Apa itu Bintang? Mengenal Bentuk, Manfaat, dan Nama-Namanya

Apa itu Bintang? Mengenal Bentuk, Manfaat, dan Nama-Namanya

Mengenal tentang apa itu bintang, bagaimana bentuknya, apa manfaatnya, dan nama-nama beserta artinya. Simak selengkapnya di sini, ya!

Kata “bintang” sering digunakan dalam lagu. Dari lagu kanak-kanak, seperti Bintang Kecil karya R. Geraldus Daljono sampai lagu dewasa, seperti lagu Bintang di Surga karya group band Peterpan.

Ilustrasi lagit malam (Dok. Jeremy Thomas via Unsplah)
Ilustrasi lagit malam (Dok. Jeremy Thomas via Unsplah)

Waktu kecil mungkin elo juga sering dinyanyikan lagu Bintang Kecil sama orang tua atau kakak elo sambil nunjukin benda berkelip-kelip yang ada di langit malam. Saking jauhnya bintang, yang bisa kita lihat memang hanya titik-titik bercahaya saja di langit, bentuk aslinya tidak jelas.

Sering memandangi bintang semenjak kecil, elo sudah tahu belum nih kalau ternyata, bentuk bintang itu ada tiga macam? Iya, beneran tiga macam. Apa saja ya? Yuk, cari tahu lebih banyak tentang apa itu bintang, macam bentuknya, manfaatnya yang lebih dari hanya menghiasi angkasa, hingga nama-nama dan artinya!

Apa itu Bintang?

Kalau elo mendengar kata bintang, apa sih yang terlintas di pikiran elo?

View Results

Loading ... Loading ...

Pasti sebagian dari elo ada nih yang langsung kepikiran atau membayangkan kalau bintang itu benda bercahaya di langit malam. Itu bener banget, Sobat. Tapi, nggak semua benda yang terlihat seperti titik-titik kecil bercahaya di langit malam itu bintang, lho. Ada juga planet Sobat.

Ilustrasi planet dan bintang (Arsip Zenius)
Ilustrasi planet dan bintang (Arsip Zenius)

Gimana cara bedainnya ya?

Untuk mencari jawabannya, kita tengok dari pengertian bintang dulu ya.

Menurut Britannica Kids, pengertian bintang adalah bola gas yang berukuran besar dan bercahaya. Bintang-Bintang ini tinggal-nya berkelompok gitu, membentuk apa yang kita sebut galaksi. 

Galaksi Andromeda, galaksi yang kita lihat di langit malam contohnya. memiliki kumpulan bintang yang jumlahnya sekitar satu triliun.

Ilustrasi galaksi andromeda (Adam Evan via https://creativecommons.org/licenses/by/2.0)
Ilustrasi galaksi andromeda (Adam Evan via https://creativecommons.org/licenses/by/2.0)

Tapi, seperti yang dilaporkan pada artikel Zenius sebelumnya, menurut NASA galaksi kita, galaksi Bima Sakti atau Milky Way spesial karena hanya memiliki satu bintang. Bintangnya tiada lain adalah matahari. Kok bisa ya? Elo bisa cek alasannya di artikel Zenius yang berjudul Mengenal Matahari, Bintang Pusat Tata Surya, ya.

Salah satu hal istimewa yang membedakan bintang dari benda-benda langit lainnya, seperti planet, bulan, dan asteroid, adalah kemampuannya untuk menghasilkan cahaya. Encyclopedia Britannica pun mengartikan bintang sebagai semua benda-benda gas di angkasa yang karena energi internalnya dapat menghasilkan cahaya.

Ilustrasi bintang bercahaya (Dok. Alexander Andrews via Unsplah)
Ilustrasi bintang bercahaya (Dok. Alexander Andrews via Unsplah)

Energi seperti apa sih yang bisa menghasilkan cahaya pada bintang? 

