Konsep Perang Dingin atau Cold War – Materi Sejarah Kelas 12

perang dingin

Apa yang terlintas di benak elo ketika mendengar cold war? Perang Dingin Amerika dan Uni Soviet? Yap, itu salah satunya. Selain itu, gue mau mengajak elo semua buat membahas latar belakang, sejarah serta peta konsep Perang Dingin dalam artikel kali ini

Jika dilihat gambaran besar sejarah Perang Dingin, setelah Perang Dunia II berakhir (PD II), Perang Dingin terjadi. Pada PD II, Amerika dan Uni Soviet menjadi sekutu bersatu untuk mengalahkan Jerman, Jepang, dan Italia.

Hasilnya, Jerman dan Jepang kalah. Bahkan, Jepang harus menyerah setelah mencicipi dahsyatnya bom atom di dua kota dalam rentang beberapa hari saja.

Baca juga:

Mengapa Jerman Kalah di Perang Dunia II?

Kenapa Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Atom di Jepang?

Perang Dingin bisa dibilang fenomena yang unik dibandingkan perang-perang sebelumnya karena.. hayo karena apa? Coba tebak dulu deh dari namanya, Perang Dingin kira-kira itu apa ya?

Apa itu Perang Dingin?

View Results

Loading ... Loading ...

Apa itu Perang Dingin

Perang Dingin US dan USSR
Pendahuluan Perang Dingin (Dok: Zenius Education)

Apa, sih, sebenarnya Perang Dingin itu? Apakah perang yang meletus pas lagi musim dingin? Atau kejadiannya di tempat yang dingin?

Yah singkatnya, Perang Dingin adalah perang antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet (USSR) yang terjadi karena perbedaan ideologi tanpa konfrontasi langsung. Jadi ya bisa dibilang hubungan mereka dingin-dingin tegang kan ya tapi nggak ada berantem kontak fisik langsung. 

Nggak ada tuh timah panas dan dentuman bom antara dua pihak tersebut. Makanya, perang ini terkesan dingin tanpa baku hantam secara langsung.

Lah kalo gitu perangnya gimana dong? Untuk menjawab itu, yuk kita lanjut ke konsep politik Perang Dingin.

Nah, sebelum membahas konsep Perang Dingin, elo wajib tahu, nih, kalau aplikasi Zenius menyediakan beragam fitur menarik yang menunjang kegiatan belajar elo!

Lho emangnya ada apa saja? Komplit banget di aplikasi! Ada contoh soal, adu otak lewat ZenCore, hingga materi video pembelajaran dari setiap mata pelajaran.

Elo tinggal klik banner di bawah ini buat download aplikasinya secara gratis!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Konsep Politik Perang Dingin

Berhubung perang ini nggak dilakukan secara langsung, ada konsep politik yang diimplementasikan selama perang berlangsung.

Nah, sebenarnya konsep-konsep politik ini bisa dibahas menjadi tiga bagian yaitu Brinkmanship, Game Theory, dan Geopolitik. Yuk, kita bahas satu-satu secara singkat.

Brinkmanship

Sebenarnya apa sih brinkmanship itu? Coba kita cek bareng-bareng melalui kamus bahasa Inggris.

Definisi brinkmanship menurut Kamus Cambridge
Definisi brinkmanship menurut Kamus Cambridge

Dari definisi di atas bisa kita simpulkan bahwa brinkmanship dapat diartikan sebagai sebuah kebijakan politik untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan dengan mengancam akan melakukan suatu hal yang berbahaya kalo nggak dapat apa yang diinginkan. 

Contoh brinkmanship yang paling dikenal adalah Krisis Misil Kuba yang bisa dibaca di artikel “Awal Mula Krisis Misil Kuba dan Berakhirnya, Hampir Mengancam Dunia!”.

