Belajar SBMPTN Sambil Kuliah, Emang Bisa?

Merasa salah jurusan terus mau ngulang SBMPTN sambil kuliah? Emang bisa ya? Berikut adalah tips persiapan SBMPTN yang dijalani sambil kuliah.

Halo guys, ketemu lagi sama gua (Glenn) di Zenius Blog. Pada kesempatan kali ini, lagi-lagi gua mau bahas tentang tips belajar SBMPTN. Wah, SBMPTN itu kan masih bulan Mei/Juni tahun depan, masih jauh banget bro! Yup, mungkin bagi sebagian dari lo kesannya SBMPTN itu masih jauh, tapi kenyataannya di bulan Agustus lalu saja, udah ada 200+ calon peserta SBMPTN yang antusias banget ikut Try Out SBMPTN di forum Zenius Club. Nah khusus untuk artikel kali ini, gua mau ngasih tips bagi mereka-mereka yang berencana ikut SBMPTN tahun depan sambil kuliah.

Wah, persiapan SBMPTN sambil kuliah berarti ngulang dong? Yak, tiap tahun emang banyak banget kok peserta yang ngulang SBMPTN. Selama bertahun-tahun gua kerja di Zenius, gua sering banget nerima email, mention Twitter, messages Facebook, dan lain-lain… yang pada intinya bertanya:

“Kak, gua sekarang udah kuliah di Universitas X tapi ga sreg sama jurusannya dan pengen ngulang SBMPTN tahun depan. Kalo belajar SBMPTN sambil kuliah kira-kira mungkin ga ya? Bagi dong tips gimana cara bagi waktu belajar di sela-sela kesibukan kuliah!”

keluhan2 sbmptn

Berikut tadi adalah beberapa contoh pesan yang gua terima selama beberapa tahun ke belakang ini, aslinya ada jauh lebih banyak lagi. Kalo dihitung-hitung mungkin udah ratusan pesan yang gua terima & isinya kurang lebih sama seperti di atas, masalahnya itu-itu lagi. Kok bisa ya tiap tahun masalah ini muncul terus? Hmm, kalo berdasarkan hasil chatting & jawab-jawabin email mereka selama ini sih, lama-lama gua jadi menemukan satu pola “lingkaran setan” yang terus berulang & dialami oleh anak kelas 12 dari angkatan demi angkatan.

Pola “lingkaran setan” apaan tuh? Sederhananya gua ilustrasikan dengan gambar berikut ini:

POLA SBMPTN

Hayo, ada yang ngerasa gak berada dalam pola yang gua illustrasikan di atas? Ngaku lu semua! Hehehe… Tapi kira-kira kebayang yah apa yang gua maksud barusan dengan pola “lingkaran setan”? Dari tahun ke tahun, angkatan demi angkatan… gua seriiing buangeet menemukan skenario klasik seperti ini:

FASE 1: Nunda / Ga Kepikiran untuk Belajar

Entah karena masih kebawa males belajar dari kelas 11 atau salah prioritas belajar. Banyak anak kelas 12 sibuk ikut bimbingan sepulang sekolah untuk persiapan UN. Persiapan seleksi kuliahnya? Nanti dulu deh. Lagipula kan ada jalur SNMPTN. Padahal tingkat penerimaan seleksi SNMPTN itu rata-rata cuma 15-17%. Artinya dari total ±800.000 peserta SNMPTN, tiap tahun ada ± 680.000 (85%) peserta yang gagal. Terus 680 ribu anak gimana nasibnya tuh?

FASE 2: Kecewa & Panik

Setiap tahun, lebih dari setengah juta remaja Indonesia merasa dunia seakan runtuh karena ga keterima SNMPTN. Habis pengumuman SNMPTN, mereka baru panik cari bahan belajar SBMPTN & Ujian Mandiri, tapi apa daya waktunya udah terlalu mepet untuk belajar ujian seleksi universitas. Akhirnya dengan persiapan belajar kurang maksimal, banyak yang gagal atau cuma bisa dapet pilihan 3 yang sebetulnya bukan jurusan yang terlalu diminati. Tapi daripada nganggur ga jelas + saran dari orangtua untuk menjalani kuliah apa adanya, akhirnya mereka mencoba menjalani kuliah seadanya.

