Timeline Kegiatan Kelas 12: Kenapa Lo Harus Belajar SBMPTN dari Sekarang

Artikel ini menjabarkan seluruh kegiatan kelas 12 SMA serta tips untuk siap menghadapi kelas 12. Bacaan wajib sebelum memulai kelas 12.

Juli bulan depan menjadi akhir dari serangkaian penerimaan masuk perguruan tinggi, sekaligus akhir dari rangkaian kegiatan kelas 12 SMA maupun sederajat. Ada yang bisa melewatinya dengan manis, namun ada juga yang terpeleset. Terpeleset disini bisa macem-macem jenisnya: bisa berarti ga dapet tempat kuliah akibat kalah bersaing, bisa jadi dapet tempat kuliah tapi bukan di tempat yang dikehendaki, bisa jadi salah milih jurusan, dan lain-lain.

Banyak anak yang terpeleset di kelas 12 ini simply karena mereka ga tau medan perangnya. Manajemen waktu yang kurang menyebabkan banyak siswa yang keteteran ketika memasuki peak season kelas 12. Bayangin aja di kelas 12 ini saat dimana ada US, Ujian Praktikum, UN, SBMPTN serta Ujian-ujian Mandiri diselenggarakan hanya dalam hitungan 4 bulan. Apabila kurang perencanaan, bisa jadi persiapanmu menghadapi ujian-ujian tersebut jadi ga maksimal.

Wah boro-boro mikirin kelas 12. Sekarang aja gue masih ngademin kepala habis UAS

Hehe.. Gue ngerti mungkin lo sedang menikmati masa santai dan melepaskan penat dari rangkaian kegiatan belajar-mengajar di kelas 11. Tapi gue saranin banget untuk bookmark artikel ini sebagai bahan bacaan dan renungan saat liburan kenaikan kelas 12. Gue ga bermaksud nakut-nakutin, tapi gue pengen lo mulai aware bahwa medan tempur di depan lo itu berat. Jadi harapan gue, lo bisa mulai prepare semuanya mulai dari sekarang. Tidak lagi mengulangi kesalahan turun-temurun yang ga sedikit dilakukan oleh senior kalian ketika di kelas 12 sehingga kalian bisa memanfaatkan sebaik-baiknya satu tahun terakhir kalian sebagai pelajar putih abu-abu.

Seberapa sibuk sih kelas 12?

Untuk menjawabnya, langsung aja lo baca beberapa tweet curhatan kelas 12 berikut

Ampe fanbase Cristiano Ronaldo terlalu sibuk buat ngetweet

159w4h

Nah bisa lo baca sendiri di tweet-tweet tersebut sekilas gambaran kehidupan kelas 12. Jadi jangan bayangin lo punya waktu maen-maen seperti halnya kelas 10 atau 11 dulu. Kelas 12 kehidupannya udah sangat berbeda.

Jadwal Kegiatan Kelas 12

Sebagai bahan persiapan lo, pertama, penting buat lo mengetahui gambaran apa aja kegiatan penting yang akan lo alami selama kurang lebih sampai Juli tahun depan. Nah berikut ini gambaran kegiatan kelas 12 yang gue susun dengan acuan kegiatan tahun ajaran 2016/2017. Kalo ga ada perubahan yang major, harusnya sih jadwal kegiatan tahun ajaran 2018/2019 ga akan berbeda jauh, mungkin cuma selisih 1-2 minggu.

1. Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah efektif dilaksanakan selama 8 bulan, yaitu mulai akhir Juli / awal Agustus sampai dengan Maret. Bila dikurangi dengan libur kenaikan semester dan pelaksanaan UTS dan UAS, maka praktis tinggal sekitar 7 bulan (ini juga belum dikurangi libur sekolah). Jadi belajar dengan ngandelin materi dari sekolah doank itu sangat-sangat mepet. Usahakan belajar dan ngulik-ngulik materi sendiri.

2. UTS dan UAS Semester Ganjil

UTS Semester Ganjil akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober, sedangkan UAS akan dilaksanakan sekitar bulan Desember. UTS dan UAS ini sangat penting sebagai bahan penilaian raport untuk SNMPTN, jadi lo wajib banget memaksimalkan 2 ujian ini.

