Panduan Belajar untuk Persiapan SBMPTN Ekonomi

Panduan belajar untuk menghadapi SBMPTN Ekonomi. Ada kumpulan soal-soal SBMPTN tahun lalu, pembahasan materi, info topik yang sering keluar, tips belajar menghadapi soal HOTS.

Halo. Gimana nih persiapan SBMPTN lo? Udah siap belum? Moga-moga bisa semakin siap setiap hari ya. Nah, kali ini gua juga mau ikutan ngasih tips dan panduan belajar untuk ujian SBMPTN, khususnya pelajaran Ekonomi. 🙂

Oke, sebelum masuk ke tips. Pertama-tama gua mau meyakinkan dulu bahwa lo semua tau bahwa pelajaran Ekonomi akan ikut dalam paket ujian SBMPTN Soshum. Jadi buat lo yang mau masuk ke program studi “bercorak” IPS seperti Hukum, Ilmu Politik, Ekonomi, dan sejenisnya (pokoknya yang mensyaratkan untuk mengikuti paket ujian SBMPTN Soshum), berarti lo akan berhadapan dengan 2 paket ujian, yaitu Paket ujian TKPA & Paket ujian Soshum.

Disclaimer: Penjelasan mengenai jadwal ujian Soshum di bawah ini hanya relevan untuk SBMPTN sebelum tahun 2019. Hingga tulisan ini di-update, panitia SBMPTN belum mengumumkan lebih lanjut komposisi soal dan jadwal ujian Ekonomi di SBMPTN 2019. 

Supaya lebih mudah dibayangkan, lo bisa lihat rundown pelaksanaan SBMPTN tahun-tahun lalu, kemungkinan besar tahun ini juga akan dijalankan dengan rundown yang sama. Khusus buat lo yang ambil paket Soshum, bisa mengabaikan ujian Saintek (warna biru) pada gambar di bawah ini:

Oke, dengan melihat rundown di atas, se-enggaknya lo bisa ngeliat battleground dengan lebih jelas. Buat lo yang ambil prodi/jurusan bercorak Soshum, pertama-tama mau ga mau lo harus ikut paket ujian TKPA selama 105 menit, kemudian lanjut ngerjain ujian Soshum 75 menit dengan komposisi soal seperti di atas.

Perlu diperhatikan pelajaran Ekonomi ada di urutan ke-3 setelah Sejarah dan Geografi, dengan masing-masing jumlah soal 15 nomor. Sekadar tips awal aja, pastikan lo punya target waktu dan target soal yang dikerjain untuk masing-masing pelajaran. Jangan sampai lo kelamaan ngerjain soal-soal Sejarah dan Geografi, terus belakangan baru nyadar waktunya ga cukup untuk ngerjain soal Ekonomi dan Sosiologi. Dalam hal ini, gua pribadi menyarankan lo ngasih target waktu maksimal untuk ngerjain masing-masing pelajaran (15 soal) itu adalah waktu 15 menit. Jadi 1 soal sebisa mungkin dikerjain selama 1 menit. Pastikan jangan terlalu lama ngulik 1 soal, karena soal SBMPTN itu kadang ada yang salah soal atau ga ada jawabannya.

Nah khusus untuk Ekonomi, lo juga berhadapan dengan 15 nomor nih. Lo bisa bayangin ya, materi pelajaran Ekonomi dari Kelas 10-12 yang segitu banyak, eh cuma keluar 15 nomor doang. Nah lho, belajarnya harus dari mana dulu nih? Apa ada materi tertentu yang perlu dikhususkan untuk lebih didalami? Atau ada skema belajar yang runut agar bisa memahami pelajaran Ekonomi secara luas? Oke, sebelum gua jawab, yuk kita coba lihat soal-soal yang sering muncul di ujian SBMPTN selama 6 tahun terakhir.