FASE 3: Terperangkap Salah Jurusan

Mereka yang sekadar kuliah karena ga mau nganggur, baru sadar kalo salah jurusan kuliah itu serasa hidup di neraka. Kuliah itu pada dasarnya udah berat, pastinya akan jauh lebih berat lagi kalo maksain kuliah di jurusan yang bukan diminati. Dari situ, mulai deh kepikiran untuk ngambil SBMPTN lagi tahun depan, tapi galau gimana caranya meluangkan waktu di tengah kesibukan kuliah. Belum lagi ga enak minta ijin ke orangtua. Inilah lingkaran setan yang selalu berputar & menjadi nasib RATUSAN RIBU siswa kelas 12 di Indonesia.

salah jurusan

Oke, ada yang udah mulai merasa tergelitik (atau tertohok) karena merasa dirinya juga terjatuh dalam lingkaran setan? Hehehe… Kalo iya, ga usah panik, ga usah minder… karena sebetulnya kondisi ini adalah hal yang wajar. Tiap tahun, rata-rata peminat kuliah S1 di Indonesia mencapai 750-850 ribu orang, sementara jumlah kursi mahasiswa yang tersedia, balik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri, hanya sekitar 250-300 ribu kursi. Artinya kalo memang lu belum beruntung tahun kemarin, ya wajar saja karena memang persaingan masuk kuliah di Indonesia itu ketat sekali.

Masalahnya sekarang, tinggal seberapa besar keinginan lo untuk berjuang sekali lagi demi mendapatkan jurusan atau universitas yang lo inginkan, khususnya mereka yang sekarang belum sreg sama kuliah yang sedang dijalaninya. Serius ga nih lu mau ngulang SBMPTN atau Ujian Mandiri tahun depan?

confuse cat

Oke, gua ngerti kok kalau lo galau. Gua ngerti juga kalo mungkin lo bingung, rasanya buntu, serba salah. Kuliah udah ga enjoy, tapi dituntut tanggung jawab pada orangtua juga. Mau ngulang tapi takut ninggalin kuliah, takut berdebat lagi sama ortu, takut ga diterima lagi, tapi kalo maksa dijalanin juga ga enjoy kuliahnya. Yes, yes, gua ngerti banget perasaan lo. Believe me, udah lebih dari 700+ curhatan yang masuk ke inbox gua selama 4 tahun terakhir.

Terus baiknya gimana dong? Jawabannya ga akan sama bagi setiap orang yang baca artikel ini, karena tiap masing-masing orang punya kondisi masalah yang unik. Terlepas dari itu, tebakan gua sih 90% dari masalah calon peserta SBMPTN yang belajar sambil kuliah itu bukan soal bingung ngatur waktu, tapi karena sejak awal ga bulet komitmennya. Kalo komitmen awal lo ga bulet, niat ngejalaninnya juga jadi cuma setengah-setengah. Nah bagi lo yang sekarang masih bingung mempertimbangkan NGULANG KULIAH atau NGGAK, gua saranin banget lo baca artikel gua yang ini:

Terlanjur Salah Pilih Jurusan, Ngulang atau Terusin?

Artikel gua di atas isinya khusus untuk bedah tuntas tentang pertimbangan untuk ngulang kuliah dengan segala konsekuensinya. Baik konsekuensi untuk ngulang, konsekuensi nerusin kuliah, termasuk segala tantangan dan peluangnya, semua dibahas di situ. Terlepas dari keputusan lo ngulang atau gak ngulang, itu terserah gimana pertimbangan lo. Intinya sih galau itu boleh, galau itu wajar, tapi jangan kelamaan. Semakin lama lo galau, semakin lama lo ga maksimal dengan keputusan lo. Kalo lo bertekad mau nerusin kuliah, ya lo harus konsisten dengan komitmen lu itu, begitu juga sebaliknya.

Nah, untuk di artikel kali ini, gua mau lanjut bahas khusus bagi mereka yang udah bener-bener bulet memutuskan untuk ngulang SBMPTN & seleksi masuk universitas lainnya di tahun depan. Apa aja sih yang harus dipersiapkan bagi mereka yang mau ngulang SBMPTN?

