Pembahasan Soal SBMPTN 2016

Pembahasan Soal SBMPTN 2016

SBMPTN 2016 lagi-lagi membuktikan diri sebagai salah satu tes seleksi terketat yang menjadi momok bagi siswa kelas 12 dan para alumni SMA/SMK sederajat di Indonesia. Gimana enggak, tipe soal TPA di SBMPTN 2016 mengalami perubahan yang lumayan bikin geleng-geleng kepala para peserta tes. Perubahan ini semakin nunjukin kalo SBMPTN adalah ajang seleksi yang bener-bener mencari bibit muda Indonesia yang andal dalam bernalar dan berpikir kreatif. SBMPTN bukan medan perang yang bisa ditaklukkan hanya dengan cara menghafal tipe soal atau sistem-kebut-semalam. Para pejuang SBMPTN yang menyepelekan TPA sebagai fondasi berpikir pada akhirnya mempertaruhkan peluang mereka untuk lolos.

tpa

Dari 721.326 peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2016, cuma 126.804 peserta yang dinyatakan lolos atau cuma sekitar 17,5% yang akhirnya bisa menyandang gelar "maha"siswa. Itu artinya, ada 594.522 peserta SBMPTN yang gagal dalam jalur ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya.

Kegagalan mengundang berbagai reaksi. Ada yang menebusnya dengan mencoba jalur lain, yaitu dengan lolos di ujian mandiri PTN, PTK, ataupun PTS.  Ada pula yang menyimpan rasa penasaran akan pembalasan di kesempatan berikutnya. Kegagalan pun bisa menjadi pelajaran bagi para calon pejuang agar tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti para seniornya tahun ini.

Buat lo yang sekarang masih duduk di kelas 12 atau para alumni yang masih menyimpan dendam pada SBMPTN 2016 lalu, mungkin rada penasaran dengan tipe soal seleksi universitas skala nasional yang telah menggugurkan hampir 600.000 peserta. Nah, di artikel Zenius Blog kali ini, kita akan mengupas tuntas semua soal SBMPTN 2016, lengkap dengan modul soal yang bisa kalian donlot GRATIS dan video pembahasan setiap nomornya. Buat lo yang punya tekad bulat untuk mengikuti seleksi SBMPTN 2017, artikel zeniusBLOG kali ini hukumnya sakral banget! Pokoknya wajib buat dibaca, di-bookmark atau minimal lo catet url-nya supaya nanti-nanti lo masih bisa balik ke artikel ini.

Sebelum terjun menyelami soal-soal SBMPTN 2016, ada beberapa artikel zenius yang penting banget buat lo baca, terutama dalam mempersiapkan diri untuk ujian SBMPTN. Gue amat sangat menyarankan lo untuk baca artikel-artikel ini sebagai bahan renungan untuk mengatur strategi sebelum mulai belajar. Dalam persaingan seketat level SBMPTN, rajin belajar aja belum cukup. Lo juga butuh strategi yang mateng!

Kalo lo perhatiin salah satu tips langkah strategi belajar SBMPTN di artikel rekomendasi di atas, kemungkinan lo sadar bahwa artikel ini memfasilitasi langkah pertama belajar SBMPTN, yaitu dengan coba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun lalu. Oke deh, langsung aja ya, buat lo semua yang penasaran sebetulnya gimana sih tingkat kesulitan soal SBMPTN 2016, yuk kita lihat selengkapnya soal + video pembahasannya di bawah ini:

SBMPTN-2016

TKPA SBMPTN

Pembahasan Soal SBMPTN TPA 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Matematika Dasar (MatDas) 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Bahasa Inggris 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Bahasa Indonesia 2016

TKD SAINTEK SBMPTN

Pembahasan Soal SBMPTN Matematika IPA 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Fisika 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Biologi 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Kimia 2016

TKD SOSHUM SBMPTN

Pembahasan Soal SBMPTN Sejarah 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Geografi 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Ekonomi 2016

Pembahasan Soal SBMPTN Sosiologi 2016

Mencoba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya adalah langkah awal yang bagus banget buat dapetin gambaran tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN. Selain itu, lo juga jadi bisa ada gambaran, udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo untuk menghadapi soal SBMPTN sekarang ini.

Nah, sedikit kabar baik aja untuk menyemangati lo yang mungkin udah ciut duluan nyalinya sama tingkat persaingan SBMPTN. Pada tahun-tahun sebelumnya memang bisa dikatakan tingkat persaingan jalur SBMPTN ini relatif tinggi (hanya 15-18% yang lolos), belum lagi untuk jurusan di PTN favorit biasanya peluangnya di bawah 5%. Terlepas dari tingkat persaingan yang cukup ketat itu, zenius mencatat secara sampling untuk tahun ajaran lalu (2014/15) pengguna zenius baik offline maupun online ternyata memiliki peluang yang lebih tinggi. Grafik selengkapnya bisa lo lihat di bawah ini.

persentase sbmptn16 zenius

Lumayanlah ya... berdasarkan survei yang Zenius sebarkan di sosial medianya H+1 pasca-pengumuman SBMPTN, bisa dibilang kalo zenius berhasil mendongkrak dari persentase skala nasional yang cuma sebesar 15-18% menjadi sekitar 70-75%. Semoga tahun ajaran ini (dan tahun ajaran selanjutnya), zenius bisa lebih sukses mendongkrak persentase kelulusan pengguna zenius lebih besar lagi.

