Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar – Materi Bahasa Indonesia Kelas 12

Di artikel ini, elo bakal nemuin contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, simak yuk!

Halo Sobat Zenius! Pernah nggak sih elo kepikiran, “Abis lulus SMA, gue mau ngapain ya?”. Gue pikir di zaman yang udah modern ini ada banyak banget opsi buat elo!

Bisa kuliah sambil berorganisasi, langsung kerja, kerja sambil kuliah, atau abis lulus kuliah elo bisa bekerja.

Tapi pertanyaannya, gimana sih caranya bisa dapet kerjaan? Pertama elo harus tau dulu nih, di mana perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan diperlukan ketika ingin melamar kerja.
Ilustrasi Lowongan Pekerjaan (Arsip Zenius)

Ada cara yang paling mudah, nih. Elo bisa cari tahu lowongan pekerjaan lewat website perusahaan, media sosial, atau bahkan di portal lowongan pekerjaan yang tersebar di internet kayak LinkedIn, Kalibrr, dan Jobstreet.

Karena sekarang udah masuk ke era digital, jadi elo bisa dengan mudah nemuin lowongan pekerjaan!

Untuk ngelamar kerja, elo butuh Curriculum Vitae a.k.a CV yang berisi pengalaman pekerjaan project yang pernah dikerjakan, organisasi yang elo ikutin, sampai pendidikan saat ini. Pada intinya, riwayat hidup elo.

Tapi selain CV, ada lagi nih dokumen yang sama pentingnya, yaitu surat lamaran kerja! Apa sih surat lamaran kerja itu? Gimana cara buat surat lamaran kerja? Contoh surat lamaran kerja yang umum itu gimana?

Elo bakal nemuin jawabannya di artikel ini! Daripada berlama-lama, langsung aja simak, yuk! Cekidot!

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Seiring berkembangnya zaman, lowongan pekerjaan bisa elo temuin di mana aja, termasuk internet. Elo nggak perlu repot-repot beli koran buat cari kesempatan kerja yang cocok buat elo.

Hal tersebut juga berdampak pada surat lamaran kerja yang perlu elo kasih, nih. Kalau dulu elo perlu buat nyamperin perusahaan ke kantornya dan ngasih surat lamaran dalam bentuk fisik, sekarang elo udah bisa kirim surat lamaran kerja lewat e-mail, lho!

Nah, makanya gue bakal bagiin dua contoh surat lamaran kerja, yaitu surat lamaran kerja umum atau konvensional dan surat lamaran kerja yang bisa elo kirim lewat e-mail.

Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Membuat surat lamaran kerja berbentuk fisik nggak sembarangan lho, gengs. Ada struktur-struktur yang perlu elo perhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan umum.

Eh, terus bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang umum digunakan? Gue kasih  rangkuman strukturnya di bawah ini ya!

Cara membuat surat lamaran kerja umum.
Unsur-Unsur Surat Lamaran Kerja Umum

Untuk bagian isi, kan itu terdiri dari tiga bagian, ya. Dasar pelamar, identitas dan daftar lampiran, serta penutup.

Nah untuk bagian dasar pelamar, elo bisa kenalin diri elo sedikit (nama aja), ngelamar kerja sebagai apa dan dapat info lowongan itu dari mana.

Kemudian untuk identitas dan daftar lampiran, elo bisa menulis biodata singkat seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat domisili, nomor telfon, dan email biar nantinya si recruiter nggak bingung harus menghubungi lewat mana.

Daftar lampiran elo isi juga dengan daftar dokumen yang dibutuhkan, misalnya CV, ijazah, pas foto, dan lainnya.

Last but not least, berikan statement penutup seperti ucapan terima kasih kepada perusahaan dan orang yang elo kirimin surat.

Gimana? Kalau elo udah paham dengan strukturnya, langsung aja nih gue kasih contoh surat lamaran umum yang gue buat untuk ngelamar ke Zenius!

Contoh surat lamaran kerja umum
Contoh Isi Surat Lamaran Pekerjaan Umum

Kalau mau template-nya, elo bisa coba klik link ini, ya!

Nah, kalau udah bahas surat lamaran kerja yang sifatnya umum, sekarang gue bakal kasih contoh gimana cara melamar pekerjaan lewat internet dengan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja – Materi Bahasa Indonesia Kelas 12

Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja via E-mail

Jaman sekarang udah banyak lho perusahaan yang nggak minta surat lamaran kerja dalam bentuk fisik.

Kebanyakan sekarang tuh perusahaan cuman minta CV dan dokumen lain yang diperlukan, misalnya pas foto, ijazah, atau portofolio. Eh, tapi surat lamaran pekerjaannya gimana?

Tenang, gengs! Elo sekarang nggak perlu ribet-ribet lagi datang ke kantor perusahaan karena surat lamaran pekerjaannya bisa elo taro di body e-mail atau pesan di dalam e-mail yang elo kirim ke perusahaan!

Gue mau fokus ke cara bikin dan contohnya aja, jadi tanpa ba-bi-bu langsung aja simak nih struktur surat lamaran via e-mail.

Cara membuat surat lamaran pekerjaan via e-mail
Cara membuat surat lamaran kerja lewat email

Struktur surat lamaran kerja yang ada di email ini emang beda dengan yang fisik, tapi sebenarnya kalau dilihat-lihat lagi kandungannya sama kok!

Ada sambutan, perihal, isi, kompetensi yang elo punya, dan salam penutup.

Jadi tanpa lama-lama, langsung aja nih coba lihat gimana contoh surat lamaran kerja via email yang dibuat untuk melamar kerja di Zenius!

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 17
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan via Email

Jadi mengapa surat lamaran pekerjaan harus disusun dengan baik? Alasannya ya karena surat lamaran pekerjaan adalah hal yang pertama recruiter lihat ketika elo ngelamar pekerjaan.

First impression, nada bicara, cara penulisan, dokumen apa aja yang elo sertakan, dan informasi yang nggak ada di CV semuanya ada di surat lamaran pekerjaan.

Gimana-gimana? Udah paham belum nih cara buat surat lamaran pekerjaan lewat e-mail? Kalau elo berhasil praktikkin cara buatnya, komen di bawah, ya!

Baca Juga: Job Application Letter 

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai buat, ada beberapa tips and trick yang bisa elo terapin saat mau bikin surat lamaran kerja nih! Jadi kalau elo bertanya, “Apa saja yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran pekerjaan?” Ini dia jawabannya.

  1. Perhatikan Ciri Kebahasaan Surat Lamaran Kerja

Sebaiknya, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ya! Terutama yang sopan dan resmi. Jangan sampai elo malah ngasih sisipan quotes, atau pakai bahasa gaul kayak lagi ngobrol sama teman.

Mau tau gimana ciri kebahasaan yang baik dalam surat lamaran kerja? Elo bisa coba cek di artikel ini, ya!

  1. Tujuan dan Perihal yang Jelas

Eh iya, jangan lupakan yang ini, ya! Pastikan elo sebut jelas posisi apa yang dilamar dan ungkapkan alasannya juga. Jangan sampai bikin recruiter-nya bingung yah. 

Oh ya, sedikit tips, sebutkan juga elo dapat informasi lowongan pekerjaan yang elo lamar dari mana. Biar nantinya, elo tau apakah kontak yang dihubungi valid dan recruiter juga tau elo dapat lowongannya dari mana.

Kalimat pembukanya di dalam contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan, bisa elo bikin kayak gini.

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan untuk posisi SEO Writer di PT. Zona Edukasi Nusantara, yang dimuat di laman LinkedIn Zenius, bersama surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.”

  1. Susunan Surat yang Rapi

Kalau soal ini, gue yakin elo semua pasti udah khatam, deh! Susunan surat yang rapi udah gue kasih di section-section sebelumnya. Baik yang berbentuk fisik maupun body e-mail.

Coba deh, misalnya susunan suratnya berantakan apakah si recruiter tertarik untuk baca semua isi surat lamaran dan dokumen elo? 

Catat ya kalau HRD tuh nggak cuman baca 1 lamaran tapi bisa ratusan bahkan ribuan lamaran. 

Jadi, buatlah susunan surat yang enak dipandang ya, gengs!

  1. Perkenalan

Mirip kayak poin ke-2 nih. Sebelum elo sebutin isi surat lamarannya, kenalin dulu diri elo. Karena tak kenal maka tak sayang bukan? 

Identitas diri perlu banget buat elo sebutin di awal. Misalnya tuliskan aja biodata singkat elo kayak nama, kompetensi atau keahlian elo, dan dilanjutkan dengan tujuan dan perihal.

Biar nantinya recruiter tau siapa yang lagi ngelamar kerja ke perusahaan tersebut.

Nah, gimana nih? Udah paham belum tentang surat lamaran kerja ini? Setelah membaca artikel konsep surat lamaran kerja dan baca lagi contoh isi surat lamaran pekerjaannya gue rasa elo siap nih buat ngelamar pekerjaan!

Baca Juga: Pengertian, Struktur, dan Contoh CV

Contoh Soal

Biar makin paham tentang materi contoh surat lamaran kerja ini, mending elo coba kerjain soal di bawah ini deh, cus!

Soal 1

Di bawah ini mana yang bukan merupakan unsur surat lamaran kerja fisik?

A. Titimangsa

B. Alamat Tujuan

C. Salam Pembuka

D. Hobi

E. Salam Penutup

Jawaban: 

Hobi tidak perlu dimasukkan ke dalam surat lamaran kerja. Karena recruiter atau perekrut kerja mencari yang sesuai dengan posisi atau kebutuhan lowongan pekerjaan. Lebih baik, hobi atau keterampilan elo masukin di dalam CV yang disertai prestasi dan tentunya relevan dengan posisi yang dilamar, ya! Jadi jawabannya adalah d. Hobi

Soal 2

Pilih jawaban yang tidak benar dari pilihan di bawah ini.

Mengapa surat lamaran kerja sangat penting untuk melamar pekerjaan? 

A. Agar recruiter mengetahui hobi dan kesukaan pelamar

B. Agar recruiter mengetahui ketertarikan kita dalam melamar pekerjaan

C. Sebagai pengajuan diri secara resmi ketika melamar kerja

D. Untuk menyajikan informasi yang tidak ada di dalam CV

E. Sebagai informasi dokumen apa saja yang dilampirkan saat melamar kerja

Jawaban: 

Nah ini berkaitan dengan fungsi dan soal sebelumnya nih! Jawaban yang tidak benar dari pilihan di atas adalah a. Agar recruiter mengetahui hobi dan kesukaan pelamar. Hobi atau kesukaan pelamar sebenarnya relevan kalau misalnya pekerjaannya bersangkutan dengan hobi si pelamar. Tapi fungsi sebenarnya dari surat lamaran pekerjaan adalah dari pilihan b sampai dengan e.

Nah gimana nih gengs? Udah paham belum sama materi contoh surat lamaran kerja ini? Kalau mau tau lebih banyak tentang materi surat lamaran kerja dan masih merasa kurang dengan artikel ini, elo bisa tonton video dengan mengklik banner di bawah ini ya! Sekian dari gue, selamat belajar!

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 18
Bagikan Artikel Ini!