Contoh Soal PAT Ekonomi kelas 10

Contoh Soal PAT Ekonomi Semester 2 Kelas 10

Hai, Sobat Zenius! Nggak kerasa ya sebentar lagi elo udah mau naik ke kelas 11 nih! 

Cie… Eh, tapi, sebelum naik ke kelas 11, tentunya elo harus siap dong menghadapi tes Penilaian Akhir Tahun atau PAT yang sebentar lagi akan elo hadapi. 

Gimana? Sudah sampai mana nih persiapan elo? Jangan-jangan elo tim kebut semalam nih? Hahaha… 

Nah, kalau elo tim kebut semalam, gue saranin buruan tobat ya, soalnya cara belajar kayak gitu tuh udah nggak efisien lagi. Yang terpenting dalam belajar itu, elo bisa paham sama konsep-konsep materi yang elo pelajari. 

Oke, karena gue pengen semua Sobat Zenius bisa dapet nilai yang maksimal di PAT nanti, maka gue akan bantuin elo buat belajar deh! Tentunya lewat artikel yang gue tulis ini dong. 

Gue udah siapkan nih, contoh-contoh soal ekonomi yang bisa elo pakai buat latihan sebelum elo ngerjain PAT beneran di sekolah. Tenang aja, nggak cuma contoh soal aja kok, tapi gue bonusin lengkap sama pembahasannya. 

Nah, nggak usah lama-lama lagi ya, simak artikel berikut! Cekidot!

Materi PAT Ekonomi Kelas 10

Sebelum masuk ke contoh soal dan pembahasannya, ada baiknya elo tahu dulu nih, materi apa aja sih yang nanti kemungkinan besar akan keluar di PAT ekonomi kelas 10?

Kalau dilihat dari kurikulum 2013 Revisi ini, kemungkinan besar elo akan menghadapi soal-soal dengan pembahasan tentang permasalahan ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga. 

Hmm, kalau dilihat emang kayak banyak banget ya? Tenang aja elo bisa intip tips menghadapi PAT dari Zenius di sini ya!

Nah, setelah elo udah tahu materinya apa aja, kita lanjut ke contoh soal dan pembahasannya ya!

Contoh Soal PAT Ekonomi dan Pembahasannya

Soal 1

Topik: Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia

Materi PAT Ekonomi Kelas 10 Badan Usaha
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir (Dok. BUMN.go.id)

Berikut ini merupakan pernyataan yang benar terkait BUMN perum, BUMN persero, dan BUMS adalah….

A. BUMN perum mengutamakan pelayanan dan profit, BUMN persero mengutamakan pelayanan, sementara BUMS mengutamakan profit

B. BUMN perum mengutamakan profit, BUMN persero mengutamakan pelayanan, sementara BUMS mengutamakan profit

C. BUMN perum mengutamakan pelayanan, BUMN persero mengutamakan pelayanan dan profit, sementara BUMS mengutamakan profit

D. BUMN perum, BUMN persero, dan BUMS sama-sama mengutamakan pelayanan dan profit

E. BUMN perum, BUMN persero, dan BUMS sama-sama tidak mengutamakan profit

Jawaban dan pembahasan:

BUMN atau BUMD terbagi menjadi dua jenis, ada yang berbentuk perum dan ada yang berbentuk persero. BUMN yang berbentuk perum hanya mengutamakan pelayanan kepada masyarakat walaupun masih diperbolehkan untuk mencari profit.

BUMN yang berbentuk persero juga masih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat tetapi juga mengutamakan profit. Sementara itu, BUMS hanya mengutamakan profit.

Sehingga jawaban yang tepat adalah C. BUMN perum mengutamakan pelayanan, BUMN persero mengutamakan pelayanan dan profit, sementara BUMS mengutamakan profit.

Materi ini bisa elo pelajari di sini ya!

