Pembahasan Soal SBMPTN 2016

Berisi daftar lengkap pdf soal yang bisa diunduh gratis beserta video pembahasan soal SBMPTN 2016 untuk semua kelompok ujian.

SBMPTN 2016 lagi-lagi membuktikan diri sebagai salah satu tes seleksi terketat yang menjadi momok bagi siswa kelas 12 dan para alumni SMA/SMK sederajat di Indonesia. Gimana enggak, tipe soal TPA di SBMPTN 2016 mengalami perubahan yang lumayan bikin geleng-geleng kepala para peserta tes. Perubahan ini semakin nunjukin kalo SBMPTN adalah ajang seleksi yang bener-bener mencari bibit muda Indonesia yang andal dalam bernalar dan berpikir kreatif. SBMPTN bukan medan perang yang bisa ditaklukkan hanya dengan cara menghafal tipe soal atau sistem-kebut-semalam. Para pejuang SBMPTN yang menyepelekan TPA sebagai fondasi berpikir pada akhirnya mempertaruhkan peluang mereka untuk lolos.

tpa

Dari 721.326 peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2016, cuma 126.804 peserta yang dinyatakan lolos atau cuma sekitar 17,5% yang akhirnya bisa menyandang gelar “maha”siswa. Itu artinya, ada 594.522 peserta SBMPTN yang gagal dalam jalur ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya.

Kegagalan mengundang berbagai reaksi. Ada yang menebusnya dengan mencoba jalur lain, yaitu dengan lolos di ujian mandiri PTN, PTK, ataupun PTS.  Ada pula yang menyimpan rasa penasaran akan pembalasan di kesempatan berikutnya. Kegagalan pun bisa menjadi pelajaran bagi para calon pejuang agar tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti para seniornya tahun ini.

Buat lo yang sekarang masih duduk di kelas 12 atau para alumni yang masih menyimpan dendam pada SBMPTN 2016 lalu, mungkin rada penasaran dengan tipe soal seleksi universitas skala nasional yang telah menggugurkan hampir 600.000 peserta. Nah, di artikel Zenius Blog kali ini, kita akan mengupas tuntas semua soal SBMPTN 2016, lengkap dengan modul soal yang bisa kalian donlot GRATIS dan video pembahasan setiap nomornya. Buat lo yang punya tekad bulat untuk mengikuti seleksi SBMPTN 2017, artikel zeniusBLOG kali ini hukumnya sakral banget! Pokoknya wajib buat dibaca, di-bookmark atau minimal lo catet url-nya supaya nanti-nanti lo masih bisa balik ke artikel ini.

Sebelum terjun menyelami soal-soal SBMPTN 2016, ada beberapa artikel zenius yang penting banget buat lo baca, terutama dalam mempersiapkan diri untuk ujian SBMPTN. Gue amat sangat menyarankan lo untuk baca artikel-artikel ini sebagai bahan renungan untuk mengatur strategi sebelum mulai belajar. Dalam persaingan seketat level SBMPTN, rajin belajar aja belum cukup. Lo juga butuh strategi yang mateng!

Kalo lo perhatiin salah satu tips langkah strategi belajar SBMPTN di artikel rekomendasi di atas, kemungkinan lo sadar bahwa artikel ini memfasilitasi langkah pertama belajar SBMPTN, yaitu dengan coba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun lalu. Oke deh, langsung aja ya, buat lo semua yang penasaran sebetulnya gimana sih tingkat kesulitan soal SBMPTN 2016, yuk kita lihat selengkapnya soal + video pembahasannya di bawah ini:

TKPA SBMPTN

 

TKD SAINTEK SBMPTN

 

TKD SOSHUM SBMPTN

 

Mencoba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya adalah langkah awal yang bagus banget buat dapetin gambaran tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN. Selain itu, lo juga jadi bisa ada gambaran, udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo untuk menghadapi soal SBMPTN sekarang ini.

Nah, sedikit kabar baik aja untuk menyemangati lo yang mungkin udah ciut duluan nyalinya sama tingkat persaingan SBMPTN. Pada tahun-tahun sebelumnya memang bisa dikatakan tingkat persaingan jalur SBMPTN ini relatif tinggi (hanya 15-18% yang lolos), belum lagi untuk jurusan di PTN favorit biasanya peluangnya di bawah 5%. Jadi, jangan sekali-kali lo meremehkan tes SBMPTN ya!

Supaya lo tambah semangat belajar dan mempersiapkan diri untuk SBMPTN, coba lo intip deh beberapa catatan, cerita, dan pengalaman perjuangan dari kakak-kakak angkatan lo yang udah berhasil lolos SBMPTN tahun-tahun lalu, berikut tips dan cerita dari mereka:

Selain itu, gua juga sangat merekomendasikan beberapa artikel Zenius Blog lain terkait SBMPTN yang penting banget buat lo ketahui, berikut di antaranya:

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Fanny soal strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.