aplikasi dan rumus kimia alkohol

Mengenal Rumus Kimia Alkohol

Artikel ini berisi penjelasan rumus kimia alkohol yang merupakan salah satu senyawa alkana, bukan termasuk dalam minuman keras ya. Simak penjelasan selengkapnya, yuk!

Salah satu senyawa yang umum di telinga masyarakat adalah alkohol. Manfaat yang ditawarkannya juga cukup banyak, mulai dari bidang transportasi, kesehatan, hingga kecantikan. Tentu saja, setiap bidangnya memanfaatkan alkohol dalam jenis dan bentuk yang berbeda. Sebenarnya alkohol itu apa sih? Bagaimana rumus kimianya? Lalu, apa saja jenis-jenisnya? Penasaran donk pastinya, so langsung saja baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Alkohol

Alkohol adalah istilah umum untuk semua senyawa organik yang memiliki gugus hidroksil (-OH). Alkohol termasuk dalam senyawa turunan alkana. Kamu masih ingat tentang alkana? Suatu rantai karbon panjang yang memiliki ikatan tunggal dengan atom H. Ketika satu atau lebih atom H diganti dengan gugus fungsi tertentu, maka akan membentuk senyawa turunannya. Jadi, kalau satu atau lebih atom H dari suatu senyawa digantikan oleh gugus fungsi -OH, maka akan menghasilkan senyawa alkohol.

aplikasi dan rumus kimia alkohol
Alkohol erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari, contohnya sebagai hand sanitizer (Foto oleh cottonbro dari Pexels)

Rumus Kimia Alkohol

Setelah kamu mempelajari pengertian dari alkohol, sekarang kamu juga perlu mengetahui rumus kimia alkohol. Ini dia rumus umum alkohol:

CnH2n+1OH

Contohnya bisa kamu lihat pada etanol yang memiliki rumus kimia C2H5OH. Coba kamu masukkan pada rumus di atas, n = 2. Hasilnya sama kan? Supaya makin paham, ada lagi nih rumus kimia untuk metanol, yaitu CH3OH. Kalau dimasukkan dalam rumus di atas, tentu hasilnya akan sama. Nah, seperti itulah rumus kimia alkohol.

Karakteristik Alkohol

Sebagai salah satu senyawa turunan alkana, alkohol juga memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu. Berikut ini adalah karakteristik alkohol:

  • Mudah terbakar.
  • Memiliki titik didih lebih tinggi dari alkana.
  • Mudah bercampur dengan air, karena lebih polar akibat adanya gugus -OH.
  • Bisa bereaksi dengan logam aktif, seperti natrium dan kalium.

Manfaat Alkohol bagi Kehidupan Sehari-hari

Di awal aku udah singgung sedikit tentang manfaat atau kegunaan dari alkohol dalam bidang transportasi, kesehatan, maupun kecantikan. Nah, berikut ini aku rangkum manfaat alkohol yang biasa ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Metanol

Metanol biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk, obat, pelarut, dan plastik. Yap metanol ini digunakan untuk membuat senyawa-senyawa lain, menjadi formaldehid, asam etanoat, metil ester. Nah, dari senyawa-senyawa itulah yang kemudian diubah menjadi suatu produk.

Etanol

Etanol biasa digunakan sebagai minuman beralkohol dengan kandungan umumnya 5% – 40% volume. Selain itu, etanol juga digunakan sebagai antiseptik, spirtus, dan berbagai pelarut senyawa organik yang tidak dapat larut dalam air.. Nah, kamu pernah mendengar bahkan menggunakan hand sanitizer, kan? Gel pembersih kuman dan virus itu juga berbasis alkohol lho, guys.

Gliserol

Gliserol digunakan sebagai bahan obat-obatan, pembuatan tinta, bahan bakar peledak, dan kosmetik. Dalam pembuatan obat-obatan, gliserol bisa digunakan untuk mengatasi konstipasi, batuk, dan kulit kering. Pada produk kecantikan, kamu pasti pernah melihat komposisi “gliserin atau glycerinekan? Itu juga termasuk jenis alkohol yang diekstrak dari lemak nabati. Fungsinya untuk melembapkan kulit dan menurunkan tekanan pada bola mata akibat glaukoma.

Etilen Glikol

Etilen glikol biasanya dijadikan sebagai antibeku dengan campuran sebesar 50%. Selain itu, etilen glikol juga digunakan sebagai bahan adhesif, bahan tambahan cat, emulsi aspal, cairan lem, dan lain-lain.

Itu dia penjelasan mengenai rumus kimia alkohol. Sekarang, kamu udah tau tentang pengertian, rumus kimia alkohol, karakteristik, dan manfaat alkohol bagi kehidupan sehari-hari kan? Nah, buat kamu yang mau belajar lebih tentang kimia, khususnya senyawa turunan alkana, langsung cek materi Senyawa Turunan Alkana di sini, yuk!

Baca Juga Artikel Lainnya

Ikatan Kovalen

Ikatan Kimia dan Jenisnya

Ikatan Logam