Baca Juga: Konsep Badan Usaha – Materi Ekonomi Kelas 10 

Soal 2

Topik: Lembaga Jasa Keuangan (Perbankan) 

Fungsi dari bank sebagai berikut:

  1. Menyediakan jasa perbankan
  2. Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan.
  3. Mengatur dan menjaga sistem pembayaran.
  4. Memberi pinjaman atau kredit kepada masyarakat.
  5. Mengatur dan mengawasi bank di Indonesia

Pernyataan yang merupakan fungsi dari bank umum adalah ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

Jawaban dan pembahasan:

Bank umum merupakan bank yang berfungsi menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk kredit selain itu juga memberikan jasa perbankan lain.

Sedangkan, bank yang berfungsi menjaga sistem pembayaran dan mengawasi secara makro prudensial adalah bank sentral.

Sehingga jawaban yang tepat adalah B. 1), 2), dan 4). 

Jangan lupa buat intip video pembelajarannya di sini ya!

Soal 3 

Topik: Koperasi

Materi PAT Ekonomi Kelas 10 Koperasi
Koperasi Indonesia (Arsip Zenius)

Prinsip koperasi concern for community menjelaskan bahwa ….

A. koperasi terbuka untuk semua kalangan yang ingin menjadi anggota

B. koperasi dikelola secara demokratis

C. koperasi berusaha memenuhi kebutuhan sendiri

D. koperasi terbuka untuk menjalin kerjasama dengan koperasi lain

E. koperasi harus memiliki dampak yang positif kepada masyarakat sekitar

Jawaban dan pembahasan:

Dalam menjalankan usahanya, koperasi memiliki beberapa prinsip. Salah satunya adalah concern for community. Prinsip koperasi concern for community ini memiliki tujuan bahwa: 

  • koperasi tidak hanya fokus untuk anggota saja tetapi harus memiliki dampak yang positif kepada masyarakat sekitar

Contoh dari pengaplikasian prinsip ini adalah, koperasi sekolah menjual barang yang murah dan berkualitas untuk membantu memenuhi kebutuhan dan keperluan siswa atau guru di sekolah tersebut.

Sehingga jawaban yang tepat adalah E. koperasi harus memiliki dampak yang positif kepada masyarakat sekitar.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Mau fokus belajar buat Penilaian Akhir Tahun? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga: Materi Koperasi Indonesia, Struktur & Jenisnya

Soal 4

Topik: Lembaga Jasa Keuangan (Pasar Modal) 

Reksadana merupakan salah satu produk investasi di pasar modal, dimana investor menyetorkan modal yang dimiliki kemudian dikelola menjadi portofolio investasi. Pihak yang mengelola portofolio investasi reksadana yakni….

A. manajer investasi

B. broker

C. emiten

D. pemeringkat efek

E. Kusdian

Jawaban dan Pembahasan:

Dalam pasar modal, terdapat beberapa pelaku utama, yaitu:

1. Emiten = perusahaan yang menerbitkan saham atau obligasi untuk menambah pendanaan perusahaannya.

2. Investor = pihak yang menanamkan modalnya ke emiten dalam bentuk saham atau obligasi.

3. Pialang/broker = individu atau perusahaan yang berperan sebagai perantara jual beli efek (surat berharga: saham) di pasar modal.

4. Penjamin emisi (underwriter) = pihak pembuat kontrak dengan emiten untuk melakukan penawaran umum bagi kepentingan emiten dengan atau tanpa kewajiban membeli sisa efek yang terjual.

5. Manajer investasi = pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah. 

Sehingga jawaban yang tepat adalah A. manajer investasi. 

Baca Juga: Pengertian Pasar Input Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Soal 5 

Topik: Penawaran

Perhatikan tabel penawaran suatu barang berikut!

Ilustrasi tabel penawaran dalam contoh soal PAT Ekonomi kelas 10
Tabel penawaran (Dok. Zenius)

Berdasarkan tabel di atas, seorang pedagang harus menyediakan barang sebanyak 150 unit pada saat harga barang tersebut sebesar X, yaitu ….

A. Rp1.050,00

B. Rp1.150,00

C. Rp1.200,00

D. Rp1.250,00

E. Rp1.300,00

Jawaban dan pembahasan:

Untuk menyelesaikan soal ini, kita harus tahu fungsi penawaran dari barang X

(P-P1)/(P2-P1) = (Q-Q1)/(Q2-Q!)