Supaya lo tambah semangat belajar dan mempersiapkan diri untuk SBMPTN, coba lo intip deh beberapa catatan, cerita, dan pengalaman perjuangan dari kakak-kakak angkatan lo yang udah berhasil lolos SBMPTN tahun-tahun lalu, berikut tips dan cerita dari mereka:

Selain itu, gua juga sangat merekomendasikan beberapa artikel zenius blog lain terkait SBMPTN yang penting banget buat lo ketahui, berikut di antaranya:

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Fanny soal strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Fanny adalah Editor Zenius Blog. Fanny mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Follow Fanny at @frofalina

  • Fauzan Nurramadhan

    Kak di TPA tahun ini ada keluar soal sebab akibat yang di tahun-tahun sebelumnya gak ada, mungkin gak tahun depan keluar tpa model lain yang belum pernah keluar sebelumnya? Nah di TPA ada gak model lain yang belum ada pembahasannya di zenius?

    • Fanny Rofalina

      Mungkin aja.
      Panitia SBMPTN ga pernah transparan mengeluarkan kisi-kisi SBMPTN seperti UN. Dan karena SBMPTN diurus oleh panitia, yg namanya panitia tiap tahun pasti berubah.

      That's why penting banget untuk ga pilih kasih hanya fokus satu tipe TPA aja. Harus bisa bagis waktu belajar utk semua tipe soal TPA. Karena persebaran tipe soal TPA biasanya ga ketenak setiap tahuannya.

  • Faiz Akmal

    kalau soal simak yg 2016 blom ada ya kak?

    • Fanny Rofalina

      Hi Faiz.
      Belum. Tapi pasti kita rilis kok. Para tutor zenius lagi proses rekaman nih 🙂 sabar ya..

  • Muhammad Ridho

    - "Para pejuang SBMPTN yang menyepelekan TPA sebagai fondasi berpikir pada akhirnya mempertaruhkan peluang mereka untuk lolos."

    Itu artinya TPA wajib / sangat disaranin banget ya kak untuk dijadiin first step belajar SBMPTN? Sayangnya gw mulai belajar TKD Saintek + Matdas dulu, itu pun yang kelas 12, supaya bisa fokus sama subjects di sekolah juga.

  • Havie L Choir

    kalo ada pilihan gini
    1. akuntansi ui akuntansi unpad akuntansi unair
    2. akuntansi ui sastra inggris ui pariwisata ub
    3. akuntansi ui sastra inggris ub pariwisata ub
    mendingan/peluangnya lebih besar mana?

  • Widya Ningrum

    Kak, soal pdf Geografi nya gada ya?

    • Fanny Rofalina

      Hi Widya, Thanks for the reminder ya. Oke,akan kita lengkapin.

  • Rizky Anggita

    kak mau nanya, saya masih kelas 11, saya sadar sbmptn itu sulit makanya saya mulai dari sekarang. Gimana kak strategi belajarnya ? Trims 🙂

  • mariasti rahim

    kak mau bertanya tentang SNMPTN.
    kak benar nggak sih kalau dalam satu kelas banyak yang mengambil jurusan misalnya kedokteran peluang untuk lulusnya itu kecil?. mohon dijawab.

  • Bima Mahendra

    ka fani soal pembahasan geografi belum ada yg button downlod soal? upload dong soal pembahasannya soalnya mau di print biar lebih enak.

    • Fanny Rofalina

      Iya, sabar ya. Sedang kita proses kok 🙂

  • Nita

    kangen gilaa sama zenius :)) jadi inget gmana perjuangan bareng zenius buat bisa nembus sbmptn bulan mei lalu :)))

  • Fatih Almutawakkil

    kak aku mau nanya, bisa ga kalo di sbmptn aku milih pilihan di 3 univ berbeda misal , pilihan pertama fttm itb , kedua Sistem informasi ui , ketiga sistem informasi unsri, terus aku tes nya di aceh , kan itu gada pilihan univ di aceh tapi itu masi di wilayah 1 , kira kira ada pengaruh untuk kelulusan ga? terus boleh ga aku milih 3 univ yang berbeda itu?

  • Yosian

    Kak itu sudah mencakup semua paket yah ?

  • lusianasari

    Kak Gimana Cara Download Soal2 pembahasannya Ko ndak bisa ya ?? .

    • Fanny Rofalina

      Di setiap video pembahasan soal, di sudut kiri atas, ada tombol Download Soal. Klik tombol itu, ntar kebuka deh pdf soalnya. Di pdf nya, ada simbol Save. 🙂

  • Kak, kalau alumni mau ikut sbm, terus ingin review pelajaran dari kelas 10-12 SMA enaknya pakai kurikulum apa ya? Atau semua kurikulum sama aja? recomm please