3. Seleksi Masuk PTS

Seleksi Masuk PTS sudah mulai dibuka pada bulan September sampai dengan Agustus tahun berikutnya. Tiap-tiap PTS mempunyai timeline yang berbeda-beda terkait penerimaannya. Ada yang udah mulai Agustus, ada yang baru mulai Januari. Namun secara umum seleksi PTN melalui seleksi raport serta aplikasi beasiswa biasanya dilaksanakan pada awal-awal periode pendaftaran. Selain itu di awal-awal periode pendaftaran juga relatif sedikit saingannya.

Walaupun kebanyakan banyak siswa kelas 12 yang mengincar PTN (ternama), ga jarang mereka juga menyiapkan seleksi masuk PTS sebagai cadangan kalo buruk-buruknya nanti mereka gagal masuk PTN. Jadi rajin-rajin cek jadwal pendaftaran PTS inceran lo, dan kalo memang bener-bener naksir, usahakan daftar di awal periode tersebut. Setelah SBMPTN, biasanya sudah jarang PTS yang melakukan seleksi raport dan lebih banyak yang mengadakan seleksi melalui tes (tentunya saingan juga akan nambah).

4. Pendaftaran SNMPTN

Pendaftaran SNMPTN biasanya dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan awal Maret. Setelah pendaftaran ditutup, berkas pendaftaran SNMPTN akan dikirim ke PTN pilihan I untuk diseleksi. Waktu seleksi di PTN pilihan I selama sekitar sebulan. Lalu apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka berkas pendaftaran akan diseleksi di PTN pilihan II selama sekitar sebulan juga. Jadi total waktu seleksi di PTN adalah dua bulan sampai dengan awal bulan Mei. Lalu sekitar pertengahan Mei, hasil SNMPTN akan diumumkan di website SNMPTN.

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2018 saat ini belum ada, namun sebagai gambaran, berikut ini jadwal SNMPTN 2017.

Pengisian PDSS 14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS 15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret 2017
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi 15 Maret – 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 26 April 2017

Baca:

5. Bimbingan UN Sekolah

Nah bimbingan UN di sekolah ini adalah awal dari semua masa super sibukmu di kelas 12 SMA. Tiap sekolah punya kebijakan berbeda-beda tentang bimbingan ini, namun biasanya sih diadakan selama sekitar 2-3 bulan sekitar Januari – Maret. Bimbingan ini biasanya menambah sekitar 2 jam, di luar sekolah. Jadi kalo sekolah lo biasanya pulang jam 2 siang, maka setelah adanya bimbel ini maka lo akan pulang sekitar jam 4 atau setengan 5 sore. Belum lagi kalo lo ikut bimbel di luar, bisa tiap hari pulang jam 8 malem (setidaknya itu yang gue alamin dulu, hehehe). Jadi kebayang kan kalo lo ga mulai nyicil materi dari sekarang? Fisik lo dituntut bekerja keras, otak lo dijejeli materi terus dari pagi sampai malem. Selain bikin capek juga materi yang keserap jadi ga maksimal.

6. Try Out UN dari Dinas Pendidikan Masing-Masing

Biasanya sekitar bulan Februari akan dilaksanakan TO UN yang diselenggarakan oleh masing-masing dinas pendidikan daerah. Tiap daerah bisa beda-beda waktu penyelenggaraannya.

7. UAS Semester 6

UAS semester 6 biasanya dilaksanakan bulan Maret sebelum Ujian Sekolah dan Praktikum. Namun nilai UAS Semester 6 udah ga dimasukkan dalam penilaian SNMPTN.

8. Ujian Sekolah dan Praktikum

Ujian Sekolah dan Ujian Praktikum akan dilaksanakan pada bulan Maret sebelum UN, bisa praktikum dulu atau US dulu.

9. Ujian Nasional

Saat ini belum ada info apapun terkait dengan UN 2019. Sebagai gambaran, tahun ajaran 2017, UNBK SMA dilaksanakan pada tanggal 10 April 2017.

Ujian Nasional ini tidak menentukan kelulusan siswa dan masih belum jelas pula apakah dijadikan penilaian di SNMPTN. Tapi apabila nilai UN lo berada di bawah 55, maka lo boleh melakukan Ujian Perbaikan yang akan dilaksanakan sekitar bulan Juni – September.