Menurut National Geographic, bintang adalah benda langit besar yang menghasilkan cahaya dan panas dari reaksi fusi nuklir komponen utamanya, yaitu hidrogen yang berubah menjadi helium. 

Dari pengertian di atas, kita bisa mengetahui kalau energi yang menghasilkan cahaya dan panas pada bintang merupakan energi yang dihasilkan dari reaksi fusi nuklir, Sobat. 

Bintang sendiri terdiri dari berbagai macam gas, seperti nitrogen, oksigen, besi, hidrogen dan helium. Tapi jumlah gas yang paling mendominasi adalah hidrogen (H) dan helium (He). Sehingga pada umumnya unsur bintang yang paling dikenal oleh orang adalah kedua gas tersebut.

Ilustrasi unsur Hidrogen dan Helium (Arsip Zenius)
Ilustrasi unsur Hidrogen dan Helium (Arsip Zenius)

Ngomong-ngomong soal unsur bintang nih ya. Menurut pengumuman dari Cool Cosmos, mengunjungi sebuah bintang saat ini masih merupakan hal yang mustahil karena belum ada teknologi yang mendukung perjalanan sejauh triliunan kilometer. Tapi, kalau belum pernah mengunjungi bintang, kok bisa ya saat ini kita sudah bisa mengetahui unsur-unsurnya?

Ternyata ada cara kerennya, Sobat! Elo bisa cari tahu dengan menonton video Zenius di bawah ini, ya.

Video: Gimana Mengetahui Unsur Yang Ada Di Bintang

 Gimana Mengetahui Unsur Yang Ada Di Bintang

Gimana? Sudah nonton videonya belum nih? Keren ya, setiap unsur bisa menghasilkan warna-warna pelangi yang berbeda-beda gitu!

Nah, tadi kan kita bertanya-tanya nih, gimana bedain bintang dan planet ketika kita melihat di langit malam? Ternyata cukup mudah, Sobat. Menurut sebuah museum tempat studi astronomi dan astrofisika di Amerika, The Adler Planetarium, kuncinya adalah “Bintang berkelip-kelip dan planet tidak.”

Ilustrasi bintang berkelip, planet tidak (Arsip Zenius)
Ilustrasi bintang berkelip, planet tidak (Arsip Zenius)

Jadi, kalau titik yang elo amati itu berkelip, maka benda langit itu adalah bintang. Hal itu terjadi karena jarak bintang yang sangat lebih jauh dibandingkan planet. Cahaya bintang pun masuk, memantul dan menabrak lapisan-lapisan atmosfer bumi.

Baca Juga

Kenapa Langit Berwarna Biru – Teori Rayleigh

Apa Fungsi Fusi Nuklir dari Matahari Buatan China?

Bagaimana Bentuk Bintang? Apakah Berbentuk Bola Saja? 

Pasti hampir semua dari elo kalau menggambar bintang menggunakan bentuk segi lima runcing seperti di bawah ini, bukan?

Ilustrasi bentuk bintang segi lima (Arsip Zenius)
Ilustrasi bentuk bintang segi lima (Arsip Zenius)

Sebenarnya, bentuk bintang itu seperti apa sih? 

Kalau kita menengok pengertian bintang versi Britannica Kids tadi, bintang itu digambarkan sebagai sesuatu yang berbentuk bola. Memang betul, Sobat pada umumnya bintang berbentuk bulat sempurna atau hampir sempurna karena adanya tarikan gravitasi yang bekerja ke segala arah.

Ilustrasi matahari, bintang berbentuk bola (Dok. NASA via Public Domain)
Ilustrasi matahari, bintang berbentuk bola (Dok. NASA via Public Domain)

Tapi, menurut Davidson Institute of Science Education (2016), ada juga lho ternyata bentuk bintang yang pipih dan berbentuk seperti kacang walaupun jarang.

Bintang yang berbentuk pipih sebenarnya berawal dari bintang yang berbentuk bola juga. Tapi, karena putarannya yang sangat cepat, lama kelamaan ia kehilangan sebagian massa nya dan bentuknya pun memipih. 

