Catatan Perjuangan Murid Zenius yang Lolos SBMPTN 2015

Catatan Perjuangan Murid Zenius yang Lolos SBMPTN 2015

Jeng jeng..!! Hasil SBMPTN 2015 telah diumumkan. Salah satu medan pertempuran terbesar bagi siswa SMA/SMK di Indonesia ini telah menuai banyak cerita. Ada yang berduka karena mimpinya mesti tertunda. Tapi, banyak pula yang sedang senyum sumringah, puas, bahkan masih ngga nyangka aja kalo jerih payahnya selama ini terbayarkan sudah. Mimpi mereka untuk masuk jurusan dan universitas impian dibalas manis dengan sebuah kata "Selamat" pada 9 Juli 2015 lalu. Buat kalian yang sedang bangga-bangganya sama diri sendiri, gue ucapkan selamat ya.. Kalian kereen!!

Seperti tradisi di tahun sebelumnya, pada masa pengumuman SBMPTN kemarin, zenius ada menyebarkan survei untuk mendulang kisah dan testimonial, khususnya dari penggunan zenius yang lolos SBMPTN 2015. Survei kali ini berhasil menjaring 1300an responden! Berjam-jam gue tersenyum, ngakak, dan terharu sendiri ketika membaca testimoni dari kalian. Gue sendiri sampe bingung untuk menyaring testimoni mana yang akhirnya gue tampilkan di tulisan Catatan Perjuangan ini.

Pada Catatan Perjuangan kali ini, gue mencoba menampilkan cerita dari berbagai angle. Ada yang lintas jurusan, ada yang dari SMK, ada yang udah kuliah dua tahun tapi nekat ambil SBMPTN lagi, ada yang sering bolos demi pacaran di rumah bareng zenius, ada anak yang dicap nakal sama gurunya tapi akhirnya bisa membuktikan diri masuk PTN favorit, wuihh banyak deh. Sampe merinding gue bacanya. Impian yang disertai perjuangan emang ga akan mengkhianati diri kita sendiri ya.

Oke deh, langsung aja kita pantengin cerita beberapa teman seperjuangan lo (atau kakak angkatan lo) yang berhasil keterima di universitas impiannya melalui jalur SBMPTN Tertulis 2015. Semoga bisa jadi penyemangat bagi kalian-kalian yang mungkin punya starting point hampir sama seperti mereka. Gue juga udah cantumin alamat twitter pribadi mereka. Jadi kalo di antara lo ada yang mau pedekate,, eh nanya-nanya lebih lanjut tentang perjuangan mereka, lo bisa.........

*Eh foto-fotonya gue dapet dari hasil kepo gue ke sosmed kalian ya, jadi kalo ada foto lo yang aneh-aneh, bukan salah guee* :P

 =================================================

 

andrianto magfi nugrohoAndrianto Magfi Nugroho

SMA Negeri 9 Kota Tangerang
Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri - Universitas Gadjah Mada
Twitter: @NugrohoMagfi

"Gw SMA cuma ranking 30 dari 36 siswa, sering keluar masuk ruang BK karena banyak masalah, guru gw sendiri pernah meragukan gw kenapa orang kaya gw bisa naik kelas, kacau deh pokoknya.

Pas kelas 12, gw udah mulai bercita-cita masuk universitas favorit gw, nah untuk mencapai itu gw harus belajar yg keras dari sumber yang terbaik, nggak lain dan nggak bukan adalah dari zenius. Gw harus inget tujuan utama gw yaitu universitas favorit. Gw terus berjuang keras, gw harus ngejar materi dari kelas X sampai kelas XII karena dulu gw nggak serius belajar, gw harus begadang dan bolos sekolah cuma buat belajar sbmptn di zenius.

Dan akhirnya karena zenius gw bisa membuktikan sama guru yang pernah maragukan gw naik kelas, guru yang pernah bilang ke gw kalo ada gw sekolah jadi ancur, guru yang pernah marahin gw karena gw fokus di sbmptn bukan di un, dan gw buktikan kalo akhirnya gw bisa tembus di Teknik Industri UGM yey!! Thanks zenius!! :')"

 

Grace HelenaGrace Aprilia Helena

Alumni SMK Negeri 3 Bandung
Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati – Institut Teknologi Bandung
Twitter: @Gracelena_

"Gw adalah orang yang taun kemaren udah berkali-kali gagal, padahal gw juara 1 nem untuk jurusan teknik di SMK gw, ranking 1 untuk 3 taun berturut-turut. Tiga taun berlalu dengan bergelimang prestasi di SMK, sampe pada akhirnya gw dipenghujung pertigaan hidup.. lulus smk mau kuliah ato kerja? Berhubung gw adalah orang yang suka sains, meski gw adalah anak SMK. gw memutuskan untuk ikut SBMPTN, UTUL, dan UM UNpad tanpa bimbel. dan........ gw gagal. Ya ealah gagal, secara gw belom siap secara materi, untuk praktek kejuruan, basic matematika, kimia, sama fisika udah ada, tapi I wasn't ready at all . MESKIPUN LO JUARA, GA MENJAMIN LO LULUS SBMPTN. JANGAN SOMBONG ! Kalo diitung2 gw udah 5 kali gagal. Akhirnya gw memutuskan untuk mulai belajar SBMPTN lagi bulan Januari 2015, tp gw bingung.. mo bimbel ato engga ? Karena gw gasuka ngerepotin ortu, secara bimbel itu mahal.. tapi akhirmya gw ketemu Zenius, pemirsaaah ~ Awalnya gw skeptis, apaan sih video2 gt? BUT IT IS GOLD! Dalam waktu 6 bulan gw nguasain materi SMA 3 tahun~ TUHAN ITU LUAR BIASA, mempertemukan gw dengan zenius ~ gw belajar 16 jam sehari, sampe2 apal catchphrase si Sabda dan tutor yang lain. Gw dapet dukungan dari papa yang ga pernah nge-judge gw. dan I found my new passion... BIOLOGY~ gw gapernah sampe nangis karena saking kagumnya sama satu mapel. Dan zenius bikin gw cinta Biologi banget banget banget, sampe gw lalap tu buku Campbell~ Praise the Lord pas pengumuman gw diterima di ITB jurusan SITH S~ pilihan ke 3 yang sesuai passion gw~ THX Lord Jesus Christ, thx Zenius~ gw mabaaaa ~"

 

jessikaJessika Setiaharta

SMA Negeri 78 Jakarta
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) – Institut Teknologi Bandung
Twitter: @chickensetsu

"Dulu beli Xpedia 2.0 gara-gara mau nyiapin SBMPTN di awal kelas 12 yang ngga diiringi dengan ikut bimbel. Udah excited banget waktu dibeliin Xpedia sama ortu, langsung babat habis bagian Zenius Learning waktu malemnya di hari beli Xpedia 2.0, setelah itu banyak pandangan soal belajar yang berubah. Ya mengenai belajar harus pake passion, terus kenal sama yang namanya deliberate practice, juga jadi paham pentingnya punya pikiran kritis ketika menjalani proses pembelajaran.

Dan materi-materi yang dikasih sama kakak-kakak Zen banyak banget yang membantu, karna emang yang dikasih itu bukan cuma materi 'pasaran' di sekolah, tapi basic skills mendasar. Basic skills itu mungkin keliatan sepele, gw di awal-awal nyimak rada nyepelein tapi ternyata justru basic skills itu yang wajib dipahami buat ngedalemin materi-materi lain lebih mendalamnya. Dan di sela pemberian materinya juga ga jarang dikasih penjelasan random yang bikin materinya makin keliatan asik. :p

Thanks banget buat Zenius yang udah menginspirasi, memotivasi, dan membimbing gw di 1 tahun ke belakang ini buat belajar sehingga bisa jebol di salah satu prodi yang 'menyeramkan' di ajang SBMPTN (baca: STEI ITB). :)) Terima kasih juga udah bikin gw kenal sama banyak anak-anak Zenius lainnya yang kece-kece melalui Zenius Club. ^^"

 

akhlisAkhlis Ilham Pascaputra

SMA Negeri 2 Kebumen
Jurusan Teknik Informatika – Universitas Brawijaya
Twitter: @A__I__P

"Wah, pengalaman saya sama zenius emang bikin greget. Yah, greget. Kenapa? Soalnya si zenius ini bener-bener nyuruh kita buat memahami konsep dasar dulu sebelum menuju ke materi yang lebih advanced. Selain itu, zenius juga udah bikin saya jadi lebih kritis terhadap lingkungan sekitar.

Di sbmptn 2015 ini, saya cuma ngandelin zenius dan beberapa wangsit yang saya beli di toko-toko. Dan kelas dua belas pun saya tidak mengikuti bimbel diluaran sana. Benar-benar stuck di zenius. Pokoknya cuma zenius yang paling sering saya pantengin di desktop.

Saya mulai intensif belajar materi sbmptn sejak awal tahun 2015 dan di awal kelas 12 saya juga udah mulai nyicil materi sbmptn. Beberapa try out sbmptn pun pernah saya ikuti. PG pertama saya waktu itu sekitar 17an. Sangat buruk. Sejak intensif belajar sbmptn, waktu tidur saya benar-benar tidak teratur, bahkan pernah tidur pas mau subuh. Alhasil sampai di sekolah pun terlambat. Meski begitu, mungkin benar jika ada pepatah mengatakan bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Tergantung usahanya juga.

Saya teramat bersyukur setelah mendapati hasil sbmptn 2015. Ternyata saya lolos juga. Meski bukan di pilihan pertama dan kedua, yang penting jurusan itu benar-benar membuat sense of wonder saya semakin bergejolak, seperti yang pernah tercantum di salah satu artikel di blog zenius. Terima kasih zenius dan seisinya, termasuk para tutornya, kak sabda, bang wisnu, kak wilona, dan lain-lain. Matur nuwun zenius. Semua orang harus tau zenius, hehe. "Belajarlah ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap" - William A. Ward"

yosea setiawanYosea

SMAN 4 Kota Bekasi
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi – Universitas Padjajaran
Twitter:  
@YoseaSetiawan

"Gue pake zenius karena gue aslinya anak IPA dan buta sama sekali sama pelajaran IPS kelas 11 dan 12. Nyari materi di google, ga nemu-nemu yang enak dibaca. Minjem buku ke temen-temen yang jurusannya IPS, udah pada di pak-pakin bukunya. Terus gue inget temen sekelas gue dulu pas kelas 12, ada yang tiap hari kerjaannya bukain zenius mulu. Akhirnya gue liat deh tuh, yang pertama gue buka itu video intro ekonomi yg buat SBMPTN dan kayanya seru juga. So gue lgsg daftar, beli voucher dan chaw ke indomaret.

Sebenernya gue sebagai anak nyasar jurusan yang lagi kalang kabut dan laptopnya lagi rusak, serta mengalami krisis internet, rada sedih di awal karena materinya dari video. Tapii pas udah nonton videonyaa. Sumpahh seneng banget, berasa dapet guru privat dan efisien waktu banget buat belajar, dirangkumnya pas banget gitu materinya, udah gitu yang diajarin konsepnya jadi pas ketemu soal udah ngerti. 

Dan yang bikin gue seneng, pas SBMPTN ada soal tentang Henry Fayol, dan kebetulan banget gue udah nonton video manajemen wkwk, jadi tau dahh. Lah coba gue gapake zenius, coba gue merenung aja di rumah sambil nebak-nebak jawaban soal soal prediksi.. wkwk. Pokoknya Thanks to God and thanks to you too Zenius ;)"

 

putriPutri Nuzulil Yati

Alumni SMA Modal Bangsa Aceh
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) – Institut Teknologi Bandung
Twitter: 
@putrinuzulil

"Awal kenal zenius tau dari teman. Aku sebenarnya alumni tahun 2013 dan selama ini berstatus mahasiswa di salah datu univ negeri di aceh. Jadi bisa dibilang sambil kuliah aku kejar SBM lagi.

Banyak yang nanya apa aku nggak rugi dua tahun kuliah? Sebenarnya, di sinilah kontribusi zenius banyak banget bagi aku. Terlebih untuk pengembangan diriku, khususnya dalam menemukan jurusan yang cocok bagi aku yang sesuai dengan passionku. Aku termasuk salah satu yang telat dalam mengenal diri aku sendiri. Bersyukur banget kenal zenius, dibantu tentornya, aku berhasil nemu passionku, bahwa aku suka berbisnis dan pingin punya usaha sendiri, dan salah satu inspirator ku adalah Sabda yang berhasil ngembangin zenius dari nol. Inget banget salah satu kutipan di blognya zenius, "pilih jurusan yang emamg kamu sukai. tanpa disuruh kamu mau ngubek-ngubek informasinya. kamu suka pas pelajarinnyaa. dan itu kamu banget" dan alhamdulillah banget berkat bantuan itu aku tau passionku dimana dan diterima di jurusan yang sesuai passionku..

Sebenarnya memang aku agak ragu pindah karena aku udah di semester 4 di universitas sebelumnya. Tapi, aku nggak kuat lagi ngejalaninnya karena di univ dulu aku salah jurusan. Fatal banget. Aku gak enjoy ngejalaninnyaa. Kuliahku berantakan. Sampe akhirnya aku tes ulang lagi tahun ini dengan support dari zenius secara tidak langsung. Dan aku nggak nyesel sama sekali karena sekarang aku lebih matang. Kalo uda kenal diri sendiri dan tau passion di mana, bukan lagi hambatan untuk ngejalanin kehidupan yang memang sesuai dengan bidangnya kita. Because I love what I do.