10. SBMPTN

Pasca UN, ada waktu lowong sekitar sebulan. Di pertengahannya, ada pengumuman hasil SNMPTN. Sebulan berlalu semenjak UN, saatnya para pejuang yang ditolak di SNMPTN bertempur matia-matian di SBMPTN.

Pada 2 tahun terakhir, SBMPTN dilaksanakan pada bulan Mei. Meskipun begitu, pendaftarannya biasanya akan dibuka pada akhir April / awal Mei. Jadwal lengkap pelaksanaan SBMPTN biasanya akan dirilis bersamaan dengan jadwal SNMPTN. Sebagai gambaran berikut ini jadwal SBMPTN tahun ajaran 2017:

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran CBT dan PBT 11 April – 5 Mei 2017
Ujian Tulis CBT dan PBT 16 Mei 2017
Ujian Keterampilan 17 dan/atau 18 Juni 2017
Pengumuman Hasil 13 Juni 2017

Baca: Aturan Lengkap & Info Penting seputar SBMPTN

11. Seleksi Mandiri PTN (Diploma)

Seleksi Mandiri PTN untuk program diploma (D3 & D4) biasanya udah dibuka sebelum pelaksanaan Ujian Nasional. Beberapa perguruan tinggi seperti Poltekkes, Poltek Negeri dan Universitas yang membuka program diploma / vokasi (IPB) biasanya mulai melakukan pendaftaran seleksi mulai bulan Februari, jadi ngurusnya hampir bersamaan dengan SNMPTN.

13. Seleksi Mandiri PTN (S1)

Seleksi Mandiri S1 PTN mulai dilaksanakan setelah SBMPTN, meskipun begitu pendaftarannya biasanya sudah mulai dibuka pada bulan Mei. Beberapa hari setelah SBMPTN biasanya SIMAK UI dan UM UGM akan dilaksanakan secara bersamaan. Setelah itu, beberapa seleksi mandiri lain akan menyusul yang mana paling banyak akan dilaksanakan pada bulan Juni / Juli. Oleh karena itu sebaiknya lo juga siapin seleksi mandiri ini sejak jauh-jauh hari terutama apabila lo pengen ikut SIMAK UI atau UM UGM.

Baca: Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Jadwal di atas belum termasuk apabila lo mengikuti bimbel atau belajar mandiri.

 

Hal-hal yang sebaiknya lo lakuin dari sekarang

1. Belajar SBMPTN sedini mungkin

159vcgSeperti yang lo lihat dalam timeline dan penjelasan di atas, jadwal kelas 12 relatif longgar pada semester 5 dan padet banget pada semester 6. Nah, buat lo yang mau nyiapin SBMPTN dengan maksimal, gue saranin sih lo mulai belajar SBMPTN dari sekarang. At least, coba deh kerjain aja dulu satu paket soal SBMPTN biar lo ada gambaran tingkat kesulitan yang akan lo hadepin.

Ketika lo udah dapat gambaran tingkat kesulitan soal SBMPTN, coba bandingkan dengan soal UN. Wah, rada jomplang, di mana tingkat kesulitan soal SBMPTN lebih tinggi daripada soal UN. Soal SBMPTN tuh banyak analisis dan memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap materinya. Di sisi lain, soal UN relatif bisa “dihafal”. That’s why, Zenius biasanya menyarankan untuk langsung fokus ke SBMPTN daripada UN. Kalo udah biasa latihan medan SBMPTN, biasanya UN mah lewat. Selain itu, medan pertempuran Seleksi Mandiri PTN juga ga terlalu berbeda dari SBMPTN. Jadi, kalo lo bisa mantap mempersiapkan diri buat SBMPTN, sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui.

Nah, kalo lo udah mulai nyicil materi SBMPTN dari awal semester 5, di semester 6 lo ga akan terlalu terbebani dengan materi yang banyak.

Baca:

2. Meninjau ulang pentingnya nilai UN

Sepertinya udah jadi fenomena tersendiri di negara kita kalo UN itu kayak momok menakutkan buat pelajar sekolah. Tapi apakah ketakutan itu emang wajar?

