deskripsi ekor cicak

Bagaimana Ekor Cicak Bisa Tumbuh Lagi Setelah Terputus?

Artikel ini akan membahas tentang misteri di balik ekor cicak yang bisa tumbuh kembali setelah terputus. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Halo, pembaca setia Zenius! Pernah gak sih kamu merasa bingung mengenai hewan yang bisa menumbuhkan kembali ekor atau bagian tubuhnya yang terpotong seperti semula? Ada lho hewan yang seperti itu. Contoh yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah cicak. Hayoo.. siapa yang belum pernah melihat cicak sama sekali? Pasti sebagian dari kamu bakal menjawab udah, karena cicak sendiri merupakan hewan rumahan. Jadi, hampir di setiap rumah pasti ada cicak.

Kok cicak bisa menumbuhkan kembali ekornya yang telah putus ya. Gimana caranya sih?”

Coba kamu amati, adakah cicak di sekitarmu? Lalu, lakukan eksperimen kecil-kecilan bareng aku, yuk! Pertama, temukan cicak dan putuskan ekornya. Tapi, seringnya cicak akan memutuskan ekornya ketika dirinya merasa terancam. Simpan cicak tanpa ekor tersebut di dalam suatu wadah tertutup 一tapi beri oksigen juga ya pada wadahnya. Amati dalam beberapa hari hingga minggu ke depan. Lama-lama kamu akan melihat lagi bahwa ekor pada cicak tersebut udah tumbuh lagi. Nah lho, kenapa bisa gitu ya, guys? Oke, kita bahas penjelasannya di bawah ini ya!

Hewan yang Memutuskan Tubuhnya untuk Bertahan Hidup

deskripsi ekor cicak
Autotomi ekor cicak (sumber gambar: youtube.com/Animalogic)

Setiap hewan memiliki tingkah laku yang berbeda-beda dalam mempertahankan hidupnya dari serangan musuh. Ada yang menyemburkan bisa, menggigit, berubah warna, bersembunyi di balik cangkang, hingga yang memutuskan bagian tubuhnya. Nah, jenis hewan yang memutuskan bagian tubuhnya untuk bertahan hidup, antara lain:

Cicak

Cicak adalah salah satu hewan yang paling umum ditemukan di dinding rumah, karena ia termasuk predator yang memakan serangga kecil, seperti nyamuk. Karakteristik cicak umumnya berwarna abu-abu coklat, ada beberapa jenis cicak yang memiliki bintik-bintik hitam, memiliki ekor yang bentuknya pipih melebar. Cicak bertahan hidup dari serangan musuh dengan cara memutuskan ekornya atau disebut juga dengan autotomi kaudal.

Kepiting Batu Florida

Kepiting jenis ini juga melakukan autotomi atau memutuskan sebagian tubuhnya, yaitu capit. Kepiting ini dipanen dengan cara mencabut salah satu atau dua capitnya, kemudian dikembalikan lagi ke lautan. Tapi, gak seperti cicak yang persentase untuk meregenerasi ekornya besar. Dilansir dari Florida Fish and Wildlife Conservation Commission, kepiting batu hanya memiliki persentase 13% yang bisa meregenerasi capitnya.

Laba-laba

Pernah gak kamu memperhatikan laba-laba yang gak ada kakinya, tapi mereka masih hidup? Nah, memutuskan kaki adalah cara laba-laba bertahan hidup dari serangan musuh. Ketika kaki laba-laba disengat oleh lebah atau hewan lain, maka laba-laba akan memutuskan kaki yang terkena racun tersebut untuk bertahan hidup.

Apa Itu Autotomi?

Cara cicak dan hewan lain memutuskan bagian tubuhnya untuk bertahan hidup disebut dengan autotomi. Autotomi adalah taktik mengamputasi diri yang dilakukan oleh hewan-hewan tertentu untuk mengalihkan diri dari pemangsa dan melarikan diri. Selain itu, autotomi juga bisa dilakukan untuk menghambat pergerakan racun supaya gak menyebar ke bagian tubuh yang lain. 

Kamu pasti sering lihat cicak yang memutuskan ekornya ketika kamu atau adikmu menangkapnya. Dalam keadaan antara hidup dan mati itulah akhirnya cicak memutuskan ekornya. Meskipun udah putus, ekor cicak tetap akan bergerak-gerak hingga beberapa menit kemudian untuk mengalihkan musuh lho. Hal itu karena cicak memiliki medulla spinalis (bagian utama dari sistem saraf pusat) yang memanjang dari kepala hingga ekor. Saat ekor terputus dari tubuh cicak, maka medulla spinalis itu hanya rusak sedikit dan bisa menggerakkan ekor hingga beberapa menit. Pintar juga ya cicak! Hihihi.

