paragraf di atas menggunakan pola definisi. Karena paragraf di atas menjelaskan tentang pengertian atau definisi suatu istilah. 

3. Bacalah paragraf berikut!

Penyebab polusi suara seperti kereta api, mobil, pesawat, motor, dan helikopter yang memiliki suara yang keras dan berbahaya bagi kehidupan manusia. Polusi suara berbahaya bagi kehidupan manusia karena bisa menyebabkan gangguan pendengaran, kognitif, mental, dan kesehatan lainnya.

Sumber: Zenius Blog

Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan paragraf ….

A. Definisi

B. Deduktif

C. Sebab akibat

D. Induktif

E. Perbandingan

Jawaban: C. Sebab Akibat

Pembahasan: Paragrafi di atas menunjukkan adanya sebab akibat, sehingga jawaban yang benar adalah menggunakan pola pengembangan paragraf sebab akibat. Jawabannya adalah C.

Oke deh guys, gimana nih? Udah mulai tercerahkan dong ya! Itu tadi contoh soal paragraf yang bisa gue bagi ke elo. Tenang aja, buat persiapan UTBK elo, zenius punya banyak soal latihan buat try out nih! Langsung aja klik di sini ya!

Good Luck!

Baca Juga: Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf 

Referensi : 

Video pembelajaran Independent Support – Zenius

Artikel Cara Menentukan Ide Pokok dari Suatu Paragraf – Zenius

Bagikan Artikel Ini!