1. Jaga Kesibukan & Eliminasi Kegiatan yang Gak Perlu

Satu kemampuan yang belum biasa terasah oleh anak SMA & mahasiswa baru adalah Kemampuan menentukan PRIORITAS. Kenapa gua bilang belum biasa terasah? Karena biasanya tujuan pelajar SD-SMP-SMA dalam hal akademis itu seragam, dari tugas, PR, ulangan, UTS, UAS, UN.. Sementara dalam dunia perkuliahan, lo dihadapkan dengan berbagai pilihan yang kesannya semua penting (tugas, organisasi, ujian, praktikum, belajar SBMPTN), sampai-sampai lo bingung mana yang harus diutamakan!

Terus gimana caranya tau mana yang harus diprioritaskan? Kuncinya adalah lo harus menentukan tujuan besar lo dulu, dalam konteks ini ya tujuan lo adalah ngulang kuliah di jurusan/universitas yang lo inginkan. Ini kesannya sepele tapi penting banget, terutama bagi lo yang emang udah bertekad mau ngulang kuliah. Inti dari menentukan PRIORITAS adalah: Alokasikan waktu lo pada kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan lo + Eliminasi kegiatan-kegiatan yang tidak relevan dengan tujuan lo.

Berikut adalah beberapa contoh eliminasi kegiatan-kegiatan yang ga relevan:

A. Stop kegiatan organisasi, kepanitiaan, himpunan, dan sejenisnya.

Gua ga bilang kalo kegiatan organisasi kampus itu ga ada manfaatnya yah, sebetulnya manfaatnya banyak kok! Tapi kan ini konteksnya lo udah mau ngulang kuliah nih, jadi alangkah baiknya kalo lo tunda dulu kesibukan organisasi lo di tempat tujuan kuliah lo berikutnya. Buat lo yang udah terlanjur tergabung dalam kepanitiaan, pastikan lo selesaikan tanggung jawab lo dulu & minta izin baik-baik untuk tidak melanjutkan keanggotaan pada proyek selanjutnya.

B. Jika memungkinkan, ajukan permohonan cuti kuliah di semester genap.

Ini kesannya langkah yang radikal banget ya, tapi sebetulnya ada banyak banget kakak angkatan lo sebelumnya yang nekat cuti kuliah di semester genap demi fokus belajar SBMPTN loh! and who knows… this decision could change your life forever! 

C. Kalo ga bisa ambil cuti, setidaknya ambil sks minimal di semester genap.

Biasanya sih, keinginan cuti kuliah terbentur dengan larangan ortu. Dalam posisi ini, jangan dulu berdebat dengan ortu, karena itu akan makin menyulitkan tujuan lo untuk ngulang kuliah nantinya. Walaupun ga sampai cuti kuliah, gua sangat menyarankan lo untuk mengambil sks minimal di semester genap, sehingga kesibukan kuliah lo juga ga terlalu menyita waktu belajar SBMPTN. Sebisa mungkin juga, lo cari tau ke kakak angkatan, mana aja mata kuliah yang ga terlalu menyita waktu & perhatian di semester genap supaya kegiatan kuliah lo relatif santai & bisa lebih fokus belajar SBMPTN.

 

2. Komunikasikan Dengan Orangtua Pake Strategi

Tantangan berikutnya adalah ngomong sama orangtua bahwa lo berencana untuk ngulang kuliah. Ngomongin hal ini dengan orangtua emang gampang-gampang susah dan ga ada rumus pastinya karena hubungan anak & orangtua setiap orang berbeda-beda. Terlepas dari itu, gua minta lo tolong PAKE TAKTIK untuk ngomongin hal ini. Karena dukungan orangtua dalam hal ini, lumayan krusial untuk membangun mental yang positif & memperkuat komitmen lo untuk fokus belajar SBMPTN. Jangan sampai lo minta ijin untuk ngulang kuliah sama kayak lo minta ijin ganti channel TV:

“Ayah, Nabilah minta ijin dong buat ngulang kuliah. Kuliah yang sekarang ga seru ah. Rencananya Nabilah mau kuliah di Universitas X, jurusan Y. Uang pangkal & pendaftarannya cuma 50 juta doang kok Yah! boleh ya, Yah!”

