universitas swasta terbaik di sumatera

Ingin Masuk PTS? Ini 5 Universitas Swasta Terbaik di Pulau Sumatera

Hi, Sobat Zenius! Elo tertarik buat masuk perguruan tinggi swasta atau PTS? Kalau iya, apa elo lagi mencari informasi mengenai universitas swasta yang memiliki kualitas dan fasilitas yang bagus? Nah, di artikel ini, gue bakal rekomendasikan 5 universitas swasta terbaik di Sumatera.

Perlu diketahui kalau universitas swasta itu sebenarnya gak kalau jauh ya dari segi kualitas dan fasilitas dibandingkan universitas negeri. Jadi, kalau emang elo punya niat untuk masuk PTS, gak usah ngerasa malu atau minder karena semua universitas itu baik tergantung siapa yang bersekolah di sana. 

Nah, untuk informasi, ada beberapa universitas swasta terbaik di Sumatera seperti yang terletak di Kota Medan, Palembang, Padang, dan Lampung. Kalau elo penasaran informasi lebih lanjut mengenai universitas swasta di daerah tersebut, simak terus artikel ini sampai habis, ya!

5 Universitas Swasta Terbaik di Sumatera

Untuk elo yang berdomisili di Pulau Sumatera atau sekedar ingin melanjutkan studi di sana khususnya ke PTS, artikel ini merupakan sumber informasi yang tepat mengenai universitas swasta terbaik di Sumatera. 

Gue bakal bahas universitas swasta terbaik di Medan, seperti Universitas Medan Area dan Universitas Potensi Utama.

Selain itu, ada juga Universitas Bung Hatta yang merupakan universitas swasta terfavorit di Padang dan Universitas Bina Darma sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Palembang. 

Untuk yang mencari tahu universitas swasta di Lampung, gue bakal bahas mengenai Universitas Muhammadiyah Metro. Asik banget gak, tuh?

Nah, universitas-universitas swasta ini juga berhasil mendapatkan peringkat tinggi berdasarkan data dari Webometrics. Untuk informasi, webometrics merupakan situs pemeringkatan universitas tingkat dunia yang populer dan sering digunakan sebagai acuan data oleh DIKTI Kemendikbud. 

Oke, tanpa menunggu lama lagi, gue akan langsung bahas apa saja 5 universitas swasta terbaik di Sumatera. Check it out!

Universitas Medan Area

universitas swasta terbaik di sumatera
Universitas Medan Area (sumber foto: https://uma.ac.id)

Universitas Medan Area merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Sumatera, khususnya di Kota Medan. Dengan menduduki peringkat ke-58 se-Indonesia dan ke-4632 se-dunia, Universitas Medan Area atau yang biasa disingkat UMA berhasil menjadi PTS nomor 1 di Sumatera pada tahun 2021. 

UMA telah ada sejak 29 April 1983 dan kini dibagi menjadi dua kampus: kampus 1 berada di Jalan Kolam No. 1, Medan sedangkan kampus 2 berlokasi di Jalan Sei Serayu No. 70 A, Medan.

Hingga saat ini, kampus yang berlabelkan universitas swasta terbaik di Medan ini memiliki 7 fakultas dengan jenjang pendidikan sarjana sampai doktoral. Adapun list fakultas UMA sebagai berikut:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Isipol)
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Sains dan Teknologi
  • Fakultas Teknik

Kisaran biaya kuliah per semester di UMA adalah sebesar Rp7.000.000 – Rp9.500.000. Namun biaya ini belum termasuk biaya pendaftaran dan administrasi lain-lain. 

Selanjutnya, jika ingin mendaftar di UMA, elo bisa mengecek info pendaftaran di website resmi universitas tersebut.

Universitas Potensi Utama

universitas swasta terbaik di sumatera
Universitas Potensi Utama (sumber foto: https://potensi-utama.ac.id)

Selain UMA, Universitas Potensi Utama juga masuk ke dalam universitas swasta terbaik di Medan, Sumatera Utara. Kampus yang terletak di Jalan KL. Yos Sudarso KM 6,5 No. 3A, Medan ini menduduki peringkat 78 se-Indonesia dan 5213 se-dunia. 

Awalnya pada tahun 2003, Universitas Potensi Utama atau yang biasa disingkat UPU ini bernama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Potensi Utama yang kemudian di tahun 2014 berubah menjadi universitas.

