Tips Belajar agar Masuk PTN untuk Murid Kelas 12

Tips belajar agar masuk PTN

Sobat Zenius! Hari ini gue mau memberikan tips belajar agar masuk PTN khususnya buat murid-murid kelas 12. Buckle up! Perjalanan panjang mencapai cita-cita kita mulai dari sekarang!

Jurusan dan Kampus Impian

Sebelum gue ngasih tips belajar agar masuk PTN ke kalian, gue mau tanya dulu, kalian udah tau kan mau ke kuliah jurusan apa dan di kampus mana? Kalo udah tau, good! Tapi kalo belom… heuheuheu ayo dipikirkan dari sekarang, guys!

Meskipun seleksi PTN masih akan dilaksanakan beberapa bulan lagi, tapi sebenarnya kita nggak punya banyak waktu. Di akhir sekolah, kita akan disibukkan dengan berbagai kegiatan: berbagai macam ujian dan persiapannya, foto buku tahunan dan perpisahan, belum lagi urus administrasi sekolah. Semua kegiatan tadi tentu bakal menyita waktu.

Makanya, mumpung waktu kita masih lumayan panjang, coba pikirkan dari sekarang elo mau masuk ke jurusan dan PTN mana. Punya tujuan sebelum melangkah itu penting banget, guys, supaya kita nggak nyasar dan muter-muter ke segala arah karena tujuannya nggak pasti.

Baca juga:

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai Potensi

Nah, kalau elo udah tau tujuan elo mau ke mana, sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk melangkah. Berikut adalah tips belajar agar masuk PTN bagi elo yang duduk di kelas 12.

Tips belajar agar masuk PTN

Pelajari logika dan soal-soal penalaran matematika

Tips belajar agar masuk PTN yang pertama berkaitan dengan aturan seleksi masuk PTN, Sobat Zenius.

Ngomong-ngomong, elo udah tau kan tentang aturan terbaru seleksi masuk PTN? SBMPTN kini berubah nama jadi SNBT. Selain itu, Tes Potensi Akademik akan dihilangkan. Hanya ada hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, serta literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Soal-soal TPS di SNBT ini memiliki tingkat yang lebih sulit daripada TPS biasa. Nah, salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi SNBT adalah dengan mempelajari logika dan matematika, serta mengerjakan latihan soal-soalnya. Ketemu dengan berbagai macam soal akan membuat kita terbiasa dengan beragam pemecahan masalah juga.

Perbanyak baca teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Terus, gimana dengan soal literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris? Soal-soal literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan lebih banyak menguji kemampuan kita dalam memahami bacaan.

Makanya, tips belajar agar masuk PTN yang kedua adalah berlatih membaca. Karena kemampuan memahami bacaan ini hanya bisa kita dapat dengan membaca terus-terusan. Semakin kita terbiasa membaca, semakin besar pula kemampuan kita dalam memahami kata-kata serta makna teks. Lagipula, terbiasa membaca akan bermanfaat buat pembelajaran kita saat kuliah nanti, loh!

Baca juga:

Info Lengkap Aturan Baru Seleksi Masuk PTN 2023

Review, review, dan review melalui Try Out

Oke, Zen! Gue udah belajar dan hafal segala rumus! Gue udah siap ujian, dong?

Eits, belum! Hafal rumus nggak menjamin elo siap ketemu sama soal-soal ujian. Satu-satunya cara untuk tau kesiapan elo adalah dengan mengikuti simulasi ujian masuk. Tips belajar agar masuk PTN yang ketiga adalah rajin rajin ikut simulasi ujian alias Try Out!

Emang Zenius punya fitur Try Out?

Punya, dong! Try out Zenius dirancang semirip mungkin dengan SNBT, dalam level kesulitan soal maupun durasi pengerjaan. Jadi, elo bisa lihat gambaran SNBT melalui Try Out ini.

Nah, hasil Try Out ini bisa elo gunakan untuk review persiapan elo. Kalau hasilnya memuaskan, ya tetap belajar supaya elo makin jago, yakin, dan confident sama diri sendiri. Dan kalau hasilnya belom sesuai sama yang elo mau, latihan lagi supaya ada peningkatan dan progress-nya semakin baik. Elo bisa cari tau lebih jauh tentang Try Out Zenius di sini, ya!