P-1000/(2000-1000) = (Q-100)/(300-100)

(P-1000)/(1000) = (Q-100)/(200)

200P-200.000 = 1000Q – 100.000

200P = 1000Q + 100000

Jika, Q dari barang adalah 150, maka cukup kita masukkan ke persamaan.

200P = 1000(150) + 100000

200P = 250000

P = 1250.

Sehingga jawaban yang tepat adalah D. Rp1.250,00

Tonton video pembelajaran untuk materi penawaran ini, di sini ya!

Baca Juga: Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran

Soal 6

Topik: Permintaan

Contoh soal PAT Ekonomi Kelas 10 tentang Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Faktor yang Mempengaruhi Permintaan (Dok. Pixabay)

Perhatikan faktor-faktor berikut ini!

(1) Teknik produksi.

(2) Harga sumber produksi.

(3) Harga barang itu sendiri.

(4) Pendapatan produsen.

(5) Selera konsumen.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ditunjukkan pada nomor….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (5)

E. (3) dan (4)

Jawaban dan Pembahasan:

Dalam menjawab soal di atas, elo  harus cari faktor yang mempengaruhi konsumen, bukan produsen, sehingga elo bisa menganalisa permintaan. Yuk, kita bahas pilihan jawaban yang ada pada soal di atas satu persatu. 

(1) teknik produksi mempengaruhi penawaran barang yang diproduksi.

(2) lebih berkaitan dengan penentuan penawaran dari produsen.

(3) sangat jelas memengaruhi apakah konsumen akan membeli suatu barang atau tidak. Harga naik, permintaan umumnya turun.

(4) Pendapatan produsen bukan lah concern dari konsumen.

(5) selera konsumen sangat jelas memengaruhi apakah suatu barang akan dibeli atau tidak.

Dari analisis di atas, faktor yang dapat mempengaruhi permintaan adalah nomor 3 dan 5, sehingga jawaban yang tepat adalah D. (3) dan (5).

Supaya elo makin paham konsep dari materi permintaan ini, jangan lupa intip video pembelajarannya di sini ya!

Soal 7

Topik: Permasalahan Ilmu ekonomi

Perhatikan masalah ekonomi berikut !

1. Menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan

2. Tidak terbatasnya kebutuhan manusia

3. Mendistribusikan barang kepada masyarakat

4. Menggunakan barang dan jasa

Berdasarkan pernyataan di atas, masalah ekonomi klasik ditunjukkan oleh nomor….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 1, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 4

E. 2 dan 4

Jawaban dan pembahasan:

Untuk menjawab soal di atas, tentunya elo harus tahu dulu tentang apa itu masalah ekonomi klasik. Masalah ekonomi dalam ekonomi klasik merupakan masalah sederhana terkait bagaimana manusia memproduksi, mengonsumsi, dan mendistribusikan barang atau jasa dalam perekonomian. Permasalahan ini muncul dari akar masalah di ilmu ekonomi yaitu kelangkaan, dimana kebutuhan dan keinginan manusia tidak terbatas, tetapi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut terbatas.

Dari penjelasan tersebut, maka jawaban untuk soal di atas yang tepat adalah C. 1, 3, dan 4.

Baca Juga: Penyebab dan Jenis Masalah Ekonomi – Ekonomi Kelas 

Soal 8

Topik: Keseimbangan dan Konsep Kesejahteraan di Pasar

Materi Keseimbangan Pasar Ekonomi Kelas 10
Pasar (Dok. Pixabay)

Perhatikan tabel permintaan dan penawaran berikut!

ilustrasi contoh soal dengan tabel permintaan dan penawaran harga
Tabel permintaan dan penawaran harga (Dok. Zenius).

Pernyataan yang benar mengenai tabel tersebut adalah….

