Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi – Materi Sosiologi Kelas 10

Cabang Ilmu Sosiologi Materi Kelas 10

Sejak kecil sampai sekarang, tentunya elo nggak asing sama yang namanya tetangga atau masyarakat. Meskipun elo anak rumahan, pasti pernah dong disuruh mama ke warung atau keluar rumah buat beli nasi goreng. Tanpa elo sadari, kegiatan-kegiatan sederhana di atas memberikan elo kesempatan buat berinteraksi dengan orang lain.

Dari interaksi tersebut, bisa saja elo merasakan hal yang positif, misalnya karena penjual nasi gorengnya ramah. Tapi, bisa saja di interaksi yang singkat itu justru timbul konflik karena ada pembeli lain yang nggak mau antre atau penjualnya lupa nggak ngasih elo uang kembalian. Nah, fenomena ini ternyata dipelajari di bangku sekolah melalui mata pelajaran Sosiologi.

Menurut Pitirim A. Sorokin, seorang Sosiolog kelahiran Rusia, sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang hubungan timbal balik dalam masyarakat dan gejala-gejala sosial, termasuk di dalamnya ada juga interaksi sosial. 

Tapi, ternyata sosiologi nggak cuma membahas interaksi kita dengan orang lain, lho! Pada intinya, karena objek yang dikaji oleh sosiologi itu masyarakat beserta perilakunya, maka ilmu ini bisa mempelajari hal-hal yang ada di masyarakat secara lebih spesifik. Misalnya, dari aspek agama, pendidikan, atau lingkungan tempat tinggal.

Oleh karena itu, nggak heran kalau Sosiologi tuh punya beberapa cabang ilmu dengan objek kajian yang berbeda-beda. Kalau elo nanya, “ada berapa cabang ilmu sosiologi?” Jawabannya nggak bisa dipastikan karena sosiologi itu luas banget dan di dalamnya juga ada banyak aspek-aspek kehidupan masyarakat.

Tapi jangan khawatir, gue sudah merangkum 8 cabang ilmu sosiologi yang paling sering dibahas. Ada apa aja? Yuk simak artikel ini sampai habis!

  1. Sosiologi Agama

Selama ini, kita umumnya belajar agama langsung dari kitab suci tanpa keraguan apapun kepada Tuhan. Oleh karena itu, biasanya ilmu agama itu sifatnya doktrinal (ajaran yang harus langsung diterima).

Namun, ternyata ajaran agama juga membentuk cara pandang, perilaku kita dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga identitas kelompok keagamaan tertentu. 

Jadi, sosiologi agama adalah cabang ilmu sosiologi yang belajar tentang bagaimana ajaran agama mempengaruhi pola pikir, perilaku, dan cara bertindak umatnya dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Sosiologi Pendidikan

Elo tahu ga, kalau pendidikan itu tidak hanya mengajarkan kita agar tahu berbagai ilmu pengetahuan. Namun, pendidikan juga mengontrol perilaku kita dengan berbagai ajaran budi pekerti serta mengajarkan bagaimana kita memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat.

Selain itu, institusi pendidikan juga berperan dalam mengatasi permasalahan sosial seperti mengurangi pengangguran dan tingkat anak putus sekolah. Oleh karena itu, pendidikan juga berhubungan erat sama masyarakat. Tidak heran kalau akhirnya lahir sosiologi pendidikan.

Sosiologi pendidikan adalah cabang ilmu sosiologi yang mempelajari bagaimana institusi pendidikan berperan dalam membentuk perilaku anak didiknya dan mengatasi permasalahan di masyarakat.
Contoh penerapan sosiologi pendidikan (Arsip Zenius)
  1. Sosiologi Pembangunan

Cabang ilmu sosiologi yang satu ini bakal mengajarkan kepada kita tentang bagaimana dampak pembangunan kepada masyarakat. Hal ini perlu dipelajari supaya pembangunan di negara kita tuh berjalan secara efektif dan efisien.

Kenapa harus efektif dan efisien? Soalnya, nggak selamanya pembangunan yang ada bisa berdampak positif ke kita. Terkadang, pembangunan justru bisa merusak keberadaan suatu budaya atau kelompok masyarakat yang udah ada turun temurun.

Oleh karena itu, sosiologi pembangunan membantu kita buat mengevaluasi dampak pembangunan dan mendorong partisipasi masyarakat biar pembangunan itu bisa bermanfaat buat banyak orang.

