zen tutor

Kenali 3 Program yang Harus Dijalani Sebelum Menjadi Zen Tutor

Halo Sobat Zenius! Siapa, nih, yang seringkali nontonin video pembelajaran dari Zenius? Yap, kalau elo termasuk di dalamnya, pasti elo nggak cuman merhatiin materinya, dong! Selain itu, elo pasti juga fokus memperhatikan gimana Zen Tutor menjelaskan bab demi bab dengan jelas.

Tanpa jasa seorang tutor, bisa saja kita kesulitan, nih, dalam mempelajari suatu materi. Pasalnya, mereka udah ngejelasin dengan bahasa yang sederhana, bahan materinya lengkap, ditambah video pembahasan yang diisi dengan visual yang unik dan menarik.

“Hmmm kira-kira gimana ya cara menjadi Zen Tutor?” Mungkin, beberapa dari Sobat Zenius punya keinginan seperti itu.

Sebenarnya, semua orang bisa jadi Zen Tutor, kok! Asalkan, elo punya kemauan yang tinggi, ya! Terlepas dari semua itu, ada beberapa program yang harus diikuti oleh Zen Tutor supaya kualitasnya makin mantap.

Nah, dalam artikel ini gue mau ngejelasin programnya satu per satu. Selain itu, gue juga mau kasih gambaran bagaimana aktivitas dan keseruan menjadi Zen Tutor.

Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini, ya!

Aktivitas dan Keseruan Tutor di Zenius

Jadi tutor di Zenius bukan berarti elo banyak tekanan, ya! Justru, jadi tutor sangat menyenangkan, lho! Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Pengalaman menjadi Zen Tutor sudah pasti merupakan pengalaman yang berharga buat siapa saja yang suka berbagi ilmu!

Lalu, apa saja aktivitasnya?

Pertama, sebagai tutor tentu saja akan mencari bahan buat materi yang ingin disampaikan di Learning Video. Nggak cuman itu, nih, tutor juga harus mencari contoh soal beserta pembahasannya untuk disampaikan kepada Sobat Zenius.

Kedua, Live Class menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan bagi Zen Tutor! Di sini, tutor akan berinteraksi langsung bersama orang-orang secara online. 

Di Live Class, tutor akan mengajarkan materi secara detail kepada orang-orang dan juga mengadakan diskusi, seperti diskusi menyelesaikan contoh soal dan diskusi lainnya.

Aktivitas Live Class ini tentu saja merupakan aktivitas yang sangat seru! Ditambah, bagi elo yang suka berbagi ilmu dengan orang lain.

Ketiga, sebagai tutor di Zenius, elo juga akan memproduksi konten-konten yang berkaitan dengan ZenPractice, ZenCore, dan juga Try Out.

Kira-kira beginilah gambaran aktivitas dan keseruan yang dilakukan oleh ZenTutor. Terlepas dari semua itu, tutor juga akan mendapatkan semangat lifelong learning yang dipegang oleh Zenius. 

Biar lebih jelasnya, elo bisa lihat video di bawah ini untuk melihat pengalaman Zen Tutor.

Program-program Zen Tutor

Nah, Sobat Zenius pasti udah pada penasaran, kan, apa saja program-program yang biasanya diikuti oleh Zen Tutor? 

Pada dasarnya, ada tiga fase program tutor di Zenius, yaitu Zenius Educator Development Program (EDP), Belajar Ngajar, dan Tancep.

Apa aja, tuh, maksud dari program-programnya? Supaya lebih jelas, yuk, kita bahas satu per satu!

1. Educator Development Program Zenius (EDP)

Sobat Zenius punya keinginan buat menjadi Zen Tutor? Kalau gitu, elo perlu tahu program yang satu ini, nih!

Zenius Education Development Program adalah program yang disajikan untuk memperkenalkan nilai-nilai Zenius serta standar kualitas yang harus diperhatikan bagi para calon tutor.

Melalui program EDP, calon tutor fokus untuk meningkatkan cara berpikirnya dengan meningkatkan kemampuan dasar Matematika, verbal logika, Bahasa Inggris serta mempelajari sejarah secara umum melalui berbagai macam kegiatan diskusi.

Bisa dibilang, semua aktivitas di atas bisa disebut dengan CCA atau Cerdas Cerah Asyik.

Lewat fase pertama ini, calon tutor dapat mengimplementasikan CCA tersebut dalam pembuatan konten di Zenius.

Umumnya,  fase EDP ini diikuti oleh calon-calon tutor yang ingin masuk ke Zenius dengan jangka waktu sekitar 3-5 bulan. Jadi, buat elo yang tertarik jadi Zen Tutor, bisa ikut program EDP Zenius dulu, nih!

2. Belajar Ngajar

Belum selesai sampai di program EDP aja, ya, untuk menjadi tutor di Zenius yang CCA banget!

Selanjutnya, elo akan mengikuti fase kedua yaitu program Belajar Ngajar. Pada fase ini, tentunya akan lebih mendalami lagi daripada fase pertama.

Di Belajar Ngajar, tutor akan fokus meningkatkan skill berargumen, memahami konsep, serta mengevaluasi metode pengajaran.

Nggak cuman itu, tutor juga akan mempelajari cara kerja otak dan berbagai metode pengajaran (pedagogi).

Dengan demikian, melalui program Belajar Ngajar tutor mampu menemukan gaya mengajar yang sesuai dengan karakteristik mereka.

Oh iya, untuk program ini umumnya akan dilaksanakan sekitar 3 bulan.

3. Tancep (Tutor Assessments & CCA-Acceleration Program)

Setelah melewati fase program 1 & 2, tutor yang sudah mempunyai pengalaman di Zenius selama 2 tahun, maka ia akan mengikuti program terakhir yang bernama Tancep.

Pada program Tancep, tutor akan diajarkan lebih dalam lagi supaya mampu meningkatkan nilai CCA ke level yang lebih tinggi lagi.

Di program ini tutor tentunya akan belajar banyak hal, mulai pemikiran ilmiah, filsafat, hingga mengimplementasikan seluruh materi pelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kemampuan tutor dalam menyampaikan materi juga akan dilatih pada program ini agar terlihat makin enjoy dan menyenangkan.

Demikian penjelasan singkat dari gue mengenai aktivitas serta program-program yang diikuti oleh Zen Tutor.

Bagi Sobat Zenius yang sangat tertarik untuk menjadi Zen Tutor, sebaiknya elo mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Cari informasi lebih lanjut tentang program-program tutor lewat Instagram @zeniuseducation atau di website resmi zenius.net.

Pintu sangat terbuka lebar ya bagi elo yang mau jadi Zen Tutor!

Bagikan Artikel Ini!