A. pada tingkat harga Rp10.000 terjadi titik keseimbangan pasar

B. pada tingkat harga Rp10.000 terjadi excess supply

C. pada tingkat harga Rp25.000 terjadi excess supply

D. pada tingkat harga Rp25.000 terjadi equilibrium

E. pada tingkat harga Rp40.000 terjadi excess demand

Jawaban dan pembahasan:

Pada saat harga sebesar Rp10.000,00. Jumlah barang yang diminta sebesar 100 unit namun jumlah barang yang ditawarkan hanya 40 unit, terjadi kelebihan permintaan atau disebut excess demand

Pada saat harga sebesar Rp25.000,00. jumlah barang yang diminta 70 unit dan jumlah barang yang  ditawarkan sebanyak 70 unit juga. Nah, ini disebut keseimbangan pasar, karena tidak lebih dan tidak kurang, pas.

Pada saat harga sebesar Rp40.000,00. jumlah barang yang diminta hanya 50 unit sedang jumlah barang yang ditawarkan sebesar 120 unit. terjadi kelebihan penawaran atau disebut excess supply

Sehingga pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah D. pada tingkat harga Rp25.000 terjadi equilibrium.

Soal 9

Topik: Keseimbangan dan Konsep Kesejahteraan di Pasar

Pada saat terjadinya lonjakan jumlah permintaan masker karena adanya pandemi, banyak produsen yang justru menimbun masker demi dapat menjualnya dengan harga semahal mungkin. Upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk kembali mengembalikan kurva penawaran bergeser kembali ke kanan adalah….

A. Memberikan penyuluhan pada warga mengenai cara-cara lain dalam mencegah penyebaran wabah

B. Memberikan informasi dan mengedukasi warga agar tidak panik dan melakukan panic buying

C. Memberikan subsidi pada produsen masker agar tidak menimbun masker

D. Memberikan pajak penjualan pada masker agar pendapatan pemerintah meningkat di masa pandemi

E. Menghukum dan menindak tegas para penimbun masker dan berusaha meningkatkan jumlah produksi masker dalam negeri

Jawaban dan Pembahasan:

Elo pasti ngerasa kan kalau masker merupakan barang yang paling dicari sama masyarakat. Bahkan, pada awal pandemi banyak penjual masker yang menimbun masker dengan harapan dapat menjualnya dengan harga yang tinggi. 

Penimbunan masker ini membuat kurva penawaran sedikit (bergeser ke kiri). Untuk membuat kurva penawaran kembali (bergeser ke kanan atau posisi semula semula), dapat dilakukan tindakan tegas, yaitu pemerintah dapat menghukum dan menindak tegas para penimbun masker dan berusaha meningkatkan jumlah produksi masker dalam negeri.

Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah E. Menghukum dan menindak tegas para penimbun masker dan berusaha meningkatkan jumlah produksi masker dalam negeri

Soal 10

Topik: Manajemen

Dalam tugasnya, manajer personalia bisa memutasi seorang karyawan dengan alasan kurang memiliki keahlian yang memadai pada bidang pekerjaannya. Tugas manajer personalia tersebut menunjukkan fungsi manajemen….

A. perencanaan

B. pengorganisasian

C. pelaksanaan

D. pengoordinasian

E. pengawasan

Jawaban dan pembahasan:

Tugas yang dilakukan oleh manajer personalia pada ilustrasi yang ada di soal adalah menilai pekerjaan seorang karyawan selama melakukan pekerjaannya hingga akhirnya dapat memutuskan untuk memotivasi. Tugas ini tergolong fungsi manajemen berupa pengawasan atau controlling.

Sehingga jawaban yang tepat adalah E. pengawasan. 

Oke deh guys, itu tadi beberapa contoh soal yang bisa elo pakai untuk latihan dalam rangka persiapan PAT Ekonomi kelas 10. 

Masih kurang? Tenang aja, elo bisa banget belajar pakai soal-soal latihan lain lewat klik banner di bawah ini! Jangan sampai kelewatan juga live dari tutor-tutor kece Zenius yang makin bikin elo paham konsep dengan matang ya!

Contoh Soal PAT Ekonomi Semester 2 Kelas 10 9

See you!

Bagikan Artikel Ini!