Jangan lupa untuk latih skill dan persiapkan portofolio

Tips belajar agar masuk PTN: latih skill untuk membuat portofolio.
Tips belajar agar masuk PTN: latih skill untuk membuat portofolio. (Arsip Zenius)

Oke, guys, kita lanjut ke tips belajar agar masuk PTN yang keempat, ya!

Saat elo melakukan pendaftaran untuk jalur seleksi tertentu, selalu perhatikan persyaratan yang dibutuhkan. Biasanya, ada beberapa jurusan yang butuh portofolio atau tes tertentu saat seleksi, contohnya jurusan olahraga dan seni rupa. Kalau saat ini infonya belum tersedia secara resmi, elo bisa cari-cari informasi tahun lalu di media sosial.

Mempersiapkan portofolio dan tes non tertulis ini juga butuh waktu. Contohnya, elo mau masuk jurusan seni rupa dan nanti akan diminta portofolio beberapa gambar. Meskipun sampai saat ini belum ada pengumuman resmi terkait jumlah dan jenis gambar yang diminta, elo harus latihan menggambar terus menerus. Pokoknya, upgrade terus kemampuan elo supaya elo benar-benar siap menghadapi seleksi nanti.

Bagi waktu untuk belajar soal saintek atau soshum

Oke, tips belajar agar masuk PTN yang selanjutnya apa, Zen?

Sediakan waktu untuk belajar soal-soal soshum atau saintek, sesuai jurusan yang elo tuju!

Sobat Zenius, SNBT itu bukan satu-satunya jalur seleksi masuk PTN. Meskipun gue berharap kalian bisa lolos di jalur ini, tapi nggak ada salahnya untuk mempersiapkan diri mengikuti jalur yang lain seperti jalur ujian mandiri di PTN masing-masing.

Nah, ujian mandiri ini adalah kewenangan masing-masing kampus. Bisa aja sistemnya seperti SNBT, bisa juga beda. Jadi, mungkin aja ada Tes Kemampuan Akademik atau ujian mata pelajaran saintek/soshum di ujian mandiri. Karena inilah kita tetap perlu bagi waktu untuk belajar materi soshum atau saintek saat persiapan.

Jangan lupa istirahat, makan sehat, minum air putih yang cukup, dan main supaya tetap happy!

Istirahat dan lakukan hobi supaya tetap sehat dan tidak burn out.
Istirahat dan melakukan hobi adalah bagian yang penting dalam belajar. (Arsip Zenius)

Oke, tips belajar agar masuk PTN udah semua kan, Zen? Gue udah on fire banget, nih! Nggak sabar melakukan tips belajar agar masuk PTN yang udah dibagikan!

Oke, chill, guys. On fire bagus, tapi jangan lupa untuk istirahat dan perhatiin diri sendiri. Selain siap secara pikiran, kita juga perlu siap secara fisik untuk menghadapi seleksi masuk PTN. Nggak lucu banget, kan, kalau beberapa hari mendekati ujian kita malah burn out atau tifus karena kecapean.

So, tetap sediakan waktu untuk istirahat dan makan sehat. Tetap lakukan hobi dan main supaya nggak burn out. Elo bisa buat jadwal untuk membantu elo tetap on track. Misalnya, Senin sampai Jumat belajar, dan weekend istirahat, ketemu teman, lakukan hobi, jalan-jalan, dan sama sekali nggak buka pelajaran.

Sobat Zenius, itu dia beberapa tips belajar agar masuk PTN yang bisa elo lakukan, khususnya bagi teman-teman yang udah duduk di kelas 12. Pokoknya tetap semangat dalam mengejar PTN impian, jangan lupa untuk nikmatin setiap prosesnya, ya!

Nah, supaya belajar elo semakin efektif, elo juga bisa berlangganan paket belajar dari Zenius! Dengan berlangganan paket ini, elo bisa dapetin akses ke ribuan video materi, Live Class dengan tutor-tutor Zenius yang super insightful, serta Try Out Premium Zenius. Klik banner di bawah untuk informasi lebih lengkap, ya!

Tips Belajar agar Masuk PTN untuk Murid Kelas 12 9
Bagikan Artikel Ini!