Menurut pengumuman dari ESO (2003), Achernar merupakan bintang terpipih yang ditemukan oleh astronom melalui pengamatan di European Southern Observatory pada tahun 2002.

 Ilustrasi bintang Achernar (Dok. Pablo Carlos Budassi via https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)

Ilustrasi bintang Achernar (Dok. Pablo Carlos Budassi via https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)

Yang terakhir adalah bentuk bintang yang menyerupai kacang. Bentuk ini terjadi ketika dua bintang biner saling menyentuh dan gas-gas masing-masing bintang bercampur di antara kedua inti bintang.

Ilustrasi bintang berbentuk kacang (Dok. NASA via Public Domain)
Ilustrasi bintang berbentuk kacang (Dok. NASA via Public Domain)

Baca Juga

Mengenal Apa itu Bintang Neutron, Si Kecil-kecil Cabe Rawit

Manfaat Bintang 

Seperti dilansir dari National Geographic (2019), pada zaman dahulu, orang-orang mempelajari letak bintang untuk keperluan menentukan musim bertani dan memetakan jalur pelayaran, Sobat.

Saat ini, menunjukan arah merupakan salah satu manfaat bintang yang masih sering digunakan. Misalnya, sebuah rasi bintang, Konstelasi Salib Selatan dapat digunakan untuk menemukan arah Selatan jika elo berada di Belahan Bumi Selatan.

Ilustrasi Konstelasi Salib Selatan (Dok. United State Army via Public Domain)
Ilustrasi Konstelasi Salib Selatan (Dok. United State Army via Public Domain)

Untuk orang-orang yang berada di Bagian Bumi Utara bisa menggunakan bintang Polaris atau Bintang Utara. Menurut The Natural Navigator, jika kita menunjuk ke arah titik di cakrawala di bawah Bintang Utara, maka sama dengan menunjuk ke arah Utara.

Ilustrasi Polaris (Dok. NASA via Public Domain)
Ilustrasi Polaris (Dok. NASA via Public Domain)

Nama-Nama Bintang dan Artinya 

Bintang-bintang di langit terkenal dengan namanya yang indah-indah. Selain indah, mereka juga memiliki artinya masing-masing. Berikut beberapa contoh nama bintang dan artinya.

Ilustrasi bintang-bintang di langit (Dok. Mathias Krumbholz via https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)
Ilustrasi bintang-bintang di langit (Dok. Mathias Krumbholz via https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)
Nama BintangAsal BahasaArti
PolluxYunaniKebaikan
AltairArabTerbang
CaelumLatinSurga
DracoLatinUlar besar
SiriusYunaniBersinar
BellatrixLatinPejuang wanita

Penutup 

Setelah membaca artikel ini, pasti elo mendapatkan informasi baru terkait apa itu bintang, bukan? Mulai dari pengertiannya, macam bentuknya, manfaat, hingga beberapa arti nama-nama bintang. Semoga apa yang gue bagikan kali bisa menambah wawasan elo tentang keadaan di luar angkasa ya.

Kalau Sobat Zenius ingin memperdalam wawasan di materi lainnya, kalian bisa coba dengan berlangganan paket belajar Zenius! Klik gambar di bawah ini ya, dijamin belajar kalian juga bakal makin seru!
 
SKU-BELI-PAKET-BLJR-1
 

Sekian dari gue, see you in the next article!

Referensi

Everything You Wanted to Know about Stars – National Geographic (2021)

How To Identify Planets in the Night Sky – Adler Planetarium (2020)

How to Navigate Using the Stars – The Natural Navigator (2021)

Star – Britannica Kids (2022)

Star – Encyclopædia Britannica (2021)

Use the Southern Cross to Find Due South: Favorite star patterns – EarthSky (2017)

Why are Stars Spherical? – Davidson Institute of Science Education (2016)

Bagikan Artikel Ini!