Baca juga: Kelompok Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11 SMA

  1. Sosiologi Politik

Sosiologi politik adalah cabang ilmu sosiologi yang mempelajari hubungan antara kita sebagai warga negara, dengan lembaga-lembaga politik yang mewakili kepentingan negara.

Nah, di sini elo bakal belajar hak dan kewajiban elo sebagai warga negara, misalnya hak untuk bebas buat menyampaikan pendapat dan kritik serta kewajiban buat turut memberikan suara saat pemilihan umum.

Sosiologi politik mempelajari hubungan warga negara dengan negara serta pelaksanaan hak-hak maupun kewajibannya.
Ruang lingkup dalam sosiologi politik (Arsip Zenius)
  1. Sosiologi Industri

Cabang ilmu sosiologi industri adalah bagian dari sosiologi yang mengkaji perkembangan masyarakat di era industrialisasi, kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi, dan konsumsi, serta bagaimana sistem ekonomi tersebut mempengaruhi keseharian mereka.

Nggak hanya itu, cabang ilmu sosiologi yang satu ini bakal ngajak elo mengamati perubahan kegiatan ekonomi masyarakat karena adanya industrialisasi. Misalnya, saat tahun 2010, mayoritas penduduk di Kota A bekerja sebagai petani. 

Tapi, pada tahun 2020, ternyata ada banyak yang beralih profesi jadi pedagang, sopir ojol, dan karyawan pabrik karena di lingkungannya sudah dibangun kawasan industri.

  1. Sosiologi Hukum

Kita semua pasti merasakan kalau perilaku kita sehari-hari tuh selalu bersinggungan dengan hukum. Baik hukum yang turun temurun di masyarakat, atau hukum yang dibuat negara. Namun, terkadang penerapan aturan hukum yang ada di undang-undang tuh beda lho sama kenyataan di masyarakat. 

Contohnya nih, kalau ada kasus pencurian. Dalam hukum Indonesia, pencurian tuh diancam hukuman pidana berupa penjara atau denda. Tapi, tidak jarang kita jumpai kasus ini diselesaikan dengan cara musyawarah dan pengembalian barang curian.

Nah, dari fenomena tersebut, kita sadar kalau hukum itu tidak cuma dipelajari dari aturan-aturan tertulis. Tapi, ada banyak praktik dalam masyarakat yang nggak sesuai hukum negara, dan itu nggak dipermasalahkan. Inilah yang dipelajari oleh sosiologi hukum.

Sosiologi hukum melihat bahwa penegakan hukum dalam masyarakat tidak selalu sama dengan apa yang diatur dalam aturan perundang-undangan.
Sosiologi hukum adalah cabang ilmu sosiologi yang mempelajari penerapan hukum di masyarakat (Arsip Zenius)
  1. Sosiologi Keluarga

Ngomongin soal keluarga, tentu elo sangat familiar dengan keberadaan kakak, adik, ayah, dan ibu atau yang biasa disebut keluarga inti. Tapi, ternyata nggak semua keluarga tuh diisi oleh 4 peran itu, lho. Ada juga keluarga yang isinya cuma ayah dan anak atau ibu dan anak. 

Selain itu, ternyata, hubungan keluarga di Indonesia dan Eropa tuh beda lho! Di negara kita, hubungan tiap anggota keluarga cenderung memandang usia dan peran. Misalnya, kita diajarkan untuk memanggil “kak” kepada saudara yang lebih tua. 

Lain halnya di Amerika Serikat, di mana memanggil kakak kandung dengan namanya langsung merupakan hal yang sangat lumrah. Nah, hal-hal yang kayak gini bakal elo pelajari di Sosiologi Keluarga.

  1. Sosiologi Pedesaan

Sosiologi pedesaan adalah cabang ilmu sosiologi yang belajar tentang struktur organisasi, perilaku masyarakat, status sosial, karakter masyarakat, dan bagaimana perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat pedesaan.

Selain itu, sosiologi pedesaan juga belajar tentang masalah-masalah yang sering muncul dalam masyarakat. Misalnya, tingginya tingkat pernikahan dini, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, atau tingginya angka buta huruf. 

Kebalikan dari sosiologi pedesaan adalah sosiologi perkotaan yang mengkaji permasalahan masyarakat kota.