 

Persebaran soal SBMPTN Ekonomi selama 6 tahun terakhir (2013-2018)

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Permintaan dan Penawaran13233315
Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya3110218
Konsep Pasar dalam Perekonomian1110238
Pendapatan Nasional0131117
Manajemen & Kewirausahaan1113006
Dasar-dasar Akuntansi1021026
Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal1201116
Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi2001115
Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi0111115
Akuntansi Perusahaan Jasa0111104
Koperasi1101003
Akuntansi Perusahaan Dagang1100103
Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank1110003
Pelaku Ekonomi dalam Sistem Ekonomi0010113
Permasalahan Ketenagakerjaan2001003
Perdagangan Internasional0002002
APBN & APBD0010012
Indeks Harga dan Inflasi0100001
Perpajakan0000101
Sistem dan Alat Pembayaran0100001
Pasar Modal0000000
Kerjasama Internasional0000000

Nah, dengan melihat komposisi soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, kita jadi bisa dapet gambaran juga untuk mengerjakan soal SBMPTN Ekonomi tahun ini. Kalo diliat dari pola yang bisa kita lihat dari SBMPTN 6 tahun terakhir, berikut adalah beberapa topik yang cukup sering keluar:

  1. Permintaan dan Penawaran
  2. Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya
  3. Konsep Pasar dalam Perekonomian
  4. Manajemen & Kewirausahaan
  5. Pendapatan Nasional
  6. Kebijakan Moneter & Fiskal
  7. Dasar-dasar Akuntansi

Jadi gue bakal rekomen banget lo perkuat materi dan kencengin latihan soal-soal untuk topik-topik itu. Nyarinya dimana? Nah di zenius.net ada semua materi-materi itu sekalian juga soal-soal latihannya. Bahkan ada juga pembahasan soal-soal SBMPTN yang lalu. Untuk pembahasan materi SBMPTN Ekonomi dan pembahasan soal-soal tahun lalu, lo bisa lihat pada 2 link berikut ini:

Oke, walaupun bahannya udah lengkap semua, tapi mungkin lo masing bingung enaknya mulai belajar dari mana. Berikut adalah tips dari gue:

 

Mulainya dari mana ya enaknya?

Lo tau kan kalo ilmu ekonomi itu kan ilmu sosial yang sangat dekat sama kehidupan sehari-hari kita di dunia ini. Selain itu, kebanyakan topik-topik dalam ilmu ekonomi tuh kan berkaitan satu sama lain. Jangan coba-coba untuk ngerti semua konsepnya sekaligus. Soalnya konsep ilmu ekonomi terlalu gede karena cakupannya yang juga luas banget. Jadi mending lo belajar dengan urutan yang tepat.

Dengan urutan yang tepat, lo bisa perlahan-lahan membangun pemahaman lo di ilmu ini dengan kokoh. Kalo pemahaman di tiap bab udah oke, lo bisa mengaitkan satu bab dengan bab lain dengan gampang. Trus lo jadi bisa kaitkan dengan fenomena sehari-hari. Nah, strategi belajar ini ampuh banget untuk menjawab soal HOTS yang butuh penalaran. Berikut urutan bab yang perlu lo pelajari di Ekonomi:

1. Pahami konsep dasar Ilmu Ekonomi

Pertama-tama sebelum belajar SBMPTN, gua sangat merekomendasikan lo untuk memahami dulu apa itu Konsep Dasar Ilmu Ekonomi. Dimulai dari pengertian ilmu ekonomi dan cakupannya, bedanya antara ekonomi makro dan mikro tuh apa dan isu-isu di dalamnya apa aja. Di sini lo juga bakal ketemu sama berbagai pelaku ekonomi dan peranannya masing-masing dalam perekonomian. Langkah awal ini penting banget untuk lo memahami proses belajar yang lebih mendalam.