Kecuali keluarga lo tajir melintir, yang ada lo ditabokin kalo ngomong kayak gitu. So please, minta ijinnya pake taktik dikitlah! Lihat situasi dan kondisi dulu, tunggu mood ortu lagi enak, bilang baik-baik kalo lo mau ngomong sesuatu yang penting. Sebaiknya ngomong hal sepenting ini jangan di moment selewat doang, tapi khususkan waktu yang enak secara serius. Persiapkan dulu alasan-alasan yang logis dan masuk akal untuk diskusi dengan orangtua secara baik-baik. (jangan berdebat, itu hanya akan memperburuk situasi secara jangka panjang).

ijinortu
Ngomongnya yang serius, jangan sampai dikira bercanda 😛

Komunikasikan bahwa kamu sudah mempertimbangkan setiap konsekuensinya secara menyeluruh, jadi keputusan ini bukan cuma pemikiran iseng, tapi sudah benar-benar lo pertimbangkan secara matang. Tunjukan komitmen lo dan keseriusan lo secara positif. Mungkin proses “minta ijin” ini ga bisa lo lalui secara instan, ada proses yang harus dilalui secara bertahap, itu wajar. Kalo orangtua bisa melihat keseriusan lo dan komitmen lo, biasanya pada akhirnya mereka akan luluh. Berikut adalah beberapa artikel yang gua rekomendasikan lo baca sebelum lo memutuskan ngomong ke orangtua, moga-moga bisa membantu:

Bagaimana Cara yang Paling Tepat untuk Memotivasi Seorang Pembelajar?

Gak Lolos SNMPTN, SBMPTN, & Ujian mandiri. What should I do?

3. Lakukan Tahap-tahap Belajar yang Efektif

Nah, langkah berikutnya yang terutama dan paling penting adalah: BELAJAR untuk SBMPTN! Belajarnya gimana? Belajarnya dengan cara yang efektif. Inget, waktu lu terbatas, energi & fokus lo juga terbatas, jadi cara belajarnya juga harus TEPAT SASARAN. Kebanyakan siswa yang cepet nyerah pada proses awal belajar SBMPTN adalah waktu lagi bongkar-bongkar catetan pelajaran dan buku-buku SMA. Begitu nyentuh buku-buku catetan SMA rasanya tuh beraaat bangeet… rasanya males lagi belajar hal yang selama ini udah jadi masa lalu. tsaah~

Oke, solusinya simpel: simpen catetan SMA lo, ga usah dibuka lagi. Di website zenius.netudah tersedia lengkap seluruh pembahasan materi SBMPTN untuk semua mata pelajaran. Coba aja lu cek satu per satu di sini:

Tips 1: Mulai belajar dengan TKPA dulu

Gua sarankan untuk fokus memantapkan materi TKPA dulu sebelum lo mulai nyentuh materi Saintek atau Soshum. Kenapa lebih baik fokus ke materi TKPA dulu aja? Berikut beberapa alasannya…

  • Baik di SBMPTN maupun sebagian besar USM Mandiri, hampir selalu lo akan menghadapi materi TKPA.
  • Buat yang masih bimbang ambil Saintek/Soshum. Belajar TKPA dulu adalah jalan paling aman.
  • Materi TKPA itu relatif bisa jadi ‘lumbung nilai’, tapi malah sering diremehin! (terutama sama pesaing lo)

Untuk mempelajari materi TKPA lebih mendalam, gua sarankan lo baca artikel ini: Mau belajar SBMPTN lebih awal, sebaiknya mulai dari mana?

 

Tips 2: Lakukan TRY OUT SESERING mungkin!

Dari tahun ke tahun, banyak siswa yang suka bertanya “Penting gak sih Try Out dalam persiapan SBMPTN?” Jawaban singkat dari gua: PENTING BANGET! Kenapa penting banget? Karena dengan sering try out (TO), lo jadi mengetahui dimana letak penguasaan materi yang paling lemah. Otomatis lo jadi tau topik materi mana yang masih perlu dievaluasi. Dengan sering TO, lo juga jadi terbiasa menjawab soal secara efektif dalam durasi waktu yang ketat. Selain itu, otak lo jadi terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian, mental lo jadi lebih kuat ketika hari-H ujian. Terakhir, dengan sering evaluasi diri TO, lo juga jadi lebih realistis milih jurusan kuliah.