Baca juga: Stratifikasi Sosial: Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Nah, itu tadi penjelasan yang bisa gue kasih terkait cabang-cabang ilmu sosiologi. Elo bisa nyimak penjelasan di atas dalam versi video dengan cara klik banner di bawah ini.

Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi - Materi Sosiologi Kelas 10 9

Contoh Soal

Setelah belajar cabang-cabang ilmu sosiologi dan nonton video pembelajarannya, tentu nggak seru rasanya kalau elo belum coba ngerjain contoh soal. Oleh karena itu, gue kasih elo tantangan buat jawab 2 soal di bawah ini. Yuk coba kerjain!

  1. Ana tinggal di suatu desa terpencil di pinggiran hutan yang kehidupan masyarakatnya sangat tradisional. Bahkan, akses pendidikan yang sulit dijangkau karena letaknya jauh, membuat banyak generasinya buta huruf. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai pemburu, petani, dan pengrajin anyaman khas desa itu. Setiap seminggu sekali, sebagian besar warga desa memberikan persembahan kepada leluhur melalui serangkaian ritual turun temurun. Meskipun di desa itu terdapat beberapa orang dengan kepercayaan yang berbeda-beda, namun mereka tidak mempermasalahkan adanya ritual tersebut. Malahan, mereka hidup berdampingan secara damai.

Cabang ilmu sosiologi yang bisa kita pakai buat mempelajari kehidupan sosial di desa Ana menurut ilustrasi di atas adalah….

a. Sosiologi agama, sosiologi pembangunan, sosiologi pendidikan

b. Sosiologi pendidikan, sosiologi industri, sosiologi keluarga

c. Sosiologi pendidikan dan sosiologi agama

d. Sosiologi pedesaan, sosiologi agama, dan sosiologi pendidikan.

Jawaban: d

Pada ilustrasi di atas, elo bisa menemukan 3 masalah pokok, yakni kehidupan masyarakat yang masih tradisional beserta dengan perilaku mereka, lalu sulitnya akses pendidikan sehingga banyak warga menjadi buta huruf, dan tindakan toleransi antarwarga yang berbeda kepercayaan. Nah, ketiga masalah di atas merupakan objek kajian sosiologi pedesaan, sosiologi pendidikan, dan sosiologi agama.

2.  Berikut merupakan cabang ilmu sosiologi, kecuali…

a. Sosiologi pedesaan

b. Sosiologi kesehatan

c. Sosiologi perkotaan

d. Sosiologi individu

Jawaban: d

Sebagaimana yang udah gue jelasin di atas, sosiologi itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Nah, objek kajiannya luas banget, bisa dari segi agama, pendidikan, kehidupan pedesaan, hukum, bahkan dari aspek kesehatan masyarakat suatu daerah. Tapi, sosiologi tidak mengenai kehidupan seseorang sebagai makhluk individu. Oleh karena itu, tidak ada yang namanya sosiologi individu.

Baca juga: Sistematika Penulisan Laporan Penelitian dan Tujuannya – Materi Sosiologi Kelas 10

Gimana, apakah elo bisa jawab kedua soal di atas dengan benar? Kalau belum, yuk scroll dan baca lagi materinya. Selain itu, elo bisa nonton video ini buat ningkatin pemahaman elo tentang sosiologi:

Definisi Sosiologi

Nah, elo kan udah belajar tentang apa itu sosiologi dan cabang-cabang ilmunya, pastinya elo mau tahu dong gimana penerapan tiap cabang ilmu itu dalam kehidupan masyarakat, tokoh-tokoh sosiologi, dan cara meneliti masyarakat melalui ilmu ini.

Elo bisa mempelajari semua hal itu dengan cara download aplikasi Zenius, daftar, dan pilih paket belajar yang cocok di sini Nanti bakal ada tutor-tutor asik yang bakal bikin elo semangat belajar. Eits, nggak ketinggalan juga ribuan contoh soal yang bakal ngebantu banget buat elo mempersiapkan ujian. Yuk gabung sekarang!

Ditulis oleh: Ardalena Romantika (Bagian dari Kampus Merdeka)

Editor: Achmad Haikal Kurniawan

Referensi:

Zenius – Materi Belajar

Nora Susilawati – Sosiologi Pedesaan

Dr. Fithriatus Shalihah, S.H,. M.H – Sosiologi Hukum

Achmad Faesol, M.Si – Diktat Sosiologi Agama

Bagikan Artikel Ini!