Kenapa sih ini penting? Karena dari pengalaman gua, banyak siswa yang belum apa-apa langsung masuk ke pembahasan soal, atau mempelajari materi-materi yang spesifik, padahal definisi apa itu ekonomi saja masih keliru. Ada yang masih keliru mengasosiasikan ekonomi itu dengan uang, ekonomi itu adalah bisnis, ekonomi itu dagang/jualan barang, ekonomi itu perputaran uang di bank, dan pemahaman tentang ekonomi yang masih setengah-mateng seperti itu. Oke, untuk bisa memahami dunia ekonomi secara luas dengan cara yang santai, gua sangat merekomendasikan lo untuk baca artikel blog Zenius dengan topik-topik ekonomi. Gua jamin pembahasannya santai, asik, seru, tapi bikin lo ngerti apa itu dunia ekonomi:

2. Pahami konsep Permintaan dan Penawaran.

Setelah lo nguasain konsep dasarnya, pelajarin konsep Permintaan dan Penawaran. Kesannya materi permintaan dan penawaran ini sepele, tapi sebetulnya prinsip ini sangat fundamental dalam mempelajari topik ekonomi yang lain. Dengan memahami konsep permintaan & penawaran dengan benar, lo jadi ngeliat dunia ekonomi semuanya jadi masuk akal.

Contoh yang paling gampang adalah ketika berikutnya lo mempelajari Konsep Pasar dalam Perekonomian, lo akan belajar apa itu maksudnya “Pasar” dan kenapa dinamika pasar bisa seperti itu. Mekanisme pasar memang beragam, dan setiap jenisnya punya karakteristiknya masing-masing, tapi begitu lo paham bahwa dinamika bentuk pasar itu pada dasarnya cuma permintaan, penawaran, harga keseimbangan, semuanya jadi jelas dan masuk akal.

3. Pelajari topik Pendapatan Nasional

Nah kalo lo udah nguasain itu semua, masuklah ke topik tentang Pendapatan Nasional. Ini salah satu topik yang besar, karena merupakan dasar dari berbagai topik lainnya lagi, seperti Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi, APBN & APBD, Perpajakan, Kebijakan Fiskal dan Moneter, Indeks Harga dan Inflasi.

Nah pas lo belajar tentang Kebijakan Fiskal (Perpajakan) dan Kebijakan Moneter, lo otomatis akan belajar juga tentang konsep uang, termasuk juga pasar uang dan berbagai lembaga keuangan, baik yang bank maupun yang non-bank.

4. Pelajari dasar-dasar Akuntansi

Nah yang nggak kalah pentingnya adalah bagian dari ilmu ekonomi yang tentang akuntansi. Ini juga lengkap nih materinya di zenius.net. Lo perlu pelajarin Dasar-dasar Akuntansi dan berbagai persamaan akuntansi, termasuk juga laporan keuangan (financial statement) dan macam-macam transaksi di dalamnya, baik pembukuan untuk perusahaan dagang, maupun untuk perusahaan jasa.

Kalo 4 topik itu lo kuasain dengan mateng, gue yakin lo bakal bisa ngerjain paling engga lebih dari 50% soal SBMPTN deh. Tapi ini juga perlu ditunjang sama latihan soal-soal untuk setiap topiknya lho yaa. Pastikan juga lo sering-sering try out supaya lo terbiasa dengan situasi & kondisi waktu ujian.

Nah, untuk tahap-tahap belajar SBMPTN yang runut, gua rekomendasikan lo untuk menerapkan tips dari Glenn tentang 7 Langkah Strategis Belajar SBMPTN. Dengan menerapkan 7 langkah itu, proses belajar lo jadi lebih terstruktur dan efisien, ga buang-buang waktu, tapi tepat sasaran (efektif).

5. Perbanyak latihan soal

Oke, terakhir gua akan coba kasih quiz singkat ya untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman lo tentang Ekonomi.

Gua harap lo udah tau ya tipe soal seperti ini. Pilihan jawabannya selalu seperti ini ya:

  • A. Pernyataan 1 dan 2 benar, saling berhubungan sebab-akibat
  • B. Pernyataan 1 dan 2 benar, tidak berhubungan sebab-akibat
  • C. Pernyataan 1 benar, pernyataan 2 salah
  • D. Pernyataan 1 salah, pernyataan 2 benar
  • E. Pernyataan 1 dan 2 salah.

