Tujuan dan Negara Anggota Pakta Warsawa – Materi Sejarah Kelas 12

Anggota pakta warsawa zenius education

Halo, Sobat Zenius! Sebelum membahas pengertian, tujuan, dan negara anggota Pakta Warsawa, gue mau sedikit cerita tentang Perang Dingin.

Elo pasti pernah nonton film Toy Story (1995) dong pastinya? Di cerita tersebut, ada seorang anak laki-laki bernama Andy yang memiliki mainan cowboy bernama Woody. Nah, nggak lama kemudian, Andy ulang tahun dan mendapatkan hadiah berupa mainan baru yang diberi nama Buzz Lightyear. Buzz menjadi mainan yang sangat disukai oleh Andy, hal itu membuat Woody cemburu. Gitu kan ya ceritanya? Coba elo ingat-ingat lagi atau bisa deh nonton filmnya lagi sambil nostalgia.

ilustrasi toy story zenius
Ilustrasi film Toy Story, 1995 (Dok. Flickr)

Di balik film Toy Story, ternyata ada cerita menarik yang akan disampaikan nih, guys. Film ini kan release pada tahun 1995, di mana saat itu mendekati masa keruntuhan Uni Soviet pada Perang Dingin. Jangan elo mikir yang namanya perang ya pasti dampaknya negatif mulu. Ada dampak lain yang bisa dibilang positif, salah satunya perubahan budaya menjadi lebih modern atau pop culture lah ya, termasuk dalam hal mainan. Yang awalnya mainan hits itu sejenis Woody, kemudian menjadi lebih modern dan berbau scientist seperti Buzz.

Oke oke, sekilas aja deh bahas Toy Story-nya. Kita langsung singgung mengenai Perang Dingin aja dulu sebagai pengantar untuk membahas Pakta Warsawa.

Sekilas Tentang Perang Dingin

Hmm …. Maksud dari Perang Dingin itu yang perangnya pas lagi musim dingin dan bersalju ya? Eh, atau gimana sih?

Bukan gitu konsepnya. Analoginya gini, elo pernah berantem sama teman tapi bukan berantem fisik semacam pukul-pukulan gitu, nggak? Jadi, berantemnya nggak hanya saling diam, blokir nomornya, nggak saling ketemu. Tapi, antar teman (teman elo dan temannya) juga saling cekcok, dan kontak fisik lainnya, semacam membela kali ya ceritanya. Nah, itu contohnya Perang Dingin. Jadi, elo yang punya masalah, tapi orang lain yang berantem pukul-pukulan gitu.

Ceritanya gini, setelah Perang Dunia II, muncul dua negara adidaya, yaitu Amerika Serikat dengan ideologi liberal kapitalis dan Uni Soviet dengan ideologi komunis. Kedua ideologi tersebut saling bertentangan. Akhirnya keduanya saling berantem, tapi nggak pukul-pukulan gitu ya, guys. Simpelnya bisa diartikan gini.

“Perang Dingin yaitu perang yang nggak terjadi konflik langsung, jadi perang dengan konflik langsungnya itu terjadi di negara lain, seperti Ethiopia, Korea, Angola, dan Vietnam.

Nah, untuk mendukung proses berantemnya, kedua negara adidaya ini saling membentuk geng. Geng Amerika Serikat dikenal dengan nama Blok Barat, sedangkan geng Uni Soviet dikenal dengan nama Blok Timur.

Ilustrasi pembagian blok barat dan timur
Ilustrasi pembagian blok barat dan timur (Arsip Zenius).

Masing-masing kubu tersebut saling unjuk kekuatan militer. Melihat kekuatan militer Blok Barat semakin kuat dengan adanya Jerman Barat yang bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Blok Timur nggak mau kalah. Maka, Blok Timur membentuk organisasi serupa, yaitu Pakta Warsawa.

Baca Juga: Konsep Perang Dingin atau Cold War – Materi Sejarah Kelas 12

Apa Itu Pakta Warsawa?

Pakta Warsawa zenius education
Pakta Warsawa (Dok. NATO)

Lalu, apa sih pengertian Pakta Warsawa?

“Pakta Warsawa (Warsaw Pact) adalah aliansi atau perjanjian militer antar negara Blok Timur di Eropa Timur yang digagas oleh Uni Soviet sebagai bentuk reaksi atas bergabungnya Jerman Barat ke dalam NATO pada 1955 berdasarkan Pakta Paris 1954.”

Pakta ini secara resmi disebut dengan Warsaw Treaty of Friendship, Cooperation, and Mutual Assistance (Pakta Warsawa tentang Persahabatan, Kerjasama, dan Bantuan Bersama). Dari perjanjian inilah kemudian muncul organisasi bernama Pakta Warsawa.

Perjanjian ini dirancang oleh Nikita Khrushchev pada 1955 dan ditandatangani di Warsawa, Polandia pada 14 Mei 1955. Aliansi ini punya markas besar. Yap, markas besar Pakta Warsawa ada di Moskow atau Moskwa, ibu kota Uni Soviet.

Tujuan Pakta Warsawa

Tujuannya dibentuk Pakta Warsawa itu apa sih? Tentu saja untuk mengorganisasikan diri atau persiapan terhadap potensi ancaman dari aliansi militer Blok Barat. Meskipun Pakta Warsawa ini punya tujuan utama, yaitu keinginan Uni Soviet untuk mempertahankan kendali atas kekuatan militer di Eropa Tengah dan Timur.