Selain dari pengembangan diri, kontribusi zenius ada di pemahaman diri aku terhadap esensi ilmu sendiri. Aku dari jurusan IPA, banting setir ke IPS. Kalau boleh bilang, aku baru fokus belajar IPS sebulan sebelum sbm. Itu bukan disengajain karena kuliahku dulu jg praktikumnya gila banget, bikin nyita waktu aku. Tapi berkat zenius, aku bisa curi-curi waktu belajar di mana aja pake androidku. Ini ngebantu banget, jadi gak berpatok ke buku. Lagi nunggu jam masuk kuliah, kadang aku buka zenius.net. Aku betul2 paham konsep sewaktu belajar dengan zenius. Apa buktinya? Sebenarnya dalam waktu sebulan itu yang aku pelajarin betul2 mata pelajaran IPS yaa. Yang matdas, gak terlalu aku tekanan lagi karena dari 3 tahun aku belajar zenius dengan konsep, semuanya masih lekat di memori aku. Tinggal pas di akhir2 sbmptn aku review dikit-dikit. Dan alhamdulillah.. berkat metode belajar yang benar, belajar dari konsep, aku keterima di SBM ITB..

Thank you banget zenius bantuannyaa.. Aku pantengin zenius.net..padahal pengen banget ketemu tentornya langsung. Semoga aku bisa berterima kasih secara langsung kepada kalian suatu saat nanti.."

nauvalNauval Faradis

SMAN 5 Bandung
Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Manajemen Komunikasi – Universitas Padjadjaran
Twitter: @faradisn

"Awal make Zenius sebenernya cuma sebagai sarana buat dapetin latihan-latihan soal. Eh, makin lama makin ketagihan belajar via Zenius. Bener-bener ngerubah mindset tentang gimana harusnya kita belajar, dan bikin betah belajar. Selepas UN, gue langsung ngejar materi soshum buat SBMPTN, berhubung gue dari IPA dan masih ngeraba-raba saat pertama kali belajar IPS lagi. Thanks to Zenius, bersyukur pas ngerjain soal SBMPTN lumayan pede. Meskipun rada gemeteran juga sih pas ngerjainnya, abisnya shock pas ngerjain TKPA B. Inggris yang... wow abis. Alhamdulillah sekarang gue lulus dan diterima di pilihan kedua. Sekali lagi, thanks Zenius, karena udah nemenin gue belajar selama setahun kemarin."

 

fabiolaFabiola Meseaga

SMAN 1 Cibinong
Fakultas Ilmu Psikologi – Universitas Indonesia 
Twitter: @Meseaga

"Awal aku ketemu Zenius gara-gara aku putus asa UN tinggal beberapa bulan lagi dan belum menguasai semua materinya, sementara SBMPTN juga tinggal bentar lagi dan aku harus belajar materi yg completely different dr materi UN (aku IPA, mau masuk Psikologi UI). Akhirnya ketemu di internet, awalnya underestimate gitu, aku mikirnya, "ah paling videonya bakal yang lama banget bosenin bertele-tele kayak yang banyak di yout*be." Tapi akhirnya nyobain liat video sosiologi dan VOILA, langsung jatuh cinta sama pandangan (dan pendengaran) pertama.

Akhirnya beli vouchernya dan nggak pernah nyesel buat jd member zenius. Belajar UN & SBMPTN bener-bener full dari Zenius dan latihan mandiri aja karena aku nggak ikut bimbel (waktunya tinggal dikit booo', mana sempet!). Jadi tuh tiap hari aku nongkrongin laptop sama HP sampe berapa kali kuota abis buat nontonin video Zenius, nggak ngebosenin. Bikin nagih. Zenius bener-bener ngebantu aku ngerti materi IPS dari awal banget dan konsep dasarnya banget, makanya cocok bgt buat yang lintas jurusan kayak aku.

Aku jg nerapin deliberate learning itu lho, dan manjur abis. Semenjak itu aku rajin promosiin Zenius ke temen-temen aku sampe dibilang "Febi mau direkrut jd bagian promosi Zenius ya?" Hahahaha. Oh iya selain materi pelajaran & kumpulan soal yg lengkap, basic skills yang diajarin di Zenius dan postingan blog yang ada di Zenius jg oke banget. Bener-bener berguna bukan buat ujian aja, buat kehidupan sehari-hari jg berguna banget. Zenius paket lengkap banget deh harganya jg worth it! Alhamdulillah bisa diterima di pilihan pertama SBMPTN walaupun lintas jurusan :") Makasi banyak Zenius!"

 

cahyoCahyo Kumara

Alumni SMA Negeri 48 Jakarta
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi – Universitas Indonesia  
Twitter: @cahyoyoy

"Gw angkatan 2014, tahun kemaren gw dapet di salah satu PTN di jakarta tapi gw memutuskan untuk keluar demi mengejar cita-cita (sebenernya gw cuma kuliah 2 hari sih). Gw belok dari jurusan awal gw yang tadinya IPA pindah ke IPS karena gatau kenapa gw ngerasa passion gw bukan di IPA.

Selama periode 2014, gw bener-bener gabut, abis nggak tau mau ngapain. Setiap hari akhirnya nge-game seharian bener2 ngga putus. Sampe akhirnya gw ketemu temen gw yg kuliah dan mereka nyeritain gimana sulitnya perjuangan mereka. Akhirnya terhitung mulai 28 desember 2014 (gw inget banget), gw stop nge-game, uninstall semua game, dan bener2 vakum. Tanggal 3 januari 2015 gw inget bgt pertama kalinya gw pake zenius.net (gw beli voucher di Indomart). Sebagai orang yang pindah jurusan dari IPA ke IPS gw ngerasa zenius.net ini bener-bener ngebantu gw buat belajar, terutama Ekonomi karena pengisinya guru favorit gw Sabda dan Sejarah yang walaupun sampe berpuluh2 video, gw babat habis semua.

Akhirnya, karena ngga puas cuma belajar di dunia maya, gw memutuskan untuk ikut sebuah bimbel (lumayan untuk try-out dan pemantapannya). Selama bimbel, hasil-hasil try out gw cukup memuaskan. Akhirnya gw memutuskan buat pilih Akuntansi di Universitas Indonesia. Awalnya gw bener2 minder karena saingan gw anak2 ips murni yg udh belajar ips kurang lebih 3 tahun lah selama sma. Lah gw baru belajar 6 bulan kurang, tapi bermodal nekat gw hajar aja gw buletin pilihan SBMPTN gw. Saat hari-H Alhamdulillah gw lancar ngerjainnya dan lumayan bisa. Sampe kemaren tanggal 9 juli pengumuman SBMPTN Alhamdulillah gw berhasil diterima di salah satu jurusan favorit IPS di Indonesia, Thank you Zenius :)"

monalisaAngela Monalisa Kurniawan

SMA Fons Vitae 1 Jakarta
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi – Universitas Indonesia
Twitter: 
@amknana

"Awalnya, saya menjadi member Zenius karena teman saya ada yang membeli untuk mempersiapkan UN. Berhubung saya gak les apapun selama SMA, saya pikir setidaknya saya perlu persiapan sedikit untuk UN seperti anak-anak bimbel. Maka jatuhlah pilihan saya di Zenius. Selain karena pertimbangan harga, saya udah coba Xpedia teman saya dan saya cukup puas.

Ternyata, video di Zenius emang bagus-bagus banget dan agak nyesel sih karena saya belinya nyaris detik-detik terakhir UN. Meskipun pemanfaatannya untuk UN tidak maksimal, beruntung saya membeli voucher untuk 3 bulan. Waktu antara selesai UN hingga tes SBMPTN dengan bimbel intensif dan menonton teori Zenius di waktu malam dan soal-soalnya. Kebetulan saya mengambil tes soshum sementara saya dari IPA, jadi butuh banget teori dasar yang nggak bisa dikasih sama bimbel intensif yang cuma 1,5 bulan itu. Saya merasa terbantu banget dengan malam-malam yang saya habiskan untuk menonton video teori-nya Zenius. Melalui kunci yang beredar di internet, ternyata salah satu subjek tes Soshum saya betul banyak. Bukan kebetulan kalau subjek itu adalah salah satu yang saya pelajari benar-benar dari video Zenius! (Saya isi testi ini setelah baru aja cek jawaban, hehehe) Selain itu, di Zenius ada soal-soal tahun lalu yang membantu banget. Beda banget liat kunci Zenius sama di tempat lain, karena di Zenius ada pembahasannya dan kita gak langsung "dipaksa" untuk percaya sama kunci Zenius. Biarpun hanya menjadi pengguna Zenius di akhir masa-masa SMA saya, tetapi saya merasakan sekali manfaatnya! Terima kasih, Zenius!"

 

amengNur Amelia

SMA Negeri 86 Jakarta
Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Institut Teknologi Bandung
Twitter: @AMENGMAN

"Actually, gue ogah ngerekomen zenius ke orang. Apalagi ke orang yang seangkatan sm gue wkwk. Why? Gue takut entar doi lebih pinter lagi dari guee #jahat. Mau isi otak sih begitu, tapi hati gue gak tega liat temen kalo ga ngerti materi ini itu, jadi yaaa akhirnya gue menebar virus zenius. Addicted juga dehh ke temen guee wakakak.

Gue kan bocah ipa, padahal destinasi utama gue sejak masuk sma itu udah FSRD ITB yg prodinya ips. Cumaaaaa gue lebih demen belajar pelajaran IPA. Jadi nekatlahh gue kan yaa ambil ipa mumpung dapet jugaa gituuu. Nggak mungkin IPS lah gue, pokoknya jelek bgt nilai ips gue. Gue ambil IPA dgn harapan dapet SNMPTN aja biar ga usah belajar IPS, soalnya kalo SNMPTN FSRD boleh dari IPA.

DAN TERNYATA KENYATAAN ITU PAHIT. Yah, gue emang ditegur Tuhan, gue tetep harus belajar IPS tuh pas bulan Juni. Galau lah gue memikirkan gimana cara gue belajar eko dan sosio yang dulu pas masih blm penjurusan aja gue remed mulu duhh. Sebenernya gue udah dikenalin zenius sama temen gue si X dan udh langganan zenius dari bulan februari. Cuma masih males gitu lohh nguliknya. Dan akhirnyaa karena gue hampir putus asa di bulan juni itu, temen gue si X ngingetin gue buat coba belajar lewat zenius. And.... guess what? Asli belajar pake zenius nyangkut bgt di otak gue. Dari yang biasanya gue bebel banget gitu yak kalo harus baca buku ekonomi sama sosio, aaahh finally gue mengerti ilmu ilmu kece itu tanpa perlu baca buku. Tinggal streaming doang berapa menit, gue langsung ngerti tanpa perlu baca buku berlembar-lembar!!! Kece lah pokoknya!! Udah gitu masih banyak banget lagi artikel artikel kece lainnya yang sightseeing bgt! wuaaahh gak gaholz ah kalo ada yang gak tau zenius mahhh bahahaha"

 

rifadRifad Anjar Jumara

Alumni SMA Negeri 1 Cicalengka
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Jurusan Hubungan Internasional – Universitas Indonesia 
Twitter: 
@RFDAJ

"Gada kata lain selain: GOKIL!!!!! Gue alumni yang murtad dari IPA ke IPS tapi bisa ngejar materi soshum dari nol banget cuma pake zenius doang! (Serius!) Tadinya udah pesimis gabakal keterima karena gue bukan anak bimbel, gue bener-bener pake zenius doang (tambah internet sama buku buat pembanding) Sebagai alumni, gue berjuang penuh tekanan banget. Keluarga gue pada judging karena gue belum kuliah. Guru-guru sekolah pada kesian ke gue. Temen-temen gue satu persatu sibuk kuliah. Ah lengkap deh, tekanannya tuh! Sebenernya gue udah keterima di UPI via SBMPTN, tapi singkat cerita gue tolak gegara abis baca blog zenius tentang alumni yang harus ngulang. Gue masih kepengen HI UNPAD pikir gue. ya, UNPAD. Tapi lama kelamaan.... Zenius mencekoki gue berbagai asupan motivasi yang oke sampai finally gue pilih UI dan voila, HI UI! Ya Allah ZENIUS SERIUS GOKIL!!!!!! Akhirnya gue bisa menghilangkan huruf P menjadi 2 huruf saja dengan bantuan zenius. Dari UPI menjadi UI :")"

wendyAnindya Wendy Paramita

Alumni SMK Negeri 10 Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi – UPN Veteran Jatim 
Twitter: @anindyawendy

"Zen keren banget sumpah! Awalnya sempet bingung mau mulai belajar dari mana? Baca buku apa? Bimbel dimana? Secara aku kan anak SMK sedangkan di SBMPTN materinya anak SMA. Nah pas ketemu webnya Zenius, tanpa pikir panjang aku langsung daftar aja jadi membernya dan hari itu juga aku mulai belajar di Zenius, langsung cari materi SMA sama SBMPTN. Awalnya sedikit bingung sih sama cara belajarnya, tapi lama kelamaan jadi nyambung banget seru abis belajarnya. Dan akhirnya setelah berbulan2 belajar pagi siang sore malem di zenius alhamdulillah lolos sbmptn :') dan aku bisa buktiin kalo SMK juga bisa kuliah di PTN kok :') makasih makasih makasiiiiiih banget ya Zen :'D"

 

Aya_Web2Arini Ayatika Sadariskar

Alumni SMA Labschool Jakarta
Fakultas Kedokteran, Jurusan Pendidikan Dokter – Universitas Indonesia 
Twitter: @ayasadariskar

"Parahh. Parah parahhhh. Gue masih kaget banget sampe detik ini. :)) Jadi gue ini alumni, dan sebenernya gue udah kuliah di salah satu FK PTN di Jawa Barat. Sebagai orang Betawi gue ngerasa gue maunya stay di tanah kelahiran gue dan berkarir di situ. Jadi gue memutuskan untuk ambil kesempatan SBMPTN lagi.

Tau ttg zenius udah lama, tapi tertarik buat nyoba baru setelah SBMPTN 2014. Haha telat bgt ya. Yaudah gue beli voucher zenius net 1 tahun yg 400rb. Sibuk dengan FK, keinginan gue buat pindah sempet pudar. Lagian FK tempat gue bljr dulu enak bgt parah. Cuma ya alesan demografis dan keluarga, akhirnya gue tetep kekeuh buat belajar mati-matian demi FK UI dan start mengorbankan waktu belajar gue di FK buat persiapan SBMPTN.

Hasilnya? IPK tahun satu gue tetep cumlaude dan gue lulus FK UI :") seneng banget liat nyokap bokap super seneng. Makasih zenius, makasih banget. I can never thank you guys enough. Selama belajar pake zenius gue ngerasa seberapa messed up nya sciences itu diajarin di SMA. Gilak, SMA tuh ngancurin banget the beauty of natural sciences. Gue yang sempet udah ogah sama eksak SMA jadi seneng lagi. Makasih udah bikin gue menghargai dan menikmati the joy of learning, dan menghadiahkan sepelintir kata "Selamat". :)"

****


Keren-keren kan cerita perjuangan di atas? Selain testimonial di atas, sebetulnya masih ada buaanyaak banget cerita murid-murid zenius lain yang tembus SBMPTN 2015 tapi kalo dimuat semua bisa gempor gue nulisnya saking banyaknya, hehe.. Nah, buat lo angkatan SBMPTN 2015 yang ceritanya belum gue masukin kesini, lo bisa nih ceritain pengalaman lo di comment section di bawah artikel ini. Lo juga bisa sekalian kasih beberapa petuah, tips, dan trik jitu seputar menjalani seleksi SBMPTN supaya adek-adek angkatan lo kelak bisa menghadapi SBMPTN 2016 dengan persiapan yang oke. Gua yakin semua semua  nasihat lo akan berguna untuk calon adek angkatan lo yg sekarang masih jadi para pejuang SBMPTN berikutnya di tahun depan. Oke?

Oh yah, buat lo semua yang mau liat Catatan Perjuangan Murid Zenius 2015 selengkapnya bisa lihat di liat di PDF berikut ini

Baca Semua Catatan Perjuangan SBMPTN 2015 PDF

Baca Seluruh Twitter Mention Zenius yang Lolos SBMPTN 2015

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang pengen ngobrol sama Fanny atau mau share juga tentang catatan perjuangannya dalam menghadapi SBMPTN 2015, tinggalin aja comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Fanny adalah editor blog zenius. Fanny mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Follow Fanny at @frofalina

  • Mustofa Anshori

    kak fanny, gue pengen ikutan testimoni nih, tapi udah telat ya, wkwk

  • Mustofa Anshori

    Oke deh gpp gua telat testinya, yang penting top comment wkwk
    Mulai dari mana ya, oh iya kenalin nama gue Mustofa Anshori, gue Alumni 2014 SMAN Karangpandan, Karanganyar, Surakarta . Pada nggak tau kan sekolah gue? wkwk. Tiap tahun, sekolah gue itu yg kelas 12 jumlahnya ada sekitar 300 orang, dan kalian tau berapa jumlah siswa yg ketrima snmptn?, +- 10 orang tiap tahun, wkwk
    Oh iya, dulu waktu SMA gue pengen banget masuk ITB, jadi tu tiap tahun yg ketrima snmptn di itb cuma 1 orang, wkwk. Dulu gue daftarnya FTI, FTMD, TI Undip. Ya, gue berharap bisa menjadi 1 orang yg bisa ketrima itb itu, tapi takdir mengakatan lain.
    Singkat crita gue kagak ketrima, nyesel?, iya tapi dikit, soalnya kan kalo gue daftarnya tinggi kalo kagak ketrima kan wajar, kalo ketrima ya Alhamdulillah banget, wkwk
    Waktu pun terus berlalu, alhamdulillah dulu gue udah dapet cadangan sekolah di teknik sipil sekolah vokasi Ugm. Tapi gue masih ikutan sbmptn ambil Teknik semua, dan akhirnya fail juga -_-
    Akhirnya gue pun nyoba jalanin apa yg gue dapet. Seru sih dunia perkuliahan, apalagi kenangan Ospeknya Ugm yang kagak bakal gue lupain, hehe
    Nah setelah Ospek selesai, kegiatan perkuliahan pun dimulai. Gue mulai merasakan hal2 aneh yg dialami semua mahasiswa yg salah jurusan -_-. Oh iya, gue tau zenius sebenernya udh dari kelas 12, tapi dalam pikiran gue "masak belajar di internet musti bayar, mending liat di youtube, gratis -_-"
    Awalnya gue ragu mau ikutan sbmptn 2015, tapi denger testimoni temen gue dan ngepoin zenius semua berubah, wkwk, gue awalnya cuma dengerin Zenius Learningnya sih, tapi ya gitu deh, lama2 ketagihan, wkwk
    Gue nggak nyangka juga, di jogja bisa sekontrakan sama pejuang itb juga, namanya Adya (dulu dia s1 elektro ugm+bidikmisi, tp pengen informatika di STEI itb, panjang banget critanya nih anak, wkwk). Gue sering crita sama si Adya tentang itb. Singkatnya kami berdua menjadi mahasiswa kupu-kupu(kuliah pulang kuliah pulang). Lhoh pulang ngapain?, buka zenius dong ya, wkwkwk
    UAS semester 1 pun datang. Serius gue udh nggak merhatiin kuliah, misalnya jadwal ujian kuliah jam 8, gue jam 7 itu masih buka zenius, wkwkwk. Trus IP pun keluar, alhamdulillah masih 3 koma, koma nol nol tapi, wkwk
    Trus momen paling greget itu ketika kita mau bilang ortu kalo kita mau resign, sumpah greget banget, mau ngrasain?, coba aja sendiri, wkwk
    Singkatnya lagi, gue sama si Adya resign di semester 2. Adya balik ke majalengka, gue balik ke Solo. Trus pokoknya gue belajar with zenius dan bimbel H-sebulan sbmptn.
    By the way, pilihan gue sbmptn kemaren FTI itb ganesha, FTI itb kampus Jatinangor, TI Uns. awalnya sue ragu mau milih FTI yg kampus jatinangor, tapi karna prodinya masih sesuai gue, dan prodinya itu pecahan dari teknik kimia itb juga. Gue takut kalo ambil FTMD malah salah jurusan (lagi). Kebayang nggak kalian kalo di ITB sampe salah jurusan?, sesuai jurusan aja belom tentu IP bagus, apalagi salah jurusan, wkwkwk
    Tanggal 9 juni tiba, serius gue ngerjain sbmptn grogi, mana lokasinya deket jalan raya(rame). Tapi alhamdulillah gue jawabnya lumayan 🙂
    Bla bla bla nunggu pengumuman, waktu nunggu pengumuman gue iseng2 nyari Quic ount sbmptn versi Om jero. Gue kagak nyangka waktu liat Passing grade FTI jatinangor di atas FTTM. Dalam hati (mampus gue, masak ngulang lagi taun depan T.T ). Yaa tapi takdir siapa yang tau, cuma Allah kan?.
    Doa demi doa pun dipanjatkan orang tua gue sampe tanggal 9 Juli tiba. Alhamdulillah, gue ketrima di pilihan kedua (FTI kampus jatinangor). Temen gue si Adya ketrima di STEI.
    Gue emang bukan yg pertama kali masuk itb dari sekolah gue min. Tapi alhamdulillah gue yg pertama kali dari sekolah gue yg tembus itb via sbmptn, Thanks Allah, ortu, temen2, zenius, dll 😀

    Pesen gue buat temen2 yg belom lolos. Kalian boleh kok kalau mau nyoba kuliah 1 semester dulu, coba cari pengalaman, teman, dan hal2 lainnya, asik kok nyari pengalaman baru, pikiran lo bakal terbuka luas. Soalnya kalo kalian mutusin nganggur setahun, ntar semangatnya beda, kembang kempis gitu (menurut pandangan gue loh ya :p), ga dapet pengalaman baru, dan kalo ditanya tetangga jawabnya ya gimana gitu, hehe.
    Sebenernya masih panjang critanya, wkwk. Ya udah deh kalo mau tanya2 lebih lanjut bisa kok di ask.fm/mustofa_anshori . Numpang promo zen, baru kemaren2 buat, wkwk. Kalo menurut kak Fanny bagus, cantumin di blog ya, hahaha XD

    • Looter

      gk nyangka gw lu bisa lolos ITB, slamet ya bro :'v
      selama gw bimbel aja pg gw blm pernah mendekati 40, dan sekarang gw nganggur setaun :v
      (bukan 100% nganggur sih, testing juga sana sini, rezeki ya musti di cari :'v)
      kalo kaka berkenan, gw mau denger pencerahan dari lu dong :v, biar gw semangat buat SBM taun depan. (katanya sbm taun depan make kurikulum 2013, makin merinding gw belajarnya :'v)

      • Mustofa Anshori

        iya makasih bro, lu juga pengen itb?
        PG try out emang bisa jd acuan ketrima ato enggak sih, tp gue punya temen kok yg TO nya jarang sampe 40 tapi dia ketrima di sappk itb 😀
        Ya intinya pasti zenius user tiap taun bertambah kan?, berarti saingan lo juga bakal orang2 zenius wkwk
        Ngulang sbmptn itu yg susah cuma jaga semangat dan mood nya, kadang semangat banget, kadang juga males, btw gue dulu H-sebulan masih suka nonton naruto kok wkwk
        Saran gue sih mending kalo lo taun ini ga dapet ptn mending ngulang deh, mumpung masih muda, hehe
        Oh iya btw yg udah dapet ptn aja, banyak banget lho yg pengen ikutan sbmptn lagi wkwk

        • Looter

          thanks ya bro sarannya 😀
          bener juga sih mood juga yg mempengaruhin kualitas belajar gw :v
          dulu sebelum gw blm pernah ngerasain sakitnya gagal, gw masih sanggup nonton anime padahal udah H-3 :v, sekarang gw udah tobat dah, nyari penerimaan sana sini susah bgt sampe gk ada waktu buat nonton anime lagi :'v.
          gw udah testing di politeknik negri di kota gw, sekarang mau ikut SPMB, kalo diantara kedua ptn ntu gw ada yg jebol, gw bisa kuliah sambil belajar buat persiapan taun depan :'v
          ngomong2, gw blm jadi member zenius :v tunggu pengumuman dulu baru ikut belajar ama nih website.
          makasi banyak ya sarannya bro :v

        • Aditya Ramadhona

          Bro, ada line nggak nih. Gue mau sharing2ama lo. Karna mungkin nasib kita sama . Aku juga pengen masuk FTI ITB bro.

          • Mustofa Anshori

            Line : mustofaanshori

          • Syifa Ramadhani

            haaaa ini gue banget. sama-sama pejuang ITB. tapi, duh gimana ya jelasinnya. sebenernya cerita lo mirip bgt sih sama gue, cuma bedanya, gue udh sempet jadi alumni yg nunggu setaun dan alhamdulillah skrg udh keterima di psiko UI. tapi..... entah kenapa gue ga merasa nyaman disini. cita2 gue dari dulu ingin masuk SBM ITB, cuma sbmptn kemarin gue malah diterima di pilihan 2 which is bukan SBM ITB. jadi intinya, gue mau nanya nih ada tips2 lain gak yg bisa gue laksanain untuk lulus sbmptn tahun depan selama gue masih kuliah disini? thanks yaaa gue harap lo bisa bantuu hehe:)

          • Mustofa Anshori

            ngobrol di line aja, btw gw jg pengen tanya2 UI, gw msh penasaran sama satu kampus ini 😀

          • fadhila zara

            wiiih masih boleh nanya2 lewat line gak kak?
            aku masih kelas 11 sebenernya hehe tapi udah mau start dari sekarang

        • Muthazhar Alrasyid H

          gile mas le, ugm wakaakaka tp salah jur.. tp bisa masuk stei... sugoi... semoga aja awak tahun ini bisa masuk juga...

  • Eka Kurniawan

    Testi aing paling panjang di PDF wkwk gapapa lah ya, curahan hati sih :')

  • M Syahman Samhan

    Tunggu gue di sana ya, kak jessica!! 😀

  • raisah

    Merindinggg bacanyaaaaaa :G

  • fari

    zen aku smk kelas 2 mau ngejar materi sma lebih baik pake xpedia yang ipa kelas 12 atau alumni sbmptn?

    • Fanny Rofalina

      Kalo xpedia 12 ipa itu fokusnya utk ngebantu ulangan harian, uts, uas. Kalo xpedia alumni, udh fokus utk persiapan masuk ptn.

  • Rizci D Utami

    Aku juga telat nih testinya hehe. No problem. Perkenalkan, aku Rizki Dwi Utami, alumni SMA Muhammadiyah Cileungsi.

    Jadi begini, aku adalah lulusan 2014 yang ggal di semua tes seleksi PTN tahun lalu, padahal aku udah repot2 ke sana-ke mari ngurusin beasiswa bidik misi. Tapi itu gak membuat aku patah arang, aku ikuti SBMPTN 2015 ini lagi. Awalnya kebingungan, sempet gak yakin mau nerusin niat itu apa gak., tapi setelah baca artikel2 Zenius, aku jadi pede lagi. Lalu aku putuskan untuk daftar jadi meber Zenius dan beli vouchernya. Tiap malam aku belajar materi shosum, Alhamdulillah nyantol banget, apalagi ekonominya. Padahal aku dari jurusan IPA. Btw, aku lintas jurusan gitu karena kapok sama tahun lalu milih mtk mulu tapi gagal mulu hehhe, alhasil aku tahu diri dongs.

    Setelah 2 bulan kebersamaanku bareng Zenius, Alhamdulillah aku lancar jaya mengerjakan tesnya, dan yang paling mengesankan adalah Alhamdulillah diterima di UNJ jurusan Pendidikan Luar Biasa. Seneng bukan main, karena aku sudah merasakan bahwa passionku itu ada di jurusan itu. Eiiits, tapi tunggu dulu, ini adalah babak pertama, gak boleh melayang tinggi dulu, masih banyak tantangan di depan sana. Aku, dengan keterbatasan ekonomi orangtua, gak mau lagi membebankan mereka, tapi aku juga belum daftar bidik misi lagi seperti tahun lalu, alhasil aku harus nanggung resiko putar otak gimana caranya agar bisa membiayai hidup sendiri dan kuliahku nanti. Selain cari beasiswa, niatnya sih aku mau buka les privat aja, dan materi2 yang akan kuajarkan tentunnya dari Zenius aja, karena gak semua materi sekolah masih kuingat hehe, dan cara penjelasan di Zenius itu asik banget. Ya itulah, tentang reseki, sepatutnya kita serahkan sama Allah aja. Sebab Allah lah Pemberi rezeki, manusia hanya perantara. Mencari ilmu itu adalah berjihad, kalau kita berniat untuk berjihad, InsyaAllah
    Allah jamin. Yang penting, keep try try try, and pray pray pray!
    baca pengalamanku selengkapnya di; http://rizkidwiu.blogspot.com/2015_07_01_archive.html

  • Grace Aprilia Helena

    Foto gue... kaya promosi A*nes :''v

  • yow! duh telat nih jadi nulis di coment -_-

    back ground gua bukan dari IPA atau IPS, gua dari SMK PGRI 11 Ciledug. nyari anak SMK yang bisa masuk univ favorit sama aja nyari duri di dalem tumpukan tai kebo ( karna jarang banget dan orang juga ogah nyarinya) dan sekolah gua itu sejak 1976 sampe sekarang ( 39 th ) gapernah ada yang berhasil masuk univ favorite, sampe ada guru gua yang bilang BU RIVANA "aduh aduh taufic kamu ini mimpinya ketinggian, lihat yang depan mata dulu UN" tapi karna gua udah keburu keracunan sama zenius jadi gua bodoamatin deh UN buat SBMPTN. kalo lo anak SMA melajarin SBMPTN, pelajaran lu yang disekolah otomatis dipelajarin tapi kalo gua nggak! karna di SMK gaada pelajaran sejarah, sosio, geografi, ekonomi, dan MTK kita beda men.wal hasil gua biasa peringkat 2 disekolah jadi peringkat 15 hahaha, tapi gapapa, gua memilih untuk LULUS sbmptn ketimbang dapet prestasi disekolah.
    sebelumnya lu dah tau kalo background sekolah gua yang gak productive dan gak melajarin apa yang akan diujikan di sbmptn, dan fatalnya lagi kita gak dapet info yang bener seputar ujian masuk ptn (sama sekali). untuk itu gua prepare SBMPTN bareng temen gua yang article nya ada paling atas "Andrianto Magfi Nugroho" sejak kita kelas 11, pake apa? ya jangan ditanya lagi, emang ada yang lebih bagus dari zenius??? kita prepare selama 2 tahun, dan dengan background yang kurang lebih sama (kalo gua mah gak belajar apa yang di ujikan kalo temen gua mah bego disekolahnya) kita kalo TO point nya paling gede mulu tapi gedean gua sih, wal hasil dia beberapakali neraktir gua.

    perjuangan gua gak gampang sampe akhirnya LULUS sbmptn, tiap pulang sekolah gua pake zenius (pake komputer yg jaga perpus wkwk) sampe bosen padadang yang jaga perpus ngusir gua tiap hari, karna zenius vidio dikira kerjaan gua nontonin vidio mulu -_-" . gapernah namanya maen, nongkrongin tv, apalagi pacaran, pernah tipes karna makan dan tidur gateratur (makan siang jam 5 tidur jam 12 jam 2 kadang gatidur), itu semua gua lakuin demi bisa LULUS sbmptn ini gua lakuin 1 tahun lamanya, sampe akhirnya pada tanggal 9 juli 2015 lagi lagi be2 temen gua yang bego tadi "KITA DINYATAKAN LULUS SBMPTN 2015" dia dapet UGM dan gua dapet BRAWIJAYA jurusan ilmu administrasi bisnis gua mau ambil peminatan international business.

    • Abdurohman Atsar Q

      dulunya disekolah ga ada yg masuk univ favorit tapi lu bisa nerobos , widih keren men .
      btw itu lo TO sbmptn ( kalau iya TO dari mana ? ) , atau TO UN dari sekolah nya kah ?

      • Thank banget ya, TO un mah gapeduli gua hahahaha. Sekolah gua gapeduli sm sbmptn jadi gua cari sendri banyak bgt yg ngadain,,, di senayan, di sma2

    • Fanny Rofalina

      KENAPA LO GA ISI SURVEI TESTIMONINYA?? xD
      Padahal cerita lo keren! Yasudahlah ya hahaha. Udah makasih banget juga mau cerita di bagian komen. Selamat ya. Semoga banyak petualangan seru buatmu di perkuliahan nanti 🙂

      • Hehe telat ka, padahal dah jadi cita2, buat nulis testi kalo lulus,
        Thank bgt ka.. semoga zenius makin sukses dan terus menginspirasi

    • Amira Budi Mutiara

      wiiii ini keren~
      selamat ya!

    • Indra D. Herdiana

      Keren-keren. Saya SMK juga. 🙂

      Entah kenapa, dalam beberapa kasus, SMK saya sama kayak SMK kamu, info PMB PTN yang gak bener, jarang yang tembus PTN favorit, dan juga tidak aware terhadap siswa yang punya mimpi masuk PTN favorit.

      Akhirnya saya cuma berjuang bareng temen-temen seperjuangan dan alhamdulilah tembus SBMPTN. 🙂 Dan salah satu temen seperjuangan saya menjadi alumni pertama yang masuk PTN Favorit.

    • salsabila elfirdausy

      *prok prok prok* semangatnya (y) keren banget. saluuuut

    • Aditya Ramadhona

      Kerren banget broo , boleh mntak id line nya nggak . Gue mau sharing2 sama lo . Perjuangan lo hebat bangettsss

  • ivan

    okei sama kayak mustofa, saya lulusan sma n 1 manado, angkatan 2014 juga kepingin banget masuk Teknik Fisika, FTI ITB. sebenarnya sekolah gw cukup top. Tapi untuk beberapa tahun terakhir dikit banget yg masuk di kampus top, di angkatan gw ngak ada yg keterima di UI, ITB, UGM. atau kampus top yg lain.
    gw ikut snmptn pilihan pertama fti itb, kedua fmipa itb, dam matematika unsrat. jreeeng... gw kagak lolos, padahal gw cukup percaya diri sama nilai yg selalu juara 1 di kelas dan prestasi gw. yang pernah juara 3 kompetisi matematika se provinsi sulawesi utara.next gw akhirnya ikut sbmptn, karna gw akhirnya sadar fti itb itu sulit banget, akhirnya gw ganti pilihan ke teknik fisika ITS dan pil ke 2 di Teknik sipil Unsrat pas itu gw blm kenal sama zenius, dan hasilnya gw cuma ke terima di teknik sipil unsrat.

    gw akhirnya kuliah di unsrat, dengan rasa kecewa tapi gw tetap mau masuk FTI ITB, di unsrat gw ketemu sama ricky yg juga mau masuk FTMD ITB,setelah itu, cerita di mulai gw kenal zenius dari medsos di situ ada artikel zenius tentang 5 kesalahan umum gagal sbmptn, gw baca dan cari tahu tentang apa zenius, si ricky juga bilang kalo dia mau pake zenius akhirnya gw beli voucher yg 6 bulan.
    karna gw kepingin banget masuk itb apa lagi dari daerah gw yg masuk itb cuma 1 atau 2 orang, gw berjuang habis-habisan, kuliah sering bolos sampe gw sering dimarahni Ibu gw, cuma untuk belajar dan ngejar materi di zenius, tiap pagi dan malam gw selalu berdoa dan minta sama Tuhan agar lolos sbmptn, oh iya selain belajar pake zenius gw juga ikut bimbel di tempat lain, pokoknya habis-habisan.

    pas sbmptn, gw berangkat dari manado ke bandung sama ibu gw ikut tes di bandung, maklum karna kebanyakan yg lolos sbmptn di daerah gw ikut tes di jawa, kalo dari manado kyknya agak susah. Gw milih FTI ITB ganesha di pil 1 dan FMIPA ITB pil 2. gw ninggalin kuliah gw selama 3 hari. setelah tes gw langsung balik, soalnya saat itu jurusan gw lagi ujian. tambahan di Unsrat gw udah dapat beasiswa dari bank dan ipnya min hrs 3 agar beasiswa ngak dicabut.
    Menjelang tgl 9 juli gw sih agak ragu namu tetap optimis karna gw tau FTI ITB itu susah gw awalnya mikir pil 2 yg punya peluang lulus lebih besar, belum lagi saat tau ip gw di unsrat 2,75, gw semakin deg-degan nunggu pengumuman. Namun hasilnya ternyata doa gw di jawab TUHAN gw lulus FTI ITB ganesha..............

    sampe skrng gw masih ngak nyangka, tapi akhirnya perjuangan gw sama pertaruhan gw untuk masuk itb berhasil. gw satu-satunya yg lolos FTI ITB lewat sbmptn selama 4 tahun terakihir dari daerah gw. Terimakasih Tuhan Yesus, dan terimakasih zenius untuk mewujudkan mimpi gw

    • Fanny Rofalina

      Wah keren nih cerita lo.
      Jangan sia-siakan ya perjuangan lo. Jadilah mahasiswa yg menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan berkaryalah sebesar-besarnya. 🙂

      • ivan

        makasih juga kak, udah ngajarin gw biologi. zenius ngubah pandangan gw tentang belajar dan pendidikan. thank's a lot buat Zenius
        h

        • Fanny Rofalina

          Hehehe. Bukan gue yang ngisi suara cewek untuk Biologi SMA. Itu Kak Rahmi. Kebetulan doi udah ga di zenius lagi.
          Gue ngajarnya Biologi di bimbel.

          Hayoo hayoo domotivasi juga teman2nya. Biar Sulawesi Utara makin maju.

        • Deny Arya Wiranata

          Bang Ivan ada cp gak? Nanya2 dong :v

    • Muhammad Aidil Tenriwawo

      emang benar lokasi ujian juga menentukan peluang kelulusan?mohon bimbingannya

      • ivan

        sbnrnya sih mnrt aturan ngak ngaruh tapi pengawasnya yg ngaruh, menrt gw karna gw juga sdh pernah ikut tes di manado pengawasnya ngak disiplin, dtngnya telat trus ngak dikasih tmbhan waktu, bedah sama pas di bandung pengawas disiplin dan memotivasi.
        tapi itu kejadiannya sama gw, bkn berarti semua pengawas di manado kyk gitu, tapi karna gw udah tau kalo kyk gitu jadi gw ke bandung deh untuk tes

        • Indra D. Herdiana

          Oh karena pengawas toh. Memang sih secara aturan gak ngaruh. Sipp.

  • Rarafsabics

    Mau nanya, cara dp itu bagusan tuntasin materi mtk berbulan2 baru lanjut fisika, atau selang seling mtk-fisika-dsb (misal:per minggu) gitu yaa?:) bingung mau nanya ke siapa:')) thx in advance! Hehe

    • saran dari gua, untuk 3 bulan awal fokus TPA, MatDas, Bhs Indonesia, Bhs Inggris. Sisanya baru fokus Saintek/Soshum.

      • Rarafsabics

        ohh oke makasih kak! itu yg matdas bisa sekalian digabung mtk ipa ga yaa? misal 1 bab pers. kuadrat kan ada dp nya juga di mtk ipa gitu. jadi ga pake byk waktu?._.mnrt kaka gmn? heheh

    • Janu

      Mending yg selang seling dek, review semua mapel sedikit2..perdalem materi2 tertentu yg menurutmu sulit kamu kuasai.. Kalo saya dulu sih gitu, dan Alhamdulillah sekarang sukses juga

      • Rarafsabics

        Hmm makasih ka sarannya:))

  • Fikry

    Karena zenius gua keterima sbmptn 2014 dan sbmptn 2015. Tapi yg 2014 ga gua ambil karena pertimbangan yang membuat gua lebih memilih perguruan tinggi kedinasan. Tahun 2015 ikut2 dan ternyata keterima FITB ITB. Sekarang gua sedikit bingung harus bagaimana.

    • Fanny Rofalina

      Pilih yang membuat diri lo paling semangat untuk jalani bro.

  • Agifaid

    brrr.... mantap dah orang-orang di atas

    • Fanny Rofalina

      Ayo kamu juga pasti bisa jadi kayak mereka.

  • Akbar Hakim

    anak" zenius ada yang masuk universitas luar negri gak cerita dong kalo ada penasaran nih hehe

    kak sabda, kak wisnu dan kak fany belum pernah jugak nih ceritain gimana cara dan tips supaya anak indonesia bisa masuk universitas luar negri sekelas internasional kayak harvard dan oxford gitu

  • Fajar Wimar Ramadhan

    Zenius emang keren banget (y), bener2 rugi deh kalo ga kenal zenius 😀

    • Fanny Rofalina

      Makacii ya. Semoga kita bisa terus membantu kalian 🙂

  • Tusta R

    Gileee keren banget dah, gue sebagai alumni cuma bisa bilang makasih bang udah nuntun gua sampe ke PTN dengan jurusan sesuai passion. Bang Sabda, next time bikin dong tutor bahasa pemograman, gue pengen belajar detail juga dari zenius sapatau cepet dapetnya. Thanks banget pokoknya! See you on top!

    • Fanny Rofalina

      Tunggu aja tanggal mainnya ya 😉

  • Danissa Azkia

    Ka saya dannisa, saya kelas 2 sma jurusan ipa. Ka mau nanya kalo mau beli vouchernya gimana? Kalo mau belajar beli yg xpedia ipa kelas 12 atau alumni sbmptn? Kalo yg dua"nya bisa ga?

  • Robitson Ayub

    Aa

  • Robitson Ayub

    Puji Tuhan gw dapet FTI Ganesa ITB 🙂
    Gw alumni 14,,tahun kemaren gagal disemua ujian masuk universitas mulai dari snmptn,sbmptn,simak ui,sampai um undip, sampai akhir unsri rela menampung gw lewat jalur usm unsri nya -_-
    Di unsri gw dapet jurusan pertambangan, keren?? Iya !! Tapi gak tau kenapa kayak ada sesuatu yg kurang, sesuatu yg nganjal dan gak sesuai dengan diri gw, yups gw ngerasa salah jurusan men. Padahal selama Sma gw lumayan ngejer t jurusan pertambangan,cuma gue gak pernah kebayang kalau gue bakal dapetin itu di unsri, bukannya jelek tapi memang gue yang gak cocok disana atau kalau niru kata2nya raditya dika di film kambing jantan,, tambang unsri yang gagal sama gue wkwk -_-
    Kenyataan kalau gw merasa gak betah disana itu muncul sebulan setelah gue kuliah,,oke gw lansung bergerak cepat,,kembali bongkar2 buku2 persiapan sbm sebelumnya,,tapi emang dasarny gw pemalas puoll cm 2 mingguan gue udah bosenan aj dan bisa ditebak usaha gue berhenti ditengah jalan dan gue pasrah aja,,belajar sbm gak belajar kuliah juga gak hahaha
    Untung aja ip gw semester pertama gak jelek jelek amat dapet 3,35 an,,itu pun sebenrnya gw gak nyangka knp dapet segitu -_-
    Mulai semester dua masih dalam keadaan pasrah,,gue semakin gak mikir buat pindah tapi tetap juga gak mikirin kuliah,,dan akhirnya gw terbelalak ngeliat temen2 gw pada sukses semua di universitas masing2 ada yang di unpad uns undip unand ugm unbraw dll
    Oke gw tersadar gw gak bisa terus2an gini,,tapi untuk bangkit ditempat ini gw kyk mustahil aja terlebih gue udah diblacklist sebagai mahasiswa suram tanpa semangat disini dan gue plg susah kalau udah gitu...oke akhirnya gue harus pindah,,
    Masalah selanjutnya gue bingung mau ambil jurusan mana dan kampus mana -_-
    Opsi pertama gue ambil fttm itb aj biar gak usah terlalu penyesuaian lagi krn gue udah setahun ditambang,,opsi kedua gue ambil itb tapi jurusan nya yg ada kimia dan fisikanya untuk ini gue ada pilihan fmipa atau fti,,,nah opsi ketiga gue milih tekkim sama tekfis ugm atau its,,
    Setelah melalui perenungan dan pertapaan yang intens haha gue akhirnya mutusin ambil fti itb pilihan satu tekkim dan tekfis ugm masing di 2 dan 3,,
    Nah untuk persiapan belajar gue intens mulai bulan februari,,pagi siang malem tengah malem buat sbm aja,,kuliah udah gak dipikirin lagi wkwk
    Tapi rasanya udah belajar sebnyak mgkin tetap kyk masih kurang,,utamanya masalah kepercayaan diri,,sampai akhirnya gw gak sengaja baca testimoni2 sbmptn zenius thn kmren,,gila keren mampus,,lansung tanpa pikir panjang gue beli voucher zenius,,sejak pake zenius rasanya konsep makin matang dan yang anehnya kepercayaan diri gue naik drastis sejak liat gaya ngajarnya kak sabda dkk,,
    Waktu makin jalan,,sampai akhirnya tanggal 9 juni itu datang,,gak mau kecolongan kyk tahun kemaren gue berusaha setenang mungkin dan lebih banyak berpikir positif...sebenernya selesai gue nyelesain sbm gue agak ragu dapet fti apalagi pas liat daftar quick qount ny om jero yg daper fti ganesa nilainya 80%nan dan minimal 60%an gileee
    Yaudah gue pasrah aj toh semua udah gue usahain,,sampai akhirnya gue terbelalak sendiri liat layar hp gue terpampang ucapan selamat dan yg mencolok ada tulisan fakultas teknologi industri kampus ganesa nya...gue cuma bisa bersyukur sama Tuhan Jesus karena gue tau ini bukan hanya karena usaha gue tapi lebih karena kuasa nya,,,
    Sekali lagi thanks ZENIUS untuk konsep dp nya dan krn udah ningkatin kepercayaam diri gw,,rekomendasi bgt buat para pejuang sbmptn tanpa bimbel maupun alumni yang mau ngulang !!

    • ivan

      selamat yah, sampai ketemu di FTI ITB tanggal 4 agustus nanti

      • Robitson Ayub

        Iya..sama2 ya kmu jg ya..

        • Erick Alexander

          kita temen seperjuangan bro

          • Yudika

            kak, sharing cara belajar pake zenius dong, kaka pelajarin per bab atau gimana

    • Aditya Ramadhona

      Kak robitson , ada id line nggak ? Saya dari Unsri juga . Mau sharing2 kak

      • Robitson Ayub

        Jurusan ap dek?? Id line ku robitayub ya

  • Didik Setiawan

    Weh ternyata gue ketinggalan ngasih testimoni padahal udah disiapin wkwk gapapalah, yang penting ikut ngasih laporan ke Zenius. Btw kalo baca testimoni tuh perhatiin juga sekolahnya, karena emang ada banyak anak dari sekolah keren yang pinter dan ikut les, jadi tinggal "dipoles" dikit udah beres, beda sama gue yang berasal dari sekolah biasa di Jakarta Timur, gue dari SMAN 100 Jakarta, yang gue yakin meskipun lo juga sekolah di wilayah Jakarta Timur besar kemungkinan lo nggak tau sekolah gue. Udah gitu aja pembukanya, berikut copasan testimoni gue yang udah gue persiapin tapi ketinggalan ngisi survey *skip

    Assalamu’alaikum wr wb

    Tahun 2014 itu mungkin bisa dibilang “masa kelam”, gue gagal
    total tes PTN ditahun tersebut, gagal di SNMPTN, SBMPTN, UTUL UGM, PENMABA UNJ.
    Ya, gue juga gagal di PENMABA UNJ yang soalnya mirip banget soal UN, ya emang
    hasil UN gue juga buruk jadi sebenernya wajar aja gue gagal total.

    Gagal total emang parah banget ke mental, terlebih temen-temen
    gue pada berhasil masuk PTN, sedangkan gue? Gue lebih milih nunda daripada
    kuliah, ya karena gue sadar diri, nilai UN segitu, berarti gue emang BELUM
    LAYAK jadi mahasiswa.

    Bulan september gue nggak sengaja liat postingan Kak Fitrah
    Ramadhan ngiklanin zenius di suatu grup facebook, gue cek tuh webnya, eh ternyata
    markasnya di Tebet, karena gue tinggal di Bekasi jadi gue putuskan untuk
    datengin tempatnya untuk memastikan “keaslian dan keberadaan” zenius. Setelah
    dapet izin dari ortu langsung meluncur dah tuh, sampe disana agak kaget juga
    sih ternyata banyak juga yang ngulang selain gue, semangat belajar pun dateng.

    Gue buka deh Xpedia itu, gue tamatin zeniius learning dulu
    baru ke materi. Mulai oktober gue disiplin tuh nonton 5 jam per hari, pake jadwal
    sekolah gitu. Sampe bulan februari gue nggak merasa ada peningkatan yang
    berarti, nilai TO gue cuma berkisar 28%-30% segitu aja. Btw gue enggak les,
    tapi gue ikut berbagai TO kayak TO FUSI, Grafity, TOSSAKA dan SINDO NEWS.

    Ngerasa ada yang nggak beres, gue langsung ngulang zenius
    learning, ternyata gue lupa prinsip “belajar dikit dulu, yang penting ngerti!”,
    yaudah gue ulang materi yang belum gue taklukin, mulai ngerjain soal per bab
    dari kelas 10 sampe rajin ngakses zenius.net setelah shubuh tiap hari bahkkan
    gue baru ngabisin Xpedia di H-1 SBMPTN haha.

    Pas hari H, Alhamdulillah gue ngerjain soal biasa aja,
    standar lah cuma agak masalah di soal bahasa Indonesia karena teksnya panjang
    banget, alhasil gue cuma ngerjain 4 soal. Pasca SBM, gue fokusin ke UTUL, gue
    nyari materi yang nggak ada di Xpedia, gue geledah tuh zenius.net, gue tonton
    materi kelas 10 dan kelas 11 efeknya gue ngerjain UTUL lancar jaya.

    Pasca kedua tes tersebut, muncul tuh quick count, jelas
    wajib ikutlah, dan gue harus terima kenyataan bahwa skor bahasa Inonesia gue
    cuma +1. Gue ikut quick count dari Wangsit dan NF, dan kedua quick count
    tersebut meluluskan gue di pilihan pertama, Fisika Teknik UGM, tapi gue
    langsung pasrah ketika nyadar saingan gue dari ITB yang ditolak dan skor gue pas-pasan
    di passing grade. Bener aja, pas pengumuman gue dapet pilihan kedua, Fisika
    UNS. Beberapa hari kemudian gue dapet kabar baik, gue lulus di pilihan pertama
    UTUL, Fisika Teknik, Alhamdulillah. Thanks berat untuk semua pengisi konten di
    zenius, baik video maupun blog 🙂

    • Fanny Rofalina

      Wah selamat ya. Biar lambat, yg penting ga absen isi testi. Semoga bisa jadi inspirasi buat yang lain 🙂

      • Didik Setiawan

        Iya makasih kak, semoga bisa menginspirasi pejuang gamada lainnya 🙂

        • Ilham Diaz

          bang lo ada kontak line kagak?
          mau tnya2 nih

          • Didik Setiawan

            Ada, didik.setiawan.id

    • AngeLish S

      kak gue gak lulus SNMPTN 2016.. pas lihat komentar kakak KEKUATAN dan RASA OPTIMIS Gue nambah, SUMPAH..
      makasih BANGET kak, Sukses KAkk

      • Didik Setiawan

        Alhamdulillah, sama-sama dan sukses juga ya 😀

  • Luthfy Dzikrillah

    Gue bukan lolos di SBMPTN si ya, jd gak nulis testi. But for Everything I thank to Zenius ! Karena Buaanyaak bgt Hasil yg gue dapet smenjak macarin dia, terhadap Karakter gue, Pola pikir, dsb tentang Dunia Ilmu. Gue gue gue paaling seneng banget sama itu semua. Well, The Bonus is Gue Lolos SIMAK UI 15, jurusan FISIKA. Thank God for brought me to know zenius. Thank Bang Sabda, gue ngFans sma lo bang, juga ka wisnu, ka pras, ka yoki.. And all crew.. Lo smua gokill meenn !

    • Fanny Rofalina

      Hahahaha. akhirnyaa. Selamat ya. Ditunggu karya2nya lewat Fisika UI 😉

      • Karim Benzema

        Kak , bedanya simak ui sama ujian mandiri apa ya ?

  • Fitri Isni Ridha

    yaaaah telat testi juga
    kirain batasnya sama kayak lomba blog ._.
    yaudah deh cerita singkat aja yak disini :3

    Namaku Fitri Isni Ridha, alumni 2014 Jurusan IPA dari SMAN 1 Batam yang tahun ini loncat ke IPS.
    sebenarnya aku udah kenal dan kepo sama zenius dari pertengahan kelas 3 SMA (akhir tahun 2013) tapi karna waktu itu aku udah ikut bimbel jd ekspektasi aku zenius pasti bakalan sama isinya dengan bimbel ku ini.

    Waktu itu aku terlalu terpaku sama bimbel, passing grade bimbel dan soal2 TO bimbel trus aku jg ga belajar dasar2 teori secara benar. Tibalah pengumuman SNMPTN,SBMPTN,UTUL UGM, UM UNDIP, UM UNY daaaaan kalian pasti tau hasilnya, yeep aku ga lulus di semua ujian tersebut. bener bener the worst year ever for me!!!

    Sebenarnya kampus favorit aku UGM tapi karna ga jebol2 kesana akhirnya ibuku nyuruh (maksa) kuliah di Batam, trus aku minta waktu buat mikirin dulu. Habis mikir mikir mikir , aku ga dapatin keputusan yang pasti dari diri aku, tp ujung2 nya aku iyain aja, yaudah deh masuk Politeknik Negeri Batam aja. Eeeeh pas liat pendaftarannya di Internet rupanya udh tutup wkwkwk. Bingung deh jadinya harus gimana.

    Lalu aku googling cari pencerahan buat masa depan aku dan aku nemu blognya zenius tentang Testimoni SBMPTN 2014, disana aku ngeliat ada beberapa yg nge-alumni dan akhirnya mereka dapat kuliah di kampus+jurusan yang sesuai sm keinginan dan passionnya mereka.
    Aku sampai nangis bacanya, jadi ini saingan2 ku kemaren? mereka sampai nge-alumni, bolos kuliah, bolos sekolah, tidurnya cuma beberapa jam. sedangkan aku? belajar cuma seadanya dan terlalu ngarepin bimbel karna TO bimbel aku termasuk lumayan, padahal ga paham konsep ._.

    Seminggu kemudian setelah mikirin banyak pertimbangan, akhirnya aku putuskan untuk nge-alumni ,ngeyakinin ibu aku buat kuliah tahun depan dan beli XPEDIA 2.0. Pas itu paket sampai dirumah, aku langsung ngelumat semua video
    Zenius Learning and Xpedia Guide.

    Tapi ada satu masalah yang mucul. Kok pas aku ngubek2 materi di zenius.net aku lebih banyak keponya di pelajaran IPS ya daripada IPA. Disinilah aku mulai nyari passion yg pas sm aku. Lagi-lagi mbah gugel jadi tempat mencari keputusan, dan akhirnya aku milih untuk pindah ke IPS dan ngambil HUKUM UGM di SBMPTN 2015.

    Oh iya berhubung aku tipe orang yang gampang bosan, bukan karna zenius tp karna waktu itu masih bulan September 2014 dan SBMPTN 2015 terasa masih lama buat aku, akhirnya aku mutusin buat cari kerja supaya bisa bersosialisasi jg sama orang luar jadinya ga ansos gitu. Singkat cerita aku dapat kerjaan jadi staf administrasi dan di kantor itu lebih sering belajarnya daripada kerjanya wkwkwk

    Loh kok bisa? iya dong bisa kan aku pakai jilbab jd kalau pakai headset ga ketahuan atasan :3, lumayanlah sambil ngerjain laporan sambil dengerin suara2 merdunya para tentor.

    aku ngikutin saran dari tutor zenius yang bilang kalau awal2 itu kita fokusnya ke TPA, MatDas, Bhs Indonesia, Bhs Inggris. Alhamdulillah bulan Januari udah aku hajar semua materinya, tinggal beberapa latihan soal aja yang belum. Tapi di awal tahun 2015 semangat belajarku menurun dan kerjaan di kantor lagi banyak2, jd di bulan april aku mutusin buat resign dari kerjaan dan fokus sbmptn. Awal Mei aku ikut intensif di salah satu bimbel di solo, tp disana aku malah ngerasa ga nyaman dan nyesel karna caranya ngajar sama aja kayak bimbelku dulu di batam, beda banget sm zenius. untungnya di tempat bimbelku ada wifi jd motivasi aku datang kesana untuk wifi-an nonton zenius wkwk

    Sebulan kemudain, SBMPTN 2015 pun tiba, malamnya aku gabisa tidur ga ngerti juga itu kenapa , padahal malam2 sebelumnya aku udah kembaliin jam tidurku ke jam biologis yg seharusnya.sampai2 aku nangis takut besok ga fokus ujiannya.

    Untung saja yg SOSHUM tesnya siang jadi aku ga telat datang ke lokasi ujian. Anehnyaa ketika ujian aku ga ngerasain deg-degan, aku bener2 enjoy ngerjain soal2nya, keluar ruang ujianpun aku ngerasa senang bangeet. dalam hati aku bilang "aaaa I Love U Zeniuus" xD

    Tp aku masih ga pede bakalan lolos soalnya dipikiranku sainganku yg lain juga banyak dari alumni dan pasti mereka ngerasa gampang juga ngerjain soal itu, apalagi temen kos ku disana yg lagi kuliah di UNS dan ga ikut bimbel sama sekali, cuma minjem cd zeniusku H-1 SBMPTN dia ngisi semua soal2 SOSHUMnya, ga ada yg dikosongin, disitulah aku ngerasa down ._.
    untung pilihan kami tidak sama, dia ngambil UI dan aku UGM.

    Hari pengumuman SBMPTN pun tiba, aku ngeliat pengumumannya setelah buka puasa karna kalau belum buka terus aku ga lulus lagi bisa2 aku gamau makan, jd buat jaga2 kesehatan aku makan nasi dlu, solat magrib dulu baru buka pengumuman. Dan hasilnyaaaaaa, Alhamdulillah aku lolos di pilihan pertama, HUKUM UGM :3 . Spontan aku langsung nangis, loncat2 dan peluk semua orang dirumah :"
    tp sayangnya temenku tadi ga lulus, jadi dia tetap ngelanjutin kuliahnya di UNS. Goodluck sobat :*

    oh iya keuntungan aku nge-alumni + kerja. Aku jadi bisa dapat kampus idaman, jurusan sesuai kemauan,daaaan uang yang lumayan buat tabungan kuliah YEAY!! :3
    Bener2 bersyukur deh bisa kenal zenius XD

    • Fanny Rofalina

      Waahh kamu benar-benar produktif ya. Lanjutkan produktivitas kamu di Hukum UGM ya. Jadilah lulusan Hukum yang membanggakan dan dapat diandalkan. #proud

    • AngeLish S

      kak Aku bacanya NANGIS T.T) Kak nge inspirasi banget,,

  • Prasetyo Utomo

    yaduh telat nih kasih testimoni nya yasudah terpaksa kasih testimoninya di komen 😀

    Enaknya mulai dari mana ya, okedeh gue kenalin diri gue dulu. Nama gue Prasetyo Utomo gue dari SMAN 58 Jakarta dan gue adalah LULUSAN TAHUN 2014 dan yak tepat sekali gue nganggur selama setahun buat nyiapin apa lagi kalo bukan "LORD" SBMPTN *lebay wkwk

    Jujur gue anak yg super pemales dari SD apalagi kalo disuruh belajar atau baca buku beuh bukan gue yg baca tuh buku malah buku yg baca gue -_- ada 2 keadaan gue bakal bener" belajar dan males tbtb hilang secara mengejutkan

    1. besoknya ada ulangan atau ujian

    2 KALO LAGI HUJAN

    SERIUS gue kalo hujan bawaannya semangat aja buat belajar hehe. skip. hari SBMPTN 2014 pun datang dan gue masih pake cara belajar lama dan alhasil bisa ditebak yap tepat sekali 2 JUTA RUPIAH!!! *apasih* gue ga lulus sbmptn. Di tahun 2014 coba tebak gue ditolak ptn dan kedinasan berapa kali? 3? 6? SALAH bro gue ditolak hampir 9 kali IYA 9 KALI trus gue sedih? kaga, trus gue nyerah aja gitu masuk pts? kaga gue niat ngulang tahun depan buat persiapan ngadepin "Lord" SBMPTN

    Dan alhamdulillahnya gue ketemu zenius di twitter *cium kening* *kening sendiri* awal mulanya gue underestimate tp karna penasaran gue coba buka videonya dan gue langsung ketagihan. gilak. gue persiapin semua materi dr awal november make zenius dan semenjak itu gue jadi "gila" karna zenius. bayangin gue yg tadinya belajar cuma karna ulangan dan kalo lagi hujan sekarang gue belajar hampir 14 jam. Oiya kenapa gue belajar dr bulan November? karna dr bulan agustus sampe oktober gue ningkatin kemampuan bahasa inggris gue dan gue belajar di pare kampung inggris. skip.

    Dan dalam waktu 8 bulan itu gue serius belajar make zenius. Alhamdulillah gue diterima di 2 ptn favorit. SBMPTN lulus pilihan pertama di Teknik Industri UNDIP dan satu lagi lulus UTUL UGM jurusan Statistika tp gue lebih pilih tekin undip dibanding stat ugm hehe

    so, untuk adik adik yg gagal tahun ini jangan sedih jangan nyerah juga inget banyak jalan menuju roma tp saran gue sih mending nganggur setahun siapin materi buat "Lord" SBMPTN tahun depan. Selama nganggur juga jangan cuma belajar sbmptn aja, tingkatin kualitas diri misal dengan belajar bahasa inggris, atau tingkatin cara berkomunikasi, atau bisa juga nyalurin hobi dll jadi ga cuma nganggur aja.

    Terakhir, terimakasih untuk tutor" zenius macem kak sabda, kak wisnu, kak pras, kak yoki dll udah ngerubah pola pikir gue tentang esensi dan cara balajar yg bener dari gue yg jarang banget banget banget belajar ampe ketagihan :))

    waduh kepanjangan nih jadinya hehe sebenernya masih banyak ceritanya tp kalo kalian mau nanya" soal gimana cara ningkatin kualitas diri atau apa yg dilakuin selama nganggur boleh bertanya lebih lanjut via askfm gue nih http://ask.fm/account/wall terima kasih.

    • Fanny Rofalina

      Nah yang lain silakan langsung tanya2 doi lewat ask.fm nya ya. Thanks bro udah kasih testimoninya 🙂

  • Krisna Wardhana

    Duh baca-baca testimonial zenius jadi pengen nulis juga hehe..
    Salam kenal, gua Krisna Wardhana Djaling, Alumni SMAN 1 Bogor Akt. 2014, yah walopun bisa dibilang sekolah unggulan tapi gua jg bisa dibilang "pintar" ( malah semester 5 gua ranking ketiga.... dari belakang -__-)
    Saat kelas 3 (tahun lalu) tujuan gua cuma satu yaitu Sistem Informasi UI, Semua jalur gua babat dari SNMPTN, PPKB, SBMPTN, SIMAK dan semua ditolak mentah" sama fasilkom ui. Sedih rasanya 🙁
    buat SBM dan SIMAK sih wajar gua gamasuk, persiapin aja cuma seminggu wkwkwk...
    anehnya gua diterima pas simak di d3 ui jur.okupasi terapi, tapi ga gua ambil soalnya sama sekali bukan bidang gua & pilih itu cuma buat main aman aja. Gua pun akhirnya mencoba yg lain kaya SMITS ITS , dan juga UM UGM gel.2, ditolak lagi mentah-mentah, makin sedih :(,
    Apalagi temen" gua ampir semuanya udah dapet ptn" termasuk temen" deket gua, jadi ngerasa sendiri banget dah pokoknya 🙁

    Akhirnya gua jalani PTS swasta di jurusan manajemen, yah pasrah dah pokoknya, jurusan pun asal pilih.
    Tapi setelah gua jalani satu semester, entah kenapa di tahun 2015 gua mau berubah, gua tinggalin kuliah yg bener" keteteran dan mencoba tuk SBMPTN 2015, buat taun ini gua udah mutusin buat menyebrang ke IPS karena mau tantangan baru. Sisfo UI pun gua lepas karena masi trauma ama taun lalu 🙁

    Beruntungnya disaat januari pas ubek" info ptn, gua dipertemukan dgn zenius.net, Hari" panjang bermesraan ama zenius berlalu, setelah 6 bulan, akhirnya masuk juga ke medan perang sbmptn,
    gilaak keren banget, entah kenapa gua bisa isi soshum semua sisain 3 aja, eventhough kebanyakan nembak ala koboi sih wkwkwk
    Setelah sebulan penuh kegelisahaan, akhirnya muncul juga pengumuman sbm, hasilnya,mantaaap!
    Alhamdulillah dapet pil.1 Psikologi UI, ga kebayang pokoknya dapet itu,padahal udah pasrah pasti bakal dapet pil.2 atopun 3, mungkin takdir berkata lain wkwkwkwk.
    Pokoknya Zenius TOP banget dah, Recomendded
    banget buat temen belajar, bener" ngembangin pola pikir gua yg bisa dibilang kacau pas sma, Ekonomi & Matdas pun kaya udah diluar otak aja.

    Thanks a lot Zenius udah buat taun 2015 ini jadi best year of my life ( '-')b

    • Fanny Rofalina

      Pencerahan akan datang pada waktunya dan kita ga akan menyesalinya. Selamat mencoba tantangan baru broo.

  • nanda

    kak nanya dong...
    mw nyiapin TKPA sm soshum, enaknya gimana ngerjain soal sambil materi jalan atau kita ngulangin materi dulu?
    trimakasih

    • Fanny Rofalina

      Kelarin dulu materi. Belajarlah dengan terstruktur.

  • Mokhamad Fahmi Rizki S

    sorry teeellllaaaattt, gue sebenernya alumni dari SMA negeri 1 bangil kabupaten pasuruan dan gua udah kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di malang, gue mau cerita dari mananya????? bingung nih soalnya kalo diceritaain semua gk bakalan selesai 2 hari 2 malam -____-
    ok kita mulai dari awal gue SMA...................................................bersambung...................................
    sebenernya gue bukan murid yang terbilang pinter di sekolah dan gue juga gk pernah peringkat 3 besar di kelas paling pooooool cuma peringkat 5-_-,,,,, dari kecil gue udah punya cita2 jadi dokter(padahal semua anak kecil kalo ditanya juga jadi dokter :V) tapi cita2 itu gue bawa sampai di SMA,, paling tidak gue udah punya pandangan mau nerusin kemana hahahahha:D
    seperti kita ketahui jurusan pendidikan dokter merupakan jurusan favorit jadi banyak yang bilang kalo gk pinter gk bakalan masuk fk!!!! dan itu bener rata2 waktu snmptn(undangan) yang diterima fk cuma temen2 gue yang pinter2 gilllaaaaa. Mereka rata2 peringkat 10 pararel di sekolah gue. waktu gue gk lolos snmptn gue nguber tuh yang namnaya sbmptn 2014 gue usaha les sini les sana (belum kenalan ama zenius) dan hasilnya ....................................................................MAAF ANDA BELUM BERUNTUNG SILHKAN COBA LAGI DI TAHUN DEPAN....................beneran gue shock shock shock meskipun gue udah ketrima disalah satu ptn gue tetep sedih karena cita2 gue dari kecil belum kesampaian:''(
    alhasil gue gue nyoba mandiri sampai 8 kali cuma buat ngejar FK(fakultas kesopanan) dan hasilnya.................................. NIHIL semua. Gue sedih banget dan gue kasihan ama orang tua gue terutama ibu yang udah dukung gue banget :''(.
    Akhirnya gue kuliah di salah datu ptn di malang jurusan teknik elektro......................
    hari demia hari gue lewatin masih ada persaan pengen nyobak ngerjar fk lagi Nah disitu gue ketemu ama jodoh gue ZENIUS.............cieeeee. Beneran gue shock ama cara ngajarnya terutama gaya bicara tutor2nya ampun deeehhh keren bangettttzz. Kenapa gue gk dulu2 ketemu zenius -_-
    hari demi hari gue belajar tuh zenius sepulang kuliah sehingga tugas kuliah terbengkalai bagai rumah yang ditinggalkan pemiliknya -____- dan tak lupa berdoa terus menerus karena yang tidak kalah penting dari usaha adalah doa, meskipun gue fokus sbmptn alhamdulillah ip masih diatas 3,4 :)). kebetulan saudara gue juga ikutan sbmptn lagi jadi gue bisa belajar bareng dirumah(btw gue pas kuliah tinggal di rumah saudra gue). ........................................................
    ............................................................................(kelamaan langsung aja ya pas pengumuman)
    waktu pengumuman gue deg2 kan banget jam 5 tepat gue cobak bukak tapi gk bisa bisa(maklum server down)sampi akhirnya gue minta bantuan ama saudara gue(btw gue ini udah pulang ke rumah sendiri) deg2 kan banget gue kiriman no peserta gue ke saudara dan berapa saaat kemudian saudra gue ngirimin foto ''SELAMAT ANDA DITERIMA DI PENDIDIKAN DOKTER BRAWIJAYA''
    alhamdulillaaaah terima kasih YA ALLAH, gue beserta keluarga gue semuanya nangis sujud sukur :')) Alhmadulillah berkat ridho Allah dan doa terutama doa ibu gue bener tirakatin buat anaknya :'')
    ygk ada orang bodoh yang ada orang yang mau berusaha dan yang gk mau berusaha atau males berusaha, terus berdoa berdoa berdoa jangan lupa apapun yang akan kita lakukan minta restu orang tua karena ridho ALLAH ridho orang tua 🙂
    semangat buat adek2 pejuang sbmptn 2016 🙂

  • Mokhamad Fahmi Rizki S

    sorry teeellllaaaattt, gue sebenernya alumni dari SMA negeri 1 bangil kabupaten pasuruan dan gua udah kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di malang, gue mau cerita dari mananya????? bingung nih soalnya kalo diceritaain semua gk bakalan selesai 2 hari 2 malam -____-
    ok kita mulai dari awal gue SMA...................................................bersambung...................................
    sebenernya gue bukan murid yang terbilang biasa biasa di sekolah dan gue juga gk pernah peringkat 3 besar di kelas paling pooooool cuma peringkat 5-_-,,,,, dari kecil gue udah punya cita2 jadi dokter(padahal semua anak kecil kalo ditanya juga jadi dokter :V) tapi cita2 itu gue bawa sampai di SMA,, paling tidak gue udah punya pandangan mau nerusin kemana hahahahha:D
    seperti kita ketahui jurusan pendidikan dokter merupakan jurusan favorit jadi banyak yang bilang kalo gk pinter gk bakalan masuk fk!!!! dan itu bener rata2 waktu snmptn(undangan) yang diterima fk cuma temen2 gue yang pinter2 gilllaaaaa. Mereka rata2 peringkat 10 pararel di sekolah gue. waktu gue gk lolos snmptn gue nguber tuh yang namnaya sbmptn 2014 gue usaha les sini les sana (belum kenalan ama zenius) dan hasilnya ....................................................................MAAF ANDA BELUM BERUNTUNG SILHKAN COBA LAGI DI TAHUN DEPAN....................beneran gue shock shock shock meskipun gue udah ketrima disalah satu ptn gue tetep sedih karena cita2 gue dari kecil belum kesampaian:''(
    alhasil gue gue nyoba mandiri sampai 8 kali cuma buat ngejar FK(fakultas kesopanan) dan hasilnya.................................. NIHIL semua. Gue sedih banget dan gue kasihan ama orang tua gue terutama ibu yang udah dukung gue banget :''(.
    Akhirnya gue kuliah di salah datu ptn di malang jurusan teknik elektro......................
    hari demia hari gue lewatin masih ada persaan pengen nyobak ngerjar fk lagi Nah disitu gue ketemu ama jodoh gue ZENIUS.............cieeeee. Beneran gue shock ama cara ngajarnya terutama gaya bicara tutor2nya ampun deeehhh keren bangettttzz. Kenapa gue gk dulu2 ketemu zenius -_-
    hari demi hari gue belajar tuh zenius sepulang kuliah sehingga tugas kuliah terbengkalai bagai rumah yang ditinggalkan pemiliknya -____- dan tak lupa berdoa terus menerus karena yang tidak kalah penting dari usaha adalah doa, meskipun gue fokus sbmptn alhamdulillah ip masih diatas 3,4 :)). kebetulan saudara gue juga ikutan sbmptn lagi jadi gue bisa belajar bareng dirumah(btw gue pas kuliah tinggal di rumah saudra gue). ........................................................
    ............................................................................(kelamaan langsung aja ya pas pengumuman)
    waktu pengumuman gue deg2 kan banget jam 5 tepat gue cobak bukak tapi gk bisa bisa(maklum server down)sampi akhirnya gue minta bantuan ama saudara gue(btw gue ini udah pulang ke rumah sendiri) deg2 kan banget gue kiriman no peserta gue ke saudara dan berapa saaat kemudian saudra gue ngirimin foto ''SELAMAT ANDA DITERIMA DI PENDIDIKAN DOKTER BRAWIJAYA''
    alhamdulillaaaah terima kasih YA ALLAH, gue beserta keluarga gue semuanya nangis sujud sukur :')) Alhmadulillah berkat ridho Allah dan doa terutama doa ibu gue bener tirakatin buat anaknya :'')
    ygk ada orang bodoh yang ada orang yang mau berusaha dan yang gk mau berusaha atau males berusaha, terus berdoa berdoa berdoa jangan lupa apapun yang akan kita lakukan minta restu orang tua karena ridho ALLAH ridho orang tua 🙂
    semangat buat adek2 pejuang sbmptn 2016 🙂

    • Fanny Rofalina

      makasih ya udah luangin waktu buat kasih testinya 🙂

  • Periyanti Gunawan

    Haaahh! Ini kedua kalinya gw nulis testimoni soalnya tadi kepencet cancel. Rasanya udah nulis panjang lebar terus ke cancel Itu haaahhhh!
    Oke sori2 testi ini harus diawali dengan gw yg ngedumel wkwk.
    Sebelumnya kenalan dulu kita, nama gw Periyanti Gunawan. Gw alumni SMA Negeri 4 Tangerang dan gw baru aja lulus kemaren, tahun 2015.
    Jadi gini, waktu penjurusan gw milih IPA soalnya dulu gw benci pelajaran ekonomi. Yg gw lakukan pas guru nerangin adalah gw duduk diem dengan tampang yg keliatannya merhatiin tapi pikiran gw ngelayap kemana2 wkwkwk. Tapi Itu ga cuma 1 1 nya alesan gw milih IPA. Jujur aja gw suka banget pelajaran fisika, rasanya bahagia aja gitu belajar fisika ga tau kenapa wkwk. Tapi begitu gw jadi anak IPA gw benci pelajaran kimia. Wkwk mungkin faktor guru. Bagi siapapun ade kelas gw yg baca ini tau lah bu liskar gimana wkwkwkwk.
    Entah ada angin apa pas kelas 11 gw tertarik dengan jurusan bisnis. Tapi Itu kan IPS?! Terus gimana?! Ya ga gimana2 sih wkwk. Dulu gw ga ada pikiran buat kuliah di ptn target gw kuliah di swasta. Kan kalo test swasta kan mau IPA /IPS di testnya sama jadi gw leha2 aja. Kelas 12 kan lagi zamannya ngebahas kuliah. Temen2 gw ada yg mau di PTN ini  lah, Itu lah. Ya gw mah cuma ngedengerin doang soalnya dulu gw kepengen di prasetiya mulya. Tapiiiii begitu gw tau harganya luar biasa mahal gajadi gw disono, bisa2 pas kuliah gw jadi gembel wkwkwk. Berhubung di binus ada jurusan internasional bisnis tertarik lah gw daftar di binus. Pas lagi ngobrol sama kakak2 yg kuliah disitu tiba2 dia ngomong "...temen saya ada yg kuliah di ptn juga jurusan bisnis. Bagus sih katanya..."
    Pas pulang kakak gw nanya " berani ga ikut sbmptn?" Gw cuma bisa senyum sambil bilang dalem hati mampus gw. Tiba lah saatnya promosi universitas. Banyak anak2 universitas yg dateng ke sekolah gw entah dari ptn /pts dan gw ga tertarik sama sekali. Sampe akhirnya anak2 itb promosi ke sekolah gw. Mata gw terbelalak begitu mereka nayangin video oskm sama Ohu. Gw langsung mikir ' buset ini sih keren abis! Gw tahun depan kudu ikut yg namanya oskm biar masuk YouTube!!' * ga sih yg bagian YouTube boong wkwk.
    Oke lanjut.
    Sebenernya gw udah tau zenius.net dari kelas 11 cuma gw baru beli vouchernya sekitar bulan Februari. Terus gw langsung mantengin video2 nya dan rasanya luar biasa. Kenapa ga dari dulu gw beli iniiii?!!!
    Tiba saatnya momen snmptn dan gw sengaja ga ikut soalnya udah keburu pesimis duluan. Menurut gw sih snmptn itu hoki2an dan kemungkinan gw tipis buat dapet. Jadi daripada mikirin snmptn mending langsung aja belajar buat sbmptn. Toh gw juga udah punya zenius wkwkwkwk.
    Berhubung un sebentar lagi gw bikin jadwal belajar antara belajar IPA dan ips. (Gw bikin jadwal belajar kaya jadwal pelajaran disekolah. Jadi hari Senin dari jem 3-4 sore belajar fisika ntar jem 4-5 sore belajar ekonomi. Gitu terus dari senin sampe minggu). Gw rela ngorbanin bimbel un di sekolah demi mantengin zenius. Bodo amat gw udah sering ditegur guru gara2 sering bolos bimbel wkwkwk.
    Un udah kelar gw langsung bikin jadwal belajar baru dengan sistem yg sama dan gw belajar tiap hair dari jem 8 pagi sampe jem 12 malem.
    Sumpah gw ngurung diri di rumah buat belajar. Boro2 mikir abis un liburan, gw ketiduran aja ga belajar ngerasa bersalah wkwk. Gw ga nonton tv. Ya paling nonton game of thrones doang tiap hari senin. Itu sih ga bisa gw lewatin wkwkwk. Terus gw berani nolak ajakan temen gw buat main. Untungnya gw punya temen2 hebat yg ngedukung keputusan gw.
    Iseng2 gw ikut to sbmptn di ipb. Jujur gw malu cerita ini tapi ya udah lah wkwk. Seperti yg kita tau ipb buka jurusan baru yaitu bisnis manajemen. Dan itu seharusnya emang jurusan ips. Jadi gw mikir 'oke lah gw udah belajar semua pelajaran IPS. Gw hajar soal to hahahahahaha'

    Gw salah besar men. Begitu kertas ljk dateng gw langsung manggil kakak2 pengawasnya. "Kak kok ga ada pilihan jurusan ips?". Kakak Itu langsung bilang "oh di ipb emang ga ada jurusan IPS"
    Gw bengong. Gw tatap2an sama temen gw dengan pandangan kosong. Udah cape2 dari Tangerang ke Bogor ternyata gw salah to. Haaahh!!
    Tapi ada untungnya juga sih ikut to. Gw tau ternyata kemampuan gw masih cemen di tkpa. Kok bisa? Jawabannya gara2 gw ga latihan soal sendiri terus gw kurang dalemin materinya perbab. Jadi singkatnya gw ngerjain soal belom apa2 udah liat pembahasan.
    Singkat cerita gw ubah jadwal belajar gw dikit dan gw latihan soal matdas tiap hari baik soal matdas perbab maupun soal sbmptn tahun lalu. Gw juga belajar ga cuma di zenius. Gw iseng belajar eko di khan academy terus download buku paket geografi buat tambahan belajar.
    Pendaftaran sbmptn tiba. Gw milih sbm itb sebagai pilihan pertama. Pilihan keduanya administrasi bisnis unbraw. Pilihan ketiganya manajemen unpad.
    Ga tau kenapa feeling gw dapetnya di unbraw padahal cita2 gw di itb. Tanggal 9 juni gw test sbmptn. Gw ngerasa cemen banget waktu ngerjain TPA yg logika. Ga tau kenapa gw tiba2 ngeblank. Pulang2 gw depresi. Rasanya udah pesimis ga dapet itb. Nungguin sebulan pengumuman rasanya nyiksa banget hiks. Gw ga ikut mandiri manapun. Jadi kalo ini gagal gw bakal nganggur setahun.
    Hari yg ditunggu2 ribuan umat peserta sbmptn pun datang.....
    Gw liat hasilnya jem 7an. Begitu gw liat... Jengjeng jeng...

    Nungguin ya? Wkwkwkwk

    Pertama gw baca ada tulisan selamat. abis itu tulisannya "ilmu administrasi bisnis universitas brawijaya"
    Ah bener aja kan feeling gw. Gagal deh ikut oskm itb, kapan lagi bisa masuk youtube 🙁
    Jujur sih gw kecewa. Gw ngerangkum 3 kesalahan kenapa gw gagal masuk itb
    1. Gw nganggep remeh TPA yg logika sama analitik. Untung aja ada kak wilona ngajarin TPA yg gambar2 jadi gw lancar sejahtera ngerjainnya
    2. Gw lupa selama ini ga latihan soal diwaktuin. Sumpah pas ngerjain soal waktu itu jalannya cepet banget
    3. Gw kepedean belajar ekonya. Gw pikir dengan mahamin teori eko sbmptn + makro mikro ekonomi dari khan academy Itu cukup wkwk. Gw ga kepikiran belajar ngitung pengangguran sama manajemen.

    Tapi gw tetep bersyukur dapet di unbraw. Mungkin ini yg terbaik dari Tuhan. Dan terima kasih sebanyak2nya kepadatutor zenius terutama buat kak sabda, kalo wisnu,kalo pio, kak wilona, kalo donita, kakak yg ngajar geografi*maap ga tau namanya wkwk. Terus kakak yg ngajar sejarah *maap lupa biasanya inget wkwk. Makasih juga kak pras yg udah Bantu banget pas un bio.
    Berkat zenius sekarang gw suka banget  ekonomi. Tapi sayang gw tetep phobia sama kimia wkwkwk.
    pokoknya makasih banyak kalian para tutor. gw sayang kalian :*:*:*:*:* wkwkwk

    • Fanny Rofalina

      wah kamu udah bagus tuh bisa analisis kekuranganmu. Terus bawa insight itu ke depannya ya..

  • Azmi Rizki

    aku bisa lulus sbmptn karena cd dari zenius yang kubeli saat aku mau masuk sma, anyway aku keterima di statistika ugm. salam kenal ya dan terimakasih zenius.

  • Yunandar Putra Palilati

    gue dari gorontalo. lulus sbmptn di farmasi unhas yang lulusnya cman 1%. dan semua itu berkat zenius. thenks zenius!!! ^_^

    • Fanny Rofalina

      Selamat brow!

  • yoanita

    hallo nama saya yoanita, bisa dibilang masih newbie baca blog ini. Mau tanya, caranya gabung di zenius gimana ya ? terus soal beli voucher, maksudnya voucher apa ? hehe

  • Maylsha T. Wiyutama

    Telattt bangeetttt comment disini i know, but i just wanna thank Zenius dan kakak2 yang super jenius yang udah jadi tutor lewat video2 yang superrrr banget. Makasih Zenius yang fix banget bikin gue keterima di ptn impiaannnn. Awalnya nemu video Kak Sabda di Youtube waktu lagi desperate dan pusing nyari2 motivasi belajar, dan jeng2 langsung kepincut dan penasaran sama video Zenius yang lain. bakal sengefek apa sih buat gue? akhirnya gue coba deh beli voucher Zenius yg 3 bulan duluuu, dan memang itu 3 bulan terakhir kelas 12 gue, 3 bulan krisis dan 3 bulan yg nentuin gue bakal kuliah apa dan dimana. Dan gue bener2 merasa beruntung tau tentang Zenius walaupun cuma dalam waktu yang cenderung singkat, gue tadinya anak IPA dan gw mau ngambil jurusan Ilmu Komunikasi yang IPS bangett karena gue ngerasa ada passion disitu, gue ikut bimbel juga, tapi tetep Zenius berperan banyak buat keberhasilan gue. siang malem gue mantengin video zenius dari yg cuman motivasi, basic skills, matdas, eko, semuanya lah ya. dan syukurlaahhh gue keterima di Ilmu Komunikasi Unpad lewat jalur SBMPTN. gue juga keterima Imu Komunikasi reguler di UI lewat jalur SIMAK. bersyukurrr banget Tuhan temuin gue sama Zenius. THANKYOU ZENIUS, semangat terus mencerdaskan anak bangsa,hahaha gue rekomen bgt zenius, sampe tetangga2 gue aja gue suruh beli voucher hahaha. Sukses terus buat Zenius dan Kakak2 yang amazing. Sukses!!!

    • Fanny Rofalina

      Weshh.. mantap!!

  • Anon

    Kak, mau ngasih testi nih sama mau ngegalau._.

    Perkenalkan, aku alumni 2014 yg akhirnya bisa tembus di UI tahun ini meskipun dapatnya di kelas paralel (arsitektur). Untuk SBMPTN, aku lulus di pilihan pertama. Syukur alhamdulilah, makasih ya zen!
    Sekarang galaunya kak (lah-_-)

    Gini kak, dari sd orangtuaku tahu kalau hobiku menggambar. Dan orangtuaku tipenya liberal, membebaskanku untuk memilih jurusan yang aku inginkan. Dan karena aku lebih nyaman di pelajaran eksak meskipun aku tidak terlalu pintar menghitung, aku memilih jurusan teknik tahun lalu.

    Disini kak malapetaka dimulai

    Ternyata tempat kuliahku tahun lalu itu senioritasnya tinggi sekali kak (aku ga mau cerita karena takut). Dan hal itu terus berlanjut saat kuliah. Jujur, untuk matkulnya aku masih bisa hadapi walaupun aku lebih senang menghafal daripada menghitung. Matkulnya juga ada menggambar teknik (dan karena aku suka, dapet A walaupun dosennya susah ngasih nilai tinggi). Tetapi karena lingkungan belajarnya kurang (mungkin sangat kurang bagi kakak) kondusif, aku bener-bener trauma. Ternyata teknik itu senioritasnya seperti ini.

    Di SBMPTN, aku diterima di jurusan kedokteran.

    Aku bimbang. Arsitektur UI adalah impianku. Tapi aku trauma dengan senioritas di teknik. Takutnya di teknik UI aku mengalami kejadian serupa.
    Disisi lain, aku tau dunia FK seperti apa. InsyaAllah, aku siap menghadapi perkuliahan FK
    Aku punya pemikiran 'meskipun saya tidak kuliah sesuai passion, saya bisa lari ke passion saya jika saya jenuh dengan kuliah saya' bener ga kak?
    Yang sedikit mengganjal, aku sebenarnya ingin merantau, dan aku diterima di FK PTN yang akreditasinya sudah A, tapi kalau aku ambil FK, aku tidak merantau. Sebenarnya lebih baik merantau atau tidak kak?

    Setidaknya, aku ingin tahu ospek fakultas teknik di UI seperti apa. Aku sudah ga mau mengalami ospek seperti tahun lalu.

    • Nasfi Daely

      Alhamdulillah berkat zenius juga saya lulus Medical bachelor and bachelor surgery (MBBS) di Capital Medical University Beijing, Bachelor of Business Management di Universiti Kebangsaan Malaysia, Bachelor of Islamic Banking and Finance di Universiti Utara Malaysia dan Fakultas Ilmu Hukum Universitas Sumatera Utara. Alhamdulillah Zenius begitu besar partisipasinya dalam pendidikan saya, sekarang sedang ikhtiar dlm menetukan pilihan. Saya alumni tp tetep semangat mengejar apa yg bener2 saya mau. Buat yg belum rezeki tahun ini, jgn patah semangat, great thing takes time:) Tetep berprasangka baik thdp sang Pencipta, jgn dengerin apapun kata orang, ikutin kata hatimu:) See you on top guys <3

      • Fanny Rofalina

        Oh heey, kamu keren. Jadinya kamu ambil yg mana nih?

  • ahmadri

    pnsran sm yg nma akunnya 'christina natalia' d zen club, ada yg tw lls dmana?

  • Syahrul Ramadhana

    Apa cuma gw di sini yg make zenius trus lulus di UNHAS?? :3 tpi nggak pa" sih, Thanks banget buat kakak'' tutor Zenius yg kurang lebih 8 bulan nemenin gw sebelum tidur 😀 terima kasih buat pengalaman belajarnya yg luar biasa

    • ahmadri

      prodi apa?

    • Fanny Rofalina

      Ada juga kok anak zenius yg lulus UNHAS 🙂

  • eliana junita

    Aduh telat yah nulis testimoni sekarang. Jadi gini, nasib gue percis kaya si grace yg testimoninya dipajang diatas. Gue lulusan SMK tahun 2014 yang memutuskan bener bener belajar buat bertarung di SBMPTN 2015. Hasilnya? Puji Tuhan, Lewat sbmptn gue lulus pilihan pertama SITH-S ITB. Dan lewat Simak, gue lulus GEOGRAFI UI.

    • Fanny Rofalina

      Kece badai. Trus kamu ambil yg mana nih?

  • setiawan

    Saya alumni lulusan 2014, saya sudah kuliah di salah satu (PTN islam) di
    wilayah Jawa Tengah tetapi saya merasa TIDAK ADA RASA ketertarikan
    dengan ilmu yang saya tekuni saat itu (bilang saja SALAH JURUSAN dan
    sebagainya) sampe sampe saya males kuliah lah dan macem macem,hingga ahirnya saya mengundurkan diri menjadi mahasiswa di ptn tersebut.
    kemudian saya ikut tes SBMPTN 2015, UM UGM tetapi hasilnya belum lolos.
    dan niatnya mau mencoba lagi ikut SBMPTN 2016 dan UM (PTN) lainnya.
    >>> apakah yg saya lakuin sekarang ini demi kuliah di jurusan
    dan kampus impian ku. mohon pencerahannya kak @fannyrofalina:disqus dan temen
    temen Zenius.

  • Yudika

    Kisi kisi sbmptn itu ada ga ka? Kalau ada bisa diambil darimana

  • gradiska oktaviyanti

    gua testinya taun depan aje ye bang. Ane SBMPTN tahun ini hanya tembus pilihan kedua. kalo taun depan gue tembus FK, gue bakalan menuh2in testi di sini :))

  • Refri A. Srigama

    kak Rifad *ehe saya juga anak IPA sekrang tapi saya pengen murtad juga -,- pengen masuk HI Unpad/UI juga . kasih saran danpengalamnnya kak @RFDAJ

  • Yudika

    Bang, jadi takut nih masih bulan 10 awal kayanya pengguna zenius udah banyak bener, saingan juga jadi org zenius smua.. Hm...

  • Innayatul M

    Maaf admin... Mau nanya nie rata2 yang lolos kebanyakan dari pengguna zenius.net/xpedia 2.0 ya?

  • Innayatul M

    Yg cuma pakai zenius.net voucer bnyak yg lolos ga?

    • Ari Candra Arista

      banyak juga kok, isinya xpedia dan zeniusnet sama aja, semua konten yg ada di xpedia bisa diakses di zeniusnet. jadi ya kembali ke bagaimana tiap2 anak memanfaatkan kedua sumber pembelajaran tersebut secara efektif 🙂

  • viniartha

    baru bca testinya dan semenjak baca testi diatas gue jdi pengen bgt ikut sbmptn dan nganggap snmptn itu cuma bonus*tpiyamasihsedikitberharap juga hehe* arghh ntar lgi gue bakal dftar di zenius.net, tunggu ya zenn hehe...

  • Irfina Oktafiani

    Zen Aku alumni tahun ini yang nntnya Mau okut SBMPTN tahun depan , gimana sih cara2nya buat Jadi siswanya ?
    Dan Saya masih awam tentang belajar online

  • Dimas Muhamad Prabowo

    Sebenernya baca cerita-cerita kayak gini seneng sekaligus kesel... Kenapa sihh yaa anak IPA BANYAAKK BUANGETTT yang pindah jurusan ke IPS?? Sia-sia dong dia belajar selama 3 tahun di jurusan IPA? Kenpa gak pilih jurusan sesuai sama yg waktu di SMA gitu.. terlalu lemah buat bersaing di IPA? sampe2 harus ngambil jurusan di IPS??

    • AngeLish S

      itulah kak namanya Rezeki gak ada yang tau, masa depan gak ada yg bisa lihat..hehehehe :V

  • roy

    jadi merinding bacanya:v kira-kira video di zenius pake voucher ya biar bisa ditonton? Itu beli dimana? Kak saya kelas xi, pengen belajar materi sbm tapi apalah basic aja belum kuat. Kalo saya bisa belajar basic di sini, mungkin bisa 'menyelam sambil minum air', jadi materi di sekolah juga bisa ngerti:v. Kasih saran materi di zenius yg pertama harus saya pelajari dong kak?(kalo udah beli voucher:v) thanks kak kalo berkenan dijawab, maaf banyak tanya--v(dalam mode yang benar2 berhasrat pengen belajar buat sbm dan nyoba pake zenius nih:v)

    • roy

      terus itu voucher nya juga ada di indomaret ya? Indomaret seluruh Indo? Mohon dijawab kak semua pertanyaan di atas:v lagi kepincut sm zenius

  • Mega Kusumawati

    Saya mau nanya itu untuk voucher yg sebulan dibatasi gak videonya? Saya tertarik untuk jd member tp masih blm faham. Mohon penjelasannya. Terima kasih:)

  • Belly Waruwu

    kak Ada gak Anak SMK yang masuk FK dr Zenius ini?

  • Firman

    kalo yang kisah lolos simak UI 2015 ada ga ceritanyaa? terus kok zenius soal sejarah, b.indo, ekonomi, geografi yang SIMAK kok belum update yang 2015? sama minta tips belajar simak ui yaaa

  • Firman

    kalo yang cerita lolos simak ui/ujian mandiri waktu tahun 2015 share juga donggg, yerus kenapa soal SIMAK UI yang geografi,ekonomi, bahasa inggris, sama sejarah blm update sampe tahun 2015?? sama tips masuk SIMAK UI juga yaaa

  • AngeLish S

    kak cara beli CD XPEDIA 2.0. kayak mana?

  • gw anak SMK sepertinya gw jga seharusnya memang lebih siap untuk tahun depan...