Sebagai informasi, nilai UN dalam dua tahun terakhir udah ga menjadi indikator kelulusan sekolah. Selain itu, nilai UN juga belum pasti jadi bahan pertimbangan seleksi buat lo yang mendaftar jalur masuk kuliah di seleksi SNMPTN, meskipun nanti tetep disetor oleh Kemendikbud. Dari yang pernah gue baca sih, Kemendikbud selaku penyelenggara UN sebenernya pengen nilai UN jadi pertimbangan SNMPTN. Namun, PTN (berada dibawah Kemenristek-dikti) sepertinya masih belum yakin bener tentang kualitas nilai UN itu sendiri. Selain itu, waktu penyetoran nilai UN yang cukup mepet dengan pengumuman SNMPTN membuat gue makin kurang yakin kalau nilai UN bakal dijadikan pertimbangan.

Terus buat apa dong nilai UN? Nilai UN masih berguna untuk beberapa kepentingan, misalnya bagi lo yang mau daftar di sekolah kedinasan (misalnya STAN), biasanya mempertimbangkan rata-rata keseluruhan nilai UN + nilai US. Selain itu, nilai UN juga tetap berguna buat lo yang berminat melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan mengharapkan sumber dana beasiswa.

Selain dari kepentingan tersebut, gue harap lo bisa menyusun prioritas, yaitu lebih fokus menyiapkan diri menghadapi the real boss, yaitu SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN.

3. Tidak terlalu berharap pada SNMPTN

Udah jadi cerita klasik dari setiap angkatan kalau banyak siswa kelas 12 yang gagal kuliah karena terlalu mengharapkan dapet “undangan” dari PTN impiannya. Begitu tau hasilnya (ternyata amit-mati) gak keterima, udah gak sempet belajar buat tes SNMPTN tertulis atau Ujian Mandiri karena waktunya udah terlalu mepet.

Coba aja lo liat lagi jadwal yang gue cantumin di atas. Dari pengumuman SNMPTN ke ujian SBMPTN, itu cuma ada selang waktu sekitar 2-3 minggu, bahkan ga nyampe sebulan! Seminggu setelah SBMPTN, biasanya Seleksi Mandiri PTN (seperti SIMAK UI dan UM UGM) udah digelar. Dan lo berharap bisa mengejar materi dalam waktu semepet itu? Wah yang ada kelabakan modyar!

Jadi yah kalo menurut gue sih,  sebaiknya jalur SNMPTN ini jangan dijadikan satu-satunya kesempatan buat masuk kuliah. Manfaatkan juga jalur masuk kampus yang lain seperti SBMPTN dan juga Ujian Mandiri dengan mulai belajar dari sekarang.

4. Memikirkan jurusan kuliah

159ujdBanyak siswa yang baru mikirin jurusan dan pilihan PTN nya menjelang pendaftaran. Milih jurusan bukan perkara sepele, setidaknya lo perlu belajar mengenali diri lo sendiri, minat dan bakat lo, mempelajari berbagai jurusan dan perguruan tinggi, mendiskusikannya dengan orang tua, guru BK, kakak kelas atau orang yang berkompeten, dan lain-lain. Semua proses tersebut bisa memakan waktu berbulan-bulan. Kalo lo baru mikir jurusan yang akan lo ambil 1-2 minggu sebelum pendaftaran, itu jelas terlalu mepet.

Kalo dihitung dari sekarang (Juni) ada waktu sekitar 7 bulan buat lo mikirin jurusan kuliah untuk SNMPTN nanti (Februari). Masih anget banget banyak siswa yang melepas penerimaan di SNMPTN gara-gara ga cocok jurusannya. “Kalo ga cocok kenapa dipilih?” Kemungkinan besar ya karena pas mikirin jurusan kurang mateng dan tergesa-gesa.

Baca: SERIOUS WARNING: Jangan Sampai Lo Salah Milih Jurusan!

***

Okay, demikian info sekilas tentang kegiatan dan event penting yang akan lo hadapi selama kelas 12. Moga-moga lo bisa mempersiapkan semua kegiatan lo selama kurang lebih setahun ke depan dengan baik.

 

==========CATATAN EDITOR=========== 

Kalo ada yang mau nanya ke Ari tentang kegiatan kelas 12, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.