Singkat cerita, Uni Soviet ingin AS tidak menyerbu Kuba. Untuk mengancam AS, USSR meletakkan beberapa misil balistik berukuran sedang lengkap dengan hulu ledak nuklir yang tentunya bisa menghancurkan kota-kota penting Amerika dalam waktu yang singkat. Wuow… serem ya.

Game Theory

Game Theory adalah studi model matematis tentang interaksi strategis untuk mengambil keputusan yang rasional.

Dengan kata lain, ini adalah alat analisis untuk memahami gerak politik kedua kubu yang berakar dari pertimbangan dilematis, dan merumuskan teori mengapa kedua kubu sulit mengakhiri konflik. Maksudnya gimana tuh?

Intinya, game theory itu ngeliat berbagai kemungkinan dan situasi yang terjadi pada suatu interaksi supaya bisa ngambil keputusan. Kalo di perang dingin, misalnya nih Uni Soviet punya pilihan untuk pakai serangan nuklir atau nggak.

Terus kira-kira jadi kayak gini gambarannya. Wah gila sih kalo Uni Soviet dan USA beneran memutuskan buat perang nuklir dan balas-balasan, nggak ada habisnya deh kerugian yang diderita dua negara itu.

perang dingin
Game Theory by Cornell University

Nah, di dalam teori ini nggak cuma digunakan di Perang Dingin saja. Contohnya ada nih dari Britannica. Misalnya ada dua orang pelaku. Ini hasil yang kemungkinan bisa terjadi dari ‘permainan’ ini kalo dua-duanya nggak ngaku, satu ngaku, atau dua-duanya ngaku. 

Game Theory Contoh oleh Britannica
Game Theory oleh Britannica

Geopolitik

Perang Dingin 1961 World in Maps
Peta Perang Dingin 1961 (Dok: World in Maps)

Inti dari konsep geopolitik ini adalah seakan-akan dunia seperti terbagi menjadi dua. Contohnya, Korea Selatan dan Korea Utara, Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, Jerman Barat dan Jerman Timur, dan lain sebagainya.

Baik Amerika dan Uni Soviet berusaha untuk melebarkan pengaruhnya ke wilayah yang dianggap strategis di tengah ketegangan politik yang sedang berlangsung. Kalo dilihat-lihat, sebenarnya Amerika berusaha menguasai area-area strategis yang ingin dikuasai Uni Soviet untuk mempersulit gerakan USSR.

Negara-negara yang terbelah dua tadi berperang seakan-akan mereka adalah pion-pion di papan catur AS dan USSR. Layaknya boneka, mereka menjadi manifestasi Perang Dingin antara AS dan USSR yang setia memberi bantuan.

Kalo elo penasaran dengan kisah-kisah perangnya, elo bisa coba baca artikel di bawah ini.

Latar Belakang Perang Dingin

Di materi Perang Dingin selanjutnya, kita akan membahas mengenai latar belakang terjadinya.

Di bagian ini, kita bakal lebih banyak ngomongin soal faktor-faktor penyebab Perang Dingin. Sebelumnya kita udah tahu nih kalo Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet (USSR) itu udah pernah jadi kawan di Perang Dunia II.

Pertanyaannya, kenapa mereka malah jadi lawan setelah menang bareng-bareng?

Kalo ngebahas faktor, tentu yang namanya faktor itu biasanya ada banyak. Di antara faktor yang banyak itu, ada faktor utamanya. Nah, kita akan bahas faktor pentingnya ya. 

Pertama, sebenarnya AS dan USSR itu dari dulu emang udah tegang karena punya ideologi yang berbeda di mana AS menganut demokrasi – kapitalis sedangkan USSR menganut komunis – sosialis. Itulah kenapa perang dingin identik dengan perkembangan ideologi.

Bisa dibilang mereka emang nggak suka satu sama lain. Mereka sama-sama ngerasa ideologi masing-masing yang paling benar dan bagus.