Buat lo yang bingung gimana caranya bisa TRY OUT sesering mungkin, gua punya 2 alternatif cara:

  1. Cara Pertama: Lo bisa gabung di forum Zenius Club. Sejak 2 minggu yang lalu ada 200+ calon peserta SBMPTN yang antusias banget ikutan TRY OUT SBMPTN setiap hari Jumat malem. FYI Zenius Club adalah forum khusus pengguna Zenius Xpedia 2.0, untuk bisa bergabung lo bisa memesan Xpedia 2.0 di sini.
  2. Cara kedua: Lo bisa ikutin langkah-langkah panduan bikin try out mandiri di artikel ini.

Bingung nyari latihan soal SBMPTN? Silakan download sepuasnya di : Kumpulan Latihan Soal SBMPTN atau bisa juga akses ke ribuan soal SBMPTN tahun-tahun lalu di sini:

 

Tips 3: Alokasikan Waktu Belajar Pada Materi yang Tepat

Pada artikel yang gua tulis sebelumnya, gua pernah bikin 1 artikel yang isinya gua khususkan untuk mengupas materi SBMPTN yang paling sering keluar dari tahun 2011-2015. Salah satu contohnya seperti ini:

Chart SBMPTN TPA

Nanti dalam beberapa bulan, kemungkinan gua akan update datanya dengan memasukkan data SBMPTN tahun 2016, tapi terlepas dari itu pun, kemungkinan besar komposisinya ga akan terlalu berubah. Dengan melihat pemetaan ini, lo jadi lebih efisien mengalokasikan waktu belajar lo untuk belajar materi SBMPTN yang tepat. Kalo lo mau tau data chart pemetaan materi SBMPTN untuk mata pelajaran yang lain, lo bisa lihat selengkapnya di artikel ini:

Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN?

 

4. Jaga Komitmen dan Konsisten dengan Keputusan Lo

Hal terakhir yang kesannya sepele padahal penting banget adalah menjaga KONSISTENSI terhadap KOMITMEN. Itulah kenapa sejak awal gua minta bagi lo yang kepikiran untuk ngulang SBMPTN, pastikan niat lo itu jangan cuma setengah-setengah. Jangan sampai hari ini lo bertekad bulat mau ngulang SBMPTN, eh besok malah nerima tawaran aktif organisasi kampus, terus nanti di semester genap lo malah ambil banyak sks sehingga lo jadi kewalahan sendiri meluangkan waktu belajar SBMPTN. Jangan sampai juga sepanjang minggu ini lo semangat belajar, eh minggu depan malah asik main main game sampai berbulan-bulan. Intinya sih, semua hal yang gua bahas di atas ga akan ada gunanya kalo lo ga bisa konsisten sama komitmen lo.

Caranya gimana dong supaya bisa konsisten dengan komitmen? Resepnya udah gua tulis secara detail di artikel ini:

Apa sih yang membuat kita bisa Konsisten dengan Komitmen kita?

Ada satu tambahan trik untuk bisa terus bikin lo semangat belajar & menjaga komitmen lo. Triknya adalah, coba deh lo iseng lihat cerita/kisah perjuangan kakak-kakak angkatan lo yang belajar SBMPTN di tahun-tahun lalu. Kalo lo telusuri, kisah-kisah perjuangan mereka banyak yang ajaib banget untuk bisa dapet kuliah di tempat impian mereka. Ada yang…

Lo juga bisa lihat banyak banget kisah perjuangan kakak-kakak angkatan lo untuk lolos SBMPTN di sini

Yak, moga-moga dengan baca kisah & cerita perjuangan kakak angkatan lo di atas, bisa jadi bacaan motivasi buat lo di saat-saat lo lagi down dan butuh penyemangat belajar.

Demikianlah sedikit-banyak petuah dari gue, khususnya bagi lo yang berencana ngulang kuliah dengan ikut ujian SBMPTN maupun Ujian Mandiri di beberapa universitas di tahun depan. Moga-moga bermanfaat buat lo semua, sampai jumpa di artikel berikutnya!

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn terkait topik ngulang kuliah, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Bagi kamu yang lagi mempersiapkan diri untuk ikut SBMPTN atau USM Mandiri tahun depan, Zenius merekomendasikan untuk baca beberapa artikel berikuti ini:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.