UPU memiliki dua jenjang pendidikan yaitu sarjana dan magister yang kemudian dibagi menjadi beberapa fakultas, yaitu:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis 
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Seni dan Desain 
  • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Informasi mengenai info pendaftaran dan rincian biaya kuliah dapat langsung elo cari tahu dengan mengakses website atau email resmi Universitas Potensi Utama.

Universitas Muhammadiyah Metro

universitas swasta terbaik di sumatera
Universitas Muhammadiyah Metro (sumber foto: https://ummetro.ac.id)

Universitas Muhammadiyah Metro merupakan salah satu universitas swasta di Lampung. Universitas yang telah ada sejak 30 Mei 1967 ini berhasil meraih peringkat 190 se-Indonesia dan peringkat 7599 se-dunia. 

Universitas Muhammadiyah Metro yang merupakan universitas swasta di Lampung ini terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara No. 116, Iringmulyo, Lampung, dan telah memiliki 6 fakultas, sebagai berikut:

  • Fakultas Agama Islam
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Komputer

Estimasi biaya yang perlu elo siapkan jika ingin melanjutkan kuliah di universitas ini adalah sekitar Rp2.050.000 – Rp5.500.000 per semesternya. Universitas ini juga menyediakan jenjang pendidikan dari diploma hingga magister. 

Untuk info pendaftaran dan informasi lengkap lainnya dapat elo lihat di website resmi Universitas Muhammadiyah Metro.

Universitas Bina Darma

IMG_1388
Universitas Bina Darma (sumber foto: https://www.binadarma.ac.id)

Selanjutnya, gue bahas salah satu universitas swasta terbaik di Sumatera yang lokasinya berada di Kota Palembang, yaitu Universitas Bina Darma. Universitas yang terletak di kota pempek ini berhasil menduduki peringkat ke-199 di Indonesia dan ke-7991 di dunia. 

Universitas Bina Darma atau yang disingkat UBD sudah ada dari 28 Desember 1993 dan terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 3, 9/10 Ulu, Palembang. 

Dijuluki sebagai universitas swasta terbaik di Palembang, UBD menjadi salah satu rekomendasi PTS yang populer karena memiliki fasilitas memadai. 

Hingga kini, UBD memiliki 7 fakultas dari jenjang diploma hingga magister, dengan rincian sebagai berikut:

  • Fakultas Bahasa dan Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakuktas Psikologi
  • Fakultas Teknik

Estimasi biaya kuliah per semester di Universitas Bina Darma adalah Rp5.000.000 – Rp6.900.000, namun biaya ini belum termasuk biaya pendaftaraan dan lain-lain. 

Untuk informasi lebih lanjut, elo bisa langsung akses website resmi Universitas Bina Darma.

Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta (sumber foto: https://www.bunghatta.ac.id)

Universitas Bung Hatta merupakan salah satu universitas terbaik di Sumatera, khususnya di Kota Padang. Karena kualitas pendidikannya yang baik, Universitas Bung Hatta berhasil menduduki peringkat ke-418 se-Indonesia dan ke-13562 sedunia. 

Dengan predikat universitas terfavorit di Padang, universitas yang disebut UBH ini tercatat memiliki 7 fakultas, sebagai berikut:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Adapun estimasi biaya di semester 1 dan 2 di UBH adalah Rp6.000.000 – Rp7.000.000 tergantung jurusan yang dipilih. Sedangkan untuk semester 3 sampai 8 biaya kuliah akan berdasarkan jumlah SKS yang diambil.

Informasi lebih lengkap dapat elo lihat di website resmi Universitas Bung Hatta. 

Nah, Sobat Zenius, itu rekomendasi 5 universitas swasta terbaik di Sumatera. Kalau elo sudah yakin dan sudah menentukan pilihan mau kuliah di universitas yang mana, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri. 

Elo juga bisa cari-cari informasi terkait universitas-universitas tersebut dengan lebih lengkap melalui website resmi mereka, ya. Semangat!

Oh ya, kalau elo ingin tahu fakta-fakta tentang PTS bisa akses link Zenius – Fakta Mengenai PTS. Jangan lupa juga untuk kunjungi website Zenius untuk mendapatkan informasi seputar dunia pendidikan dan perkuliahan.

Penulis: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius

Bagikan Artikel Ini!