Belajar Bahasa Inggris untuk UN SMA and Beyond !

Artikel ini membahas tips untuk mengerjakan soal reading Bahasa Inggris UN SMA dengan cara menguasai grammar, vocabulary, dan reading exercise.

Kalo lo disuruh menilai kemampuan bahasa Inggris lo sendiri untuk menghadapi UN dari skala 0 – 10 (0 nggak bisa sama sekali; 10 bisa banget), berapa nilai yang lo berikan? Coba pikirkan terlebih dahulu deh.

Sudah dipikirkan?

Nah, sekarang, dari pengalaman gue ngajar, banyak lho siswa yang suka terlalu pede dalam menilai kemampuan bahasa Inggrisnya. Sama saja dengan menggampangkan bahasa Inggris. Akhirnya bahasa Inggris itu mereka pelajari belakangan aja atau bahkan mereka tinggalkan. Hasilnya, siswa itu kesulitan deh dalam mengerjakan ujiannya.

Kasus seperti ini sering banget terjadi. Bahaya lho. Soalnya bahasa Inggris (dan bahasa apa pun juga) adalah pelajaran yang tidak akan pernah bisa lo kebut dalam semalam, seminggu, ataupun sebulan. Belajar bahasa Inggris harus dilakukan dengan rutin dan sering, kalo nggak, lo akan banyak lupa.

Selain belajar dengan rutin dan sering, belajarnya juga harus tepat sasaran. Supaya tepat sasaran, mari kita lihat SKL UN Bahasa Inggris di bawah ini:

SKL Bahasa Inggris SMA 

Sejak tahun 2007, UN Bahasa Inggris terdiri dari soal-soal yang menguji listening skill (15 soal), reading skill (sekitar 30 soal), dan writing (sekitar 5 soal). Mari kita lihat soal dan pembahasan UN Bahasa Inggris ini.

Setelah lo lihat soal-soal dan SKL di atas, lo pasti kepikiran untuk belajar listening dan reading. Yang kita bahas sekarang ini adalah bagian reading-nya ya.

Belajar untuk reading UN

(1) Grammar

Sudahkah lo lihat soal reading di atas? Enak dong ya karena soal grammar gak keluar di UN. Sekarang lo bisa buang buku grammar sekolah lo ke gudang. Atau lo bisa kesel sama guru bahasa Inggris lo yang dulu maksa belajar grammar, padahal gak akan ditanya tuh di soal UN. Oops. Sebenernya, pikiran ini SALAH BESAR.

Grammar itu penting banget lho. Meskipun grammar ini tidak secara langsung ditanyakan di soal, tapi semua teks yang lo baca di UN disisipkan semua grammar yang udah lo pelajari semasa sekolah. Coba lo perhatikan lagi teks UN di atas, pasti lo bisa menemukan sisipan kalimat yang memakai macam-macam tenses, conditional sentences,modals, dan banyak lagi. Kalo grammar lo payah, lo akan kesulitan untuk memahami isi dari teks yang kamu baca.

Karena itulah, mengerti grammar adalah salah satu fondasi untuk berhasil mengerjakan soal UN. Cara belajarnya harus sering latihan grammar dengan rutin. Coba cek ringkasan grammar bahasa Inggris ini.

(2) Vocabulary

Selain grammar, lo juga butuh perbendaharaan kata (vocabulary atau vocab) yang luas dalam bahasa Inggris. Kenapa penting? Perhatikan kedua kalimat ini:

a. “The children in this room may become adults in our city or in our country who change the world.”

b. “The chemicals in the pesticide may build up as residues in the environment and in the soil which absorbs the chemicals.” Teks pada kalimat b bisa ditemukan di soal UN Bahasa Inggris 2010 nomer 43

Kalimat a dan b punya struktur grammar yang serupa. Tapi kalimat a jauh lebih gampang dipahami daripada kalimat b. Yang membedakan tingkat kesulitan kalimat di atas adalah vocab-nya. Untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris lo, lo harus bisa beranjak dari tingkat vocab yang sederhana (contoh a) ke tingkat yang lebih rumit (contoh b).

Untuk mengetes penguasaan vocab dasar lo dalam standar UN, coba lihat 100 kata bahasa Inggris di bawah ini.

Abundant, Accuse, Additional, Advantage, Announce, Appoint, Avoid, Barrier, Beneficial, Blame, Casualty, Cause, Compulsory, Conclude, Consider, Contain, Content, Consist, Convince, Crucial, Decide, Deny, Depend, Descendant, Destroy, Development, Disadvantage, Discard, Disguise, Distinct, Emerge, Encourage, Equal, Establish, Estimate, Even though, Eventual, Expect, Following, Former, Furthermore, Gradual, Harmful, However, Immediate, Implement, Improve, Increase, Insist, Invent, Involve, Massive, Merely, Mitigate, Nearly, Necessary, Nevertheless, Numerous, Oblige, Obvious, Origin, Particular, Persuade, Prestige, Prevent, Previous, Primary, Provide, Realize, Receive, Reduce, Refuse, Regard, Reputable, Require, Resist, Restrict, Satisfy, Separate, Severe, Simultaneous, Slight, Spread, Steady, Sufficient, Supply, Surround, Sustain, Terrible, Therefore, Trigger, Utilize, Vary, Violent.