Lo tau salah satu instrumen kebijakan moneter adalah Operasi Pasar Terbuka/OPT (Open Market Operation/OMO). Dan lo juga tau kalo OPT (OMO) itu adalah jual/beli Sertifikat BI (SBI). Jadi menurut lo soal di atas tadi itu kedua pernyataannya betul gak?

Kalo jawaban lo IYA, gue saranin lo perdalam lagi deh pengertian lo tentang Kebijakan Moneter. Tapi kalopun lo lupa, ada kok tips yang mungkin berguna banget pas lo ngerjain soal-soal kaya gini, yaitu posisikan diri lo seperti yang digambarin sama soal.

Dalam kasus ini, coba deh lo bayangin posisi lo sebagai si pembuat kebijakan moneter. Pastinya lo akan memposisikan diri lo sebagai bank sentral atau BI kan? Sekarang ceritanya lo jualan barang lo nih (SBI). Kalo lo ngejual sesuatu, pastinya lo dapet uang kan ya? Orang yang beli barang lo kan akan ngasih uang ke lo toh? Berarti, harusnya kalo lo jualan SBI, uang yang beredar di masyarakat harusnya turun kan? Karena akan ada sebagian yang masuk ke lo (BI) karena beli barang lo tadi kan? Jadi pernyataan kedua harusnya salah dong.

Contoh kedua, misalnya ada soal HOTS yang bunyinya kayak gini:

Menurut lo yang mana nih jawabannya? Tips gampang dari gua sama, posisikan diri lo jadi si pengusaha furniture. Kalo lo pengusaha, terus lo ngerasa kesusahan nih dapetin bahan baku, misalnya kayu jati deh buat nantinya bikin meja, kursi, lemari, dan lain-lain gitu. Kira-kira apa yang akan lo lakukan?

Pilihan A, apa lo mau beli kayu jati dengan harga yang mahal? Kalo kayunya aja mahal, berapa duit kira-kira lo bakal jual meja lo, kursi lo, lemari lo, dan lain-lain? Kalo terlalu mahal, bisa-bisa nggak laku nanti di pasar. Terus pilihan B dan C, apa lo mau beli kayu yang kualitasnya jelek? Nanti yang ada lo di-complain sama pembeli lo, ini kursi kok belum didudukin udah patah aja sih?? Nah, yang paling mungkin kan pilihan D ya? Ya lo cari deh alternatif lain, misalnya ngga usah pake kayu jati tapi pake kayu kamper aja, yang relatif lebih murah dan lebih gampang didapetnya.

Tips terakhir nih yang menurut pengalaman gue pribadi sih sangat membantu dan banyak banget nggak dilakuin sama orang-orang. Nggak ada soal yang susah untuk dijawab, tapi banyak banget soal yang agak susah untuk dimengerti. Jadi tips gue yang terakhir adalah baca soal baik-baik. Sebelum lo lihat-lihat pilihan jawabannya apa, lo pastiin dulu kalo lo ngerti apa yang ditanyain dari soal itu. Banyak banget yang “kejeblos” ke jawaban yang salah cuma karena dibaca soalnya agak terburu-buru dan langsung “berasumsi” soal itu nanyain satu hal. Tapi ternyata salah. Jadi jangan sampe lo bikin kesalahan kaya gitu ya..

Segitu aja sih tips-tips dari gue. Mudah-mudahan bisa ngebantu lo masuk kampus idaman lo. Di zenius.net juga ada lho pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun lalu buat memperkaya pengetahuan lo. Silahkan kunjungi ya di sini:

Oh iya, lo bisa donlot PDF soalnya dengan mengklik tombol “Download Soal” di sisi kiri atas link soal di atas ya.

 

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Kak Meby tentang persiapan SBMPTN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian SBMPTN, zenius merekomendasikan untuk membaca beberapa artikel berikut:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.