Oh iya, untuk melakukan autotomi ternyata gak semudah itu, guys. Untuk bertahan hidup dengan cara memutuskan ekornya, cicak dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit. Mereka membutuhkan energi yang gak sedikit untuk mengembalikan kembali ekornya. Bahkan, setelah ekor tersebut kembali lagi dalam beberapa minggu, bentuknya gak akan sama persis seperti awalnya. Hmmm… sama halnya dengan manusia ketika diamputasi, tentu hasilnya gak akan sama persis seperti aslinya, bukan?

Mitosis pada Cicak

Ketika ekor cicak terputus, maka cicak bisa meregenerasi ekornya melalui mitosis. Setelah ekor terputus, maka setiap sel induk yang terdapat di ekor akan mulai membelah diri. Begitu seterusnya sampai akhirnya ekor cicak bisa tumbuh kembali.

mitosis pada ekor cicak
Ekor cicak bisa tumbuh kembali karena mitosis (sumber gambar: youtube.com/Smart Learning for All)

Apa itu mitosis? Sebelum menjawab, coba kamu amati dulu bagaimana kamu tumbuh dari bayi yang baru lahir sampai remaja seperti saat ini! Hal tersebut dikarenakan adanya pembelahan sel di dalam tubuh kita untuk membentuk sel yang baru. Nah, sel baru itulah yang nantinya akan membentuk sel baru lainnya, sehingga sel menjadi lebih banyak. Kalau sel menjadi lebih banyak, tentu tubuh juga akan mengalami peningkatan dan tubuh menjadi lebih tinggi.

Baca Juga Artikel Insight Lainnya dari Zenius

Kenapa Sarang Lebah Berbentuk Heksagonal?

Mana yang Duluan, Ayam atau Telur?

Pupuk Kandang Ayam, Sapi, dan Kambing, Apa Bedanya?

Mitosis adalah proses di mana sel-sel tubuh mengalami pembelahan, baik itu untuk pertumbuhan, perbaikan, penggantian, atau reproduksi aseksual. Sel induk yang membelah diri, selanjutnya akan menjadi dua sel baru yang identik lho, karena mereka memiliki bahan genetik yang sama persis. Begitu juga dengan cicak yang bisa mengembalikan ekornya dengan cara mitosis. Ekor baru yang udah tumbuh juga memiliki bentuk yang sama persis dengan aslinya kok, hanya saja warnanya lebih pucat dari ekor sebelumnya.

Kalau kamu penasaran tentang mitosis secara lebih rinci, bisa lho tonton video pembelajaran Zenius >> Fase Mitosis.

Tahapan Regenerasi Ekor Cicak

Cicak memerlukan waktu dan tahapan tertentu untuk bisa mendapatkan kembali ekornya yang telah hilang. Berikut adalah tahapan yang akan dilalui cicak dalam regenerasi ekornya menurut Yatim (1993) dalam buku Reproduksi dan Embriologi.

  1. Penyembuhan luka
    Tahapan pertama setelah ekor terputus, darah akan mengalir dari tubuh cicak untuk menutupi permukaan luka. Lalu, terbentuk scap yang sifatnya melindungi. Kemudian, epitel kulit akan menyebar di permukaan luka. Proses ini membutuhkan waktu sekitar dua hari supaya kulit menutup luka dengan sempurna.
  2. Penyembuhan jaringan
    Jaringan yang rusak akibat luka akan rediferensiasi dan menjadi bersifat muda kembali untuk membentuk jenis jaringan baru.
  3. Pembentukan blastoma
    Setelah jaringan diperbaharui, selanjutnya pembentukan blastoma pada permukaan bekas luka. Nah, kemungkinan scab yang ada udah terlepas.
  4. Morfologi dan rediferensiasi
    Terakhir yaitu rediferensiasi sel-sel yang disertai dengan poliferasi sel-sel blastoma. Sehingga, terbentuklah ekor baru.

Waktu yang Dibutuhkan Ekor Cicak untuk Kembali Tumbuh

Proses yang dibutuhkan cicak untuk bisa menumbuhkan lagi ekornya dimulai sejak ekor tersebut putus. Nah, kamu udah tau tahapan-tahapan regenerasi ekor cicak kan? Kira-kira dalam satu minggu kemudian, pertumbuhan udah terlihat dengan munculnya tunas ekor. Dari tunas itulah kemudian ekor tumbuh. Pada minggu ke 10-12, ekor baru udah terbentuk sempurna, namun gak sama persis seperti aslinya, baik dari segi warna ataupun bentuknya.

Untuk melihat gambaran dan penjelasan selanjutnya tentang autotomi selain pada cicak, kamu bisa nonton video ini:

Jadi, meskipun cicak bisa menumbuhkan kembali ekornya yang telah putus, mereka dalam melakukan regenerasi gak semudah itu, guys. Mereka membutuhkan energi yang sangat besar juga selama proses regenerasinya. Energi yang besar tentu saja diperoleh dari makanan yang banyak. Nah, kalau mereka gak dapat makanan yang banyak, apa yang akan terjadi? Yap, gak sedikit juga cicak yang mati sebelum ekornya tumbuh. Terlihat simpel, tapi taruhan mereka juga nyawa, guys.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini