5 Ciri Khas dari Mereka yang Tembus SBMPTN

Artikel ini mendeskripsikan ciri-ciri siswa yang sukses lulus SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Bacaan wajib bagi para peserta SBMPTN sebagai tips bermanfaat.

Hai para pejuang SBMPTN! Gimana nih kabar persiapan SBMPTN-nya? Apakah udah semakin mantap dengan TKPA? Atau jangan-jangan semangatnya lagi pada kendur nih? Atau malah ada yang masih belum mulai juga?! Hehehe..

Untuk menemani lo mempersiapkan diri buat SBMPTN dan tes masuk PTN lainnya, gue mau share beberapa hal menarik seputar pola belajar siswa-siswa angkatan terdahulu yang patut kalian perhatikan supaya persiapan belajar SBMPTN & UM lo makin tokcer.

Apa yang gue share di sini adalah hasil analisis gue selama dua tahun terakhir bekerja di lembaga pendidikan dan berinteraksi dengan banyak siswa, khususnya para pejuang SBMPTN seperti lo. Analisis ini bermula ketika gue ngeliat jumlah perbandingan saringan SBMPTN dari tahun ke tahun, berikut adalah datanya:

persentase-sbmptn

Sebagaimana lo sendiri bisa lihat, dari tahun ke tahun paling-paling cuma sekitar 15-17% doang peserta yang lolos SBMPTN. Artinya persaingan SBMPTN tiap tahun itu emang sengit banget, hanya mereka-mereka yang terseleksi secara ketat yang akhirnya bisa masuk universitas impian mereka. Terus gua jadi rada penasaran dengan pertanyaan berikut:

“Kira-kira apa sih yang dilakukan oleh anak-anak yang akhirnya lolos SBMPTN? Apa yang membuat persiapan mereka lebih matang dibandingkan anak-anak yang gagal masuk PTN? Apakah anak-anak yang akhirnya keterima di jurusan impiannya punya sifat atau ciri unik tersendiri dibandingkan anak-anak yang gagal mewujudkan mimpinya?”

Nah, mungkin ada beberapa dari lo yang mencoba menjawab kalo salah satu ciri anak yang keterima PTN adalah anak pintar. Eits, kalo lo jawab begitu, berarti lo kurang gaul, men. Lah kenapa kok kurang gaul? Karena tidak sedikit cerita tentang anak yang terkenal pintar di sekolahnya tapi malah gagal masuk jurusan dan universitas impiannya. Sebaliknya, ada aja cerita anak begajulan tukang main, yang malah akhirnya bisa nikung temen-temennya di bulan-bulan terakhir dan berhasil lolos masuk PTN top. Lho, kok bisa gitu? Penasaran kan apa yang membedakan “anak pintar gagal” ini dengan siswa lain yang mungkin ga terkenal pintar, tapi malah berhasil lolos ke jurusan impiannya..

Pada tulisan ini, gue akan mencoba merangkum ciri atau sifat utama apa aja sih yang dimiliki seorang pejuang SBMPTN yang membuat mereka pantas meraih mimpinya. Rangkuman ciri/sifat ini gue ambil berdasarkan pengalaman pribadi di lapangan, cerita para tutor zenius, dan cerita dari para alumni zenius tahun-tahun sebelumnya. Gue harap daftar di bawah ini bisa jadi bahan refleksi buat lo semua agar semakin bisa memantapkan mental dan persiapan materi menuju impian kalian masing-masing. Cekidot!

 

CIRI 1: Mereka Setia pada Mimpinya (Fokus, fokus, fokus!)

unduhanBerdasarkan pengalaman gue mengenyam pendidikan di bangku sekolah ditambah lagi 2 tahun belakangan ini bekerja di zenius, tidak sedikit gue bertemu dengan anak yang memiliki potensi tinggi. Aktif organisasi sana-sini lah, ikut lomba lah, bikin bisnis lah.... wih banyak deh kegiatannya! Hari ini dia sibuk apa, besok sibuk apa. Semua kegiatan itu kadang masih mereka lakukan beriringan dengan persiapan tes masuk universitas. Kesibukan mereka ini kadang memancing orang untuk komentar, “Lo maunya apa sih? Ini iya, itu iya.” Hasilnya gimana? Anak-anak berbakat yang seharusnya bisa melenggang dengan santainya masuk universitas, malah akhirnya gagal di berbagai ujian tes masuk universitas.

Walaupun gue udah terbiasa belajar dengan konsep, gue anaknya malesan dan masih suka nunda. Pas kelas 12, gue juga disibukkan oleh berbagai lomba di sekolah. Karena kelalaian dan kecerobohan gue, alhasil gue gagal di SBMPTN tahun pertama.” 

- Gilang Al Assyifa
(Alumnus Zenius-X 2015, akhirnya berhasil tembus STEI ITB 2015 di tahun kedua)

Sebenarnya sah-sah aja sih kalo lo ingin eksplor segala kemampuan selagi masih muda. Akan tetapi, kita tetap harus bisa tau kapan untuk mengutamakan prioritas pada waktunya. Sekarang coba lo renungkan lagi baik-baik, mana yang saat ini perlu lo utamakan, apakah kegiatan organisasi, kegiatan lomba, coba mulai bisnis kecil-kecilan, atau belajar untuk bisa masuk universitas top nasional? Jawabannya balik ke diri lo sendiri, di sini gua cuma bantu ngingetin lo untuk merenungkan kembali mana yang betul-betul penting untuk jangka panjang.

Terlepas dari itu, tes masuk universitas negeri (SBMPTN, SIMAK UI, dll) adalah salah satu medan tempur paling menantang dalam kehidupan pelajar. Usaha yang dikerahkan juga gak bisa setengah-setengah. Buat lo yang memutuskan bahwa masuk universitas adalah hal yang utama, apakah lo tetap mau multitasking dengan konsekuensi kemampuan 100% lo harus terbagi ke mana-mana? Coba renungkan lagi deh mana hal yang perlu lo prioritaskan, terutama untuk hal yang bersifat jangka panjang.

Di sisi lain, ada juga nih tipe siswa yang ga terlalu banyak kegiatan dan cuma mengikuti proses belajar-mengajar di sekolah. Namun demikian, tetep aja ada tugas, UTS, UAS, hingga UN yang bisa mengusik konsentrasi belajar untuk SBMPTN. Lalu bagaimana dong para siswa yang akhirnya keterima PTN menyikapi hal tersebut?

vive1Seperti yang udah sering kali Zenius sarankan, sebagai siswa kelas 12, fokus kalian sudah seharusnya adalah belajar untuk tes masuk universitas. Karena tingkat kesulitan tes masuk universitas itu jaauuuhh lebih tinggi dari ujian sekolah dan UN. Perlu waktu yang banyak dan konsentrasi yang khusus untuk bisa menyicil dan menguasai materi yang diujikan di SBMPTN, terlebih lagi kalo selama ini lo belajarnya masih angot-angotan. Biasanya nih, kalo lo udah terbiasa mengerjakan soal-soal SBMPTN yang super duper susah, soal-soal di UN dan ujian sekolah mah udah ga perlu dikhawatirkan lagi. Dengan kata lain, mempersiapankan diri untuk tes masuk PTN udah cukup juga memberikan lo bekal untuk menghadapi ujian sekolah dan UN.

Salah satu ciri khas dari siswa-siswa yang akhirnya keterima PTN adalah fokus untuk tes masuk universitas. Walaupun mau ga mau persiapan belajar mereka emang sempat ketunda karena ada ujian-ujian sekolah, tapi dari yang gue tau, akhirnya cuma sekedar ikut ujian. Mendapatkan nilai sekedarnya udah cukup buat mereka. Mereka tidak terlalu ambisius lagi untuk dapat nilai tinggi di UN atau US. Karena mereka sangat memahami, pada akhirnya, nilai ujian sekolah dan UN tidak terlalu menentukan lagi ketika ingin masuk universitas. Oiya, jangan lupa juga, di luar sana banyak lho alumni SMA yang meluangkan waktu setahun penuh hanya untuk belajar SBMPTN.

"Strategi gue gak mikirin UN langsung sikat aja SBMPTN padahal masih 7 bulan sebelum pelaksanaan SBMPTN."

Abdullah Faqih
(Pengguna Zenius, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Univ. Airlangga 2014)

Fokus juga berarti mengeliminasi segala distractions yang bisa mengganggu konsentrasi, termasuk mengorbankan hal-hal yang dekat dengan kita tapi ternyata malah memberI efek negatif pada proses persiapan belajar SBMPTN. Lo bisa simak cerita Wisnu yang rela puasa nge-band selama setahun penuh agar bisa fokus belajar masuk ITB. Ada juga cerita Ifandi yang secara tegas menjauhi lingkungan pergaulan yang ga mendukung demi mimpinya masuk UI.

Walaupun Team-N ini tidak suportif terhadap gue dan teman-teman dekat gue, gue gak terlalu ambil pusing. Toh semua ini demi satu tujuan. Ya, jaket kuning. Gue pun tetap meneruskan target gue sementara Team-N itu hura-hura, mabok, bolos, dan lain-lain, yang gue pikir di saat-saat kelas XII ini bukan waktu untuk yang begituan lagi. Melainkan untuk fokus pada tujuan yang lebih penting.” 

Ifandi Khainur Rahim
(Pengguna zenius.net, Psikologi UI 2015)

 

CIRI 2: Mereka Berani Keluar dari Zona Nyaman

"H-6 bulan, gue paksa diri gue untuk belajar pelajaran yang gue ga suka, seperti Kim, Bio, B.Ind, B.Ing. Kadang begadang untuk kerjain soal semaleman. Kadang tidur lima jam, terus bangun buat belajar lagi. Kalo ga ada ujian atau ambil nilai di sekolah, gue cabut buat belajar lagi."

Joni Jansen Alfredo a.k.a Ncen
(Manager HR & Tutor Matematika Zenius, Teknik Metalurgi UI)

Terkadang, gue masih aja mendapati siswa kelas 12 yang berkomentar seperti ini:

“Duh, gue tuh ga bisa belajar lama-lama liatin buku. Sejam pasti udah ketiduran”

“Gue paling ga bisa deh belajar sendiri. Gue tuh bisanya belajar kalo ada orang yang bimbing langsung”

Well, sorry to say nih, berdasarkan pengalaman gue melihat begitu banyak siswa yang jungkir balik untuk masuk PTN, kalimat-kalimat di atas mah cuma excuse doang. Kalo gue lihat sih, mereka yang melontarkan kalimat tersebut masih kebawa aura atau jiwa main dari kelas 10 dan 11. Mereka masih belum memahami betapa sengitnya medan tempur yang akan mereka hadapi ke depan. Mereka sih udah ada keinginan mau nerusin ke mana, biasanya sih pilihannya standar, jurusan bergengsi di universitas bergengsi pula. Tapi sayangnya, mereka masih belum ngerti arti dari keinginan tersebut. Mereka masih belum mengerti segala daya upaya yang harus dikerahkan demi mencapai keinginan tersebut. Mereka masih belum mendalami secara sungguh-sungguh komitmen yang mereka buat untuk diri mereka sendiri.

vizvmKarena terlalu sibuk dengan drama di pikirannya (“aku tuh ga bisa ini”, “aku tuh ga begitu”), jatuhnya persiapan tes masuk PTN mereka hanya sekedarnya. Mendekati hari-hari menuju tes, mereka kelabakan karena akhirnya menyadari apa yang mereka persiapkan tidaklah cukup. Mulai deh kompromi terhadap target awal. Ujung-ujungnya, mereka berakhir di pilihan yang sangat jauh dari keinginan awal.

Kebalikannya, siswa-siswa yang akhirnya keterima PTN, memahami betul what it takes to reach their dreams. Mereka sadar, medan tempur kali ini berbeda daripada ujian-ujian mereka sebelumnya sebagai pelajar. Mereka mulai mengulik masalah belajar yang mereka miliki dan menerapkan solusi tindak lanjut. Mereka berani keluar dari zona nyaman untuk membentuk diri agar pantas diterima di jurusan dan universitas impian.

"Gw SMA cuma ranking 30 dari 36 siswa, sering keluar masuk ruang BK karena banyak masalah, guru gw sendiri pernah meragukan gw kenapa orang kaya gw bisa naik kelas, kacau deh pokoknya. Pas kelas 12, gw udah mulai bercita-cita masuk universitas favorit gw ..... Gw berjuang keras, gw ngejar materi dari kelas X sampai kelas XII karena dulu gw nggak serius belajar, gw harus begadang dan bolos sekolah cuma buat belajar sbmptn di zenius.”

- Andrianto Magfi Nugroho
(pembelajar zenius, Teknik Industri UGM 2015)

CIRI 3: Mereka Gak Menghafal Tipe Soal atau Rumus, tapi Belajar Konsepnya!

"Gue bisa dibilang ga terlalu pinter! gue kenal zenius kelas 3, cara pengajaran zenius berbeda 180 derajat dari semua Bimbel or Sekolah, kalo di sekolah elo cuma diajarin rumus dan teori, di sini elo diajarin konsep dan untuk apasih ilmu itu sendiri, dan alhasil belajar lo jadi SERU banget! Rasa ingin tahu meningkat dan kecerdasan pastinya, dan semua itu gue rasa terbukti dengan diterima nya gue di FTI ITB 2013 ini"

Ivan Ruben Darmawan
(Pengguna Zenius, Teknik Kimia ITB 2013)

 

konsep

Ini nih salah satu poin kenapa ga sedikit anak pintar gagal di tes masuk PTN. Terlebih dahulu, kita perlu bedah kata “pintar” yang biasa dipake di lingkungan sekolah. “Anak pintar” itu biasanya diasosiasikan dengan anak yang langganan dapat nilai bagus dan juara di sekolah.

Tapi perlu diingat, nilai bagus di sekolah (Indonesia) ga jarang bisa diraih dengan mengandalkan kemampuan menghafal doang dan sistem kebut semalam. Setelah ujian, buyar deh itu semua hafalan dari ingatan, esensi ilmunya juga ga dapet. Gue ketemu aja lho anak yang terkenal pintar di sekolahnya, tapi sebenarnya dia ga begitu ngerti apa-apa.

Nah, cara belajar yang mengandalkan hafalan ini bahaya kalo tetap diterapkan untuk persiapan SBMPTN dan tes PTN lainnya. Kalo lo udah mencicipi soal-soal SBMPTN, lo bisa melihat dengan jelas bahwa materi SBMPTN itu membutuhkan pemahaman konseptual dan kritis terhadap ilmu sains yang terintegrasi. Jadi, kalo lo masih mengandalkan cara belajar ngafal per bab demi kejar setoran tanpa melihat perspektif besar dari ilmu itu sendiri, ada baiknya lo mulai ubah cara belajar lo dari sekarang sebelum terlambat.

 

CIRI 4: Mereka Tidak Cepat Puas dengan Nilai TO

"Tiap hari, kapanpun, di manapun gue selalu ngerjain modul dari bimbel zenius-x sampe 2 kali. Dan jangan cepet-cepet buat liat/ nanya pembahasannya dulu sebelum lo nemuin sendiri. Karena menurut gue, kalo lo ngerjain soal yang emang bagus dan bisa nemu jawabannya sendiri, konsep dan runutan berpikirnya akan lebih ketanem di otak lo dan susah buat lupa. Kalo jawabannya cuma lo denger dari orang lain kan bisa aja saat itu lo ngerti, tapi besok-besok lupa."

- Wilona Arieta
(Tutor TPA Zenius, Jebolan Kedokteran Gigi UI)

Kalo gua perhatiin, mereka yang akhirnya emang layak keterima masuk PTN top nasional itu tidak cepat puas sama usahanya, dan terutama pada evaluasi nilai dari passing grade (pg) ketika Try Out (TO). Misalnya nih, lo mau masuk jurusan Psikologi UNPAD. Melihat bocoran passing grade dari beberapa bimbel ataupun dari online, lo lihat pg psiko UNPAD adalah 47. Pada bulan Februari, lo berhasil mencetak skor 47,5 di TO yang lo ikutin di salah satu bimbel. Lo udah merasa puas mulai mengendorkan belajar buat SBMPTN, "Ah, udah jebol lah ini"

viyhmGue mau ingetin nih supaya lo ga kejebak dalam kasus di atas. Kenapa? Zenius udah pernah jelasin bahwa setiap PTN tidak pernah secara resmi mengumumkan passing grade yang digunakan untuk menyeleksi para peserta SBMPTN. Mereka selalu menyaring siswa-siwa dengan nilai teratas. Tahun kemarin, bisa saja pg 47 adalah batas minimal untuk diterima di Psikologi UNPAD. Tapi tahun ini siapa yang tahu? Bisa saja peminat Psikologi UNPAD tahun ini lebih banyak. Bisa saja juga kemampuan mereka lebih jago dari tahun sebelumnya.

So, saran gue belajarlah habis-habisan untuk dapat passing grade setinggi-tingginya yang lo bisa, agar lo bisa semakin mengamankan posisi di jurusan yang lo tuju. Jangan cepat puas.

 

CIRI 5: Mereka Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

"(untuk ngejar semua materi IPS, karena gue anak IPA) ... Gue belajar mandiri di sekolah (biasanya pas belajar biologi dan kimia) maupun di rumah sepulang sekolah, dan tentunya pas liburan."

Donna Safiera
(Tutor Bahasa Inggris Zenius, Alumnus Akuntansi UI)


Mereka yang akhirnya keterima di PTN impian memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar, termasuk saat liburan. Mereka membayar jadwal belajar mereka yang sempat dan bakal tertunda karena adanya tugas, ujian sekolah, dan UN, pada saat liburan. Mereka juga sangat mengerti bahwa apa yang mereka hadapi setelah liburan semester kelas 12 ini berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Kehidupan yang benar-benar berbeda di tahun depan, mulai dari lingkungan, teman, gaya hidup, materi kuliah, hingga sistem pembelajaran baru; memerlukan persiapan yang sangat matang. Mereka yang memanfaatkan waktu liburan untuk fokus belajar tes masuk PTN memiliki mental yang lebih baik ketika tes PTN bahkan ketika perkuliahan mulai bergulir.

"Begitu juga ketika liburan kenaikan kelas 12, gw ulangi lagi materi matematika dan fisika kelas 11 dengan tujuan yang sama. Alhasil, ketika mengerjakan soal tes masuk PTN, gw tidak begitu kesulitan mengerjakan soal-soal matematika dan fisika di buku-buku soal latihan PTN."

- Ivan Alim
Tutor Matematika Zenius-X, Alumnus Teknik Mesin UI

Picture2

****

Hayoo, udah pada punya ancer-ancer jadwal belajar belum nih buat liburan ntar? Atau masih ada aja yang heboh sama segala drama di pikirannya? Hehehe. Gue berharap paparan gue di atas bisa menjadi sentilan yang bisa menyadarkan lo dari segala hal dalam 6 bulan belakang yang masih menghambat lo untuk belajar tes masuk PTN. Clean your acts, focus, and do your best to make yourself deserve your own dreams!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Fanny terkait poin-poin di atas, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Untuk kamu yang mau dapetin tips belajar buat SBMPTN, gua sangat merekomendasikan beberapa artikel ini:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Fauzy Nur Noviansyah

    Kak bantuin gw dong.
    Sebelumnya, gw mau curhat dikit nih.
    Sejak gw kenal zenius, sumpah gw jadi tergila-gila dengan yang namanya konsep. Ngerjain soal apapun pasti gw larinya ke konsep. Disana gw jadi ga suka sama sekali yang namanya rumus cepet, bahkan rumus umum pun ga gw hapal. Gw lebih suka nurunin sendiri pas ulangan, yang pastinya nyita waktu banget,
    Yang mau gw tanyain, bener ga sih cara belajar gw tadi? Apa gw aman-aman aja kalo nerapin itu di sbmptn?

    • Fanny Rofalina

      Hello Fauzy,

      Berdasarkan pengalaman ya, cara belajar kamu emang udah yang paling efektif kok untuk menghadapi konsep. Terbiasa menurunkan rumus akan meningkatkan kemampuan kamu untuk menjawab soal2 di SBMPTN yang njelimet.

      Hanya saja, kamu harus perhatikan juga soal waktu. Gue rasa kalo lo udah menguasai bab per bab yang diujikan di sbmptn, trus coba latihan soal, otak lo akan terus terlatih untuk semakin efisien dalam menyelesaikan soal. Buat jadwal rutin untuk mengerjakan soal SBMPTN dengan menggunakan timer, situasikan layaknya lo lagi benar2 SBMPTN. Sebisa mungkin ikut TO rutin, di bimbel yang lo ikuti atau acara2 lain, biar lo bisa terus mengukur progress penguasaan konsep dan manajemen waktu lo.

      Semangat ya!

    • Kamu harus punya 2 mode konsentrasi. Pertama kalo lagi belajar, kamu harus setting otak kamu bahwa tujuan belajar itu untuk DIPAHAMI & DIMENGERTI secara mendalam. Tapi kalo kamu lagi ujian, kamu jangan keasikan lagi 'BELAJAR' dengan soal2 ujian. Waktu ujian kamu harus ubah setting otak kamu jadi mode konsentrasi untuk ujian. Artinya, fokuskan usaha kamu untuk menjawab pertanyaan dengan tepat dan secepat mungkin.Rasanya sih soal matematika yg bikin lo hrs nurunin rumus lagi dari nol sih jarang banget ya. Kalopun emg ada yg seperti itu, lewat aja dulu. Fokus ke soal lain yg kamu bisa kerjakan dgn benar dan cepat.

  • ree trr

    kak, gue mau curhat juga nih u.u
    jujur sampe sekarang gue bingung cara belajar gue gimana. disisi lain kan gue anak ipa dan bentar lagi gue bakal ngadepin UN sedangkan gue nantinya sbmptn mau ambil soshum (-_-),nah gue bener bener bingung cara bagi waktunya gimana. kasih tips dong kak? u.u
    dan kalau solusinya begadang buat belajar gue gabisa,soalnya ga kuat begadang u.u
    makasih kak :'D

    • Syarif Khasanuddin

      Kasusnya sama nih. Sedangkan kita harus belajar keras buat ngejar materi yang belum pernah dipelajari sebelumnya tapi di satu sisi ada UN yang menanti. Menurut pendapat kakak gimana?

      • ree trr

        nah bener banget, butuh tips u.u
        jujur belajar gue masih bisa dibilang serabutan, jadi belum teratur

        • Iqbal R

          pengalaman, gw sih persiapan unas h-7, wkwkwk, dan ya hasilnya emang memprihatinkan sh, tapi gw gak nyesel kok, gw sadar pilihan apa yang gw ambil, resiko apa yang mesti gw hadapi... lebih baik persiapkan sbmptn ips aja, ya kyk poin diatas, berani ambil resiko, waktu lu kuliah nanti, ga ada yang nanyain nilai unas lu berapa, orang2 sekitar lu bakal nanyain lu kuliah dimana,

          • Fanny Rofalina

            Hello Iqbal,

            Terima kasih banget atas jawaban lo. Gue setuju. Intinya sih, tetap fokus ke persiapan sbmptn, UN sekedarnya. Gue harap pengalaman lo bisa kasih contoh buat yg lagi galau karena lintas jurusan.

          • Syarif Khasanuddin

            Wah iya juga ya bro, bener pendapat ente. Ok, intinya berani ambil resiko dan hadapi resiko yang bakal terjadi. thanks bro

          • ree trr

            iya sih kak, bener emang
            *curhat lagi : tapi tetep aja UN penting,nah ntar kalo hasil UN gue sangat ngenes apa kata ortu gue u.u
            oke tapi komen lo ada benernya juga, btw thanks! 😀

      • Fanny Rofalina

        Coba kamu baca jawaban Iqbal R di bawah. Intinya tetap fokus ke sbmptn ya.

        Nantikan juga pembahasan lebih rincinya di ZeniusBlog minggu depan ya.

    • Amanda Rizki

      Kan udah dibilang tuh di atas, jangan pikirin UN lagi. Fokus SBMPTN, kejar materi Soshumnya dari sekarang

    • Halo @reetrr:disqus, gua baru aja nulis artikel baru di zenius blog tentang tips belajar untuk mereka yang lintas jurusan, coba kamu baca di sini >> https://www.zenius.net/blog/10660/lintas-jurusan-sbmptn-ipa-ips-saintek-soshum

      • ree trr

        makasih banget kak 😀

  • Fajar Ali

    oke kak, kak emang standarnya manusia belajar perhari berapa jam sih?
    gue suka belajar lamaa banget tapi gue takut kalo hal2 yang gue pelajari selama ini gak bertahan lama gara2 penggunaan waktu yang ga efisien kak

    • Fanny Rofalina

      Wah tiap orang beda-beda ya jam belajarnya. Apalagi kalo udah menghadapi tekanan atau udah punya tekad yang kuat, ketahanan tiap orang untuk belajar (endurance) bisa meningkat drastis. Dan sejauh ini yang gue tau, CMIIW, belum ada penelitian yang khusus mencari tahu jumlah jam yang efisien untuk belajar. Semua kembali lagi ke kebutuhan tiap orang.

      Saran gue sih, coba lo bereksperimen sendiri dengan diri lo. Coba lo set waktu belajar yang bervariasi selama beberapa hari tertentu. Lalu, lihat dan rasakan efeknya ke tubuh lo. Misalnya, apakah dengan belajar sampe jam 3 pagi pada hari sebelumnya membuat lo jadi lemas keesokan harinya dan malah ga bisa konsentrasi samsek? Coba lo ubah misalnya jadi selesai belajar jam 12 malam, mungkin besoknya lo bangun lebih segar. Trus coba review soal dari materi yang lo pelajari semalam. Apakah masih nyambung? Ya cobalah lakukan variasi, Fajar.

      Tapi in the end, jangan terlalu pusing sama jam belajar yang pasti. Listen to your body. Kalo lo rasa cukup, ya cukup. Kalo masih bisa, lawan rasa malas, dan genjot lagi. Yang penting cara belajar lo efektif? Gimana taunya efektif? Ya coba review lagi dikit keesokan harinya.

      • Fajar Ali

        mencerahkan banget kak, makasih banyak!

  • Refri A. Srigama

    kak , kasih tips dong buat anak2 yg dari jurusan ipa mau ambil sbmptn soshum ?? belajarnya mulai darimana ?? trus pelajaran ipanya dibiarin gitu ??

    • Fanny Rofalina

      Oke saran kamu kita tampung kok. Dalam beberapa waktu dekat kita ada rencana rilis artikel khusus buat anak2 yang lintas jurusan 😉

    • Halo @refriasrigama:disqus, gw baru aja nulis artikel baru di zenius blog ttg tips belajar utk mereka yang lintas jurusan, coba kamu baca di sini >> https://www.zenius.net/blog/10660/lintas-jurusan-sbmptn-ipa-ips-saintek-soshum

      • Refri A. Srigama

        Makasih ya kak 🙂 sangat membantu tulisannya

        kak,kan katanya gini "fokus aja buat SBMPTN deh. Lha terus UN-nya gimana? Nih yah,
        kalo lo udah bener-bener persiapin diri dengan mateng mulai dari awal
        buat latihan soal dengan kualitas soal SBMPTN, gua berani jamin otomatis
        lo udah jauh lebih siap buat ngerjain soal UN. "

        Kalo aku belajar SBMPTN Soshum, terus UN nya MIPA (soalny ak jurusan IPA) lah ga ketemu dong
        kak ^_^ ntar takutny malah ga lulus UN T.T soalny fisika sama kimia ku
        jelek banget ...... jdi bingung mau belajar yg mana ?? pdahal udh beli
        X.pedia IPA soalny masih berharap dapet snmptn jga sih,

  • Imam

    jujur aja . gw pengen masuk jurusan IPA. tp asal gw dr IPS. dan gw masih belum paham mat sm fis. tapi untuk kim sm bio. gw dah bisa. ada yg tau caranya biar bs cepet paham 2 materi tersebut?

    • ree trr

      kebalikan dari gue sob. kalo menurut gue sih dipahamin konsep nya mateng-mateng soalnya fisika itu nggak cuma ngapalin rumus doang, itu sih saran dari gue 😀 semangat!

    • a_n

      wiih.. kimia udah bisa?
      saya yg IPA aja masih keteteran belajar kimia -_- Banyak bgt soalnya..

      • Imam

        saya dulu kelas 10 dah suka kimia sm bio. tp untuk fis dan mat. saya NOL BESAR. makanya akhirnya masuk IPS. hehe tetap semangat ya!!

        • Sriwani Gultom

          sama kita bro wkwwkkwk suka kimia dan biologi,tpi 2 lgi kurang suka.apalagi kalau gurunya marah2 terus kalau dikelas ngajarnya.

    • Fanny Rofalina

      Apa?? Kamu anak IPS tapi udah mulai bisa dengan Kimia dan Biologi? Keren keren, usaha yang bagus bro.

      Nah, kalo lo keep in mind kalo Kimia dan Biologi aja bisa, berarti lo pasti juga bisa menaklukkan Matematika dan Fisika. Saran dari gue adalah, kalo setelah mendengar video teori SMA, lo masih ga ngerti juga, gali lagi konsep dasarnya sampe ke video2 SMP, mam. Trus coba deh latihan-latihan nurunin rumus.
      https://www.zenius.net/blog/5165/membuktikan-rumus-matematika-penting

      Ini gue sertakan kutipan dari salah satu alumnus Zenius-X 2015, Icha Farihah, yang sempat gagal di SBMPTN pertamanya, tapi akhirnya berhasil masuk Kedokteran Brawijaya:
      ==
      "Oh iya, gue juga terus pake zenius.net karena dulu gue gak bijak makenya, gue ulang lagi dari awal. Gue bener-bener mantepin teori2, gue dengerin dari Zenius Learning tanpa di-skip lagi. Terus mulai bikin jadwal belajar mandiri. Target gue adalah khatamin zenius.net, gue mulai dari kelas 1-3 SMA, teori SBMPTN, bahkan kalo masih gak ngerti, gue dengerin yang SMP. Hehehe. Pokoknya gue bertekad untuk mengerti bener-bener."
      ==

      • Imam

        oke kak. saya ikutin saran kakak. 😀

    • Halo @disqus_pNcWNigOM7:disqus gw baru aja nulis artikel baru zenius blog ttg tips belajar utk mereka yg lintas jurusan, coba cek di sini >> https://www.zenius.net/blog/10660/lintas-jurusan-sbmptn-ipa-ips-saintek-soshum

  • Faizin9/11

    makasih banget ka tips2nya, jadi makin terinspirasi dan makin tau apa aja yang mereka korbankan hanya untuk masuk ptn favorit mereka :')....
    Hanya saja gua masalah di saat manfaatin waktu yg dari dulu susah diperbaiki. Pas ditengah2 belajar malah ngantuk trs tidur tau2nya hari sudah habis 🙁

    • Fanny Rofalina

      Hi Faizin,

      Tiap orang beda-beda ya jam belajarnya. Biasanya kalo udah menghadapi tekanan atau udah punya tekad yang kuat, ketahanan tiap orang untuk belajar (endurance) bisa meningkat drastis. Ibaratnya, kayaknya tuh orang bisa berubah jadi super saiyan. Hehehe..

      Saran dari gue adalah coba kamu renungi lagi komitmen yang kamu buat untuk diri kamu sendiri. Pahami betul-betul urgensi, pentingnya, dan keterbatasan waktu yang tersisa hingga 6 bulan ke depan. Ciptakan mindset di dalam pikiran kamu, it's now or never. Karena kamu ga mau merasakan pahitnya terbirit-birit mengejar materi di beberapa hari sebelum SBMPTN, karena kamu ga mau mencicipi kegagalan mengulang setahun lagi, atau nyasar ke jurusan yang jauh dari impian (apalagi yang ga bikin nyaman).

      Untuk masalah teralihkan perhatian, ah itu mah sudah pasti berarti kamu harus sebisa mungkin mengeliminasi distraction itu. Atau sebisa mungkin ciptakanlah environment yang sangat kondusif untuk mendukungmu belajar.

      Sempatin juga ya baca artikel ini:
      https://www.zenius.net/blog/10475/marshmallow-eksperimen-self-control

  • Tanisha Fortuna

    Kak gw kan dari jurusan ipa tapi nanti sbmptn mau ngambil soshun gimana ya kak ngatur waktunya antara belajar ipa buat UN sama belajar ips buat sbmptn?

  • a_n

    Hmm...
    masalahnya, ini aja masih bingung tentang belajar yg terkonsep itu gimana..-_-
    kadang bingung apa saya belajarnya udah pake konsep atau belum. Karena yg saya tau belajar pake konsep itu artinya kita ngerti sama materinya. Gitu bukan, kak?

    O'iya, bagi tipsnya juga kak untuk yang nantinya ambil IPC, saya anak IPA btw..

    Thanks 🙂

    • Fanny Rofalina

      Gimana cara taunya udah belajar terkonsep apa belum? Coba uji kamu dengan:
      1. turunkan beberapa rumus matematika atau fisika
      2. kerjain soal sbmptn

      🙂

  • aida zulfiyana

    kak mau tanya dong... gua pengen banget bisa lolos sbmptn, tapi kendala dari segi sekolah gua smk teknologi yang make kurikulum 2013, parahnya lagi di kurikulum itu kimia, dan fisika dihapuskan dan biologi memang nggak ada di smk.. sedangkan gua mau masuk jurusan saintek... bingung kak mau mulai dari mana, dari sekolah pun sudah buta sama saintek, belum juga difokuskan bukan cuma un tapi ada ujian kompetensinya kak... mohon tipsnya kak..

    • Fanny Rofalina

      Hai Aida,
      Zenius emang udah rencana bahas ini lebih dalam kok, ttg anak SMK yang mau masuk PTN, nantikan di bulan januari ya..

  • Furqon Lanang

    ka gw masih kelas 10 pengen banget nyiapin buat PTN :3 tapi yang harus di pelajari mana dulu sih Belum tau Apa aja materi Yg buat SBMPTN

  • william

    jujur aja nih, gue dari dulu ampe sekarang, ngerti sih ngerti tentang pelajaran, konsepnya sih tau, cuma masalahnya tiap kali gue ngerjain soal, entah mengapa semua yg di otak gue menguap entah kemana (-_-). apa cara belajar gue yang salah atau gimana, coz uda mendekati SBMPTN, jadi rada ngeri juga. any solution for me? lebih dikuatin lagi konsep ama materinya, ato perbanyak latian soal biar gak gampang nge-blank?

  • Zenius never ceases to amaze me.

    Mantap kak Fanny, lanjutkan mengubah paradigma remaja Indonesia tentang pendidikan!

    • Ishadiyanto Salim

      Hallo kak Fandi! Gua adalah salah satu orang yang begitu terinspirasi banget baca tulisan perjuangan lo, waktu itu gua sempet mau nangis, beneran deh. Salah satunya ketika lo ngomong "Gua aja yang blangsak gini bisa, masak lo gak?" Ini nih yang nusuk banget, jadi agak minder, karena gua orang yang ada di jalan bener2 banget. Thanks kak!

    • Fanny Rofalina

      Hi Cipay. Masih aja nih main di zeniusblog. Apa kabar psikologi UI? Semoga lo enjoy n lancar2 aja ya 🙂

  • HIB

    frist impression zenius bagi gue "biasa aja".tapi sekarang ?beh lu segalanya*haha mungkin rada alay* dan sekarang gue takut kalo temen bimb gue pada pake zenius.takut pada tambah pinter -_-.hahah ga ding,aku promotermu kok zen.thanks kak fanny dll zenius blog salah satu tempat nge charge jiwa gue *tsaaahh*

  • Wilda Anisah

    Kak, mau curhat dikit nih. Saya alumni, niat pengen ikut SBMPTN tahun depan. Sebenarnya saya udah keterima jalur SBMPTN tahun 2015, pilihan 3 dengan jurusan yang memang saya minati, yaitu teknik informatika. Tapi, kenapa saya ga merasakan "sense of wonder" ketika menjalani kuliah? Saya benar2 malas menjalaninya. Apa karena PTN nya bukan PTN impian saya ? Banyak teman2 bilang agar ikhlas dan dijalani aja, tp sampai hari ini saya ga bisa Kak, saya benar2 (kalo bisa) pindah dari sini. Ngatur jadwal buat belajar aja susah Kak karena tugas2 perkuliahan mulai banyak. Saya benar2 bingung sekarang. Mohon solusinya Kak...

    • fakhri

      Sama banget haha. Kak tolong jawab dong yg bagian ini

    • Fanny Rofalina

      "kenapa saya ga merasakan "sense of wonder" ketika menjalani kuliah"
      Hemhh, kalo boleh tau, kenapa dulunya kamu milih jurusan ini ya? Kamu bilang memang kamu minati. Tapi apakah pas kamu milih kamu udah benar-benar mengerti silabus perkualiahan yang akan kamu jalanin selama 4 tahun ke depan? Pertanyaan ini mesti dijawab dulu sih untuk memastikan kalo niat awal kamu masuk TI itu udah "benar" sesuai dengan passion kamu.

      "Apa karena PTN nya bukan PTN impian saya?"

      wah kalo untuk membenarkan alasannya karena bukan PTN impian, mesti benar-benar diulik lagi sih. Sebenarnya apa sih yang kamu cari dari suatu tempat kuliah? Apa benar PTN impian kamu benar-benar menawarkan apa yang kamu cari yang tidak bisa kamu dapatkan di univ kamu sekarang? Untuk menjawabnya, harus benar2 diulik ya, jangan sekadar asumsi saja. Karena bisa saja it's only in your mind, kekecewaan akan diri sendiri yang membuat kamu tidak bisa menikmati apa yang sekarang kamu punya.

      Pengen pindah kuliah?
      Untuk bisa ke keputusan "oke, gue harus coba sbmptn lagi", kamu udah harus bisa jawab pertanyaan2 gue di atas. Mantapkan jawabannya komitmen mu, luruskan niat mu. Jangan cuma kepengen2 doang. Biasanya, orang kalo niatnya udah mantap, apa aja bisa dihajar. Dia akan menemukan segala cara untuk bisa mengedepankan prioritasnya. Banyak anak yang "salah jurusan" yang mantap belajar buat sbmptn dan menomorduakan kuliahnya, bahkan sampe ada yang cuti kuliah. Makanya, kalo kamu masih sibuk dengan "duh pengen pindah, tapi tugas banyak", mantapkan dulu komitemen ke diri kamu sendiri ya, wilda..

      • Wilda Anisah

        Hmmmmm oke Kak Fanny, Saya benar-benar tercerahkan sekarang Kak, makasih banyak Kak karena udh ngasih solusi yang begitu bermanfaat. Harus punya komitmen dulu :). Nice !!

  • HanifOplOverZ

    kk Minta saran nih.
    sy salah satu pengguna Zenius, tp ngak tau kenapa setiap bersemangat mau belajar, pas didepan komputer ehh.., malah Malas Lagi .. -_- , gimana nih cara mengatasinya

    dan kalau selesai menguasai materi /BAB sy pusing lagi mau Evaluasi (TO) d mna, soalnya sy ngak ikut bimbel ., mohon bimbinganya yah kk.

    • Fanny Rofalina

      Kasus kayak kamu begini biasanya adalah gejala-gejala dari orang yang belum bersungguh-sungguh komitmen akan dirinya. Kamu masih sekedar mau aja. Tapi belum diniatin betul2 ttg arti pentingnya tujuan yang akan kamu capai. Jadi, luangkan waktu sejenak ya untuk merenungi hal ini. Lebih lanjut kamu bisa baca artikel ini:
      https://www.zenius.net/blog/10475/marshmallow-eksperimen-self-control

      Soal TO, wah sepertinya kamu harus lebih rajin gaul. Karena banyak banget bimbel atau lembaga2 lainnya yang menggelar TO terbuka. Coba intip2 jadwal acara di sekitar kotamu. Biasanya banyak kok yang gelar acara seminar pendidikan, diskusi, hingga TO. Bahkan ada yang suka bikin TO akbar dalam satu gor.

      Selain itu, kamu juga bisa bikin simulasi TO sendiri di rumah. Usahain supaya lo buat kondisinya semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti lo ngerjain test SBMPTN. Misalnya dengan cara lo ukur waktu ngerjainnya persis dengan waktu yang nanti diberikan, isi lembar biodata dengan lengkap, buat kondisi ruangan sehening mungkin jauh dari gangguan, dsb. Kalo bisa minta orang rumah untuk akting sebagai pengawas.

      Semangat ya, Hanif.

  • Ishadiyanto Salim

    Kak Fanny! gua mau agak sedikit curhat nih, jadi bulan desember ini gua mau tuh babat abis materi TKPA dan Biologi, di samping semangat yang tinggi banget ada aja salah satu hal terkrusial itu yang namanya distraction, apalagi soal cewek, yang gua kira bisa bareng2 ngejalanin dan berjuang bareng, tetapi malah menjatuhkan. Alhasil gua uninstal tuh sosmed LINE di hp gua karena ketika gua buka LINE serasa malah tambah sedih 🙁 Mohon kak bantuin kasih saran/apalah 🙂

  • Thristan Adhyasta Kanaya

    kak gw mau nanya cara biar tetep fokus buat belajar gmna? kadang gw suka ngerasa kehilangan tujuan di tengah2 pembelajaran gw cuman gara2 banyak nya tugas kek makalah, laprak dll. padahal gw pengen banget masuk ke jurusan yang gw pengen itu.. tapi kadang berat banget apalagi kalau udah terlanjur cape need motivasi

  • Hasbi Diqi

    Kaka Fany aku mau tanya.. aku uda makai zenius sejak kelas 12 SMA dan aku adalah alumni th 2014, thn ini lolos sih SBMPTN tp masih dipilihan ketiga, sedangkan aku masih ngebet bgt buat masuk dipilihan pertma, aku ngerasa uda belajar sama seperti apa yg diintruksikan sma zenius, kira2 faktor apa ya yg meneybabkan aku blm bisa lolos pilihan pertama kak?

    • Fanny Rofalina

      Hello Hasbii.. Apa kabar?

      Aku masih ingat cerita kamu. Kamu salah satu pemenang lomba blog zenius di libur semester 2014 lalu kan?

      Kalo untuk tau faktor spesifik kenapa kamu masih gagal masuk ptn impianmu, sepertinya gue harus tau cerita lo yang lebih lengkap kayak gimana ya, seperti perkembangan nilai TO hingga skor akhir yang kamu cetak pas sbmptn kemarin. Seingat gue, lo adalah anak yang berbakat dan berusaha untuk jadi lebih baik lagi. Tapi kenapa masih gagal? Tebakan gue sih ya (tapi tetep gue harus tau cerita lengkapnya), mungkin faktornya lebih ke taktik kali ya. Gimana memaksimalkan peluang keterima, menyiasati persaingan, dsb.

      Apakah kamu udh pernah baca artikel ini?
      https://www.zenius.net/blog/7805/daftar-jurusan-sbmptn

      • Hasbi Diqi

        uda pernah baca sih kak.. klau mnurut aku sih bukan karena slah pilih jurusan kak, tp memang jurusan yg aku incer tinggi peminat kak. kmren di SBMPTN 2015 aku milih 1. HI UGM 2.HI UNIBRAW. 3. HI Univ Jember trus dapet nya di Univ Jember kak.. skor nilai TO ku di bimbel dari 5 kali TO yg aku ikuti total dapet PG mulai dr yg pertama 30%, kedua 52%, ketiga lngsng anjlok jadi 34%, keempat 48% dan yg terakhir 44% kak... trus hasil nilai sbmku pas aku cocokin di bimbel B ing 0 poin ;(( B ind 17 poin ;(( math 2 point TPAnya lupa kak... terbantu lolos dg nilai soshum ku yg betul semua kak tiap mapel tp aku lupa berapa spesifik poinnya

        dan ketika aku ngerjain soal sbm yg TKPA dan dasar aku nervous minta ampun kak sampek pas ngerjain b ing gk bisa mikir sama sekali.. alhasil ya gtu nilainya ;(( padahal uda nyoba nenangin dri kak.. sampek pas tau hasil sbm aku lgsg jatuh sakit kak tau gk keterima di pilihan pertama.. aku menghilang dari aktivitas di zenius.. tapi sekarang aku sudah kuliah di salah satu PTN di surabaya.. memang PTNnya bagus kak tp aku salah masuk jurusan lg ;(( yg sbmptnnya aku tinggalin kak. untuk kedepannya aku akan tetep berjuang ikut lg sbm kak di tahun terakhirku, gmn mnrt kakak dr penjelasanku ini??

        • Fanny Rofalina

          Hoo begitu..

          Dari cerita lo, lo bisa bestul semua di soshum pastinya karena lo habis-habisan dan jor-joran ya belajar soshum. That's already good.
          Nah, di sisi lain, lo sangat miss di TKPA. Biasanya ini salah satu kebiasaan buruk anak2 sih, menyepelekan TKPA. Terlalu fokus pada Saintek/Soshum, alhasil TKPA ga begitu maksimal, padahal TKPA itu bisa jadi lumbung nilai yang sangat berharga. Atau lebih buruk lagi, seperti case lo, lo malah jadi nervous ngerjain soalnya.

          So, dari sini aja, udah keliatan sih apa yang sebaiknya lo lakukan. Kalo lo tetap menyasar jurusan HI lagi, untuk materi Soshum, mungkin lo udah mulai dapat pegangannya ya. Jadi, sekarang lo bisa lebih fokus belajar TKPA sampe terus terbiasa. Tapi tetap juga belajar Soshum ya.

          Good luck Hasbi..

      • Hasbi Diqi

        i'm well kak fanny... kak fanny sendri gmn kbrnya??

  • Hasbi Diqi

    kak fany aku uda gunain zenius sejak kelas 12 SMA, aku alumni th 2014, thn ini lolos SBMPTN tapi masih dipilihan ketiga, aku masih ngebet bgt dg pilihan pertama padahal uda belajar seperti apa yg diinstruksikan sama zenius (uda ngelakuin deliberate practice). Kira-kira faktor apa ya kak yg menyebabkan aku masih blm bisa diterima dipilihan pertama?

  • Alfinsa EP

    Sudah kuduga artikel-artikel berbau lolos SBMPTN selalu jadi tamparan keras buat gue, seolah ada yang teriak "BELAJAR BRO! DI LUAR SANA RIBUAN ORANG LAGI BELAJAR BUAT NGEREBUT KURSI LO DI PTN X!" di kedua belah kuping.

    Sejauh ini gw belajar, gw masih merasa nothing. Pas liat soal-soal tipe seleksi (ex: SBMPTN) langsung mati kutu. Bingung gimana cara ngerjainnya.

    Share cara belajar nih kak, mudah2an bisa dikoreksi.
    Gw belajar sekitar 2-4 jam/hari untuk ngabisin satu bab kemudian mindmapping di setiap akhir bab dengan melihat ulang videonya. Then latihan soal perbab, dengan 'nyontek' ke mindmap pula.

    Method seperti itu bener gak ya? Kalo bikin mindmap tanpa ngeliat, atau ngerjain soal perbab tanpa 'nyontek' ke mindmap kesannya kayak hafalan kak.

    Mohon koreksinya ya 😀

  • Hasbi Diqi

    kak fani aku uda gunain zenius sejak kls 12 SMA, aku alumni 2014. thn ini lolos sbmptn tp masih dipilihan ketiga .. aku masih ngebet bgt buat lolos dipilihan pertama. padahal uda belajar dg cara yg diintruksikan sama zenius (uda menggunakan metode deliberate practice) kira2 faktor apa ya kak yg membuat aku blm bisa lolos dipilihan pertama?

  • Kak Fany, saya suka bgt blajar biologi krna rasanya tuh mnarik bgt mkanya klo blajar suka dimulai dari biologi dlu. Nah masalahnya fisika saya NOL bgt kak. Bingung nih hal mnarik dari fsika itu apaan, akhirnya pas ngerjain soal fsika kayak tersiksa gtu kak. Bntuin dong kak. Thanks

    • Fanny Rofalina

      Hello Yunus,

      Kalo dilihat dari cerita kamu, kayaknya kamu bakal semangat belajar ya kalo emang suka. Nah, untuk menciptakan kekaguman terhadap Fisika, coba deh kamu browsing2 pembahasan keren tentang Fisika. Ini beberapa rekomendasi Youtube Channel kece yang membahasa Fisika:
      https://www.youtube.com/user/minutephysics

      Atau lo bisa cari2 video2 eksperimen fisika di youtube. Zenius pernah bikin juga eksperimen fisika:
      https://www.zenius.net/blog/10245/pembahasan-kenapa-teh-botol-membeku

      Lo juga bisa nonton film2 yang bertema Fisika, seperti Interstellar, Gravity, Inifnity. ZeniusBlog pernah lho bikin review ttg film Interstellar:
      https://www.zenius.net/blog/5922/relativitas-waktu-interstellar

      Selain film, ada juga serial tv sains yang super keren, yaitu Cosmos: A Spacetime Oddysey. Ini resensinya:
      https://www.zenius.net/blog/4050/resensi-cosmos-episode-1

      Di instagram, ada akun namanya @physicsfun yang nampilin mainan2 fisika yang menggambarkan secara indah berbagai hukum fisika.

      Wah udah banyak tuh gue kasih listnya. Selamat mencoba deh.

      Kalo lo udah mulai bisa menumbuhkan rasa penasaran di Fisika, balik lagi ke belajarnya nih. Lo khatamin dulu deh video per bab di SMA. Kalo lo masih belum ngerti juga, jangan malu untuk perkuat lagi konsepnya di video2 SMP.

      Semangat semangat!

      • Amazing, big thanks kak Fany.
        Bkal aku ubek2 tuh smua list yg kakk kasih.
        Sejauh ini fisika doang yg masih trasa nyiksa batin. Slowly but sure aku akan blajar mngenal fisika plus mncintai fsika. Hehe skali lagi mkasih Kak Fany. 🙂

        • Fanny Rofalina

          Semangat ya Yunus..

      • Muhammad Anton

        Sama kasusnya tapai Kalo aku yg kimia kak. Boleh dong kasih tips nya juga kak.

  • Dhoola Ivanoov

    Ka, aku klo setiap kali belajar dalam waktu agak lama tuh selalu merasa ngantuk. padahal udah tidur cukup, banyak olahraga,minum air putih.
    Ada solusinya gak buat gue ??

    • Kalo blajar sambil ngopi gmn bro?
      Cobain aja. Aku sih klo blajar slalu ngopi. Pas blajar skitar 2 mnit teguk kopinya. 2 mnit kmudian teguk lagi. Klo bosen besoknya ganti lagi minum teh. Kdang2 juga smbil ngemil. 🙂

  • Myls

    halo kak, mau tanya. gue lagi belajar buat materi awal SBM. saran kakak, sebaiknya untuk matematika dasar apa perlu di tonton vidionya atau bisa di lewatin aja kak? soalnya kan nanti belajar matematika IPA, dan kemungkinan matematika IPA sudah termasuk matdas.
    ditunggu sarannya ya kak.
    terima kasih

    • Ivan Alim

      Menurut gue, sebaiknya tonton dua-duanya, yaitu Matematika Dasar dan Matematika IPA. Soalnya, tidak semua materi Matematika Dasar ada di Matematika IPA.

  • Suci Legowo

    Hallo kak.. mau nanya nih.. gue kelas 3..
    Tapi masih bingung sama jurusan yg mau gue ambil. Di sekolah sih ada tes psikologi yg nyaranin gue ambil kesehatan sama teknik . Pengen ambil univ tapi orang tua nyaraninnya di politeknik.. gue ikut bimbel luar tp gue lebih asyik pake zenius nih.. ngadepin uas kemarin bio sama mat nya mantap.. trigono gue turunin sendiri ..asyik deh pokoknya.. buat ke sbmptnnya jujur aja gue belum tahu harus ambil apa.. agak ketertarikan sama ikk ipb cuma yaitu masalahnya ikk itu masuk ipa apa ips nya yg harus gue fokusin ke mana ya kak? Apa harus fokusin UN aja ? Minta sarannya dong kak.. makasih sebelumnya

    • Fanny Rofalina

      Hello Suci,

      IKK IPB termasuk ke rumpun IPA. Kalo kamu tertarik masuk IKK, sebenarnya ini agak matching dengan hasil tes psikologi yang menyarankan kamu masuk ke bidang kesehatan. Di bidang kesehatan, kamu akan banyak melayani pasien dan menyediakan konsultasi kesehatan. Di IKK, kamu juga akan berinteraksi dengan banyak orang menyediakan konsultasi keluarga ataupun konsumen. Bentuk "perhatian" dan empati pekerjannya mirip ku rasa.

      Kalo kamu mau masuk universitas, tetap fokus ke sbmptn ya, karena UN ga ada apa2nya dibanding sbmptn. Kalo pun akhirnya kamu masuk politeknik, teteap aja nilai UN ga ngaruh. Karena setauku, utk masuk politeknik, ada tesnya lagi. Dan kalo pun masu masuk politeknik pake jalur pmdk, pake nilai rapor.

  • Nur Iqbal Hidayatullah

    Kak, ini kan udah mau masuk semester 6 di sekolah. Nah, nanti tuh pasti akan selalu ada yg namanya Tugas lah, nah cara kita nangain itu gimana ya? Terus kalau misalkan ada jam pelajaran X, misal, kita mau bolos pelajaran itu nih, niatnya mau lanjutin persiapan SBMPTN, baiknya kita bolos aja atau ikutin pelajarannya? Terus sekarang kan standar kelulusan bukan UN lagi, tapi dari guru, hal yg kaya bolos di salah satu mapel itu berpengaruh ga kak?
    Terimakasih sebelumnya

  • Nanda Aditya Nugoroho

    Kak saya kelas 11 jurusan ips pengin masuk jurusan ipa di ptn saya mulai belajar dari mana dulu kak saya bingung

    • Fanny Rofalina

      Mantepin TKPA dulu ya. Soalnya TKPA itu bisa jadi lumbung nilai yang berharga.
      https://www.zenius.net/blog/9096/belajar-sbmptn-tkpa-tpa-bahasa-indonesia-inggris

      Untuk materi yang Saintek, saran gue, kamu coba jajal sekilas aja dulu materi2 Mat IPA, Fis, Kim, Bio. Pas udah kamu jajalin, trus kamu urutin yang menurut kamu dari paling susah sampe yang paling "gampang" untuk dipelajari. Nah, mulai belajarnya, dari matpel yang menurut kamu paling susah/menantang. Biar kamu punya waktu "rada banyak" untuk berpusing2 ria mengeksplor materi yang paling manantang buat kamu.

      Kenapa belajar yang paling susah di awal? Soalnya, pengalaman nih, kadang anak2 tuh suka nyicil belajar yang gampang duluan. Dan terus mengundur-ngundur mempelajari materi yang susah. Pas waktu udah mepet waktunya dekat SBMPTN, baru terbirit-birit ngejar materi yang susah. Karena ditambah tekanan waktu mepet, belajarnya kurang maksimal. Nah, kalo kita balik, materi yang rada gampang ditaro jadwal belajarnya agak terakhir, setidaknya kamu ga terlalu beban belajarnya menjelang sbmptn.

      • Nanda Aditya Nugoroho

        Kalo beli xpedia untuk sbmptn yang mana kak

  • Alddi

    Bismillah, STEI ITB 2016

  • Muhammad Anton

    Kak kalo aku baru mulai belajar sbm sekarang waktu nya cukup nggak kak buat tembus fistek UGM?

    • Fanny Rofalina

      Kegalauan kamu udah pernah coba dijawab Glenn di artikel ini:
      https://www.zenius.net/blog/7405/kapan-mulai-belajar-sbmptn

      • Muhammad Anton

        6 bulan mungkin ndak kak?

        • Ivan Alim

          Sudah baca artikel yang diberikan Fanny belum?

          • Muhammad Anton

            Udah kak. Tapi kyaknya itu yg dimaksutin mulainya setelah UN ato stelah pengumuman SNM

          • Fanny Rofalina

            Hai Anton,

            Poin dari kenapa gue kasih artikel itu adalah, yang tau kapan waktu yang cukup untuk belajar PTN, adalah diri lo sendiri. Lo yang tau persis starting point lo gimana. Kemampuan lo gimana. Lo yang tau materi mana yang paling menantang buat lo. Lo yang tau butuh waktu berapa lama untuk melahap habis semua materi itu.

            Ga ada formula yang pasti. Ada yang punya waktu cuma sebulan buat belajar, ternyata lolos. Ada yang enggak. Bahkan ada yang baru belajar 2 minggu doang berhasil masuk PTN. Ada yang 3 bulan cukup. Ada yang enggak. Ada yang 6 bulan cukup. Dan biasanya, kalo anak2 baru mau mulai belajar sekarang, itu udah tergolong awal yang bagus.

            Jadi, alih-alih memusingkan "gue masih sempat belajar apa enggak" atau mencari permisi dari pihak eksternal akan sesuatu yang menjadi tanggung jawab lo sendiri, lebih baik belajar dari sekarang! Daripada makin keundur belajarnya karena terlalu memusingkan hal yang tidak terlalu relevan.

          • Muhammad Anton

            Jedar! Mangstap kak nasihatnya. Kayak ada yg nepuk pundak dari lamunan. Thanks a lot pokoknya. Yeah, semangat belajar!!!

  • Fauzy Adrian

    kak saya masih bingung,
    maksudnya "mengerti konsepnya" atau "menguasai konsepnya" apa ya kak?
    trus apakah ada cara lain selain nurunin rumus ya kak?

    • Ivan Alim

      Bantu jawab ya. Mengerti konsep atau menguasai konsep itu artinya lu harus tahu mengapa dan bagaimana suatu konsep digunakan dalam pemecahan suatu masalah. Contohnya, di matematika, kita belajar rumus logaritma log(p*q)=log(p)+log(q). Lu harus tahu bagaimana dan mengapa konsep tersebut digunakan ketika menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan logaritma. Selain menurunkan rumus, lu perlu menguasai dan memahami aljabar, supaya lu tidak tergantung pada rumus. Ketika lu sudah menguasai aljabar, lu akan melihat bahwa ternyata rumus itu tidak penting. Yang penting adalah bagaimana cara mendapatkan rumus tersebut. Mengapa bisa demikian? Karena sebenarnya rumus itu adalah penurunan konsep-konsep dasar di matematika dengan bantuan aljabar.

      • wisnu jaya

        berarti kak @ivanalim:disqus cara mengerti konsepnya dengan menurunkan rumusnya ya kak?

        • Ivan Alim

          Ya. Selain itu, gue juga latihan soal-soal supaya tahu persis bagaimana dan mengapa suatu konsep digunakan untuk memecahkan masalah.

  • Nabilah Silmi

    Ka mau tanya nih, tes sbmptn itu macam" soalnya itu apa aja? Soal peljaran tesnya itu jurusan yang mau kita ambil di ptn atau tes yg harus sesuai jurusan pada saat kita SMA? Aku masih bingung banget tentang gambaran tes sbmptn?
    Tolong jawabannya, terima kasih

    • Halo @Nabilah@nabilahsilmi:disqus untuk informasi umum terkait SBMPTN bisa kamu baca di sini secara lengkap >> https://www.zenius.net/blog/7597/informasi-aturan-peraturan-sbmptn-2015

      Intinya sih tes PTN tidak harus sesuai dgn jurusan SMA, tapi kita harus tes sesuai dengan jurusan yg kita tuju. Kalo kamu mau teknik berarti kamu harus ujian saintek, kalo kamu mau masuk ekonomi berarti kamu harus ikut ujian soshum. Ada beberapa universitas yg memperbolehkan anak IPS masuk teknis, dan anak IPA utk masuk ekonomi, informasi ttg kelonggaran tsb perlu kamu telusuri sendiri di universitas masing2 yg jadi target kamu, karena kebijakan 1 universitas bisa beda dgn universitas yg lain.

  • salsabila elfirdausy

    hai ka, butuh solusi banget nih, dijawab ya kak, pliiiss T_T

    jadi, selama ini sih gue nyaman banget belajar pake zenius. gue rajin rajin review teori bab per bab. kalo gue masih ga ngerti gue ulang lagi. gitu terus sampai gue ga kebingungan lagi.
    NAH.. tapi masalahnya adalah, kadang suka bingung, ketar ketir, resah, gundah kalo ketemu soal sbm yg susah. padahal itu soal, teorinya udah gue review berulang ulang.
    yg salah dari cara belajar gue apaan ya ka? bab yg teorinya udah gue pahamin bener bener, tapi pas ngerjain soalnya malah ga bisa T_T

    • Ivan Alim

      Bantu jawab ya. Mungkin lu belum terbiasa berpikir antar konsep. Misalnya, ada soal di matematika yang melibatkan konsep barisan dan deret, logaritma, dan eksponen. Untuk bisa menjawab soal tersebut, lu harus bisa melihat kaitan antara ketiga konsep tersebut. Dari situ, lahirlah suatu ide sehingga lu bisa menjawab soal yang melibatkan ketiga konsep tersebut. Kalau sudah terbiasa berpikir antar konsep, lu tinggal latihan sesering mungkin.

  • Yacub Fahmilda

    Pagi kak!
    Aku masih agakbingung nih belajar untuk persiapan sbm soshumnya. Secara, aku kan dari jurusan bahasa. Sedangkan ekonomi geo sejarah ga ada. Kalau sosio aku emang udh dri dulu minat jadi aku baca baca aja gmn kaka? Minta solusinya ya... tthaks

  • menjaga konsistensi komitmen tujuan itu susah. kadang kalo lagi semangattt banget belajarnya happy, enjoy, gak terasa beban atau capek. Nahh disaat tertentu kadang semangat belajr kendoor, lama-lama berkurang. ntar kalo inget tujuan lagi, semangatt lagii. selain ituu ada banyak gangguan yang sering datang untuk menunda waktu belajar. contohnya kalo udah megang hape, udah buka medsos malah keterusan main, terus pindah aplikasi lainnya, ehhh tau2 mainan hp udah 2 jam wow. Mengatasi gangguang belajarr supaya tetep fokuss dong kak gimana ??

    • Fanny Rofalina

      Hello Kurniasih,

      Pertama-tama, kamu harus bisa menerima bahwa dalam proses memang wajar terjadi fase naik turun seperti yang kamu sebutkan. Terima aja, it's just part of the process. Jangan terlalu ditolak, soalnya ntar malah jadi stres sendiri.

      Tapi jangan terlalu dimaklumi juga, ntar malah kendor mulu belajarnya.

      Soal gangguan, gue rasa lo bisa terapin jadwal belajar & break yang lebih rapi. Misal, kamu belajar 2 jam non-stop. Trus break 15 menit. Trus lanjut lagi. Variasi waktunya bisa kamu coba2 sendiri. Tapi menurut penelitian terakhir, formula yang cukup oke adalah, 52 menit belajar, trus break 17 menit.
      http://www.theatlantic.com/business/archive/2014/09/science-tells-you-how-many-minutes-should-you-take-a-break-for-work-17/380369/

      Lo bisa melakukan itu berulang2 agar tiap belajar terserap maksimal, dan ga cepet jenuh juga. TAPIII.. lo harus bisa disiplin, kalo waktu break udah selesai, ya lo harus belajar lagi.
      Ini cuma contoh ya. Silakan bereksperimen. Tapi nanti biasanya kalo emang udah asik belajar, bisa digenjot tuh sampe berjam-jam.

      Trus, kalo lo emang menyadari kalo hape dan sosmed adalah gangguan yang paling sulit lo atasi, ya coba jauhkan hape ketika lo belajar. Mungkin hapenya bisa lo simpan di dalam lemari dulu. Hehee

      • thanks banget kak tuh saran waktunya, webnya keren isinya.. Aku coba terapin deh, yaa mungkin bisa ganti variasi 15menit breaknya, biar cakepan dikit lah, hehee.

        Selama ini gue bikin jadwal gini kak, misalnya 2 jam belajar fisika, setengah jam istirahat. ehh tapi mundur istirahatnya malah sejam, gajelas deh ngapain aja gue -_-. Abis itu ganti jadwal lagi selama 2 jam lagi dan seterusnya. Nahh dalam 2 jam itu rasanya kayak dapet setengah materi doang dari yang dipelajari. Rasaa gregetttnya kuraang bangeetttt. Mungkin gue terlau maksain kelamaan malah yang masuk dikit kali ya kak? Gue cobaa sedikit dulu kali yaaa.

        Nah misalnya lagi nih, gue belajar 52 menit Kimia, abis itu break 17menit. Kan lanjut lagi nih, itu sebaiknya ganti mapel apa masih di lanjut mapel yang tadi kak ? Sebaiknya belajar sbmptn, sehari fokusinn 1 mapel aja, apa campuran kak? Selama ini aku campuran, 2jam ganti, ganti, ganti lagi.

        Hapee perlahan udah gue simpen beneran tuh dilemarii kak, asli! hehehe.

        • Fanny Rofalina

          sehari fokusin satu mapel aja ya

  • Fanny Rofalina

    Sama-sma. Harap kamu ke depannya lebih proaktif lagi untuk cari informasi rinci tentang pelaksanaan teknis sbmptn maupun tes masuk politeknik ya..

    • Suci Legowo

      Okee kak..
      Oh ya kak.. belajar sbmptnnya berarti per bab ya? Di ulang dari materi awal kelas x sampe kelas xii.. ? Kalau mulai minggu" ini dr kelas x nya karena udh selesai semester 2 nya cukup nggak ya kak?

    • Suci Legowo

      Thanks kak. Dapet sbmptn kak. Pilihan ke 3. Pend bio untirta. Mau berjuang lagi buat tahun depan ngejar yg harus dikejar. Maksimalin waktu persiapan sbmptn sambil kuliyah gimana caranya ya kak? Bagi" tips dong kak. Thanks sebelunnha

  • Bayu

    Karena banyak yg curhat mo nimbrung juga nih.
    Dari awal Gw mau nyoba niatnya UN dulu bagusin n belajar sbmptn lintas jurusan ke IPS jur. Seni di tahun kedua . Gw takut kebawa arus yg sama lintas jurusan juga (ampir semua laki di kelas gw bkl lintas jurusan ) yakin bakal lulus SBMPTN sekarang tapi kgk keliat persiapan n asoy geboy masih nyantai sampe sekaran, kayanya bkl persiapan di bulan akhir
    Salah gk Kak klo rencana gw gitu ? Sarannya boleh lah hhe

  • Muhammad Fathin

    bang mw tanya nih satu sisi gua mw nyiapin un dan sekaligus mw nyiapin juga yang sbmptn. klau untuk cara belajarnya ini bang apakah gua harus mulai dari kisi2 UN atau materi sbmptn? soalnya sisa 6 bulan lagi sbmptn dan sementara un sisa 3 bulan

    • Fanny Rofalina

      Coba kamu pahami betul-betul bedanya persiapan UN vs persiapan SBMPTN di artikel ini:
      https://www.zenius.net/blog/1036/bedanya-persiapan-un-dengan-sbmptn

      Selain itu, seperti yang udah gue jelasin di atas, kalo kamu fokus belajar sbmptn, itu berarti udah sekalian buat belajar UN. Kalo mau mantepin buat UN, sebulan aja cukup kok. Bahkan 2 minggu aja cukup sebenarnya.

      Daripada kamu bingung, coba deh mulai liat2 soal sbmptn dan soal UN. Jauuh banget bedanya bro. Ntar lo bisa nyadar sendiri kenapa makes sense kalo banyak dari kita yang saranin untuk mending banyakin waktu untuk persiapan sbmptn.

  • nabilah

    keren kak artikel nya :") jadi makin semangat belajar sbmptn (y)

    • Fanny Rofalina

      Hayoo hayo berjuang!

  • Rahma Fadhila

    Kak kalau paket xpedia alumni itu dvd pembelajarannya bakal dikirim ke rumah jadi ga perlu buka blog lagi buat liat video-videonya? atau tetep perlu liat videonya di blog? Bedanya sama beli voucher apa ya kak? maaf pertanyaannya berbuntut gini -_- mohon penjelasannya ya kak, makasihh

    • Fanny Rofalina

      Hai Rahma,

      Mau jelasin nih ya.

      Blog zenius itu fokusnya buat kasih tips belajar. Kadang tips belajar itu ada kaitannya dengan video pembelajaran, jadi kita link ke video.

      Tapi untuk semua video pembelajaran itu adanya di https://www.zenius.net/ secara online. Untuk bisa mengakses semua video di zenius.net, kamu perlu beli voucher. Ini cocok buat kamu yang punya koneksi internet kenceng.

      Di sisi lain, kalo koneksi internet kamu rada butut, ga bisa selalu online, kamu bisa nikmati semua video pembelajaran itu pake paket dvd xpedia. Di paket Xpedia, lo bisa belajar secara offline lewat dvd, plus lo dikasih juga voucher online zenius.net untuk melengkapi konten video dvd yang mungkin ga se-up-to-date zenius.net yang selalu kita update (mungkin) tiap jamnya.

      Lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel ini ya:
      https://www.zenius.net/blog/859/info-informasi-produk-zenius-dimana-gimana-cara-beli

  • ayu indah

    Kak gw mau nanya dong
    Gw masih belum paham yang point ke tiga kak.
    Tolong song jelasin hehe

  • Ejak

    Hai semua , aku baru nih dateng ke sini , bisa jelasin ga gimana belajar ngeggunain konsep yang efektif , thx

  • セイSakiyurai

    Kak, mau minta saran. Saya anak IPA, tapi ada beberapa jurusan di IPS yang saya minati, dan berencana untuk ngambil jalur IPC nanti SBMPTN, cara belajarnya gimana? soalnya agak bingung juga, materi di IPA pun belum saya kuasai semuanya

  • Riswandha Imam

    Hai Ka Fanny, minta tips nya dong ka... gmn sih ngatur jadwal TO. apakah perminggu/per bulnan atau gimana.

    • Riswandha Imam

      plus gmna evaluasi dssb... yg perlu di lakukan apa aja.

    • Fanny Rofalina

      Hello Riswandha,

      Kalo udah menjelang SBMPTN begini, baiknya TO sekali dalam seminggu ya.
      Untuk evaluasinya, ya lo coba dapetin nilai setinggi-tingginya aja ya.
      Usahakan jawab semua pertanyaan yg bisa lo jawab, jangan mandeg di pertanyaan sulit.

      • Riswandha Imam

        gini ka...
        aku ini kan dr jurusan ipa, trus pengen ngambl soshum...
        nah
        aku to sendiri, kerjain soal2 TKPA dan soshum.. gitu ya ka....

  • Santi Susanti

    Setuju banget sama semuanya terutama sama nomer 5 karenaaaaa ya emang harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
    Cerita dikit, dulu gue baru belajar buat tes sbmptn ituuuu abis UN. Gue dari jurusan Ilmu Pengetahuan Bahasa. Gak nyinggung tuh pelajaran sosio, geo, kimia, fisika, bio. Demi dah abis UN gua baru mikirin..."kalo gk lolos snm gua bakal nyoba sbm" itu mikir doang. UN kan bulan april. Pengumuman snm kan mei ya? Klo gksalah. Gue leha leha gak jelas belajar asal asalan karena ngarep bgt ke snm kaaan. Tibalah pengumuman. Gaketerima SNM gue.
    Dan sampe detik itu gua belom tau serta belom kenal zenius.net.
    Udah daftar sbm online...milih soshum karena gua pikir kalo soshum gua masih bisa ngejar belajar...kalo mipa gua bakal keteteran._.
    Gua males banget. Asli males banget belajar.
    Jadi rentang waktu dari abis pengumuman sampe tanggal 9juni itu gua kebanyakan searching. Yg lolos tes sbmptn tanpa les.
    Gua nyari yg gitu karena kalo gua les kesian bokap. Gak ada duit. Ratarata kan diatas jutaan les sebulan doang juga.
    Kemudian akhir akhir bulan may gua kenal zenius.net dan buka videonya....ketagihan. Tapi ada yg gkbisa kebukaaaa...ternyata harus beli voucher. Gua beli dengan uang pas pasan. Ludes tabungan gua. Pas banget adanya 150rb doang wkwk. Jadi gua beli buat 1 bulan. Ditanggal 30may. Gua baru bener bener belajar tuh pas ada zenius. Karena keterbatasan kuota, gua bisa streaming puas kalo kuota malem doang...gua selalu bangun tengah malem dan belajar bener bener belajar......dari tgl 30may-9juni....bangun malem teruuussss
    Banyakan belajar tkpanya sih kan soalnya tkpa lebih banyak jumlah soalnya._.

    Daaannnnn alhamdulillah lolos PTN walau bukan ptn yg gua jadiin pilihan pertama...tapi jurusannya jurusan yg gua mau.
    Gua mikir kalo gua belajar lebih lama dan lebih banyak persiapan pasti gua bakal dapet univ yang gua mauuuuu banget.
    Jadi sih intinya belajar nya kudu setara sama keinginannya._. Yagitudeeeeehhhhh

  • Rahmi Putri Suparman

    Ka kasih saran dong aku dri dulu kpengen bgt mulai konsistenin wktu buat bljr sbm tp khmbt sm tgs blm lg bntr lg us d tmbh pulang sklh itu skitar jam atau stngh 5an ka blm ngerjain tgs2 atau ngapalin lah sdngkn sbm makin dkt kan aku harus kaya gmn nih ngemanagewktunya ? Lngkh apa pertama harus aku lakuin nih ? Aku harus fokus kmn dulu skrng ?

  • Difa

    Kak aku mau sbmptn lintas jurusan ke soshum nih.. Berarti mendingan lebih fokus ke sbmptn ya drpd UN? terus kalo nilai UN jelek, jadi masalah ngga sih sebenernya?

  • kak skarang gw kelas 11.
    pengennya udah nyiapin materi sbmptn , dari sekarang tapi sering kehalang ama tugas", jadi kalo udah jadwal hari ini bwt bljr materi"nya jadi ketunda" , trs yang didahuluin materi sbmptn dari zen, apa ngikut materi dari skolah dlu k,, mungkin itu aja k..
    ditunggu ans nya

  • Ermania Soraya

    kak kalo tentang urutan pemilihan jurusan yang mau kita pilih pas SBMPTN itu pertimbangannya gimana kak, udah pernah dibahas belum? thanks kak

  • Iman

    Mau nanya kak, gue samasekali ga ngerti maksud 'nguasain konsep'? Konsepnya tuh gmna sih?.-.

  • Schwester M.

    yosh tahun ini gua udah naik ke kelas XII, haha akhirnya waktu menghadapi kelas 12 datang juga. Semoga bisa dibantu ama zenius. Udah dari kelas X mikirin SBMPTN dan kedepannya, jadi tambah excited tapi menggelitik xD

  • Ifa Nurul Khafida R

    Kak, aku kan baru aja naik ke kelas 12 nih. aku ngga sebegitu yakin sama snmptn nanti, makanya dari sekarang aku pengen belajar sbmptn. Nah ada tips ngga ya buat belajar sbmptnnya? Kayak waktunya gitu, belajarnya tiap hari itu berapa mapel ato berapa bab. Makasih sebelumnya kak.

  • Fidya

    Kak fanny tanya dong. Aku beli paket zenius xpedia alumni buat ngejar smb tahun depan, tapi sambil kuliah dijurusan farmasi diperguruan tinggi bukan incaran aku, soalnya orangtuaku gakboleh aku nganggur, gimana ya cara saja membagi waktu belajar yg tepat?

  • Nindy BSD City Serpong

    Alhamdulillah .... Gw masuk Akuntansi UI '2016.

  • Mia Gladissia

    Kak mau tanya dong, saya alumni tahun ini pengen ikut sbm 2017, udah beli voucher zenius 12 bln, menurut kakak saya nonton materi dari kelas 10 sma atau langsung ke sbm? Tolong sarannya kak

  • Irfan abdal

    hello ka gue mau curhat sama minta pendapat nihh, gue taun tuh sedih banget !! bayangin di tolak mentah2 di 5 ptn !!!, galau akut lah gue saat ini, ortu sih nyuruh jangan maksain ptn kalo nga bisa swasta aja, tapi kan gue pengen banget masuk ptn, kira kira gue tepat nga ya berhenti dulu satu taun buat dapetin ptn yang berjaket kuning, nah gue mau nanya sebaiknya apa yang harus gue lakuin apa belajar 5/7 bulan sebelom tes di mulai atau gue coba tes dari bulan bulan awal ini ?? kalo misalkan gue coba di awal2 ini kayanya terlalu kecepetan deh, nahh sekarang gue mau nanya ka kalo instentif nya untuk anak yang nga skolah(nganggur) itu buat belajar sbm, simak, utul itu brpa bulan ya ka ?? nah ada masalah lagi nihhh gue itu tuna banget yang samanya mtk+ekonomi gimana sih tips nya supaya gue bisa maksain tapi nga bikin stres buat perlahan peka tuh sama yang namanya pelajaran mtk+ekonomi

  • Mei ZN

    kak gw bingung bngt nih, gw pengen banget banting setir nanti pas SBMPTN dari jurusan IPA ke IPS, karena gw lebih tertarik ke dunia IPS terlebih ke bahasa asing. karena gw pun disekolah ngambil jurusan bahasa inggris kak. apa yng harus gw siapin untuk ini???

  • zahid

    kak saya di sekolah jurusannya beda dari sekolah lainnya yaitu Progam Keagamaan ..kalo sbmptn mau ambil IPS langkah awal yang harus saya ambil agar dapat mudah belajar gmn..agar mudah masuk juga materinya ..makasih

  • Nadila Putri

    Kak mau tanya nih
    Aku kan anak ips emang sih sbmptn tahun ini gak lolos aku mau nyoba lagi tahun depan pilihanku tetep sama soshum kak. Nah pertanyaan yg mau aku tanyain tadi kan tipsnya katanya "Keluar dari Zona Nyaman" itu maksudnya gimana kak? Apa nyoba soal" yg belum bisa gitu kak? Kelemahan ku di bagian itung"an sama inggris kak
    dan tanya satu lagi tadi katanya " Belajar KONSEP" maksudnya konsep gimana kak?

    Makasih kak sebelumnya.

  • terimakasih admin artikelnya sangat membantu 🙂

    http://www.bangtama.info/2016/09/perbedaan-snmptn-dengan-sbmptn.html

  • Firdha

    Maaf nih mau nanya,aku kan anak smk pengin lanjutin kuliah tapi masih bingung mau ikut bimbel apa engga soalnya takut ga cocok sama anak smk,sarannya gimana nih?

  • Sriwani Gultom

    gw mau tanya kak.respon ya kak.
    gw baru pertama kali pakek Zenius Net di tahun kegagalan SBMPTN 2016 ini.
    pengen beli tpi mahal yg 1 set.
    jadi bisa beli yg voucher net aja kak.

    gw sudah alumni dan gagal SBM 2016.
    setelah gw baca2 blog zenius mengenai Persiapan untuk Tembus SBMPTN.
    Ternyata benar.
    kuncinya jangan ngafalin rumus,dan itu kesalahan gw yg sangat fatal.
    tiap hari belajar ,tpi salah dalam belajar nya.
    ternyata ini blog buat gw merinding setelah gw baca.
    dan membuat gw semangat lgi.
    mencoba memperbaiki kesalahan belajar nya.

    pengen Lintas jurusan kak,dari IPS Ke IPA Tahun depan.

    mustahil sih kak.?
    dari SMP suka sama 2 mata pelajaran IPA Yaitu Kimia,Biologi kalau Fisika sama Matematika IPA Kurang menyukai.
    gara2 tes pisikotes dari kelas X SMA,Guru BK Gw nyaranin untuk masuk ke IPS.
    tapi Diantara Mata Pelajaran SMA Kelas X,hanya Mata Pelajaran Kimia dan Biologi kak yg bisa dibilang lumayan dri pda Fisika dan matematika Ipa.
    semenjak saran dri Guru BK itu saya gk masuk ke kelas IPA XI,XII

    kira2 strategi apa lagi ya kak.kalau mau ngambil Teknik Kimia.
    selain memahami konsep.

    pengen murtad tpi takut gagal lgi.

    respon kak
    respon. 🙁

  • yulia cp

    kak kalau pingin masuk di UI berat banget kah peluangnya ? kalau belajar 4 bulan tapi cuma 3jam/hari

  • fira aryanti

    Kak saya mau curhat bentar lg saya un, dan 3 bulan ini saya baru mempersiapkan untum sbm, apa menurut kaka belajar saha sudah telat?

  • Firdayanti Esaputri Simanullan

    kak, aku mau curhat nih..
    aku pengen dapat soal soal to skaligus pembahasanny dari zenius ada ngga kak..
    trus gini kak, aku tuh lemah banget kallo udah peajaran b.inggris, fisika, sama kimia..
    kalo misalkan menjawab soal buat hari ini bisa, tapi kalo udah beberapa hari kemudian udah lupa kak..

    kak, bantu aku ngasih solusinya ya kk

  • Resi Surya

    Kak mau nanya.. saya anak smk jurusan akutansi.. pengen masuk ui dengan jurusan matematika.. apakah masih sempat saya mengejarnya

  • Putera Uciha

    Kak fanny selama ini aku masih mengandalkan konsep menghafal,gimana cara ngerubah cara belajar nya jadi 180 derajat

  • Melindah

    kak gue pengen belajar sbm disini. Gimana ya caranya?

  • Hasna

    Assalamu'alaikum,,
    Sebenernya apa sih uang menjadi kendala ketika sudah dihadapkan dengan soal SBMPTN sendiri,,, terkadang usaha dan doa sudah tapi kesulitan ketika di hari H nya,,,
    bisa sedikit saran2 untuk menghindari hal-hal tersebut,,, dan titik -titik apakah yang harus kita kuatkan untuk menghadapi ujian tersebut? mungkin di hal-hal terntu kita harus memahaminya dengan kuat...
    thanks ...
    wassalamu'alaikum

  • Fachrizal Rustam

    kak, bahas tentang dunia perkuliahan dong, khususnya fakultas teknik 🙂

  • Berliana Napitupulu

    Hai kak,bisa minta saran kak? Saya berliana kelas 12,brntar lagi un dan sbmptn tapi makin lama saya jadi malas belajr dan malas ngerjain soal,
    Gimana yang kak untuk ngatasi hal ini??

  • Humaira Aifa

    Makasih kak informasinya membantu... hehe jadi penasaran SBMPTN kaya apa? Soalnya masih kelas sepuluh ?
    Oh iya kak bisa bagi tips kalo mau kuliah di luar negri engga??

  • Sayyidi Ahmadi Ginayuh

    Kak, saya suka bgt konsep yg ada di zenius. Tpi masalahnya klo saya habis nonton videony saya selalu catet yg ada di vidionya supaya gk klupaan. Apakah cara saya ini bener atau salah? Trus, klo habis nonton vidiony apakah perlu d catet apa ngga??

  • Aldianto Kombih

    Kak. Saya Lulusan SMK Akuntansi 2016, dan gagal di SBMPTN 2016,
    Tahun 2017 ini saya pengen banget keterima di salah satu PTN yang saya favorit kan,
    tahun lalu itu galau nya udah luar biasa parah, sampai saya keluar kota buat ikutin jalur mandiri, eh gagal juga. dari situ saya nemu Zenius kak,
    Saya ambil alternatif buat ngerantau, jauh dari teman, pergaulan supaya bisa lebih fokus buat belajar dari awal, tapi untuk hidup di kota orang harus kerja kak supaya bisa makan ya kan,
    kendala nya adalah, saya sulit buat bisa memahami pembelajaran, artinya setelah selesai belajar paham, nah besok lupa. apalagi saya sekarang kerja kak, jadi waktu nya terbagi gitu.
    btw saya mau ambil ujian saintek,
    Minta Solusi nya kak -_-

  • syabani muhammad

    Wah keren banget... Konsep tuh memang bener-bener penting banget. Trik
    and tips itu juga hal yang dibutuhkan. Aku juga ngasih trik and tipsnya
    di link aku ini. Semoga manfaat. sbmptnmudah100persen.blogspot.com

  • Yonathan Billy C

    Bisa diterapkan buat OSN juga nih wkwk

  • vera anjelina

    Konsep itu kaya gimana kak?

  • naki

    Hai kak. Kak aku kesel sendiri nih. Gara gara ngantuk terus, plang sekolah jam 4 lewat, jam 7 malem udah langsung ngantuk. Bangun jam 3 untuk belajar zenius itu kan waktunya sedikit banget jam 5 pagi udah harus selesai belajarnya. Sedangkan sbmptn bentar lagi. Kak Kasih tips supaya gak ngantuk terus dong

  • Nabila Avely

    Kak, kenapa ya. Saya sudah berusaha les sana-sini sampai waktu buat main aja kadang ga ada. Tp aku masih belum begitu menguasai mapel. Kadang habis pulang les, malamnya kecapean dan akhirnya malas buat buka buku, terus ujungnya ngantuk. Tp aku berusaha dan niat pengen belajar lagi dan buat bisa memahami pelajaran. Itu tipsnya gimana ya kak agar gak malas dan cepet ngerti pelajaran? Dan bentar lagi mau UN dan SBMPTN. Dan krn sekolahku di MA, ujiannya ada banyak sekali. Aku bingung buat bagi waktu antara belajar UN, UAM, SBM, sama tugas sekolah. Tolong dong kak. Terima Kasih atas responnya 🙂

  • Nuruul Nur’Alawianna

    Khaa baru kenal jenius nihh.. Lebih jelasnya jenius net tuh apa sih?

  • rohanah hahaha

    KERENNN KAK! sangat membantu tulisannya !

  • Subekti Ainur Rofiq

    Saran dong kak untuk kelas 10 dan 11, gimana pesiapan sbmptn

  • Bagaskara Dewa

    Kak mau tanya, kiatnya naka ips buar bisa belajar buat soal tkpa yang mate gimana kak? Trus waktu sbmptn nya berapakah yg harus kita jawab? Apakah ada sarannya kak?

  • Ayu kinasij

    Hai kak.... soal2 sbmptn itu kira kira tiap tahun pasti baru atau bisa aja dari soal soal tahun lalu? Terimakasi

    • ♥blabla♥

      menurut pengalamanku soalnya pasti baru. bahkan saya tahun lalu ikut sbm ada model soal baru yang sebelumnya gak ada di soal-soal tahun yang lama.

  • Bayu Perkasa

    Kak boleh minta kontak sosmed engga, pengen nanya nanya nih tentang strategi lolos sbmptn agar masuk jurusan Fasilkom ui hehe. thanks kak sebelumnya

  • Talisha Eta Ariesya

    Kak, mau minta tips dong. Aku sekarang mau naik kelas 12 dan di liburan kenaikan ini mau manfaatin buat mulai belajar untuk sbmptn. Nah aku anak ipa mau ke sastra inggris dan pastinya harus ikut yang ipc. Kasih saran dong ka mending belajar soal2 b.inggris atau ipa atau yang ips nya ya? Makasih kaa

  • sebastian ulido

    kak kan gw lagi bakal ngejalanin kuliah ni dan swasta dan gw ga lulus sbmptn gw pengen bgt buat bisa lulus di ptn tp gw gadikasi bokap gw buat nganggur setaun buat belajar , gimana ni saran kakak buat lulus sbmptn taun depan tapi dengan catatan gw gak bimbel cuman belajar sendiri . apa ada saran buat gw biar belajar gw bisa maksimal
    tengkyou sebelumnya

  • Yuni

    Kk aku mau nanya nih
    Aku pengen kuliah nanti ambil matematika ,tpi aku gak mau ambil fkip,bagusnya aku ambil apa ya kak
    Aku mau nanya lagi kak
    Aku kan jurusan ipa tpi aku kurang menguasai bio,kim,fis tpi aku bisa matematika.kira2 gimna kedepannya supaya nanti aku mudah lolos sbmptn

  • shafiratamara

    kak gini nih aku snm,sbm gagal salah pilihan semua unair dan its aku aduh trs alhasil ga lolos.taun dpn pgn test fkg jember pgn lolos tp rasanya ko mustahil,takut ga lolos lg,trauma,aku udah ngerjain soal banyak udah teliti bgt,udah bener2 kerjain tp ko ya ikut2 TO online gitu masih ga lolos. ini kesalahan apa ya kak?mohon bantuannya:(

  • Tiara

    Kak Aku sekarang kelas 12 SMK. Mau Test SBMPTN tar bulan Mei 2018. tp mau nyiapin diri dari skrng. disini materi sbmptn nya yg taun udh lama. Apa nanti masih pake cara yg lama(sama aja) . atau ada perbedaan kak?

  • Deastiva

    kak, gimana ya? aku itu tau rumus, tapi gatau konsep. Gimana ya, jadi misalnya kalo ketemu soal, gatau mau pake rumus yang mana, terus soal itu harus diapain, dibuat grafik dulu kah, atau diitung langsung. Jadi gimana caranya biar bisa memahami fisika tanpa harus terpatok sama rumus? makasih kak

  • Matıus Chanri S

    Kak, saya mau minta saran nih,
    Kan sekarang saya lagi kuliah smster 1 akuntansi, tapi yg buat saya ragu disini yg akreditas masih "c", dan juga fasilitasnya yang masih minim.
    Nah saya rencananya mau ngambil SBMPTN lagi tahun 2018...
    Sarannya gimana ya kak..
    Trimakasih....

  • Farid Muhamad

    Saya kan anak smk kak, awalnya saya lulus mau kerja tapi begitu lihat betapa sulitnya untuk jadi kartap cuma lulusan smk itu sangat sulit menurut saya dan akhirnya saya mau kuliah dan ingin masuk ptn favorite saya. saya juga ikut bimbel sekarang dan saya sangat kesulitan untuk ngikutin setiap mata pelajaran. disaranin sama guru les saya suruh rajin konsul tapi ngeliat soal sbmptn yang susahnya nauzubillah bikin saya ngedown soalnya di smk saya gabiasa ngerjain soal yang tingkat kesulitannya terlalu tinggi. dan alhasil saya jadi males buat belajar sbmptn. Jadi, apa yang harus saya lakuin? ngeliat banyak rumus dan susahnya soal sbm bikin kepala pusing.