Anggota Pakta Warsawa

Hmm … kira-kira siapa ya pemimpin dan anggota Pakta Warsawa ini? Mudah ditebak. Karena digagas oleh Uni Soviet, maka jelas ya kalau pemimpin Pakta Warsawa adalah Uni Soviet.

Logo anggota pakta warsawa zenius education
Logo Pakta Warsawa (Dok. Wikimedia Commons)

Nah, Uni Soviet ini didukung oleh beberapa negara, yaitu:

  1. Polandia
  2. Albania
  3. Bulgaria
  4. Cekoslowakia
  5. Hongaria
  6. Jerman Timur
  7. Rumania

Pasukan Pakta Warsawa nggak bisa dianggap enteng. Pasukan ini menggabungkan kekuatan militer yang sangat besar, seperti tank besar dengan jumlah mencapai 53.000 dari Uni Soviet dan 12.000-15.000 dari Eropa Timur. Pokoknya, perhimpunan kekuatan anggota Pakta Warsawa sangat kuat dan solid.

Baca Juga: Leonid Brezhnev, Pemimpin Uni Soviet yang Mengirim Pasukannya ke Afghanistan

Runtuhnya Pakta Warsawa

Sebenarnya, Pakta Warsawa ini dinyatakan berakhir pada tanggal 25 Februari 1991. Namun, baru resmi dibubarkan pada tanggal 1 Juli 1991. Hal ini bersamaan dengan gelombang revolusi demokratis di Eropa Timur, sekaligus bubarnya Uni Soviet. Lho, memangnya kenapa dan apa hubungannya dengan runtuhnya Pakta Warsawa?

Gini lho, guys. Alasan pertama kenapa Pakta Warsawa runtuh, yaitu aliansi ini hanya berperan sebagai sandaran bagi rezim komunis Eropa Timur. Secara logika, yang namanya sandaran itu kan harus kuat ya, sedangkan dukungan rakyat di setiap negara anggota Pakta Warsawa itu sangat kecil.

Alasan kedua, orang-orang non komunis di negara anggota Uni Soviet terlalu berkuasa. Hal itu membuat pengaruh Pakta Warsawa semakin melemah.

Alasan ketiga ini datang dari internalnya. Permusuhan internal menjadi penyebab runtuhnya Pakta Warsawa.

Alasan keempat agak lucu sebenarnya, karena justru tuan rumah markas besar Pakta Warsawa, yaitu Moskow yang meninggalkan Pakta tersebut. Kenapa? Karena, dipicu oleh faktor ekonomi akibat menanggung beban pengeluaran militer yang sangat besar.

Supaya elo makin paham sama penjelasan di atas, langsung meluncur ke video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini deh!

Reformasi Indonesia

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Dibentuknya NATO – Materi Sejarah Kelas 12

Contoh Soal Tentang Anggota Pakta Warsawa

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi di atas, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan tentang Pakta Warsawa yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cekidot!

Contoh Soal 1

Perang Dingin disebut “dingin” karena ….

a. Amerika Serikat dan Uni Soviet selalu berperang dengan kepala dingin

b. Melibatkan banyak kedinginan antara hubungan Soviet dan Amerika Serikat

c. Dimulai pada musim dingin 1945

d. Nggak ada konfrontasi secara langsung antara Amerika Serikat dan Uni Soviet

e. Peperangan berlangsung di tempat yang dingin seperti Antartika dan Kutub Utara

Jawab: d. Nggak ada konfrontasi secara langsung antara Amerika Serikat dan Uni Soviet

Pembahasan: Perang Dingin itu bukan yang perang berantem secara fisik pakai senjata gitu, bukan. Melainkan beneran dingin. Sok-sokan cool seperti nggak terjadi apa-apa, padahal di balik itu keduanya saling menyusun rencana untuk saling mengalahkan.

Contoh Soal 2

Di bawah ini yang merupakan negara-negara dalam Pakta Warsawa, kecuali ….

a. Hungaria

b. Polandia

c. Jerman Timur

d. Estonia

e. Rumania

Jawab: d. Estonia

Pembahasan: Negara yang tergabung dalam Pakta Warsawa ada 7. Meskipun daerahnya termasuk dalam Uni Soviet, namun Estonia saat itu bernama Republik Sosialis Soviet Estonia (RSS Estonia). Jadi, Estonia bukan sebuah negara, melainkan wilayah bagian administrasi di bawah Uni Soviet. Ya semacam provinsi yang terdapat di Indonesia gitu.

Contoh Soal 3

Nah, di contoh soal ketiga ini, gue nggak akan memberikan pembahasan, karena gue ingin elo yang menjawabnya di kolom komentar. Ini dia pertanyaannya.

Apa pengaruh pakta warsawa bagi bangsa Indonesia?

Jadi, yuk kita berdiskusi!

Baca Juga: Paham Komunisme itu Gimana sih?

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang pengertian, tujuan, keruntuhan, dan anggota Pakta Warsawa? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Referensi

What Was The Warsaw Pact? –  NATO

Warsaw Pact – Britannica

Bagikan Artikel Ini!