Dari 100 kata di tabel di atas, ada berapa kata yang sulit? Kalau lo menemukan kata-kata yang sulit berjumlah di atas 10, sudah waktunya lo belajar vocab sangat giat. Karena vocab di atas itu hanyalah standar minimum untuk lo bisa mengerjakan UN dengan baik. Jadi, kalau lo masih sedikit kebingungan dengan kata-kata di atas, cobalah cari maknanya di kamus, dan tentunya harus dihafalkan.

Setelah lo mengerti 100 kata di atas, cobalah belajar mengeksplorasi kata-kata tersebut. Hampir setiap kata dalam bahasa Inggris bisa lo perluas dengan makna yang mirip. Perhatikan tabel ini:

Conclude (menyimpulkan), Conclusion (Kesimpulan)Invent (menemukan), Invention (penemuan), inventive (berdaya cipta), inventor (penemu)Depend (bergantung), dependent (bersifat ketergantungan), dependence (ketergantungan), dependently (dengan bergantung)

Eksplorasi kata juga bisa lo lakukan dengan mencari sinonim dan antonim dari kata tersebut. Perhatikan tabel berikut:

Dependent (bersifat ketergantungan) vs independent (bersifat mandiri)Increase (peningkatan) vs decrease (penurunan)Merely (hanya) à only (hanya), solely (hanya), just (hanya)Necessary (wajib) à required (wajib), mandatory (wajib), compulsory (wajib), obligatory (wajib)

 

Jadi, salah satu cara memperluas vocab kita adalah dengan mengeksplorasi kata seperti kedua tabel di atas: Cari kata-kata yang berdekatan dan bermakna mirip, cari sinonimnya, cari antonimnya. Dijamin, lo akan tau lebih banyak vocab. Tapi sayangnya, tujuan kita bukan sekedar ‘tau’, jadi perjuangan lo jangan sekedar berhenti di sini. Kita nggak perlu sekadar ‘tau’ tapi wajib menguasai/menghafal vocab tersebut.

Untuk mendukung penguasaan vocab dengan melakukan eksplorasi kata, lo harus punya 3 sahabat baru. Sahabat lo yang pertama adalah bacaan-bacaan berbahasa Inggris seperti ensiklopedia, buku teks, berita. Sahabat yang kedua adalah kamus bahasa Inggris, lebih mudah kalau kamusnya online. Contohnya adalah kamus ini. Sahabat ketiga lo adalah buku catatan kecil untuk menampung semua vocab yang baru lo pelajari.

Ketika penguasaan vocab lo udah jauh lebih luas, lo juga bisa belajar vocab dalam bahasa Inggris dari akar katanya.

Jangan lupa bahwa vocab juga merupakan fondasi dalam penguasaan bahasa Inggris. Cara belajarnya adalah dengan menghafal, tidak ada cara lain. Lo menghafalnya sedikit demi sedikit aja setiap harinya. Tapi lo sebaiknya menghafal dan mengulangnya setiap hari.

(3) Reading exercise

Sekarang, kita sudah tahu bahwa grammar dan vocab adalah fondasi dalam reading bahasa Inggris. Tapi, selain latihan grammar dan vocab, lo juga perlu mengasah 1 skill lagi. Yang perlu lo asah di sini adalah reading skill. Dengan reading skill yang terasah dengan baik, lo akan mampu membaca dengan benar dalam waktu singkat, serta menjawab soal dengan benar dan cepat.

Cara mengasah reading skill adalah setiap hari membaca artikel berbahasa Inggris dan latihan soal.  Untuk latihan soal, gue sangat menyarankan lo mencoba latihan soal SNMPTN Bahasa Inggris.

Gue menyarankan lo belajar reading UN melalui soal SNMPTN karena standar soalnya lebih susah dibandingkan dengan UN. Ketika lo terbiasa dengan soal yang lebih susah, lo akan jadi jago lebih cepat.

Grammar, vocab, reading exercise

Nah, jadi kita sudah melihat bahwa grammar, vocab, dan reading exercise sangatlah penting untuk sukses dalam UN bahasa Inggris. Ketiga hal ini sebaiknya lo pelajari secara berbarengan, tidak perlu urut dari grammar, vocab, sampai yang terakhir reading exercise.

Dan, jangan lupa belajar bahasa Inggris tidak bisa kita kebut dalam waktu cepat. Cara paling baiknya adalah belajar rutin dan sering.

Cheers!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.