Di satu sisi, AS khawatir dengan meluasnya pengaruh komunis di Eropa timur. Di sisi lain, USSR kesal karena AS sering nganggep USSR nggak sah di komunitas internasional.

Setelah menang PD II, dua negara ini baru bertanya-tanya: kita menang karena gue atau dia ya? Ya pasti karena gue lah!

Untuk menyebarluaskan ideologi dan ekspansi kekuatan, mereka ingin negara lain ikut menganut ideologi mereka. Makanya di Perang Dingin, dua negara adidaya ini berlomba-lomba mempengaruhi negara-negara lain dengan memberi bantuan dan membangun pasukan.

Lalu, mereka ngebiarin negara-negara yang mereka bantu berantem. Kalo AS dan USSR diibaratkan manusia, mereka ini lagi musuhan tapi yang berantem itu teman gengnya gitu.

Selain itu, dua negara ini juga berlomba-lomba mengembangkan teknologi dan ekonomi untuk menunjukkan kehebatan masing-masing.

Contohnya, AS dan USSR sama-sama berusaha mengirimkan orang pertama ke Bulan. Intinya, mereka mau jadi negara terkuat untuk ngebuktiin kemegahan ideologi dan kekuatan masing-masing.

US dan USSR berlomba di Perang Dingin
US VS USSR di Space Race

Kedua, ada alasan kuat bagi US dan USSR untuk nggak berantem secara langsung: Nuklir. Iya bener banget, dua negara ini sama-sama punya senjata nuklir.

Sebagai catatan, kekuatan senjata nuklir ratusan atau bahkan ribuan kali lipat lebih kuat dibanding bom atom. Hmm.. bercermin dari kejadian Bom Atom di Kota Hiroshima dan Kota Nagasaki, jelas ide buruk untuk saling serang dengan senjata yang lebih dahsyat lagi.

Bisa-bisa dua negara ini malah sama-sama hancur lebur. Nah, karena alasan tersebut, AS dan USSR akhirnya perang melalui penyebaran pengaruh ideologi dan aliansi yang telah mereka buat. 

Belajar Sejarah bersama Zenius

Oke sobat Zenius, sampai di sini dulu ya pembahasan materi Perang Dingin. Kalo elo ingin belajar lebih lanjut, elo bisa banget mengaksesnya lewat video pembelajaran yang dibawakan oleh ZenTutor.

Selain materi pelajaran, elo juga bisa, lho, belajar contoh soal berikut dengan pembahasannya.

Klik banner di bawah ini untuk mengaksesnya, ya! Pastikan elo punya akun Zenius ya supaya bisa akses video materi, flashcard, chapter summary, quiz, dan tes evaluasinya. 

perang dingin

Lalu, kalau elo mau mendapatkan beribu contoh soal dan pembahasan dari setiap mata pelajaran, elo bisa banget, nih, berlangganan Zenius Aktiva Sekolah dari sekarang. Di sana, elo bisa mengasah otak elo secara konsisten dan bersiap untuk menghadapi berbagai ujian sekolah.

Klik banner di bawah ini buat berlangganan dari sekarang!

perang dingin

Referensi:

https://www.zenius.net/materi-belajar/sejarah-peminatan-lp13353/pendahuluan-perang-dingin-lp14403/pengantar-perang-dingin-lu179249/

https://www.zenius.net/materi-belajar/sejarah-peminatan-lp13353/konsep-politik-dasar-perang-dingin-lp14404/konsep-politik-perang-dingin-brinkmanship-lu179269/

https://www.zenius.net/materi-belajar/sejarah-peminatan-lp13353/konsep-politik-dasar-perang-dingin-lp14404/konsep-politik-perang-dingin-brinkmanship-lu179269/

https://www.zenius.net/materi-belajar/sejarah-peminatan-lp13353/konsep-politik-dasar-perang-dingin-lp14404/game-theory-nash-equilibrium-lu179271/

Originally published: November 22, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!